Ganti Exhaust Malah Ngempos dan Boros, Ini Alasannya
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 10 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 99
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/497160
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs

    Ganti Exhaust Malah Ngempos dan Boros, Ini Alasannya

    MUFFLER:


    HEADER:


    Upgrades di exhaust system biasanya dilakukan dibagian header dan muffler dan biasanya tanpa ada sedikit research sebelumnya untuk mengetahui efek mereka.
    Dan akibatnya, kita jauh lebih sering mendengar komplain setelah penggantian ke dua part itu, yang biasanya menyebut entah:
    - Malah ngempos dan power berkurang
    - Kok jadi boros

    Loh loh, katanya header bisa buat lebih besar scavenging effectnya? Efek yang bisa bantu meningkatkan power. Dan muffler bisa buat flow jadi tidak tertahan?
    Kok malah ngempos dan boros sih…

    Dan kenapa masih tetap banyak aja yang beli header dan muffler itu dong kalo memang ngempos dan jadi boros?

    Pelan pelan kita coba kupas, dan sebelumnya kalo ada yg bisa menambahkan krn sy menulis ini tanpa draft dan apa adanya yg keluar dr pengetahuan dan pengamatan sy, akan ada tentunya yang terlewatkan…

    Pertama kita lihat dulu apa itu scavenging fx di header. Scavenging di header adalah proses menyedot udara yang terjadi di pertemuan pipa2 di header, bisa di 2 nya untuk 4-2-1 dan bisa di 1 nya untuk 4-1. (sedikit oot, ini juga alasan kenapa 4-2-1 jauh lebih bagus dari 4-1 di rpm 7000-8000 kebawah, hands down).
    Namun untuk mencapai scavenge itu banyak header yang dibuat yg beredar di negara ini yang hanya mengandalkan effect ini namun membuat flow sangat lambat di pipa2 sebelumnya… Hasilnya, bukan mempercepat flow secara keseleruhan tapi justru memperlambat.

    Lanjut, di muffler (dan juga di header), OEM standard sudah memberikan yang terbaik untuk settingan yg standard. Terbukti berulang kali kita menemukan dari dyno test, open muffler tidak memberikan peningkatan horsepower yg berarti, namun mengurangi respon di rpm bawah, yang biasa disebut ngempos.

    Loh, bukannya upgrade muffler itu utk membuka tahanan?
    Betul, untuk mobil2 yang sudah di upgrade secara flow (bukan karena papas head), muffler bisa menjadi tahanan yang berarti untuk dimodif. Untuk yg standard, atau untuk yang sudah di modif tapi bukan secara flow, muffler standard adalah yang terbaik untuk flow standard.
    Hal yang sama juga berlaku di header. Membuat header secara diameter lebih besar untuk flow yang standard, tidak akan membuat mobil lebih responsive dan malah membuatnya ngempos, walau bisa meningkatkan SEDIKIT hp di pm tinggi, rpm yang 99% tidak terpakai untuk pemakaian harian, what a waste kan?

    Ok ok, ngempos bisa terjadi, tetapi kenapa kok power juga loyo apalagi di rpm 4000 ke bawah?

    Ini membutuhkan penjelasan sdkt lbih kompleks.
    Karena tahanan (atau tidak ada percepatan) yang sudah dijelaskan diatas, 2 hal terpenting terjadi di ruang bakar.
    Pertama, beban piston mendorong exhaust meningkat dgn kondisi flow yg lambat di pipa2 exhaust, yang umumnya disebut pumping loss.

    Dan kedua, menjadi besar kemungkinan exhaust gas itu malah masuk ke intake port, yg membuat power di rpm berikutnya menjadi berkurang, karena udara segar tercampur dgn udara exhaust yg minim/nihil mengandung oksigen, diluar temperatur yg juga tinggi yang tidak ideal untuk siklus pembuatan power. Ohhh, jadi apa hubungannya dengan boros??

    Tentu dengan extra power yg dipakai piston utk mendorong exhaust gas keluar dari ruang bakar, semakin besar pumping loss dan semakin kecil power yg bisa dipakai utk menggerakkan yg lain, yg dicatat sebagai power…
    Juga campuran di intake port yg disebabkan masukkan exhaust gas ke intake port menyebabkan pembakaran tidak efisien, dan itu dgn mudah menyebabkan mobil semakin boros.

