Bahan Bakar Nusantara Rp1500/liter Setara Pertamax

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 46
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/48641
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Jendral
    Location
    Dalam Kandungan
    Posts
    33,244
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 1 Hr 2 Mins 19 Secs

    Bahan Bakar Nusantara Rp1500/liter Setara Pertamax

    Sumber : http://bung- ak.blogspot. com/2008_ 02_10_archive. html

    DARI BIOTA LAUT SETARA PERTAMAX
    Pengantar
    Berikut ini berita yang dimuat di Tabloid Motor Plus No. 467/VIII.
    Sabtu, 9 Februari 2008. Temuan Bahan Bakar Nusantara (BBN) dari biota
    laut ini dimaksudkan sebagai upaya dari Bung AK untuk mewujudkan
    Kedaulatan Energi. Bung AK bercita-cita pada tahun 2014 nantinya 50%
    energi dunia ada di Indonesia. Sekarang ini 40% energi dunia dikuasai
    oleh Amerika Serikat (Red)

    Sumber : http://www.motorplu s-online. com/articles. asp?id=12003

    Krisis energi mendorong banyak orang berkreasi dan melakukan
    penelitian. Termasuk penelitian tentang Bahan Bakar Minyak (BBM) yang
    semakin langka dan makin mahal harganya. Inilah yang mendorong BSW
    Adji Koesoemo dari komunitas Indonesia Bangkit melakukan riset biota
    laut yang dapat menghasilkan minyak.

    "Saya riset bertahun-tahun. Saya sadar bahwa negeri ini 50%
    dikelilingi laut yang sangat kaya biota laut atau semacam plankton,
    bisa diolah menjadi minyak mentah. Dan hasilnya berupa BBM setara
    pertamax. Karena kadar oktannya sudah mendekati 94. Dan harga jualnya
    cukup menggiurkan karena hanya Rp 1.500,- per liter." Buka BSW
    Adjikoesoemo.

    Akhirnya, "Temuan ini diberi nama Bahan Bakar Nusantara (BBN)," jelas
    BSW Adjikoesoemo saat dijumpai di Perim Griya Mahkota, Blok J No. 13
    Jogjakarta. Menurutnya untuk memproduksi BBN ini, tidak diperlukan
    biaya mahal. Karena biaya produksi per liter hanya perlu biaya antara
    Rp 340 – 500.

    "Jadi, memang sangat murah sekali. Dan dipastikan rakyat Indonesia
    tidak mengeluh boros mengeluarkan uang untuk membeli BBM yang saat ini
    teramat mahal," kata pria biasa disapa Bung AK ini.

    Biota laut masih dalam bentuk aslinya diproses atau diolah dan
    menghasilkan beberapa bagian. Diantaranya 60% air, 10% residu atau
    ampas dan 30% minyak mentah. Dari hasil 30% minyak mentah diproses
    lagi dengan cara penyulingan dan menghasilkan bensin, solar dan minyak
    tanah. Ampas juga bisa untuk pakan ternak, pupuk dan apabila dicampur
    tanah (abu-abu dari Kebumen-red) akan menjadi aspal.

    Dan untuk perkembangbiakan biota laut, bisa dilakukan di darat dengan
    kelembaban tertentu. Pemanenan biota laut bisa dilakukan setiap 10
    hari sekali. Setiap satu hektar lahan menghasilakan 140 ribu liter.

    "Nantinya temuan ini akan saya serahkan ke pemerintah (maksudnya
    Negara-red), biar mereka yang mengelola. Disamping itu, agar rakyat di
    negeri ini menjadi makmur," tutup Adjikoesoemo yang masih kerabat Sri
    Sultan ini.

    AKADEMISI BERKOMENTAR

    Dr. Supranto yang Ketua Pasca Sarjana Teknik Kimia Universitas
    Gajahmada (UGM) Jogjakarta membenarkan adanya temuan biota laut yang
    dapat diolah menjadi minyak. Biota laut yang dikembangkan berupa
    tumbuhan atau sejenis rumput laut. Atau tanaman rendah yang banyak
    mengandung asiri dan hidro karbon.

    Biota laut jenis ini tidak telihat mana batang, daun ataupun bunga,
    karena bentuknya sama semua. Dan jenis ini memang bisa dikembangkan di
    darat dengan kadar kelembaban udara tertentu," jelas Bapak murah
    senyum ini.

    Dikatakan lebih lanjut , untuk pengolahan bisa ditempuh dengan dua
    cara. Yaitu dengan estilasi, dimana biota laut diolah dengancara
    dilarutkan dalam solven atau pelarut. Pelarut bisa berupa etanol,
    alcohol atau benzene.

    Cara kedua lewat langkah destilasi. "Atau orang biasa menyebutnya cara
    penyulingan. Relatif lebih murah dari langkah yang pertama. Karena
    dengan sistim pemanasan, akan dipisahkan menjadi bahan bakar padat,
    cair dan gas," terangnya lagi.

