Kaca Mobil Sebagai Salah Satu Faktor Keselamatan
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 29
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/532713
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Location
    jkt tgr
    Posts
    33
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 10 Hrs 59 Mins 43 Secs

    Kaca Mobil Sebagai Salah Satu Faktor Keselamatan



    Akhir-akhir ini sering berita kecelakaan mobil, pada ngomongin Airbag, searbelt, high impact side bar.. Kalo ane merhatiin Kaca mobilnya, dari segi keamanan dan teknologi nya gimana ya? Bahas yuk..

    Fitur teknologi keselamatan apa yang ada di mobil Agan saat ini? SRS Airbag, Seatbelt, ABS, Rangka yang kokoh dengan Sidebar Beam? Bagaimana dengan kaca depan dan kaca jendela yang ada dimobil? Amankah? Tahukah Agan, kalau kaca yang ada dimobil agan sudah dirancang dan diproduksi sedemikian rupa untuk menunjang keselamatan berkendara Agan?

    Meskipun kaca otomotif terlihat sama seperti jenis lain dari kaca, fungsinya sangatlah berbeda.

    Pada kebanyakan kaca yang digunakan untuk jendela gedung dan rumah, terbuat dari kaca biasa yang akan pecah menjadi pecahan besar jika rusak. Beberapa mungkin menggunakan kaca yang tidak mudah rusak untuk bagian pintu atau pemisah ruangan pada kamar mandi.

    Berbeda halnya dengan kaca otomotif dimana sebuah kendaraan akan mengalami guncangan, menerjang debu berkecepatan tinggi dan gangguan-gangguan lain seperti serangga yang menghantam dengan keras. Untuk itu kaca otomotif dibuat menjadi dua jenis kaca pengaman untuk mempertahankan struktur sebuah kendaraan. Jenis pertama adalah Lamitaned Glass untuk kaca depan, dan Temered Glass untuk jendela samping dan Belakang.

    Laminated Glass atau Kaca Laminasi dibuat dengan menempatkan lapisan film super tipis kedalam dua lembar kaca yang kemudian direkatkan dengan pemanasan tinggi. Sedangkan Tempered Glass dibuat dengan cara memanaskan kemudian mendinginkan dengan secara tiba-tiba agar struktur kaca berubah menjadi lebih kuat.

    Kedua jenis kaca tersebut mempunyai peranannya masing-masing. Pada saat terjadi kecelakaan, Kaca depan dengan tehnologi laminated glass akan melindungi anda dari pecahan kaca yang beterbangan sedangkan tempered glass mempunyai kekuatan 10x lipat dari kaca biasa yang membantu atap mobil tetap pada strukturnya ketika mobil terguling serta membantu menahan Airbag samping agar anda tidak terlempar keluar.

    Sejarah Kaca Otomotif
    Pada awal abad ke-20 , ketika kendaraan bermesin mulai menggunakan kaca untuk melindungi pengemudi dari angin yang kera, bentuk standar kaca yang digunakan di saat-saat tidaklah cukup melindungi pengemudi dari puing-puing terbang. Hal ini juga menimbulkan risiko bagi pengemudi jika sebuah benda menghantam kaca atau jika kendaraan terlibat dalam kecelakaan .

    Pada tahun 1903, ahli kimia berkebangsaan Prancis, Edouard Benedictus tanpa sengaja menemukan metode pelapisan kaca. Suatu hari ia menjatuhkan botol gelas yang berisi cairan "collodion" kering (semacam carian kimia berupa selulosa). Ia menemukan bahwa botol yang dilapisi dengan cairan tersebut akan retak tetapi tetap dalam bentuk aslinya. Namun, metode ini tidak akan diterapkan di mobil sampai tahun 1920.

    Laminated Glass (Kaca Terlaminasi) dan PVB
    Kaca laminasi dibuat dengan menempatkan lapisan polivinil butiral ( PVB ) antara dua lembar kaca . Kaca dan PVB direkatkan oleh serangkaian tekanan dan kemudian dipanaskan . Kombinasi tekanan mekanis dan panas kimia mengikat PVB ke kaca . Ikatan mekanis terjadi melalui kerekatan PVB , sedangkan ikatan kimia dibuat melalui ikatan hidrogen dari PVB ke kaca .

    Lapisan PVB memungkinkan kaca untuk menyerap energi saat terjadi benturan dan memberikan kekuatan untuk menahan penetrasi dari proyektil terbang. Lapisan PVB juga dapat menahan hingga 95 persen sinat ultraviolet ( UV ) dari matahari. Kaca berlaminasi PVB bisa pecah, tetapi akan tetap utuh karena ikatan kimia.

