Kumpulan Troubleshooting Engine Problem
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 56
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/5191
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Kumpulan Troubleshooting Engine Problem

    halo modcom-er,
    gw ada ide mau ngumpulin problem-2 & troubleshooting-nya seputar mesin. dari banyak thread gw perhatian banyak sekali yg issued bermacam-macam problem seputar mesin dan solusinya. jadi maksud gw, dgn bikin thread khusus ini, gw berharap segala sesuatu yg berkaitan dgn masalah mesin & troubleshooting-nya bisa di share di sini. thread ini berlaku untuk semua jenis mobil dan mesin. pada akhirnya gw berharap modcom-er bisa lebih mudah mencari tahu solusi tentang suatu problem yg dialami mesin mobil-nya....... sebisa mungkin informasi yg di-share cukup lengkap. gw mulai dari pengalaman gw sendiri yee........ thanks sebelumnya.......

    Honda Civic Ferio 1996

    1. Oli rembes di sekitar Gearbox bagian atas.
    ini bisa disebabkan oleh 2 komponen, Seal Distributor (O Ring) dan/atau Seal VTEC. Seal VTEC ada 2, yg pertama di VTEC Solenoid bagian bawah (bentuk Seal-nya seperti angka 8 dan dilengkapi dgn saringan kecil), yg kedua di VTEC Solenoid bagian atas (bentuk Seal-nya seperti Embrio Bayi). kedua Seal VTEC ini perlu diganti dan pemasangan-nya kembali perlu ditambah dgn Selotip Putih yg biasa dipake untuk Selotip Keran Air. perkiraan biayanya : harga Seal Distributor/O Ring (25 ribu s/d 45 ribu), Seal VTEC (70 ribu s/d 90 ribu), jasa penggantian (25 ribu s/d 50 ribu).

    2. Oli rembes di bagian bawah antara sambungan Gearbox & Blok Mesin.
    ini disebabkan oleh Seal Kruk As yg udah rusak. penggantian Seal Kruk As ini harus Overhaul Gearbox. pemasangan-nya harus extra hati-2 karena proses Bongkar-Pasang Gearbox perlu waktu yg cukup lama (sekitar 3 jam) dan cukup rumit. perkiraan biayanya : harga Seal Kruk As (45 ribu s/d 60 ribu), jasa Bongkar-Pasang Gearbox (250 ribu s/d 300 ribu).

    3. Oli rembes di sekitar Packing Oli Mesin.
    ini disebabkan oleh komponen Packing Oli yg udah rusak. solusinya dgn mengganti Packing Oli yg rusak dgn yg baru. perkiraan biayanya : harga Packing Oli (90 ribu s/d 120 ribu), jasa penggantian (75 ribu s/d 125 ribu).

    4. Lampu Rem nyala terus.
    kasus yg gw alami ini karena Baut Pengait yg terpasang di Pedal Rem patah. Baut Pengait ini terbuat dari bahan semcam Plastik lentur tapi sangat kuat dan bentuknya seperti Jamur, warnanya putih. Baut Pengait yg terpasang di Pedal Rem ini berfungsi menahan “naik-turun-nya� Switch Lampu Rem. Perkiraan biayanya : harga Baut Pengait (20 ribu), jasa (gratis, karena gw pasang sendiri…hehehe)... sori kalo yg ini gak ada kaitan-nya ama mesin........ :smt003

    well…..itu aja yg bisa gw sharing, barangkali modcom-er yg laen bisa menambahkan…… :smt001

  2. Jaya Bet
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Location
    bintaro
    Posts
    5,162
    Power
    27 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 15 Hrs 11 Mins 36 Secs
    wakakakakak... smua yg lo tulis di atas gw alamin smua! emang dasar ferio.. tp udah solved sih.. thx anyway bro..

    kl RPM drop bgt pas nyalain AC knp ya?
    ホンダモータースポーツ

  4. #3
    Kapten
    Posts
    2,147
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 59 Mins
    buat maestro injection:
    sebenernya banyak pengalaman, maklum mobil tua, tapi kalo ga dipancing dulu ga inget, tapi beberapa kejadian terakhir:

    mesin susah hidup, ga bisa idle waktu baru panas, kuncinya cuma di satu alat yang namanya main relay, habis ganti itu semua lancar.

    ternyata yang inget sekarang itu aja he3, :smt003 lain kali ditambah...