    Bahan bakar gas yang dimaksud adalah LPG, bisa dipakai untuk keperluan
    masak. Sedang yang cair bisa berupa minyak tanah, solar dan bensin.
    Dan dari hasil penyulingan itu, akan dihasilkan pirolosis atau termal
    cracking. Itupun masih harus dipisahkan lagi antara bensin, solar dan
    minyak tanah. Dan bensin yang dihasilkan mengandung oktan antara 86-94
    atau hamper setara Pertamax.

    Juga akan terasa agak wangi karena kandungan alkoholnya tinggi. "Dan
    tidak menutup kemungkinan bahwa temuan Adji ini merupakan loncatan
    yang luar biasa dan harus digandeng oleh pemerintah selaku pihak yang
    sangat berkompeten, " tutupnya penuh harap

    HASIL UJI COBA EM-PLUS
    1. Warna bensin seperti Premium pada umumnya
    2. Saat dicium bensin memang rada lebih wangi. Kata Dr. Supranto
    karena masih mengandung alkohol
    3. Diuji di Yamaha Mio, bahan bakar yang sebelumnya ada ditangki dan
    karburator tentu dikuras.
    4. Kemudia dituangkan bensin dari biota laut ini sebanyak setengah
    liter untuk dicoba.
    5. Motor distandar tengah, mesin dinyalakan beberapa saat. Memainkan
    putaran mesin dan digas sampai mentok.
    6. Motor dijalankan mulai dari Jl. Kaliurang KM 6,5 menuju Kaliurang
    yang kontur jalannya semakin naik. Mulai jalan pelan dan stabil antara
    30 – 40 KM/jam.
    7. Dicoba kecepatan tingggi setelah memasuki wilayah Pakem KM 15.
    Jalan mulai naik dan turun. Pada kecepatan tinggi mesin juga tidak
    menimbulkan gejala mbrebet. Dan begitu sampai kaliurang, bensin habis
    dan tidak mengalami hambatan

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    1,009
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wah perlu diberdayakan nih..
    apalagi zaman krisis energi kyk gini...

  4. #3
    Mayor
    Location
    ~ɯɐɾ ɔıɟɟɐɹʇ ɟo ʎʇıɔ~
    Posts
    3,896
    Power
    60 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 22 Hrs 35 Mins 9 Secs
    ayo kita DUKUUUUNNNGGGG!!!!!...

    tp bukan boongan kyk yg kemaren kan???

  5. #4
    Brigadir Jendral
    Location
    disamping tol Jakarta-Cikampek
    Posts
    13,369
    Power
    59 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 8 Hrs 36 Mins 21 Secs
    semoga terealisasikan deh!

    gw udah sadar daridulu kalo indonesia itu kaya raya!!

    merdeka

  6. #5
    Banned
    Location
    seberangnya comberan
    Posts
    15,857
    Power
    93 
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 23 Mins 18 Secs
    indonesia ayo.....

  7. #6
    Kolonel
    Location
    @NJShop
    Posts
    9,933
    Power
    50 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 3 Wks 2 Days 12 Hrs 39 Mins 8 Secs
    klo ngeliat dr tingkah laku ts nya sih kyanya boong..

  8. #7
    Jendral
    Location
    Dalam Kandungan
    Posts
    33,244
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 1 Hr 2 Mins 19 Secs
    Quote Originally Posted by dontrustme View Post
    klo ngeliat dr tingkah laku ts nya sih kyanya boong..
    lah apa hubungannya ama gw

    tuh ada sumber nya

  9. #8
    Kapten
    Location
    Crowded Planet !
    Posts
    2,930
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Pernah masuk TV nih..!

    dari plankton ya kalo ngak salah...?

  10. #9
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    1,009
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    ayo nyanyi INDONESIA RAYA yukkk....

  11. #10
    Mayor
    Location
    the Cibuburz & the great almamater of UI depok
    Posts
    3,281
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 36 Mins 26 Secs
    yoi nih!!!
    gw dah denger berita tentang ini dari tahun lalu!!
    tp kok gak ada kelanjutannya yah???

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. BAHAN BAKAR AIR
    By aduhaduh in forum Diskusi Mesin
    Replies: 19
    Last Post: 27th May 2014, 09:36
  2. [WTS] Octane Booster >> Rp.600 per Liter = PERTAMAX
    By Neverland2009 in forum Jual Beli Barang Mobil Lain-Lainnya
    Replies: 5
    Last Post: 29th October 2012, 13:50
  3. WTA : mobil bahan bakar gas LPG
    By vrabue in forum Diskusi Mesin
    Replies: 17
    Last Post: 28th February 2011, 19:48
  4. (News) Pertamax 'Oplosan' Rp.6300/liter
    By juneau in forum Automotive
    Replies: 37
    Last Post: 3rd December 2008, 08:37
  5. Bahan bakar LPG
    By otakatik in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 19th June 2008, 15:11
Back to top