Mengapa bisa boros dan loyo?
Scuto Laminating Simota Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 41
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4865
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec

    Mengapa bisa boros dan loyo?

    Menurut anda sekalian, kira-kira mengapa pemakaian pipa yang terlalu besar dalam exhaust system bisa membuat boros dan loyo?? Walaupun pemakaiannya normal (tidak digeber2).
    Tidak ada tendangan balik, iya saya tahu itu, tapi yang saya ingin tahu kenapa hal tersebut bisa membuat boros dan loyo? Hal ini mengacu pada pemakaian yang normal.
    Apakah ada alasan teknis yang terkait dengan cara kerja cylinder head? Atau ada alasan lainnya?
    Ada yang bisa membantu?

  2. Hokinusa
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Location
    Black Owl
    Posts
    5,390
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 7 Hrs 47 Mins 29 Secs
    Loyo = tenaga berkurang = bejek gas harus lebih dalem buat akselerasi = bensin ngucur lebih deras = lebih boros
    Drifting is just too easy... too easy...
    Nothing to be proud of...

  4. #3
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Itu kalau bejek gas lebih dalam.
    Ini masalahnya kalau pemakaian normal, tidak dibejek2 atau digeber2, tapi kok boros juga? Bahkan loyo...
    Kenapa bisa loyo? Itu yang saya penasaran.

  5. #4
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    kalo menurut gw:
    pipa yg terlalu besar membuat pengeluaran terlalu lost jadi gak ada back pressurenya.
    jadi u injek gas meskipun jalan normal,tetep aja seakan2 cuma angin aja yg kluar dari knalpot(istilahnya)
    jadi umpama orang makannya sedikit,tapi bokernya banyak,nah begitu juga knalpot mobil,pasti ecu mau gak mau menyesuaikan sama pengeluaran tersebut.tapi apabila pengeluaran tersebut terlalu besar/over,yah mau gimana lagi,yg ada juga malah boros.CMIIW.
    sory andai kan jawaban gw kurang memuaskan

    thx

  6. #5
    Letnan Satu
    Location
    Bandung
    Posts
    1,588
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 2 Mins 41 Secs

    Re: Mengapa bisa boros dan loyo?

    Quote Originally Posted by beni
    Menurut anda sekalian, kira-kira mengapa pemakaian pipa yang terlalu besar dalam exhaust system bisa membuat boros dan loyo?? Walaupun pemakaiannya normal (tidak digeber2).
    Tidak ada tendangan balik, iya saya tahu itu, tapi yang saya ingin tahu kenapa hal tersebut bisa membuat boros dan loyo? Hal ini mengacu pada pemakaian yang normal.
    Apakah ada alasan teknis yang terkait dengan cara kerja cylinder head? Atau ada alasan lainnya?
    Ada yang bisa membantu?

    Kalau dari apa yang gw dapat dari article yang diberikan Sugarfree tentang Basic Exhaust, ini terjadi karena sebagian gas buang yang panas masuk kembali ke ruang bakar waktu overlapping klep sebagai akibat dari gas buang kurang cepat laju tekanannya akibat dari pipa yang terlalu besar.
    Jadi misalnya kalau pake pipa kecil si gas sudah sampai di tabung tengah, kalau pake pipa besar, si gas masih tertahan di dalam header depan.

    Gas panas sisa pembuangan yang masuk kembali ke ruang mesin menurunkan tenaga, sehingga harusnya 1 tetes bensin bisa untuk menyalakan mesin 2000RPM, ini bisa drop sampai 1000RPM katakanlah.
    jadi katakanlah dengan 2000RPM mesin bisa menggerakkan roda sampai 10 meter, tapi karena 1000RPM, dia butuh lebih banyak lagi tetesan BBM yang diperlukan.

    Mungkin ini yang menjadi penyebabnya mengapa boros.
    Banyak orang awam bilang bahwa mengganti header dari kondisi header standard bikin boros. Tapi ini tidak gw alami.
    Waktu kondisi gw pake header standard, luar kota cuma sanggup 1:11 dan gak lebih dari 1:12, tapi gw pake header 4-1 saja bisa dapet 1:16.77 waktu testing kemarin ke luar kota.
    Jadi mungkin semua bergantung pada system dan aplikasi yang diterapkan untuk mesin kita.

    CMIIW
    http://rio.martin.mu/webgall/modcom04.jpg
    2E engine on My EE90 Rolla with 4-1 exhaust system.

  7. #6
    satyr
    Guest
    wow...banyak orang awam? berarti loe udah professional donk? :lol:

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs

    Re: Mengapa bisa boros dan loyo?

    Quote Originally Posted by beni
    Menurut anda sekalian, kira-kira mengapa pemakaian pipa yang terlalu besar dalam exhaust system bisa membuat boros dan loyo?? Walaupun pemakaiannya normal (tidak digeber2).
    Tidak ada tendangan balik, iya saya tahu itu, tapi yang saya ingin tahu kenapa hal tersebut bisa membuat boros dan loyo? Hal ini mengacu pada pemakaian yang normal.
    Apakah ada alasan teknis yang terkait dengan cara kerja cylinder head? Atau ada alasan lainnya?
    Ada yang bisa membantu?
    dikarenakan tekananan exhaust pressure yg berkurang dikarenakan pipa yg terlalu besar..
    bensin mejadi boros karena O2 sensor "merasakan" tekanan exhaust gas yg berkurang di range nya.
    tegas nya kerja mesin engga efesien dikarenakan exhaust pipe yg terlalu besar dari yg harus nya.

  9. #8
    Letnan Satu
    Location
    Bandung
    Posts
    1,588
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 2 Mins 41 Secs

    Re: Mengapa bisa boros dan loyo?

