need help! toyota cressida matic overheat
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Results 1 to 8 of 8
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/565594
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Location
    Cibubur Jakarta Timur
    Posts
    21
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 23 Hrs 57 Mins 39 Secs

    need help! toyota cressida matic overheat

    Malam modcomers,
    Mau tanya nih

    Mobil saya cressida matic 87 kondisi sudah pke xtra fan single speed 2buah
    Saat ini klo dipakai macet walaupun malam hari pasti overheat
    Diagnosa awal visco fan dah minta ganti

    2bln lalu saya ganti isi oli visco fan nya tapi masih tetep overheat
    Ada pilihan mau ubah ke electric fan

    Pertanyaan saya adalah
    1. Cocoknya pke electric mobil apa yg murmer tapi ok?merrk
    Denger2 pke elelctric fan karimun..apa bener 2spees?
    Mesin karimun kan 1000cc sdgkn cressida 2000cc 6silinder..kira2 ampuh gak tuh?

    2. Saya prnh baca electric fan power cool
    Ada yg tau dimana di jakarta yg jual?
    Dimana bengkel di jakarta yg rekomended utk ubah visco fan jadi electric fan?

    Makasih modcomers buat info2nya

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Prajurit
    Location
    Bogor
    Posts
    19
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 20 Mins 15 Secs
    Malam pak,

    Mohon maaf kalau salah tapi menurut saya Viscous fan yang original saja mestinya sudah cukup sebagai salah satu cara pendinginan mesin standard.
    Sebelum mengganti jadi electric fan, apakah sudah di cek keadaan cooling system di mesin?
    - Cek radiator coolant level (apakah airnya sering kurang)
    - Cek kondisi radiator cap dan sekitarnya, siapa tau ada yang leaking.
    - Cek thermostat - biasanya ini problem yang paling sering pak kalau misalnya tidak ada yang bocor tapi mesin masih overheating apalagi kalau lagi macet - atau bisa juga faulty Water Pump. Jadi menurut saya, cek kedua item ini dulu sebelum ganti electric fan.
    - Cek kondisi radiator dan radiator hose (atas dan bawah) - siapa tau ada yang ke block. Sebaiknya sekalian di pressure test.

    Semoga membantu dan mobilnya ceak sembuh, pak
    Car Doctor - Bengkel Mobil Berjalan
    Bogor - Sentul area dan sekitarnya
    Call / SMS / Whatsapp: 08777 0733937. Pin BBM: 7F4BE41C
    email: bmb.cardoctor@gmail.com
    Instagram: CAR.DOCTOR

  4. #3
    Prajurit
    Location
    Cibubur Jakarta Timur
    Posts
    21
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 23 Hrs 57 Mins 39 Secs
    Thx boss masukannya

    Pertama saya pilih opsi electric fan karena visco fan ori cressida sudah agak susah dan harganya pun lumayan klo ada

    Radiator sudah diservis, selang2 baru, thermostat dr awal beli sudah dilepas, tutup radiator udh ganti baru
    Waterpump sudah dicek bagus dan kondisi air tidak berkurang
    Kira2 bgitu om makanya pengen gnti electric fan ajah

    Ada yg tau dmn jual electric fan power cool?
    Atau ckup dgn electric fan karimun/apv yg 2speed?
    Thx bwt saran dan masukannya

  5. #4
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,272
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 12 Hrs 27 Mins
    IMHO biasanya silinder head kl udah kena panas berlebih dari overheat 100 derajat sama saja suhu ruang bakar jauh lebih dari 100 derajat lebih, dikhawatirkan paking silinder head meleleh. Nah kl gitu ada pressure gap, nanti pressure gap tersebut bisa terisi oleh bentukan silinder head. Kalo sudah terisi otomatis silinder head nggak rata lagi. Bagaimana cara mengecek kondisi seberapa sehatnya ruang bakar, biasanya dengan tester kompresi lewat tempat busi. Pastikan pada saat mengetes pedal gas dlm keadaan buka penuh dan arus listrik pengapian dalam keadaan mati. Kalo didapati angka kompresi tiap silinder gapnya jauh melebihi 5 in/hg berarti ada kemungkinan klep mengalami bocor. kompresi yg bocor bisa jg mengakibatkan panas karena bensin yg masuk tidak terkompresi dgn baik. Salah satu solusi sederhana mengatasi paking silinder head yg habis kena overheat adalah dengan mengencangkan baut silinder head dengan kunci moment atau torque wrench. Ukurannya yg standard bisa dikerjakan oleh mekanik langganan. Alternatif lain adalah tekanan oli, pastikan rumah oil pump kencang dan nggak ada yg aus atau gearnya yang kemakan. Segitu aja sih opini gw, CMIIW bgt

  6. #5
    Sersan Kepala
    Posts
    678
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 1 Hr 33 Mins 55 Secs
    yg paling gampang di cek cooling system nya dulu om.. ttup radiator, apakah ada kebocoran pada radiator (bgn atas&bawah), thermostat, water pump dan yg terakhir dr engine om.. biasa nya silinder head dkk udh mesti turun tu kl over heat.. apalg mbl sudah berumur jg. CMIIW y om