    Jadi sekedar sharing, sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, pastikan mendapat info yang cukup, dan adalah fair meminta info selengkapnya dari penjual, apakah muffler dan atau header akan membuat boros dan ngempos, dan bukti untuk itu adalah membuat kita semua menjadi yakin sebagai pembeli, dan juga sebagai penjual…

    Peningkatan top hp hanya segelintir dari keseluruhan performa. Pastikan yang di dapat di top hp tidak (banyak) mengorbankan power di rpm bawah dan menengah, yang biasa disebut rpm harian.

    Sori newbie baru jalan 6 bulan mengamati exhaust system ini… komen dan tambahan di apresiasi banget…

    Thanks!!
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kapten
    Posts
    2,589
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 43 Mins 12 Secs
    Nice info om....

  4. #3
    Kapten
    Location
    Kota Macet
    Posts
    2,250
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 1 Hr 57 Mins 38 Secs
    nice share bro

  5. #4
    Kolonel
    Location
    京都- 日本
    Posts
    9,092
    Power
    302 
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Mths 3 Wks 4 Days 18 Hrs 7 Mins 36 Secs
    nice infoh

  6. #5
    Sersan Mayor
    Location
    semarang
    Posts
    980
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 4 Days 1 Hr 51 Mins 33 Secs
    nice jugaa infonya , gini nihh baru cakep infonya , bukan nya nyela thread orang

  7. #6
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    ganti exhaust system kendaraan (header, muffler, dkk) PASTI akan selalu membuat boros..

    karena begitu and mengganti exhaust system, percaya sama saya, anda PASTI akan menekan pedal gas lebih dalam dari biasanya agar anda bisa mendengar suara vroom-vroom dan bruum-bruum

    serius aja lah beroo, siapa juga sih yang ganti header set tapi nyetir kayak nenek2





    -B 3 NY-
    JKT48 BSD48
    YONA. 4 huruf yang selalu menjadi harapan dan memberikan impian bagi para serpihan hatinya

    (btw, foto disebelah bikin galau ya?)

  8. #7
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,411
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 5 Days 3 Hrs 40 Mins 27 Secs
    Hmm... Masalahnya knalpot racing yg beredar di indonesia rata" free flow. Yg pasti buat ngempos (apalagi transmisi A/T).

    Kalo knalpotnya aftermarket tp ada tabung catback (cmiiw) katanya gak begitu ngempos.

    Mw ganti knalpot tp takut juga nih..
    Col. John 'Hannibal' Smith: Give me a minute, I'm good. Give me an hour, I'm great. Give me six months, I'm unbeatable.

  9. #8
    Kopral Satu
    Location
    Surakarta
    Posts
    95
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 22 Hrs 55 Mins 47 Secs
    Jadi misal crv a/t diganti produk k****i rekomen gak ya....pengen ganti ni buat ngejar tarikan bawahnya

  10. #9
    Letnan Satu
    Location
    BSD tangerang selatan
    Posts
    1,552
    Power
    30 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 2 Hrs 3 Mins 39 Secs
    belajar aja dari senior2 yang berpengalaman dan beberapa contoh dan koreksi dari relasi sebelum mainan exhaust dan belajar itu mahal CMIIW

  11. #10
    Sersan Satu
    Posts
    333
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 4 Hrs 54 Mins 36 Secs
    Quote Originally Posted by candra234 View Post
    nice jugaa infonya , gini nihh baru cakep infonya , bukan nya nyela thread orang
    biasa lah, udah ganti kendangan, ga ada Back Pressure, ya nyela thread orang, serang lapak orang, Racist pula

    Normally Aspirated Engine (Non_turbo) memang butuh Back Pressure......
    Free Flow Exhaust System disukai untuk Turbo (Turbine)... akan tetapi, saya ga suka Turbo untuk di Indonesia, panas!!!!
    Turbo lahir di negara2 dingin... & memang untuk pemakaian daerah dingin pula... terutama kalo Salju.......Mesin Turbo pasti Happy Bangetz!

    Btw, TS juragan Bata loh

 

 
Page 1 of 10 12345 ... LastLast
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. ganti mufler racing malah ngempos! please help me
    By runtje in forum Diskusi Mesin
    Replies: 59
    Last Post: 17th June 2015, 15:53
  2. Help, abis ganti header n lepas reson malah ngempos
    By VVT in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 67
    Last Post: 16th June 2015, 14:47
  3. Ganti Power malah storing
    By danny_8118FL in forum Diskusi Power Amplifier
    Replies: 41
    Last Post: 12th April 2008, 17:24
  4. help!! nglitik seudah ganti exhaust
    By 26SI in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 21
    Last Post: 22nd March 2008, 21:05
Back to top