Maraknya Selfie Saat Haji di Tanah Suci
Results 1 to 10 of 10
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/564196
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,243
    Power
    21 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Days 3 Hrs 16 Mins 19 Secs

    Maraknya Selfie Saat Haji di Tanah Suci


    Selain bisa dilakukan di berbagai tempat wisata atau bersejarah, tren berfoto selfie kini juga makin marak dilakukan oleh jemaah haji.

    Contohnya saja Yousef Ali, seperti dikutip dari Express Tribune, sembari merangkul erat ayahnya, ia berpose selfie dengan latar belakang kakbah di Makkah.

    Pemandangan serupa juga bisa ditemukan dengan mudah, terutama kala jemaah tawaf. Sembari berjalan mengelilingi kakbah, banyak calon haji dari berbagai negara yang menyempatkan diri berfoto selfie sejenak untuk mengabadikan momen tersebut. Sebagian lalu mengunggahnya ke media sosial atau sekadar disimpan sebagai kenangan pribadi.

    Mengabadikan momen ibadah haji melalui foto tentu bukan hal yang dilarang, apalagi ini adalah ibadah yang istimewa bagi umat muslim karena tidak semua dapat melakukannya dengan mudah.

    "Ini adalah ibadah haji pertama saya. Jadi, saya ingin sekali mengabadikan semua yang saya lihat di sini," kata Yousef, 24. "Setiap kali berpindah tempat, saya selalu menyempatkan diri untuk berfoto, apalagi kini sudah ada berbagai gadget dengan teknologi yang memadai," katanya.

    Namun, tidak semua pihak menyetujui aktivitas baru itu. Kritikan pun diluncurkan pada beberapa foto di Twitter dengan hashtag #hajjselfies.

    "Dulu ketika saya melakukan ibadah haji pada 1990-an, ayah saya melarang kami membawa kamera. Menurutnya itu haram. Namun, kini #HajjSelfie malah mendunia," tulis salah satu akun di Twitter. Akun lainnya @Kahwaaa menulis, "Haji merupakan saat saya harus benar-benar fokus mendedikasikan diri kepada Allah, #hajjselfies semestinya tidak usah dilakukan."

    Namun, tidak sedikit pula yang menyatakan selfie saat haji adalah hal yang wajar. "Orang-orang mulai meributkan selfie saat haji seakan itu hal yang sangat berdosa. Jika banyak yang berfoto saat haji, kenapa selfie dilarang?" kata Abdul Mufeez Shaheed.

    Ayah Yousef, Mohammed Ali, 65, pun tidak melarang putranya untuk selfie. "Kami hanya ingin mengbadikan momen yang sangat berharga ini," katanya. "Bagi sebagian umat muslim, haji adalah ibadah yang bisa dilakukan sekali seumur hidup. Bagi kami, Tanah Suci ini adalah tempat yang sangat historis.

    Seorang profesor hukum syariah di Riyadh, Arab Saudi, menerangkan, "Jika foto digunakan sebagai sarana untuk mengabadikan kenangan, itu bukanlah masalah. Namun, jika foto itu ditujukan untuk dipamerkan, tentu itu bukan hal yang benar, terutama kala melakukan ibadah haji," kata profesor yang enggan identitasnya diungkap.

    Meski begitu, agar tidak menimbulkan kontroversi dan tidak melencengkan niat ibadah, ia menyarankan ada baiknya umat muslim menghindarinya.
    Kekuasaan, Uang dan Kharisma dapat membuat Anda cepat menempati posisi teratas, tetapi hanya "KARAKTER" lah yang akan membuat Anda bertahan disana (John C Maxwell)

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kapten
    Location
    kolong langit
    Posts
    2,249
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 12 Hrs 12 Mins 20 Secs
    Iya nih, dikuatirkan mengganggu kekhusyukan ibadah sendiri maupun org2 di sekitarnya.. Ntar malah gak mabrur, scara ini kemungkinan bisa dikategorikan sebagai riya.

  4. #3
    Sersan Satu
    Location
    Kolong Langit
    Posts
    365
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 23 Hrs 55 Mins 49 Secs
    Seorang profesor hukum syariah di Riyadh, Arab Saudi, menerangkan, "Jika foto digunakan sebagai sarana untuk mengabadikan kenangan, itu bukanlah masalah. Namun, jika foto itu ditujukan untuk dipamerkan, tentu itu bukan hal yang benar, terutama kala melakukan ibadah haji," kata profesor yang enggan identitasnya diungkap.

    Setuju

  5. #4
    Brigadir Jendral
    Location
    spirit of java
    Posts
    11,198
    Power
    169 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 1 Day 15 Hrs 54 Mins 1 Sec
    ijin nyimak aja deh

  6. #5
    Mayor
    Posts
    3,039
    Power
    24 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 5 Days 15 Hrs 31 Mins 28 Secs
    Urusan pribadi orangnya sama yg di atas aja lah..menurut gw pribadi sih semua yg penting niad..ALLAH maha tau
    -bad boys for life- -baggers nation-

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    Bengkel Densum ...
    Posts
    11,771
    Power
    125 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Yrs 4 Mths 2 Wks 3 Days 20 Hrs 44 Mins 29 Secs
    Lillahita'ala aja....
    "I love the rain, because when I was walking under the rain, nobody know that I cried...."Lukisan Hujan


    http://img.photobucket.com/albums/v378/shillouette/silpehhh_zps3d182702.jpg

  8. #7
    Mayor
    Posts
    4,597
    Power
    28 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 4 Days 23 Hrs 21 Mins 53 Secs
    Selfie merambah di segala bidang

  9. #8
    Brigadir Jendral
    Posts
    12,102
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 4 Days 15 Hrs 43 Mins 17 Secs
    sudah membudaya

  10. #9
    Kapten
    Location
    Sukabumi
    Posts
    2,557
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 3 Hrs 21 Mins 3 Secs
    haji dan hajah selfie sukaesih..

  11. #10
    Kopral Dua
    Location
    jakarta
    Posts
    30
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 6 Hrs 17 Mins 37 Secs
    tergantung tujuan dari selfie tsb mau buat kenangan / buat pamer

    tolong diisi yah KUISIONER


    makasih

 

 
Venom 300x250 GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 23
    Last Post: 12th April 2015, 19:12
  2. Spek Rally di tanah" untuk City Car 1.5
    By N'T'R in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 2
    Last Post: 16th February 2012, 11:03
  3. FASTEST N/A DI TANAH AIR
    By TrueCuts in forum Diskusi Mesin
    Replies: 86
    Last Post: 13th April 2010, 12:50
  4. Bunyi jedugg saat volume di kecilkan
    By lonewolf in forum Diskusi Speaker
    Replies: 48
    Last Post: 3rd September 2007, 01:05
Back to top