  7. #6
    Prajurit
    Location
    Bogor
    Posts
    19
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 20 Mins 15 Secs
    Quote Originally Posted by kikosky View Post
    IMHO biasanya silinder head kl udah kena panas berlebih dari overheat 100 derajat sama saja suhu ruang bakar jauh lebih dari 100 derajat lebih, dikhawatirkan paking silinder head meleleh. Nah kl gitu ada pressure gap, nanti pressure gap tersebut bisa terisi oleh bentukan silinder head. Kalo sudah terisi otomatis silinder head nggak rata lagi. Bagaimana cara mengecek kondisi seberapa sehatnya ruang bakar, biasanya dengan tester kompresi lewat tempat busi. Pastikan pada saat mengetes pedal gas dlm keadaan buka penuh dan arus listrik pengapian dalam keadaan mati. Kalo didapati angka kompresi tiap silinder gapnya jauh melebihi 5 in/hg berarti ada kemungkinan klep mengalami bocor. kompresi yg bocor bisa jg mengakibatkan panas karena bensin yg masuk tidak terkompresi dgn baik. Salah satu solusi sederhana mengatasi paking silinder head yg habis kena overheat adalah dengan mengencangkan baut silinder head dengan kunci moment atau torque wrench. Ukurannya yg standard bisa dikerjakan oleh mekanik langganan. Alternatif lain adalah tekanan oli, pastikan rumah oil pump kencang dan nggak ada yg aus atau gearnya yang kemakan. Segitu aja sih opini gw, CMIIW bgt
    Hanya menambahkan pak. Biasanya kalau cylinder head failure atau blown head gasket pasti kerasa banget engine missfire, rough idling dan asap putih dari knalpot. Dan baisanya air dalam radiator akan selalu berkurang. Kemudian ada unsur2 air di dalam oli mesin. Kalau mesin nya masih berfungsi dan responsive seperti baisa sih menurut saya bukan itu problemnya. Tapi ngga ada salahnya untuk compression test kalau masih ragu2.
    Semoga cepat sembuh cressidanya, pak!
    Car Doctor - Bengkel Mobil Berjalan
    Bogor - Sentul area dan sekitarnya
    Call / SMS / Whatsapp: 08777 0733937. Pin BBM: 7F4BE41C
    email: bmb.cardoctor@gmail.com
    Instagram: CAR.DOCTOR

  8. #7
    Letnan Dua
    Location
    next to gaia, earth goddess
    Posts
    1,272
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 12 Hrs 27 Mins
    Quote Originally Posted by CarDoctor View Post
    Hanya menambahkan pak. Biasanya kalau cylinder head failure atau blown head gasket pasti kerasa banget engine missfire, rough idling dan asap putih dari knalpot. Dan baisanya air dalam radiator akan selalu berkurang. Kemudian ada unsur2 air di dalam oli mesin. Kalau mesin nya masih berfungsi dan responsive seperti baisa sih menurut saya bukan itu problemnya. Tapi ngga ada salahnya untuk compression test kalau masih ragu2.
    Semoga cepat sembuh cressidanya, pak!
    Yg punya mbl bukan saya. Hehehe.... Itu contoh kasus dari cardoctor kan "blown" gasket. Kl saya melt gasket, knp melt? Krn di indonesia kebanyakan gasket bahan alumunium campur asbes. Segi positifnya mesin dingin suara lembut tp kl udah kena overheat dijamin meleleh nggak kuat panas. Konsekwensinya sekali pake buang, beda dgn negara maju. Mereka rata" pk gasket plat baja, segi positifnya nggak ada defect head jd melengkung kl panas. Tp konsekwensinya kl over rev kena apesnya mesin langsung jebol nggak pk permisi.
    Monggo koreksinya

  9. #8
    Prajurit
    Location
    Cibubur Jakarta Timur
    Posts
    21
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 23 Hrs 57 Mins 39 Secs
    Thx guys bwt semua masukannya
    Klo mslh selang2,tutup radiator udh gnti baru semua
    Waterpump bagus cuma thermostat sjak beli dapetnya udh dicopot
    Vonis bengkel sih visco fan udh lemah
    Tapi ada kepikiran mmg mau cek packing silinder head skalian ganti
    Klo pompa oli dll nya sehat

    Saat ini mobil klo dipake responsive dan msh lumayan irit
    Di ujung knalpot kering gak basah oli
    Yang lucunya pd saat kejadian temperature naik,mesin ttp normal
    Gak mati,ac ttp dingin,tp bgitu ac dimatiin temperature lgsg turun distengah
    Padahal sebelumnya bisa ssmpe 3/4

    Untuk ac nya sendiri dingin normal kompresor baru, xtra fan baru juga

    - - - - - - - - - -

    Oiaa air radiator normal gak pernah kurang
    Kalopun kurang bisa stelan 1bulanan
    Kondisi pake air biasa yah tanpa coolant
    Di radiator n reservoir gak ada indikasi air tercampur oli
    Bgitu jg oli mesin normal gak ada indikasi tercampur air
    Thx

 

 
Rekeningku.com Desktop 300x250 Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 3
    Last Post: 8th February 2011, 11:48
  2. Toyota All New... Need Help.. Please
    By neo.leo in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 21st July 2010, 05:47
  3. WTA --> Jazz 04 matic trouble (need help)
    By COKYadyOLO in forum Diskusi Mesin
    Replies: 19
    Last Post: 3rd April 2008, 18:39
  4. Need HELP No telf RICARDO MATIC ....
    By space in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 28th February 2008, 12:55
  5. KIA Carrens 2001 AT, need help ttg matic
    By piepz in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 7th June 2007, 12:34
Back to top