  5. #4
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by jenxters
    wakakakakak... smua yg lo tulis di atas gw alamin smua! emang dasar ferio.. tp udah solved sih.. thx anyway bro..

    kl RPM drop bgt pas nyalain AC knp ya?
    kayak si giri ini kalo mobil udah kenceng......hal-2 kecil spt RPM drop waktu AC nyala kagak diperhatiin, yg penting mobil bisa lari kenceng...... hehehe.......

    RPM Drop waktu AC nyala
    biasanya disebabkan oleh IACV (Intake Air Controller Valve) - semacam Idle Up yg nggak "beres".... caranya dibersihkan dulu IACV-nya, kalo masih bermasalah....berarti IACV minta diganti..... gw pernah ngalamin juga, IACV cukup dibersihkan aja kok dan langsung OK. IACV baru harganya sekitar 1.1 juta-an...... weeikkksss, mahal kan jack....???

    to maestro man :
    pengalaman loe OK juga. gw juga pernah nemuin di bengkel beberapa kasus mirip maestro loe, baru tau kalo masalahnya ada di Main Relay...... thanks udah mau sharing :smt001

  6. #5
    Sersan Satu
    Posts
    306
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 28 Mins 15 Secs

    Civic Ferio'97 Manual

    Pokonya mah yang berhubungan dengan kebocoran udah pasti jawabannya "HONDA" APALAGI Kalo dibawa rpm tinggi terus alias geber abis, biasanya packing carter cepet kena tuh & alhasil rembez deh....

    Oh iyah satu lagi "Honda" jagonya overheat tuh maksudnya temperatur naik. makanya radiator milik honda butuh perhatian kusus, dirawat lah..

    Kenapa yah Ferio gue ada efek "Fuel Cut" nya kaya kasus nya avanza gt deh... gmana cara ngilangin nya ada yg bisa share disini? Thn'x...

    G jg mau tanya kalo waktu dulu "ECU Ferio" sempet ada recall ga?? maklum gw bli neh mbl 2nd seh... hehehe.. Segitu dulu deh...
    [/b]

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Re: Civic Ferio'97 Manual

    Quote Originally Posted by V-tech_46
    Pokonya mah yang berhubungan dengan kebocoran udah pasti jawabannya "HONDA" APALAGI Kalo dibawa rpm tinggi terus alias geber abis, biasanya packing carter cepet kena tuh & alhasil rembez deh....

    Oh iyah satu lagi "Honda" jagonya overheat tuh maksudnya temperatur naik. makanya radiator milik honda butuh perhatian kusus, dirawat lah..

    Kenapa yah Ferio gue ada efek "Fuel Cut" nya kaya kasus nya avanza gt deh... gmana cara ngilangin nya ada yg bisa share disini? Thn'x...

    G jg mau tanya kalo waktu dulu "ECU Ferio" sempet ada recall ga?? maklum gw bli neh mbl 2nd seh... hehehe.. Segitu dulu deh...
    [/b]
    halo bro,
    pada dasarnya "kesehatan" mesin mobil tergantung dari perawatan-nya. untuk kasus-2 tertentu seperti overheat, ini memang dialami oleh genio/estilo taun 92-93. knapa.....??? kalo yg ini memang disebabkan oleh bentuk radiatornya yg "mungil" dan cuman 1 ply. penyempurnaan dilakukan untuk edisi genio/estilo 93-95, bentuk radiator tetep "mungil" tapi sudah 2 ply. untuk mencegah overheating :
    - ganti air reservoir radiator setiap 1.5 bulan
    - kuras & ganti air radiator setiap 6 bulan
    - cek selang-2 radiator, jika memang udah getas, wajib diganti
    - cek juga radiator-nya, jika udah pernah mengalami kebocoran, gw saranin jgn di-tambal, lebih baik ganti radiator
    - jgn pernah melepas termostat, karena termostat berfungsi untuk menjaga temperatur mesin agar tetap ideal

