Sebuah Muffler Dari Sudut Pandang Master David Vizard - Page 2
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 2 of 3 FirstFirst 123 LastLast
Results 11 to 20 of 22
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/490483
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #11
    Kopral Satu
    Posts
    75
    Power
    -43 
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Hrs 31 Mins 53 Secs
    nice info bro

  2. #12
    Letnan Dua
    Location
    tangerang
    Posts
    1,154
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 5 Days 1 Hr 11 Secs
    [QUOTE=HastaWS;2058159835]Kalo menurut sy sih, secara konsep sama saja bro. Flow ga kenal matik atau manual.
    Sori, mungkin bro bisa jelaskan sedikit lagi maksudnya bro...


    - - - - - - - - - -



    Maksudnya ane gini bro, selama ini yang ane perhatikan di FJB atau di Forum diskusi knalpot rata-rata Mobil bertransmisi manual lebih baik menggunakan Muffler yg bersifat Freeflow, namun untuk mobil matic tidak disarankan karena berdampak ngempos. Kalau mobil matic lebih disarankan menggunakan muffler yg bersifat Chamberred (mohon maaf klo penulisannya salah) atau Twin loop.
    Nah disini ane mau menanyakan kepada Bro Hasta untuk mobil matic itu lebih bagus jenis muffler model apa? soalnya ane ada rencana untuk modif kenalpot mobil ane, cuma takut salah jalan. Jadi mohon bantuan suhu buat masukannya.

  3. #13
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    [QUOTE=B8633CK;2058166076]
    Quote Originally Posted by HastaWS View Post
    Kalo menurut sy sih, secara konsep sama saja bro. Flow ga kenal matik atau manual.
    Sori, mungkin bro bisa jelaskan sedikit lagi maksudnya bro...


    - - - - - - - - - -



    Maksudnya ane gini bro, selama ini yang ane perhatikan di FJB atau di Forum diskusi knalpot rata-rata Mobil bertransmisi manual lebih baik menggunakan Muffler yg bersifat Freeflow, namun untuk mobil matic tidak disarankan karena berdampak ngempos. Kalau mobil matic lebih disarankan menggunakan muffler yg bersifat Chamberred (mohon maaf klo penulisannya salah) atau Twin loop.
    Nah disini ane mau menanyakan kepada Bro Hasta untuk mobil matic itu lebih bagus jenis muffler model apa? soalnya ane ada rencana untuk modif kenalpot mobil ane, cuma takut salah jalan. Jadi mohon bantuan suhu buat masukannya.
    tx buat penjelasannya bro.
    Kalo sy amati sih begini bro. Semua mobil butuh freeflow. Freeflow itu terjadi bila tidak terdapat/sangat sedikit terdapa hambatan yang bisa berupa pipa yg mengecil atau pipa yg membesar. (yg ideal disebut Vizard diatas itu, adalah almost zero backpressure. Jadi hampir freeflow, yg bisa disebut freeflow juga). Yg lebih free flow adalah, misal sy ksh angka diameter aja ya, 2 inch inlet, 2.25 core dan 2.5 outletnya). Itu paling pas buat racing.

    Sori nih, harusnya sy utarakan di posting awal, yg dimaksudkan oleh dia itu, seandainya ada bagian pipa2 sebelumnya yg ternyata super ketat, walau jgn terlalu ketat krn ada nanti terjadi velocity choke, artinya cfm berkurang, velocity tdk bertambah. Bagian2 yg sdkt lebih ketat dari seharusnya ini, bisa dikurangi kesalahannya dgn freeflow model core lbh besar.

    Ballik ke matik, jadi, matik dan manual itu sama saja bro. Kaloupun ada perbedaan, itu krn matik menggunakan sistem yang membutuhkan beberapa input dari sensor2 sebelum ecu memutuskan utk, misalnya apakah gigi ini bisa dipertahankan atau butuh shift.

    Loop di sistem bisa lbh lambat dari pergerakan shift oleh tangan secara mekanikal, walaupun itu pun sy ragu. (sy cenderung kita kurang membanding bnyk faktor sebaiknya sebelum ke konklusi yg bro sebut).

