Hasil Test Kolektor di Exhaust - oleh WESTECH PERFORMANCE GROUP
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 24
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/492852
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs

    Hasil Test Kolektor di Exhaust - oleh WESTECH PERFORMANCE GROUP

    Modcomers,

    Lag2 kebetulan ada informasi yg ingin di share, terlebih krn melihat cukup banyaknya salah pengertian dalam masalah kolektor ini...

    Memang kolekor lebih pendek dan lebih besar berarti lebih menguntungkan untuk rpm atas, dan kolektor lebih panjang lebih kecil berarti lebih menguntungkan utk rpm bawah....

    Tapi, bukan berarti bisa terlalu kepanjangan atau kekecilan dan juga bukan berarti bisa terlalu kependekan atau kebesaran....

    Ada batas2 yang bisa diterima alias masih menguntungkan... diluar batas itu, akan lebih banyak kerugian daripada keuntungannya...

    Kolektor adalah bagian penting di tuning utk mencapai high performance, dan terlebih karena tidak sulitnya melakukan pengetesan karena bentuknya yg mudah dibuat dan tempat dyno test mudah dicari, tuning di kolektor merupakan suatu keharusan (untuk yang peduli).

    (Area/wilayah yang masih bisa memberi keuntungan itu biasa disebut tuned length atau panjang yang bisa di tuned sesuai kebutuhan, sedikit share spy suatu waktu membaca term itu tidak membingungkan).

    Di trit ini, kita akan melihat hasil hasil test pada panjang kolektor, dimensi yang sangat penting untuk tuning di exhaust, dan trit ini diambil dari tulisan salah satu tuning house terbaik di Amerika, Westech Performance Group.

    KOLEKTOR:
    - Yang disebut kolektor adalah pipa tempat bertemunya pipa2 lain. Dari titik pertemuan itu, atau dari titik setelah venturi di titik pertemuan itu, sampai dengan area dimana terjadi perubahan luas/diameter pipa atau terkadang di suatu resonator, adalah panjang kolektor yang dimaksud dr trit ini.



    Atau gambar berikutnya bisa lebih jelas. Kolektor adalah yg disebut secondary... Garis hitam yg ditunjuk panah di secondary itu adalah panjang kolektor/secondary: (gambar dari DV)



    WESTECH'S TEST RESULTS:

    BASELINE (menggunakan 18 inch kolektor):


    Pengurangan panjang kolektor 2 inch menjadi 16 inch:


    Pengurangan menjadi 50% dari panjang baseline:


    Open Header (panjang kolektor menjadi 0 inch):



    Terlihat setelah pengurangan 2 inch, dari 18 menjadi 16 inch (gambar ke-2), kurva menjadi mirip, hampir tidak ada perbedaan kecuali sedikit di rpm 4000-4500.

    Setelah pengurangan menjadi 50% (gambar ke-3) dari panjang awal = 9 inch, terlihat performance jatuh (garis merah) dibawah rpm 5000 (sekitar torsi maks).

    Dan di gambar ke-4 pada saat kolektor tidak digunakan sama sekali (garis merah), performance semakin jatuh....

    Dari test2 tsb diatas, bisa kita lihat tampak ada panjang kolektor yang masih bisa diterima secara performance. Dan bila dibuat terlalu pendek, performa di rpm bawah menjadi semakin jatuh/buruk, dan tidak ada peningkatan apapun di rpm atas.

    ** POINT to modcomers:

    Jangan menggunakan kolektor lebih pendek dari 10 inch. (David Vizard menggunakan 12 inch sebagai panjang permulaan sebelum tuning dilakukan). Dan bila ragu, gunakan dyno test untuk membandingkan performa suatu kolektor.

    Thanks!!


    Kebetulan pernah jg kita melihat beberapa contoh yg mengkofirmasi tulisan2 dari para super master diatas. Baik dari dyno test maupun hasil tes di flowbench...

    Center Pipe/Kolektor (inside diameter 45mm) vs Tanpa Kolektor
    Panjang Kolektor sekitar 15-17 inch



    Hasil Flowbench test, tanpa dan dengan pipa - 10 inch:
    Lift - CFM tanpa pipa - CFM dengan pipa - Perbedaan CFM - Persentase Perbedaan
    0.05 24.6 29.1 4.5 18%
    0.1 61.5 68 6.5 11%
    0.15 92.2 101.1 8.9 10%
    0.2 116.8 126.5 9.7 8%
    0.25 135.9 147.4 11.5 8%
    0.3 148.6 161.3 12.7 9%
    0.35 156.6 170.4 13.8 9%
    0.4 161 175.6 14.6 9%
    0.45 163.9 179 15.1 9%
    0.5 165.9 181.1 15.2 9%

