10 Hal yang Harus Pengemudi Mobil Ketahui Mengenai Motor

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 107
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/53894
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Brigadir Jendral
    Location
    Kelapa Gading
    Posts
    10,443
    Power
    72 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 1 Wk 1 Day 13 Hrs 39 Mins 18 Secs

    10 Hal yang Harus Pengemudi Mobil Ketahui Mengenai Motor




    Banyak orang memilih motor sebagai sarana transportasi mereka untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Selain konsumsi bahan bakar minyak yang relatif lebih irit, juga karena bentuknya yang mungil dibandingan kendaraan roda empat yang paling mungil sekalipun. Karena ke-munggil-annya itu maka banyak para pengemudi kendaraan roda empat atau lebih seringkali tidak awas terhadap keberadaan kendaraan roda dua di jalan. Berikut ini ada beberapa tips yang diterjemahkan secara bebas dari artikel Motorcycle Safety Foundation yang mungkin bermanfaat bagi para pengemudi mobil untuk selalu waspada dengan keberadaan kendaraan roda dua.

    1. Ada lebih banyak mobil dan truk daripada motor di jalan raya (kondisi di Amerika -red), dan banyak pengemudi mobil tidak menyadari motor; mereka mengacuhkannya (biasanya tidak karena tidak disengaja). Perhatikan motor, terutama ketika melewati persimpangan.

    2. Karena ukurannya yang kecil, motor mungkin terlihat lebih jauh daripada yang sesungguhnya. Mungkin sulit juga untuk memperkirakan kecepatan sesungguhnya. Ketika melewati persimpangan atau ketika akan keluar/masuk ke jalur, selalu tanamkan bahwa motor itu lebih dekat daripada yang terlihat.

    3. Karena ukurannya yang kecil, motor dapat dengan mudah tersembunyi dalam blind spot mobil (pintu, pilar atap) atau tersamar dengan objek atau latar belakangnya (jembatan, pagar dll). Tambahkan waktu lebih untuk mengecek dengan teliti, ketika akan bergeser jalur atau berbelok.

    4. Karena ukurannya yang kecil, motor terlihat bergerak lebih cepat dari sesungguhnya. Jangan berasumsi bahwa seluruh pengendara motor adalah monster pemuja kecepatan.

    5. Pengendara motor acapkali memperlambat kendaraan dengan menurunkan gigi atau mengendurkan gas, sehingga lampu rem tidak menyala. Beri jarak lebih, sekitar 3 atau 4 detik. Ketika di persimpangan, prediksikan pengendara motor memperlambat kendaraan tanpa memberikan peringatan yang terlihat.

    6. Lampu sein tidak mati sendiri setelah berbelok, beberapa pengendara (terutama pengendara baru) lupa untuk mematikannya setelah berbelok atau pindah jalur. Pastikan lampu sein pengendara motor itu memang ditujukan untuk berbelok atau berpindah jalur.

    7. Pengendara motor terkadang menyesuaikan posisi dalam jalurnya agar mudah terlihat dan untuk meminimalkan efek debu jalan, kendaraan yang lewat dan arah angin. Pahami bahwa pengendara motor menyesuaikan posisinya di jalur untuk sebuah tujuan, bukan ceroboh atau pamer atau mengijinkan Anda untuk berbagi jalur.

    8. Bisa bermanuver adalah karakteristik motor, terutama pada kecepatan rendah dan kondisi jalan yang baik, tetapi jangan berharap pengendara motor selalu bisa bermanuver dengan baik di jalan raya.

    9. Jarak pengereman motor hampir sama dengan mobil, tetapi jalan licin membuat motor lebih sulit berhenti. Beri jarak lebih jauh di belakang motor karena mereka tidak selalu bisa berhenti dengan cepat.

    10. Ketika motor bergerak, jangan berpikir bahwa itu adalah sebuah motor; pikirkan dia sebagai seorang manusia.

  2. Jayapoker
  3. #2
    Letnan Satu
    Location
    nyoo_hks@yahoo.co.id
    Posts
    1,809
    Power
    73 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    nice post......................

  4. #3
    Mayor
    Location
    JAKARTA...
    Posts
    3,154
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 2 Hrs 51 Mins 44 Secs
    tetep aja motor salah satu faktor penyebab kemacetan...
    kenapa?
    yg sering bikin macet dan di selidiki ternyata ini penyebabnya
    V
    V
    V
    pas udah lampu hijau mobil BARU jalan, celah depannya langsung di sempilin motor dan seterusnya dan seterus nya...

  5. #4
    Brigadir Jendral
    Location
    Jakarta Bogor Bandung
    Posts
    10,763
    Power
    69 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 20 Hrs 59 Mins 13 Secs
    nice post...


    setuju jg ama atas gw
    if you have everything under control, then you don't drive fast enough

  6. #5
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta-Bandung pp Via Cipularang
    Posts
    683
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    44 Mins 19 Secs
    nice post...berguna banget nih buat menghadapi motor2 di Indo

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    Kelapa Gading
    Posts
    10,443
    Power
    72 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 1 Wk 1 Day 13 Hrs 39 Mins 18 Secs
    thx yah semua hehehehe

  8. #7
    Mayor
    Posts
    3,707
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 14 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by aduhaduh View Post
    tetep aja motor salah satu faktor penyebab kemacetan...
    kenapa?
    yg sering bikin macet dan di selidiki ternyata ini penyebabnya
    V
    V
    V
    pas udah lampu hijau mobil BARU jalan, celah depannya langsung di sempilin motor dan seterusnya dan seterus nya...
    jalur kiri yg bisa dibuat mobil bisa belok kiri langsung sering juga diisi sama monyet monyet motor, suka selap selip sok jago seenak jidat, kalo dah keserempet jatuh mau mati gak mau disalahin, suka gak pake lampu pas malam hari,suka nerobos lampu merah,suka berhenti paling depan dr lampu merah,pas lampu dah ijo malah bengong gr gr letak lampu merahnya dibelakang.