    Bisa juga lebih cepat, misal di formula1, krn sudah ada preset, track semua jelas. preset yg ada dibuat se pas mungkin utk mencapai waktu tercepat satu putaran dgn asumsi lawan2 tdk ada. Semi matik, dipakai di f1 utk driver memberikan input extra utk shift bilamana preset itu tdk diperlukan lagi pd suatu situasi misalnya overtaking. Logikanya sih, f1 pakai matik, sdh susah utk bilang matik lbh ngempos dari manual, hanya karena muffler freeflow. Krn balik lagi, freeflow itu memang yg ideal.

    Bro, yg paling pas menentukan, menurut Vizard, dan sy tdk mampu utk tidak setuju, adalah tujuan pemakaian mobil itu, dan berapa CFM mengalir dari port (ditambah bgmn intensitas dorongan flow exhaust (velocity) yg bisa di derived dari cc mobil itu). Itu aja sih, sungguh simple. cuma krn kita kebanyakan tdk mau melangkah ke zona tdk nyaman, perasaan menjadi tolol krn baca sesuatu yg memberikan cermin sesungguhnya, kita lebih suka menghayal. Sesuatu yg tdk ada kita buat menjadi seakan ada, atau sebaliknya. DAn bro atau lainnya yg mengandalkan judgement bbrp itu langsung percaya, krn bro2 memang membutuhkan kan, walau yang benar....

    Jadi, kalo muffler saja yg mau dirubah, tes yg paling bs sy bayangkan adalah di dyno. Bro bisa pakai tes dgn muffler dan tanpa muffler. Kalo ada perbedaan yg signifikan, bisa diambil arahnya utk perbaikan. Kalo tdk ada, dan merasa power seharusnya lebih, kemungkinan pipa2 lainnya yg bermasalah.

    (kalo yg menurut pengamatan sy, muffler yg top abis itu adalah memang dr dynomax, yg menggunakan valve di muffler nya (masih patent pending). Itu barang cantik, valve akan mengadjust di kecepatan lambat atau kencang. Itu harganya (berapapun) harusnya murah, krn sy pikir itu memang jawaban dari bnyk keinginan hehehe....

    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  4. #14
    Letnan Dua
    Location
    tangerang
    Posts
    1,154
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 5 Days 1 Hr 11 Secs
    [QUOTE=HastaWS;2058171496]
    Quote Originally Posted by B8633CK View Post

    tx buat penjelasannya bro.
    Kalo sy amati sih begini bro. Semua mobil butuh freeflow. Freeflow itu terjadi bila tidak terdapat/sangat sedikit terdapa hambatan yang bisa berupa pipa yg mengecil atau pipa yg membesar. (yg ideal disebut Vizard diatas itu, adalah almost zero backpressure. Jadi hampir freeflow, yg bisa disebut freeflow juga). Yg lebih free flow adalah, misal sy ksh angka diameter aja ya, 2 inch inlet, 2.25 core dan 2.5 outletnya). Itu paling pas buat racing.

    Sori nih, harusnya sy utarakan di posting awal, yg dimaksudkan oleh dia itu, seandainya ada bagian pipa2 sebelumnya yg ternyata super ketat, walau jgn terlalu ketat krn ada nanti terjadi velocity choke, artinya cfm berkurang, velocity tdk bertambah. Bagian2 yg sdkt lebih ketat dari seharusnya ini, bisa dikurangi kesalahannya dgn freeflow model core lbh besar.

    Ballik ke matik, jadi, matik dan manual itu sama saja bro. Kaloupun ada perbedaan, itu krn matik menggunakan sistem yang membutuhkan beberapa input dari sensor2 sebelum ecu memutuskan utk, misalnya apakah gigi ini bisa dipertahankan atau butuh shift.

    Loop di sistem bisa lbh lambat dari pergerakan shift oleh tangan secara mekanikal, walaupun itu pun sy ragu. (sy cenderung kita kurang membanding bnyk faktor sebaiknya sebelum ke konklusi yg bro sebut).