    untuk masalah "kebocoran" ato oli rembes...... :
    - usia mobil memang udah tua (ferio gw udah 10 taun), jadi kemungkinan banyak komponen Seal yg udah getas & gak bisa berfungsi secara optimal. ini wajib diganti & penggantiannya juga perlu kecermatan dari mekanik

    untuk kasus "fuel cut"...... :
    - gw tebak.....loe merasa ferio loe ndut-ndut-an kalo jalan di gigi 1 di bawah 1500 rpm......??? kalo yg ini gw nggak ngerti. ferio gw dulu juga gitu, tapi setelah gw service injektor, bersihin throttle body, ganti filter bensin, kuras tangki (pkoknya tune-up komplit deh....), sekarang udah OK.....
    - kalo menurut gw, kemungkinan pada saat deselerasi dan mencapai rpm tertentu (di bawah 1500 rpm), ECU memerintahkan sensor untuk menghentikan supply bensin (fuel cut), sehingga seolah-olah, secara tiba-2 mesin tidak mendapat supply bensin pada saat deselerasi di bawah 1500 rpm).......anyone bisa kasih penjelasan ttg fenomena "fuel cut"....???
    - alternatif lain, coba pasang piggyback ntar di-mapping lagi Air Fuel Ratio-nya....

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    bintaro
    Posts
    5,162
    Power
    27 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 15 Hrs 11 Mins 36 Secs
    waduh gw udah lepas thermostat.. kalo ga overheat mulu nih.. tp skrg mesin gw sih sehat2 aja..
    IACV udah gw bersihin sendiri, yg di blkg throttle body kan? gw semprotin carb cleaner udah ampe ga keluar kotoran lagi, tp tetep aja.. masa gw ganti.. hix.. mahalnya..
    ホンダモータースポーツ

  9. #8
    Sersan Satu
    Posts
    306
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 28 Mins 15 Secs

    Re: Civic Ferio'97 Manual

    untuk kasus "fuel cut"...... :
    - gw tebak.....loe merasa ferio loe ndut-ndut-an kalo jalan di gigi 1 di bawah 1500 rpm......??? kalo yg ini gw nggak ngerti. ferio gw dulu juga gitu, tapi setelah gw service injektor, bersihin throttle body, ganti filter bensin, kuras tangki (pkoknya tune-up komplit deh....), sekarang udah OK.....
    - kalo menurut gw, kemungkinan pada saat deselerasi dan mencapai rpm tertentu (di bawah 1500 rpm), ECU memerintahkan sensor untuk menghentikan supply bensin (fuel cut), sehingga seolah-olah, secara tiba-2 mesin tidak mendapat supply bensin pada saat deselerasi di bawah 1500 rpm).......anyone bisa kasih penjelasan ttg fenomena "fuel cut"....???
    - alternatif lain, coba pasang piggyback ntar di-mapping lagi Air FuelRatio-nya....[/quote]

    Untuk super bejo gw mau tanya, apakah anda mengalami hal yg sama dgn gua pd saat deselerasi terasa fuel cut yg berlebihan? bagaimana dengan pemilik ferio lain nya apakah mengalami yg sama?

    Apakah dengan memasang piggyback, masalah 100% akan selesai? takutnya gue dah keluar duit buat piggyback tp masalah fuel cut kaga hilang jg... Gue dah setel sudut TPS nya tp tetep ga hilang masalahnya, sempet jg gue rubah setelan co nya sedikit diborosin tp tidak ada perubahan jg.. sebelum nya gue mau tanya kalo nyetel co ferio kalo diputer ke kanan semakin boros atau semakin irit yah?? soal nya gue trial n error seh... Sampe dapet setelan yg mungkin kt gue enak..
    Apakah Hondaclinic dapat menangani masalah pd mobil saya? Thn'x

    Terus yg gue mau tanyain lagi knp yah kalo masuk gigi suka rada2 susah, kopling dah gue ganti fuel set(kampas, dekrup, n laher). Sekarang oli yg dipake oleh perseneling gue bawaan dari honda nya (MTF, Manual Transmisi Fluid).. udah ada yg pernah coba oli ini??? kalo gue rasa ga ada enak nya sama sekali... Susah masuk gigi palagi Gigi R.