    Kekuatan kaca otomotif terlaminasi mempunyai dua fungsi yang sangat penting dalam mobil . Pertama, memungkinkan kantung udara sisi penumpang untuk menyebarkan dengan benar . Kantung udara bagian pengemudi cenderung untuk membuka lurus ke arah sopir dari kemudi, tapi ketika kantung udara penumpang membuka, akan memantul dari kaca depan ke arah penumpang . Kantung udara menyebarkan dengan kecepatan yang luar biasa dan dapat menahan daya dorong 907 kg. Kaca depan harus dapat menyerap dengan baik kecepatan dan kekuatan kantong udara untuk melindungi penumpang dalam kecelakaan. Karena kekuatannya, kaca terlaminasi dapat menjaga penumpang di dalam mobil saat kecelakaan. Tanpa ini semua, penumpang dapat terlempar melalui kaca

    Kaca depan terlaminasi juga mendukung kekuatan atap mobil . Kaca depan menjaga atap dari tekukan dan runtuhan ketika kendaraan terguling. Kaca depan terlaminasi juga dapat diperbaiki dengan mudah bila terjadi luka kecil akibat terlempar batu.

    Tempered Glass (Kaca Matang)
    Tempered Glass sama pentingnya untuk mendukung keselamatan kendaraan, tetapi sangat berbeda baik dalam bentuk dan fungsi jika dibandingkan dengan Laminated Glass. Jenis kaca ini digunakan untuk jendela di sekeliling mobil dan jendela belakang. Tempered Glass diciptakan dengan memanaskan dan kemudian didinginkan dengan sistem blower sampai suhu kamar. PAda proses ini, permukaan kaca mendingin jauh lebih cepat daripada lapisan inti kaca, menyebabkan tegangan tekan, sedangkan inti kaca mengembang karena suhu panas, menghasilkan tegangan tarik. Proses ini memberikan kaca menjadi lebih kuat 5x sampai 10x dari kaca biasa. Dan ketika sampai pada titik kekuatannya, kaca akan pecah, namun akan menghasilkan pecahan berupa butiran-butiran sebesar jagung yang tidak tajam sehingga tetap aman.

    Perkembangan Masa Depan di Kaca Otomotif
    Karena kekuatan dan keamanannya, beberapa produsen mobil mendisain mobil mereka dengan bidang permukaan kaca terlaminasi lebih banyak.

    Beberapa mobil bahkan menggunakan kaca terlaminasi untuk atap kendaraan mereka. Yang menjadi dilema adalah, ketika terjadi kondisi darurat yang mengharuskan penumpang keluar dari kendaraan, kaca terlaminasi tidak mudah dipecahkan. Selain itu kaca terlaminasi juga tidak dapat didaur ulang karena adanya proses penyisipan kandungan PVB.

    Walau dengan kelemahan yang ada pada teknologi Tempered Glass maupun Laminated Glass saat ini, tanpa itu semua kendaraan kita tidak akan seaman dan senyaman sekarang ini.

    Sumber :
    - HowToStuff
    - Autoglass University

    Tambahan dari Modcomers :

    Quote Originally Posted by Scal3 View Post
    untuk lebih menjelaskan...tanpa mendiskreditkan pihak tertentu..

    kaca film tidak memberikan pengaruh utk keselamatan kaca depan, mobil2 baru sekarang kaca depannya pst sudah laminated ato bertuliskan lamisafe, ini sesuai info di atas adalah kaca 2 lapis yg mana konstruksinya adalah : kaca-lapisan-kaca

    kaca film menurutsy lbh berguna utk kaca pintu/blkg, penjelasannya nanti di bwh, sejurus dgn baca tulisan ini semoga mengerti

    jadi alasan tidak mental keluar kaca depan karena konstruksi kaca lamisafe tsb, BUKAN karena kaca film
    utk mobil2 jepang yg beredar umumnya mulai thn 95an, sedangkan mobil2 eropa sudah lbh dahulu, ciri plg utama kaca dpn lamisafe adalah kalo pecah di 1 titik maka pecahnya cuma retak garis begitu,
    walaupun anda tidak mengenakan kaca film, kaca tersebut jika pecah tidak akan menyembur ke muka anda,

    berbeda dgn kaca pintu dan kaca blkg, kalau pecah 1 titik maka akan lgs pecah smua menjadi BUBUK / pecahan kaca kecil2, mengapa ? krn itu teknologi tempered

