Pembahasan mengenai pad untuk mesin poles (jenis, fungsi, kegunaan, dll)
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 6 of 6
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/515191
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Represented Member
    Location
    www.rawatmobilmu.net
    Posts
    2,477
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Hr 41 Mins 18 Secs

    Pembahasan mengenai pad untuk mesin poles (jenis, fungsi, kegunaan, dll)

    Foam pad kalu dilihat secara mendalam bentuk aslinya seperti sarang lebah. Seperti rongga-rongga yang terstruktur dengan rapi. Semakin kecil rongganya, foamnya akan terasa semakin kenyal dan akan semakin halus.

    Dari struktur foam pad, biasa terbagi 2:
    1. Open cells. Jenis ini memungkinkan udara mengalir masuk dan bersirkulasi didalam foam. Kimia dari kompon dan polish memerlukan udara bersirkulasi di foam untuk membuat obat bereaksi dan memberikan efek yang diinginkan. Itu kenapa jenis open cells ini sangat ideal untuk compound dan polish

    2. Close cells. Jenis ini mencegah udara mengalir masuk dan bersirkulasi didalam foam. Secara struktur foam, jenis ini kurang ideal untuk compound dan polish. Jenis ini sangat ideal untuk paint cleaner, glazing dan wax.

    Kemampuan cutting dari semua compound dan polish itu sangat bergantung dari pad dan tekanan pada mesin saat proses polishing.

    Apapun kombinasi dari obat/pad itu sangat bergantung pada komponen yang paling abrasif. Sebagai contoh: Jika kita menggunakan Lake Country White polishing pad sebagai dasar, polish apapun yang digunakan akan mendapatkan tambahan cutting dari kemampuan abrasif foam tersebut. Lalu apabila kita menggunakan Lake Country blue finishing pad yang tidak mempunyai kemampuan abrasif, maka obat polish yang digunakan hanya akan bergantung dari kemampuan abrasif obatnya sendiri.
    Simplenya adalah kemampuan abrasif itu bisa di-'fine tuned' dengan menggunakan berbagai kombinasi dari obat dan pad. dan tentu saja pressure dan speed mesin pun sangat berpengaruh. Tetapi itu diluar bahasan saat ini.

    Cara mencari kombinasi yang tepat itu sebenernya sangat simple.
    Let say, kita menggunakan Crystal Shield Power Polish (PP-2500) dengan Lake Country White Polishing Pad. Apabila kombinasi ini tidak memberikan hasil yang diinginkan dan ingin ditingkatkan abrasifnya, caranya simplenya adalah menggunakan pad yang sama dengan menggunakan obat yang lebih abrasif. Apabila sudah tidak ada lagi obat yang lbh abrasif, baru pergunakan foam pad yang lbh agresif.
    Apabila kita hendak menurunkan tingkat abrasifnya, cara simplenya adalah turunkan tingkat abrasif pad.

    Adapun faktor lain yang mempengaruhi abrasif/agresif selain foam pad dan obat adalah :
    Speed mesin yang dipergunakan, tekanan yang dipergunakan, ukuran pad (makin kecil makin mudah untuk cutting), pergerakan mesin dan working area.

    Kunci sukses dari proses polishing adalah mengetahui bagaimana cat akan bereaksi dengan kombinasi pad dan obat yang akan dipergunakan. Anda wajib mengetahui dengan jelas kemampuan obat dan pad yang anda punya sebelum anda menggunakannya. Itu kenapa 'test spot' sangat penting

    Design dari Foam Pad

    Close cells = foam jenis ini membuat obat tidak mudah terserap dan mencegah udara utk bersirkulasi didalamnya. Biasanya tidak abrasif dan tidak sekenyal open cells. Foam jenis ini punya keunggulan membuat obat anda tidak mudah kering dan memperlama 'play time' dari obat. Biasanya karena foam jenis ini mencegah udara masuk, jadi agak susah dibersihkan dan ga mudah kering

    Open Cells = foam jenis ini membuat obah terserap dan udara bebas bersirkulasi. Sehingga bisa memaksimalkan abrasif obat. Sangat cocok untuk dipergunakan untuk proses compound dan polish.

    Kekenyalan = idealnya foam itu tidak bisa 'dipress' sampai melebihi 50% dari ketebalan awalnya. Apabila bisa, tidak disarankan untuk penggunaannya.

