Membaca Kondisi Mesin Dari Busi
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 34
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/5481
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Membaca Kondisi Mesin Dari Busi

    tulisan ini gw sadur dari majalah Hot Compact & Imports dgn artikel yg berjudul "Kondisi Busi sebagai Indikator Performa Mesin". semoga bisa bermanfaat buat semuanya....... :smt001

    - Brand New Spark Plug


    - Normal Spark Plug
    jika mesin bekerja normal (sebagaimana mestinya), bentuk businya "nyaris" mirip dgn yg baru, hanya saja berwarna kecoklatan di ujung tip-nya. hal ini mengindikasikan bahwa silinder dalam kondisi kering, tidak terkontaminasi dgn oli ataupun karbon akibat sisa bensin yg tidak terbakar.
    - Normal With Red Coloration
    untuk kondisi busi normal tetapi ada warna kemerahan, hal ini merupakan hasil dari pembakaran zat additive yg dicampur ke dalam bensin. contoh : bensin premium yg dicampur dgn hot pil griffon ato dicampur dgn octane booster dll. kondisi ini adalah normal.


    - Fuel Fouled Plug (Lean Plug & Rich Plug)
    busi spt ini diakibatkan oleh AFR yg terlalu Rich atau Lean, pembakaran yg tidak sempurna atau heat range yg tidak sesuai dgn spesifikasi mesin. untuk penyelesaiannya, setting ulang perbandingan campuran udara & bahan bakar, buat se-ideal mungkin dgn nilai 14.7:1....

    Lean Plug


    Rich Plug


    - Detonation Spark Plug
    efek ini diakibatkan oleh timbulnya gejala detonasi (ngelitik) pada mesin. kemungkinannya berasal dari timing yg tidak tepat atau kualitas bahan bakar yg digunakan tidak cukup bagus alias buruk. solusinya, coba setel ulang timing pengapian dan ganti bahan bakar dgn kualitas yg lebih baik.



    - Carbon Fouled Spark Plug
    diindikasikan dgn timbulnya warna kehitaman di sekitar tip & elektroda. ini disebabkan karena terlalu banyak sisa bensin yg tidak terbakar (pembakaran tidak sempurna). kemungkinan lainnya adalah karena kebocoran injektor atau mobil cukup lama tidak dijalankan (cuman dipanasin aja mesin-nya) atau bisa juga karena menjalankan mobil terlalu pelan (nggak pernah digeber) dalam jangka waktu yg cukup lama. efeknya, akan banyak timbul kerak di ruang bakar.



    - Oil Fouled Spark plug
    ini disebabkan oleh oli yg masuk ke dalam ruang bakar yg berasal dari Ring Piston aus/rusak atau Seal Klep yg udah rusak. segera ganti Ring Piston dan/atau Seal Klep yg rusak.



    - Mechanical Damaged Spark Plug
    disebabkan oleh gerakan Piston yg terlalu jauh ke bawah di dalam ruang bakar sehingga bisa "memukul" busi.


  2. Delapan Satu
  3. #2
    ID Ini Terindikasi Melakukan Penipuan
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 25 Mins 17 Secs
    wah sangat bermanfaat bos Super Bejo...
    thx.... gw jadi tau, kayaknya gw termasuk yang bensinnya terlalu rich nih...

    hehehe...

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,127
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    25 Mins 49 Secs
    Very clear & detailed explanation. Gw baru tau gejala2 busi dari baca forum ini, thx bro! Btw, kalo busi NGK Iridium itu tahan lama ga? Brp lama kira2 tahannya dgn pemakaian normal?

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    busi basah item kena oli nya koq engga ada bozz

  6. #5
    Brigadir Jendral
    Location
    Osaka - JAPAN
    Posts
    10,246
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 59 Mins 32 Secs
    still a good info for newbies...!

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by dayak
    busi basah item kena oli nya koq engga ada bozz
    hehehe.......sori kelupaan. sekarang udah gw tambahain kok untuk busi yg terkontaminasi ama oli. thanks bro.......

  8. #7
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by welem
    Very clear & detailed explanation. Gw baru tau gejala2 busi dari baca forum ini, thx bro! Btw, kalo busi NGK Iridium itu tahan lama ga? Brp lama kira2 tahannya dgn pemakaian normal?
    informasinya sih bisa tahan lama bro, mungkin bisa sampe 50.000 km... gw juga pake Iridium (Denso Iridium IK16).....waktu tune-up seminggu yg lalu (5000 km), busi Denso IK16 gw dalam kondisi Normal (based on artikel yg gw tulis)...... tp menurut gw, jgn-lah ganti busi setelah 50.000 km meskipun itu Iridium, kecuali kalo memang masih 90% bagus seperti baru........ kalo busi standar (NGK-BKR6E11.....harganya 50 ribu 4 pcs) gw ganti setiap 5000 km (tiap ganti oli dan tune-up)..... kalo yg Iridium, gw liat dulu performanya masih bagus apa nggak..... so buat gw, busi Iridium belum ada kalkulasi waktu penggantian-nya.......

  9. #8
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,127
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    25 Mins 49 Secs
    Oke bro, thanks for the info. Jadi selama gw cek busi gw ok2 ajah ya ga usah diganti dulu yah. Asek neh bisa ngirit, heheh!

  10. #9
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    Quote Originally Posted by Super Bejo
    Quote Originally Posted by dayak
    busi basah item kena oli nya koq engga ada bozz
    hehehe.......sori kelupaan. sekarang udah gw tambahain kok untuk busi yg terkontaminasi ama oli. thanks bro.......
    weleh ada beneran :smt003

  11. #10
    Kapten
    Location
    Balikpapan
    Posts
    2,461
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 35 Mins 6 Secs
    thanks bos.. infonya mantep.. klo gw biasa maen feeling.. klo suara mesin gw ada apa2 kuping gw dah sensi.. hehehehehe..

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
NGK Busi Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. FS : Busi NGK Iriway 7 Kondisi 90%
    By d1k1E_544ky in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 17
    Last Post: 27th September 2012, 03:29
  2. Tolong tanya sedikit (membaca busi)
    By tranquility in forum Diskusi Mesin
    Replies: 13
    Last Post: 3rd May 2009, 12:40
  3. Replies: 3
    Last Post: 31st December 2008, 11:30
  4. [Tanya] Mesin Boros akibat kabel busi??
    By opelet in forum Diskusi Mesin
    Replies: 12
    Last Post: 5th June 2008, 20:02
  5. kondisi busi yg bagus itu gmn sih?
    By max_speed_r in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 27th December 2006, 13:24
Back to top