    Quote Originally Posted by dayak
    Quote Originally Posted by beni
    Menurut anda sekalian, kira-kira mengapa pemakaian pipa yang terlalu besar dalam exhaust system bisa membuat boros dan loyo?? Walaupun pemakaiannya normal (tidak digeber2).
    Tidak ada tendangan balik, iya saya tahu itu, tapi yang saya ingin tahu kenapa hal tersebut bisa membuat boros dan loyo? Hal ini mengacu pada pemakaian yang normal.
    Apakah ada alasan teknis yang terkait dengan cara kerja cylinder head? Atau ada alasan lainnya?
    Ada yang bisa membantu?
    dikarenakan tekananan exhaust pressure yg berkurang dikarenakan pipa yg terlalu besar..
    bensin mejadi boros karena O2 sensor "merasakan" tekanan exhaust gas yg berkurang di range nya.
    tegas nya kerja mesin engga efesien dikarenakan exhaust pipe yg terlalu besar dari yg harus nya.
    Related dengan jawaban dayak,
    to beni: kasus yang elo alami ini dialami juga ndak di mobil carburetor ?
    atau memang kasusnya hanya dialami untuk yang injection saja ?

    tq.
    http://rio.martin.mu/webgall/modcom04.jpg
    2E engine on My EE90 Rolla with 4-1 exhaust system.

  10. #9
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    karena gw gak ngerti ttg penjelasan secara teknis, gw coba kasih analogi seperti ini :

    ada 2 buah selang air (let say selang A dan selang B). selang A punya diameter 1 cm, sedangkan selang B punya diameter 3 cm. kedua selang dihubungkan dgn keran air & diberi tekanan yg sama. setelah itu, ujung masing-2 selang A dan B ditutup pake jempol sampe separuh lingkaran. hasilnya adalah sbb :
    1. selang A akan menghasilkan semprotan air dgn semburan lebih kencang daripada selang B ato dgn kata lain....selang A menghasilkan "tenaga" air lebih besar ketimbang selang B....right....???

    2. knapa...??? karena selang A lebih kecil diameternya ketimbang selang B, ini berarti selang A mempunyai tingkat kepadatan air (pemampatan) yg lebih besar. efeknya, aliran air di dalam selang A lebih cepat bergerak keluar daripada selang B.

    3. begitu juga dgn udara. aliran udara di ruang yg lebih sempit, mempunyai tingkat kepadatan (pemampatan) lebih besar ketimbang di ruang yg lebih lapang. semakin besar tingkat pemampatan, semakin besar pula energi yg dihasilkan (dgn asumsi tekanan yg diberikan sama besar).....

    penjelasan gw identik dgn "teori" si t3rm. utk pipa lebih kecil, gas buang bisa berada di tengah-2 exhaust....sedangkan gas buang utk pipa besar masih "baru saja" keluar dari header.....

    pada akhirnya gw juga gak ngerti analogi gw benar ato nggak....... :smt017

  11. #10
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    buat mas dayak:
    Itu mungkin kalau pada mobil dengan O2 sensor. Ini mobilnya ndak pakai sensor O2, bahkan seperti yang dibilang Rio, i also experienced the same thing in my previous carburreted engine.
    Sampai sekarang saya masih penasaran kenapa boros. Kalau pada mobil dengan sensor O2, mungkin penjelasannya seperti yang anda sebutkan, tapi bagaimana kalau pada mesin biasa (injeksi tanpa sensor O2) atau karburator?

    Buat Rio:
    Mungkin diameter pipa exhaustmu pas kali. Makanya ndak boros. Coba pipanya dibesarkan lagi 0,25in saja (pas sektor header), pasti berasa boros. Tapi ya itu, kenapa kalau dibesarkan lagi bisa boros? Kamu bilang kan kalau pipanya kecil gas panas lebih mudah keluar, sedangkan dengan pipa besar gas panas malah lebih sulit. Bukannya terbalik?

    Kita beralih ke analogi mas bejo.
    Ada dua selang, yang satu diameter 1cm yang satu lagi 3cm, kedua selang tersebut dialiri air dan ujung selang tempat air keluar ditutup 1/2 diameter. Pada selang kecil, pancaran airnya lebih besar karena lebih mampat.
    Pertanyaannya malah bertambah, kalau kondisi dalam selang lebih mampat berarti air lebih susah keluar kan?
    Kalau kondisi dalam pipa exhaust makin mampat berarti gas buang makin susah keluar kan?
    Kalau gas buang yang panas makin susah keluar, berarti jumlah gas buang panas yang masuk kembali keruang bakar (seperti yang dibilang Rio) semakin besar kan?

    Berarti malah semakin boros dong?
    Berarti pipa kecil malah lebih boros dari pipa besar?
    Kalau memang begitu, berarti mesin dengan exhaust system standar malah lebih boros konsumsi BBMnya?
    Lantas kenapa mobil yang exhaust systemnya (terutama header) telah diganti dengan diameter lebih besar atau sistem freeflow konsumsi BBMnya lebih boros?

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 20
    Last Post: 5th June 2014, 16:58
  2. Mobil anda terasa Boros?Kurang bertenaga?JANGAN MASUK SINI KALO MAU MAKIN BOROS!!:d
    By firstbloodout in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 14th May 2013, 13:20
  3. Replies: 47
    Last Post: 26th November 2012, 14:18
  4. JDM Di Motor Lokal, Kok Bisa & Mengapa?
    By surya_isamu in forum Automotive
    Replies: 67
    Last Post: 7th March 2012, 18:07
  5. Mengapa begini mengapa begitu?
    By aduhaduh in forum Diskusi Mesin
    Replies: 24
    Last Post: 1st September 2006, 16:11
Back to top