  9. #8
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,084
    Power
    28 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Hrs 18 Mins 45 Secs
    nice post, btw yg nomor 1 emg cmn di us doank tuh, di jkt mtr jauh lbh bynk dr mobil atau truck

  10. #9
    Letnan Satu
    Location
    magelank,sala3,bali,now at karawaci
    Posts
    1,816
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Talking

    Quote Originally Posted by Kelvin_eXcite View Post
    8. Bisa bermanuver adalah karakteristik motor, terutama pada kecepatan rendah dan kondisi jalan yang baik, tetapi jangan berharap pengendara motor selalu bisa bermanuver dengan baik di jalan raya.
    NAAAAH...ini dia nih yang jadi masalah utama di indonesia...
    motor sama mobil klo disuru milih buat nerjang macet ato ketempat yang deket2 gw lebih prefer motor....daya gerak n manuver lebih lincah daripada mobil....
    tapi sangat disayangkan diindo ga ada pengajaran ttg bagaimana cara mengendarai motor yang baik...pokoknya bisa NAIK motor n ngeGAS AJA uda bisa dapet sim or turun kejalan....[entah benrhentinya mo gimana pokoknya jalan dulu]
    Klo dijepang aja SIM motor dibagi berdasar kelas2 cc motor....mulai dari ecek2(cma bisa motor dibawah 80c), ampe yang professional (motor2 diatas 1000cc)

    berhubung gw sering banget pergi2 lintas trans Sumatra [lampung] - Jawa - Bali, jadi gw sering ngeliat yang aneh2 dijalanan negara kita ini
    CONTOH nih gw pernah liat ada anak2 SD nih....SD bok!SD!!!!nyetir motor dijalan raya yang rame BIS-2 dan TRUK-2.....gw sekeluarga aja ngeliat itu cma bisa mangap....kakinya aja pasti lom sampe ketanah....gimana berhentinya.....

    gw juga pernah iring2an arah ke bandung lewat nagrek....dari jauh ada motor disebelah kiri jalan....mobil depan gw uda klakson2 ibu2 ama anak2nya yang naek motor ini dari jauh....tapi pas uda deket koq malah si ibu ini malah mau belok kekanan....ampe mobil gw n depan gw ampe ngerem abis2an....PLUS KLAKSON kenceng2!!!dan ibu2 n anaknya balik lagi kesisi kiri jalan....

    waktu disemarang gw juga pernah ngeliat sepeda motor tabrakan ma motor lainnya didepan gw....

    waktu disolo gw pernah disalip ma motor tiger...waktu ditikungan....disisi luar tikungan ada sungai...kayaknya ni motor kekencengan jadi uda ampe ga bisa belok lagi ampe ngeloyor keluar tikungan dan "BYUUUUUUUR" gw liat air sungai muncrat keatas semua....[OH MY GOD....] kasian ni orang.....
    motor mandi orangnya juga mandi....tapi airnya coklat....

    waduh....ngeliat hal2 kayak gini koq rasanya gak heran ya klo banyak kecelakaan kendaraan roda 2 yah....

    sebenernya gw juga seneng klo ngeliat pengendara motor yang jago2....tapi sebel juga klo ngeliat yang sok2an bisa padahal ga bisa....[duh....]

    Memang menurut gw hal2 seperti ini perlu perhatian dari kita juga pengendara MOBIL....
    toh gw juga sering banget setir mobil didesek ama motor2....tapi ngalah aja lah....kita ga rugi juga kan....malah kita bisa menghindari hal2 yang tak diinginkan....BETUL???!^^

    ya pokoknya SAFE DRIVE!
    NO EMOSI!hehehe^^

    maaf sharing gw panjang!hehehehehehe^^

    THANX!

    Regards,
    ~A~

  11. #10
    Brigadir Jendral
    Location
    Kelapa Gading
    Posts
    10,443
    Power
    72 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 1 Wk 1 Day 13 Hrs 39 Mins 18 Secs
    kinglong : hahaha bner bgt bro semuanya

 

 
Page 1 of 11 12345 ... LastLast
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Mobil Concept Legend Yang Tidak di Ketahui dan Terlupakan
    By buuuuu in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 35
    Last Post: 21st July 2014, 12:47
  2. Tips & Trick Yang Belum Anda Ketahui
    By Kelvin_eXcite in forum Automotive
    Replies: 39
    Last Post: 16th May 2014, 08:01
  3. [ask] Apa yang harus dicek klo bli mobil matic 2nd?
    By bee_ly in forum Diskusi Mesin
    Replies: 10
    Last Post: 10th December 2007, 17:19
Back to top