    Ketebalan = ketebalan foam disini fungsinya adalah untuk meminimalkan resiko backing plate menggores ke cat. selain itu juga untuk memastikan cat mendapatkan tekanan yang stabil dan sama untuk seluruh permukaan pad (constant pressure), meminimalkan getaran mesin dan kemampuan 'menampung' obat.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Represented Member
    Location
    www.rawatmobilmu.net
    Posts
    2,477
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Hr 41 Mins 18 Secs
    To be continue....
    Bentuk permukaan foam (flat, ccs, hex logic, dll) dan komparasinya, perawatan pad, foam pad vs wool pad vs microfiber pad

  4. #3
    Prajurit
    Posts
    5
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 35 Mins 14 Secs
    Continued-nya dah ditunggu-tunggu

  5. #4
    Represented Member
    Location
    www.rawatmobilmu.net
    Posts
    2,477
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Hr 41 Mins 18 Secs
    CCS (Collapsed Cell Structure)
    Bahan foam ini dari eropa. Didesign khusus untuk proses kompon, polish dan final polish. Jenis CCS ini adalah open cell untuk bagian datar dan closed cell untuk bagian berlubang. Bagian berlubang didesign untuk menyimpan kelebihan obat dan akan dilepas sedikit demi sedikit untuk memperlama working time.

    Flat Foam
    Jenis pad ini adalah kakek moyangnya semua jenis pad. Pad ini fungsinya mirip dengan CCS, dimana perbedaannya hanya ada 1. Apabila digunakan dengan mesin rotary, jenis pad ini akan lebih cepat bikin obat break down ketimbang CCS.
    Jenis Flat sendiri terbagi 2:
    Thin Flat Foam (Foam Flat Tipis)
    Di design untuk efisiensi. Foam jenis ini efektif untuk meneruskan tenaga mesin langsung ke cat sehingga sangat efisien dan efektif.
    Thick Flat Foam (Foam Flat Tebal)
    Jenis Foam ini didesign seperti mempunyai 'shockbreaker', sehingga cukup nyaman saat dipakai. Tetapi kelemahannya apabila dipergunakan pada mesin forced rotation, foam ini suka lari-lari sendiri

    Purple wool foam pad
    Foam ini merupakan gabungan antara wool dengan foam pad. Di design untuk cutting seagresif wool dan hasilnya sehalus foam pad. Foam jenis ini cocok untuk menghilangkan sanding grit 1500, dan tidak akan membuat haze pada cat. Foam jenis ini juga tidak akan 'caking' dan 'matting'.

    Constant Pressure Pad
    Foam jenis ini sebenarnya adalah 2 lapis thin flat foam atau thin flat foam yang dilapis dengan CCS. Foam ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang menginginkan hasil seperti seorang professional.

  6. #5
    Prajurit
    Posts
    10
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 22 Hrs 21 Mins 4 Secs
    kok ga dilanjutin bahasannya om?,topik yg sgt menarik buat ane....blh nnya om,cara cuci woolpad gmn ya om?.
    tq.

  7. #6
    Prajurit
    Posts
    4
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    11 Hrs 10 Mins 23 Secs
    Koq sepi ya forum detailingnya, apa sdh ga musimnya dan saya terlambat belajar ya..

    Permisi om2, ijin gabung. Pingin belajar banyak ngelus2 mobil.

    Kebetulan tahun kmrn beli polisher DA merk Shinmate untuk hoby ngelus2 mobil, waktu beli dapet bonus Foam Pad tipe waffel, dan sampe skr blm pernah kepake
    Skr lagi pengen belajar dari suhu2 disini cara moles baik dan benar.
    Yang mau saya tanyakan, untuk mesin DA ini, baiknya pake Foam Pad Open Cell atau Closed Cell ya? Karena saya baca2 koq untuk mesin DA ini sabaiknya pake Closed Cell (100% Flat). Dan yg bikin bingung lagi, Bonus Foam Pad yg diberikan Shinemate Open Cell.

    Mohon pencerahannya Suhu

 

 
MBtech Tekiro

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Mesin Poles Idaman
    By Viper212 in forum Diskusi Eksterior
    Replies: 113
    Last Post: 19th July 2012, 21:27
  2. Fs - Mesin Poles Ultimate Detailing Machine !
    By rOeLez in forum Bursa Eksterior Lainnya
    Replies: 29
    Last Post: 30th October 2008, 01:11
  3. wts: camshaft racing untuk mesin kijang 4k, 5k dan 7k
    By tighe in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 26
    Last Post: 12th September 2008, 20:04
  4. WTA (urgent!): overheat!+settingan optimal untuk mesin genio
    By max_speed_r in forum Diskusi Mesin
    Replies: 15
    Last Post: 26th November 2006, 03:38
  5. modul pengapian untuk mesin injeksi
    By Ngebutzz in forum Diskusi Mesin
    Replies: 17
    Last Post: 17th May 2006, 10:37
Back to top