    Bisa juga lebih cepat, misal di formula1, krn sudah ada preset, track semua jelas. preset yg ada dibuat se pas mungkin utk mencapai waktu tercepat satu putaran dgn asumsi lawan2 tdk ada. Semi matik, dipakai di f1 utk driver memberikan input extra utk shift bilamana preset itu tdk diperlukan lagi pd suatu situasi misalnya overtaking. Logikanya sih, f1 pakai matik, sdh susah utk bilang matik lbh ngempos dari manual, hanya karena muffler freeflow. Krn balik lagi, freeflow itu memang yg ideal.

    Bro, yg paling pas menentukan, menurut Vizard, dan sy tdk mampu utk tidak setuju, adalah tujuan pemakaian mobil itu, dan berapa CFM mengalir dari port (ditambah bgmn intensitas dorongan flow exhaust (velocity) yg bisa di derived dari cc mobil itu). Itu aja sih, sungguh simple. cuma krn kita kebanyakan tdk mau melangkah ke zona tdk nyaman, perasaan menjadi tolol krn baca sesuatu yg memberikan cermin sesungguhnya, kita lebih suka menghayal. Sesuatu yg tdk ada kita buat menjadi seakan ada, atau sebaliknya. DAn bro atau lainnya yg mengandalkan judgement bbrp itu langsung percaya, krn bro2 memang membutuhkan kan, walau yang benar....

    Jadi, kalo muffler saja yg mau dirubah, tes yg paling bs sy bayangkan adalah di dyno. Bro bisa pakai tes dgn muffler dan tanpa muffler. Kalo ada perbedaan yg signifikan, bisa diambil arahnya utk perbaikan. Kalo tdk ada, dan merasa power seharusnya lebih, kemungkinan pipa2 lainnya yg bermasalah.

    (kalo yg menurut pengamatan sy, muffler yg top abis itu adalah memang dr dynomax, yg menggunakan valve di muffler nya (masih patent pending). Itu barang cantik, valve akan mengadjust di kecepatan lambat atau kencang. Itu harganya (berapapun) harusnya murah, krn sy pikir itu memang jawaban dari bnyk keinginan hehehe....

    Thanks bro buat penjelasannya dan ilmunya. Sukses selalu ya broo.
    Btw Dynomax bisa didapetin dmn?
    Tq berat bro buat sharing nya..

  5. #15
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    [QUOTE=B8633CK;2058171889]
    Quote Originally Posted by HastaWS View Post

    Thanks bro buat penjelasannya dan ilmunya. Sukses selalu ya broo.
    Btw Dynomax bisa didapetin dmn?
    Tq berat bro buat sharing nya..
    Sy nih yg tx atas pertanyaannya. Malah kalo msh ada yg ragu atau punya pendapat berbeda, tlng2 share dong dan tentu lebih mantep kalo dikasih backup atau sejenis sehingga sy bs mudah mengerti.

    Link dynomax itu: http://www.dynomax.com/mufflers/
    Dicari2 aja bro... sy rada males kesana, takut ngiler dan sedih kalo ga bs mencicipinya hehehe...
    kalo ada yg cocok, bisa cari part nnumbernya di amazon, ambil dari amazon juga alternatif cukup ok.

    Oh ya, mungkin udah pernah tahu, sori ngulang, untuk memudahkan melihat semuanya ttg flow ini, sy dulu melatih sy untuk bisa:

    Think Like the Air, and Run Like the Wind.

    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  6. #16
    Kopral Kepala
    Posts
    132
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 14 Hrs 41 Mins 52 Secs
    Tapi kok kalo saya liat di web pagenya dynomax, paling kecil diameternya itu 2" ya? Atau saya salah liat ya bro hhe. Kalo misalnya saya mau ambil dynomax, pake type yang mana ya bro? Sejujurnya agak bingung sih

  7. #17
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by zyaz View Post
    Tapi kok kalo saya liat di web pagenya dynomax, paling kecil diameternya itu 2" ya? Atau saya salah liat ya bro hhe. Kalo misalnya saya mau ambil dynomax, pake type yang mana ya bro? Sejujurnya agak bingung sih
    tx buat infonya bro, malah sy kurang perhatikan detil, walau sy lihat sekillas memang ukurannya lebih ke ukuran lebih besar. Tp kalo itu yg menggunakan valve, sy pikir boleh juga diambil kesempatannya.

