Kenapa tidak boLeh kena oli?
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 21
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4958
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec

    Kenapa tidak boLeh kena oli?

    Menurut teman-teman, mengapa timing belt tidak boleh kena oli?

    Kalau tidak boleh kena air, mungkin karena molekul air akan masuk kesela-sela karet dalam timing belt, dan mengikat molekul polimer karet sehingga resiko timing belt getas lebih besar. Karena lebih cepat getas, maka lebih cepat putus, makanya tidak boleh kena air. Tapi kalau oli...

    Setahu saya oli itu kan lebh kental dari air, sehingga akan sulit bagi molekul oli untuk masuk ke dalam sela-sela karet timing belt.

    Akan tetapi, kenapa para mekanik malah lebih takut jika timing belt kena oli daripada kena air??
    Ada yang bisa membantu memberi jawaban?

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Brigadir Jendral
    Location
    jakarta timur
    Posts
    13,085
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 9 Mins 19 Secs
    kanada karet yang gak tahan sama oli... bisa megar gitu....

  4. #3
    Kapten
    Location
    rawamangun - palmerah
    Posts
    2,065
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 51 Secs
    emang karet melar ya kena oli? bukannya kena semacam minyak tanah ato bensin yg melar...?

    klo kena oli kayanya takut olinya jadi licin di gear camnya...

    walaupun tu timing belt ada gerigi ke cam..

  5. #4
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    buat rekan avanza cupu:
    Kalau karet gelang mungkin iya, tapi kan karet dan konstruksi pada timing belt beda jauh. Ditarik 150 daya kuda saja belum tentu putus. Apalagi konstruksinya yang terdiri dari lapisan2 polimer tahan panas. Satu-satunya yang mungkin untuk menembusa lapiosan polimer tersebut hanya air. Maka dari itu saya bingung, kira-kira apa ya alasannya tidak boleh kena oli?? Bahkan beberapa mekanik jauh lebih takut kalau kena oli?

    buat mas tom:
    Tadi saya juga punya pikiran begitu (takut licin di camgear), tapi mekanik langganan saya malah bilangnya karena takut cepat getas... Kalau masalah licin kan selain ada gerigi juga ada tensioner yang menjaga ketegangan setelan timing belt. Tapi ya itu tadi, korelasinya ke oli apa ya??

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    Black Owl
    Posts
    5,390
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 4 Hrs 50 Mins 24 Secs
    Wah beni sering buka thread pertanyaan bagus nih...

    Ibarat dosen menyidang mahasiswa ehehehe
    Drifting is just too easy... too easy...
    Nothing to be proud of...

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    jakarta timur
    Posts
    13,085
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 9 Mins 19 Secs
    maybe kan banyak timing belit yang kw3an gitu... kuailitasnya tanda"?"...

  8. #7
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    buat mas gunther:
    Walah, bukan maksud menyidang mas...
    Saya sih murni hanya ingin tahu saja, kira-kira kenapa ya mekanik itu lebih takut jika timing belt kena oli? Kalau saya pribadi tidak menemukan alasan kenapa oli bisa ditakuti. Kalau kita ganti oli, kadang-kadang ada beberapa tetes yang mengenai fan belt AC atau water pump kan. Tapi tokh fan beltnya tetap lancar jaya. Padahal kalau melihat dari segi bahan dan konstruksi material, fan belat kekuatannya dibawah timing belt. Tapi mengapa tetesannya tidak boleh terkena timing belt? Bahkan sampai dibuat tutupnya kan?

    buat mas avanza:
    Kalau untuk barang kw3 ya tidak kena oli juga rentan rusak. Tapi maksud saya disini untuk barang orisinal.

  9. #8
    Kapten
    Location
    rawamangun - palmerah
    Posts
    2,065
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 51 Secs
    klo dibuat tutup biar jangan dicolong kali timingbeltnya......hahaha :smt003

    ato jangan diisengin orang klo timing beltnya digeser keluar...haha..

  10. #9
    ID Ini Terindikasi Melakukan Penipuan
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 25 Mins 17 Secs
    mungkin takut aja torsi perputaran camgear lebih besar dari pada beltnya, waktu dibejek habis tiba tiba...biarpun ada geriginya tapi kalo kena oli mungkin aja bisa selip...??

    atau mungkin takut aja waktu lagi berputar. kan timing belt ditutup pake tutupan, jadi kalo kena oli,sewaktu dia berputar bisa aja bergeser keluar dari dudukan geriginya, trus beltnya kena ke tutup, udah gitu jadi nyeret ke tutup, kayak ban gesrok sama fender gitu... putaran mesin jadi ketahan...

  11. #10
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    timingbelt kebanyakan terbuat dari semacam karet dan benang..
    oli bikin licin dan tuh timing belt bisa kepeleset dan merusak tuh sejenis karet dan exposed tuh benang
    oli mempunyai kimikal yg merusak karet

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Vkool Mitsubishi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Ask: Kenapa saya kena infraction?
    By riph in forum Saran Kritik & Pertanyaan
    Replies: 33
    Last Post: 11th October 2010, 19:07
  2. 10 Hal Yang Boleh dan Tidak di Facebook
    By Kelvin_eXcite in forum Automotive
    Replies: 30
    Last Post: 7th March 2009, 00:15
  3. Bahan Bakar Air ? Kenapa tidak?
    By herman in forum Automotive
    Replies: 56
    Last Post: 11th January 2009, 17:34
  4. BOLEH ATAU TIDAK
    By afen_ho in forum Diskusi Speaker
    Replies: 20
    Last Post: 29th July 2007, 11:26
Back to top