    Sekarang gue ada rencana mau ganti oli transmisi pake 0W-40 , ada rekomendasi oli yg bagus pake apa? gue pake 0w-40 supaya masuk gigi nya gampang... Peke merek apa yah?
    Oli transmisi apa yg kalian2 pake buat Civic Ferio??

    Thn'x .... Sorry klo banyak nanya, maklum masih newbie neh... hehehehe

  10. #9
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    to jenxters :
    drop rpm-nya gmana......??? begitu nyalain AC, rpm naik dulu sekitar 100 rpm terus nge-drop ke IDLE ato begitu nyalain AC rpm loe langsung drop sekitar 300 rpm......??? kalo kasus yg pertama sih itu kondisi normal memang spt itu..... tapi kalo kasus kedua, kemungkinan besar IACV-nya memang "gak beres"...... tp mudah-2 an bukan kasus kedua yee......

    to V-tech_46 :
    - gw juga merasakan seperti itu, tapi nggak terlalu terasa sih. seperti yg gw jelasin sebelumnya, keadaan tsb "berlebihan" pada saat gw awal-2 beli tuh mobil. selanjutnya memang langsung gw tune-up komplit dan efek "fuel cut off" jadi nggak begitu terasa..... bisa jadi itu berasal dari mapping AFR dari ECU Standar yg sengaja dibikin seperti itu. mirip-2 spt kasus Avanza....
    - dgn piggyback kemungkinan itu bisa berhasil (tapi gw juga belum ngebuktiin sih), tapi paling tidak dgn pasang piggyback loe jadi tau apakah memang efek "fuel cut-off" berasal dari settingan ECU ato disebabkan oleh yg lainnya. dgn piggyback, loe kan bisa men-setting lagi AFR sesuai keinginan loe.......
    - untuk oli transmisi, loe pake MTF Honda (Bikinan Idemitsu) itu udah benar. gw juga pake Idemitsu kok dan OK-OK aja. masalah susah masuk gigi, kemungkinan ada komponen perseneleng yg udah aus, tapi secara pasti gw nggak begitu ngerti.

    sudah pernah ke Honda Clinic.....??? coba deh loe datang ke sana, konsultasikan aja apa permasalahan loe......mudah-2 an Honda Clinic bisa ngebantu.....

  11. #10
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,570
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 4 Days 15 Hrs 37 Mins 49 Secs
    waduh, gw juga ikutan ya.hehehe.

    gw juga punya trouble neh, tapi mobil gw mits, boleh ya...

    **Mesin seperti brebet2,tapi ga parah,klo idle knalpotnya nembak2 dikit.
    Padahal udah di cek semuanya fine2 aja,bagian knalpot,bagian elektrik n bagian mesin, semua fine2 aja.
    tapi sampe sekarang masih begitu2 aja.ada yg tau ga ya??

    help dunk

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Venom 300x250 Vkool

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. JASA RESET MOBIL CBU ELEKTRIKAL TROUBLESHOOTING
    By w13win in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 1st March 2012, 21:13
  2. gearbox or engine problem d series.......
    By kimidudut in forum Diskusi Mesin
    Replies: 24
    Last Post: 3rd December 2008, 01:42
  3. need help urgent, engine problem?
    By ohwrestl135 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 6
    Last Post: 2nd June 2008, 00:02
  4. Problem engine swap
    By recht_masta in forum Diskusi Mesin
    Replies: 17
    Last Post: 30th May 2008, 02:31
  5. Butuh bantuan troubleshooting MSD6AL
    By ufikminyak in forum Diskusi Mesin
    Replies: 4
    Last Post: 17th February 2008, 19:28
Back to top