    Kalo sy bisa usul, mungkin kita bisa nge tes sebaiknya apa yg kita bisa lihat, salah satunya open muffler itu. Juga kita ada waktu utk memaksimukan flow dgn camcon, setidaknya utk melihat apakah masih banyak power yg tertahan, yg sy duga sih begitu bro heheh...

    Bgmn kalo kita trade, 1 hari (24 jam) dgn mobil bro, dan tes2 utk performa spt camcon dan open muffler itu kita kerjakan free untuk bro, tanpa perlu ada embel2 pembelian? Setidaknya buat kita, input buat hasta dan mungkin modcomers bisa ada heheeheh

    Setelah itu bro mungkin bisa juga mendapatkan info lebih baik utk memutuskan pembelian muffler. (sy jujurnya membayangkan 2.25-2.5inch muffler utk mbl bro berdasarkan hasil porting, diluar tahanan di exhaust yg sy pikir tdk terlalu parah kecuali di muffler).

    Kasih kabar dan nyocokin waktu dulu ya bro kalo minat... btw, minta ampun bro, itu head 18cR nya benar2 dibuat utk balap abis tuh. Aslinya udah bagus punya. Di exhaust, spt vios bro, ga sampe 2 hari udah kelar dan dapat 8%. Di mobil itu baru 3%, dan kita udah lempar jurus ampuh utk korek flow itu... minta ampun, tapi mantep... bikin kita rasa bodoh lagi... ujung2nya pasti mantep nih, apapun hasilnya... heheheh
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  8. #18
    Kopral Satu
    Location
    Cikarang, Jabar
    Posts
    74
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 39 Mins 35 Secs
    nice info gan
    If a man is considered guilty for what goes on in his mind, then give me the electric chair for all my future crimes!

  9. #19
    Kapten
    Location
    Bonex, Surabaya
    Posts
    2,664
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 42 Mins 5 Secs
    saya udah baca artikel aslinya, itu bukan soal muffler om, melainkan soal bagaimana perilaku aliran gas buang pada pipa. gambar no. 2 itu, jika senadainya muffler berada di tengah. yg lain, muffler berada pada ujung belakang pipa.

  10. #20
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by General Lee View Post
    saya udah baca artikel aslinya, itu bukan soal muffler om, melainkan soal bagaimana perilaku aliran gas buang pada pipa. gambar no. 2 itu, jika senadainya muffler berada di tengah. yg lain, muffler berada pada ujung belakang pipa.
    sori bro, i have to disagree... ini memang mengenai muffler. Judul itu kira2 berarti "ukurang pipa yg tampak/terlihat" (oleh engine). Di speed kencang, flow akan fokus di tengah, sekencang2nya, dan bila flow kencang itu cukup hanya memakai 2/3 dari diamter pipa, sbg contoh, maka hanya 2/3 pipa yg terlihat kencang (wet flow menunjukkannya). Flow memang ada di 1/3 lainnyanya, namun lambat dan (hampir) tdk pengaruh ke total flow. Maka disebut, engine atau mungkin keseluruhan sistem akan melihatnya 2/3. Artinya, ada bagian 1/3 yg lambat, artinya velocity keseluruhan pasti melambat, persis spt udara masuk ke area yg lebih besar, pasti melambat.

    tx bro, sy dipaksa baca lagi deh artikel itu tuh sebelum reply hehehe, maklum ane newkid bro....

    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

 

 
Page 2 of 3 FirstFirst 123 LastLast
Tekiro NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. BARU TALANG AIR, RELAY SET MX 11 PRO, PLAT NO LED, KONEKTOR H4 KERAMIK
    By Clairv0yant in forum Bursa Eksterior Lainnya
    Replies: 480
    Last Post: 8th October 2015, 17:50
  2. Replies: 102
    Last Post: 9th September 2013, 09:31
  3. WTA: review kenwood k-cd01 dari para suhu / master
    By kopral in forum Diskusi Head Unit & Processor
    Replies: 23
    Last Post: 24th August 2012, 10:25
  4. Need Help dari para suhu & master modcom
    By sanz82 in forum Diskusi Head Unit & Processor
    Replies: 2
    Last Post: 11th August 2012, 23:30
Back to top