    memang mbl jaman dahulu menggunakan kaca depan jenis ini, tp untuk ketentuan keselamatan maka semua mbl baru hrs menggunakan kaca lamisafe/laminated skrg, kebayang kan kalo di tol kaca kena batu tiba2 nyembur ke muka ?, beda dgn kaca laminated yg kalo kena batu kenceng maka paling coak ato retak aja, masih "aman" dipakai sampai bbrp lama waktu

    demikian sedikit bantuan penjelasan oleh saya, agar tidak pada salah kaprah dan lbh tercerahkan,
    apabila ada pertanyaan lain dan ketika saya melihat thread ini maka sebisa mungkin saya bantu jwb

    taruh di atas kalo berkenan biar byk yg tercerahkan

    terimakasih

    tambahan utk om rubble idola saya, betul skali alat seperti ini memang ada, kalau sulit ketemu jasa marga, mungkin modcomers pas ke spore n naik bis bisa lihat alatnya suka digantung di pilarnya, utk memecahkan kaca kala terjadi emergency

    simplenya memank k2 tipe kaca tersebut pny plus minusnya

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Brigadir Jendral
    Location
    Bengkel Densum ...
    Posts
    11,771
    Power
    125 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Yrs 4 Mths 2 Wks 3 Days 20 Hrs 44 Mins 29 Secs
    nais impo....
    "I love the rain, because when I was walking under the rain, nobody know that I cried...."Lukisan Hujan


    http://img.photobucket.com/albums/v378/shillouette/silpehhh_zps3d182702.jpg

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    Balikpapan - Malang
    Posts
    1,064
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 19 Hrs 15 Mins 32 Secs
    nice share gan

  5. #4
    Kapten
    Location
    A.K.A.P
    Posts
    2,689
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 10 Hrs 2 Mins 58 Secs
    markotop infonya ijin nyimak

  6. #5
    Kapten
    Location
    Top Gear test track
    Posts
    2,554
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Mths 2 Wks 2 Hrs 21 Mins 57 Secs
    iya iya om, ane setuju... nice inpoooo
    I am the Stig

  7. #6
    Sersan Satu
    Posts
    390
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    21 Hrs 14 Mins 13 Secs
    kalo TINTED GLASS

  8. #7
    Kapten
    Location
    Top Gear test track
    Posts
    2,554
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Mths 2 Wks 2 Hrs 21 Mins 57 Secs
    iya iya om, ane setuju... nice inpoooo
    I am the Stig

  9. #8
    Mayor Jendral
    Posts
    19,079
    Power
    206 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 1 Day 14 Hrs 54 Mins 32 Secs
    Utk emergency quick window removal skrg sdh ada advance concave cup with threaded hole and glass puller ...yg jadi standard road rescue team dimana mana spt adac, aaa ...jadi window element tdk perlu di hancurkan atau pecah ...semua ditarik cepat terbuka tanpa otot manusia dlm hitungan detik ...ada yg mechanical n ada juga yg electric ...rescue unit jasamarga di jkt sy pernah liat sdh gunakab ini tiga thn lalu

    yg portable juga ada u inside cabin escape ...jauh lbh handy n effective drpd portable hammer

  10. #9
    Sersan Satu
    Location
    medan
    Posts
    376
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 4 Days 9 Hrs 3 Mins 20 Secs
    baru tau rupany kaca mobil sekompleks bgini jg

    ni ce share brade

  11. #10
    Brigadir Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    11,414
    Power
    55 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 6 Days 7 Hrs 11 Mins 22 Secs
    ada kawan yang percaya sama 1 brand kaca film karena dengan kaca film tsb menyelamatkan nyawanya... sepertinya waktu kejadian kecelakaan dia tidak terpental keluar dan ditahan kaca depan berlapis kaca film brand tsb
    (TSC-1IC-DCCI) M'93 - SOLIDARITY FOREVER
    JANGAN BENARKAN YANG 'BIASA-NYA', BIASAKAN YANG BENAR

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Ini Dia Salah Satu Mobil Koleksi Dari Pangeran Arab Saudi
    By ghostracer in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 44
    Last Post: 27th May 2016, 14:04
  2. salah satu mobil langka..
    By LordSovereign in forum Merk Lainnya
    Replies: 16
    Last Post: 25th February 2015, 11:13
  3. [WTS] MAU JUAL SALAH SATU KLAKSON MOBIL GUE
    By Shinya Taniuchi in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 7
    Last Post: 27th November 2014, 19:21
  4. Salah Satu Tampilan Modifikasi Mobil Dari Negara Romania
    By ghostracer in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 17
    Last Post: 14th July 2013, 00:51
  5. salah satu mobil langka..
    By LordSovereign in forum Merk Lainnya
    Replies: 65
    Last Post: 6th May 2013, 07:48
Back to top