    Sungguh dengan mudah disimpulkan, kolektor adalah penting, dan dengan panjang kurang dari 10inch, potensi power tidak akan di raih, sekalipun di rpm atas... Semoga membantu yang masih mampu membuka pikirannya.
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Mayor
    Posts
    904
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 4 Hrs 24 Mins 53 Secs
    Nice share...walaupun kagak mudeng blabar pisan...anyway di ctrl+D dulu ahh, kali aja suatu waktu mobil ane mau di bikin racing biar bisa ngepot kaya kenblock

  4. #3
    Sersan Mayor
    Posts
    876
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 1 Day 9 Hrs 3 Mins 28 Secs
    ora mudeng bro gimana cara ngukurnya

  5. #4
    Mayor
    Location
    Karawaci-Jakarta-Bandung
    Posts
    3,713
    Power
    86 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 5 Days 15 Hrs 45 Mins 6 Secs
    Ijin nyimak mw diplajari dulu deh..

  6. #5
    Sersan Kepala
    Posts
    529
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 8 Hrs 12 Mins 13 Secs
    10 inci sama dengan 25 cm pan? segitu ude cukup buat kolektor boss?

    nice trit boss

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Bintaro
    Posts
    929
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 3 Days 19 Hrs 33 Mins 47 Secs

  8. #7
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by Satna View Post
    Nice share...walaupun kagak mudeng blabar pisan...anyway di ctrl+D dulu ahh, kali aja suatu waktu mobil ane mau di bikin racing biar bisa ngepot kaya kenblock
    sama kok bro... disini jg kurang mudeng.... sok tahu aja dikit... hehheh

    ga bro, ini buat semua kategori mobil... dgn semakin lancarnya exhaust, setidaknya energy yg dipakai pompa/piston, utk mengeluarkan gas di exhaust, menjadi lebih sedikit. Berarti semakin besar energy yg bs dipakai utk menggerakan mobil. Juga bisa berarti, semakin irit pemakaian bbm per energy yg digunakan.

    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  9. #8
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Kebetulan pernah jg kita melihat beberapa contoh yg mengkofirmasi tulisan2 dari para super master diatas. Baik dari dyno test maupun hasil tes di flowbench... Hasil flowbench menyusul ya, sementara hasil dyno yg sdh pernah kita tampilkan di trit lainnya:

    Center Pipe/Kolektor (inside diameter 45mm) vs Tanpa Kolektor
    Panjang Kolektor sekitar 15-17 inch



    - - - - - - - - - -

    Quote Originally Posted by HandyBintaro View Post
    10 inci sama dengan 25 cm pan? segitu ude cukup buat kolektor boss?

    nice trit boss
    Minimal bisa dibilang segitu bro utk 4 silinder. Bisa di doble utk 8, dan disesuaikan utk 6... Perlu dyno utk lebih baik lagi...

    Kalo untuk pemakaian harian, udah HAMPIR pasti lebih dari 10 inch, kecuali hariannya selalu WOT hehehe... tx
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  10. #9
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Hasil Flowbench test, tanpa dan dengan pipa - 10 inch:
    Lift, CFM tanpa pipa, CFM dengan pipa, Perbedaan CFM, Persentase Perbedaan
    0.05, 24.6, 29.1, 4.5, 18%
    0.1, 61.5, 68, 6.5, 11%
    0.15, 92.2, 101.1, 8.9, 10%
    0.2, 116.8, 126.5, 9.7, 8%
    0.25, 135.9, 147.4, 11.5, 8%
    0.3, 148.6, 161.3, 12.7, 9%
    0.35, 156.6, 170.4, 13.8, 9%
    0.4, 161, 175.6, 14.6, 9%
    0.45, 163.9, 179, 15.1, 9%
    0.5, 165.9, 181.1, 15.2, 9%

    Sungguh dengan mudah disimpulkan, kolektor adalah penting, dan dengan panjang kurang dari 10inch, potensi power tidak akan di raih, sekalipun di rpm atas... Semoga membantu yang masih mampu membuka pikirannya.
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  11. #10
    Kopral Satu
    Posts
    75
    Power
    -43 
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 31 Mins 53 Secs
    kalau misal gue mau lebih gesit diputaran bawah apa pengaruh?

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. SIM INDONESIA DI AKUI OLEH DUNIA
    By grading in forum Automotive
    Replies: 48
    Last Post: 5th August 2013, 18:42
  2. Kecelakaan Ferrari...Test Drive di senayan city
    By Skyline27 in forum Automotive
    Replies: 44
    Last Post: 17th July 2013, 17:45
  3. RANKING OLI HASIL TEST BPPT
    By frans_h in forum Diskusi Mesin
    Replies: 35
    Last Post: 20th January 2008, 22:21
  4. Ada yang tau ga hasil Alpine Contest di GAC minggu lalu?
    By bee_ly in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 8th May 2006, 19:35
  5. [ASK] Hasil Kontes SQ di Graha Auto Center
    By CuMiGoREng in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 20
    Last Post: 22nd December 2005, 03:10
Back to top