Tritala
CRC Indonesia
Scuto Laminating CK & DRD CS II - Dua Lima Autowork

Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Results 1 to 13 of 13
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4855
  • Share on facebook
  1. #1
    panthyperak
    Guest

    balik ke pertamina solar dari shell diesel; trouble gak yah?

    hai... seperti yang diumukan oleh gRey...
    harga shell diesel kan jd 6rb perak seliter

    sedangkan pertamina solar kan 4300 (selisih 1700)
    kan kalo gue ngisi 20 ltr tiap 3 hari berasa juga!! tul ga?

    jd..kira2 bo'il gue trouble gak yah kl langsung diisi pake pertamina solar?

    just info, bo'il gue isuzu panther 2,5L taon 2000
    thanx unttuk jawabannya...

    oia..kata temen gue (gue jg blum pasti sih :smt001 ) kalo ngisi pertamax or pertamax plus di SPBU deket shell harganya lebih murah daripada si SPBU pertamina di t4 laen.

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
  3. #2
    Kapten
    Location
    Jaxel
    Posts
    2,632
    Power
    Online
    1 Day 3 Hrs 29 Mins 24 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    emang seh lebih murah..yg dulu aja ada 4 pom yg murah.di kemanggisan,cibubur,mampang ama 1 lagi lupa gue.
    oia bos..sebelumnya isi shell diesel yah?gimana tu efek ke mesin?suara lebih halus?atau tarikan lebih afdol?ato asep ngebul berkurang?

  4. #3
    panthyperak
    Guest
    hum....pas pertama gue pake shell disel perbedaannya gak gt signifikan

    suara mobil gue sgitu2 aja
    lebih irit...gak keliatan efeknya
    kl ngebul...paling panthy gue jd gak ngebul kl digeber ampe rpm 3500

    oia...harga bbm di hell naek lg per tgl 2 juni
    shell diselnya jd 6200 per 1 liter

    kt mas2nya harga shell nantinya bakal berubah tiap minggu sesuai dgn harga minyak dunia dan harga kurs dolar
    bt bt bt bt!!!

  5. #4
    Kapten
    Location
    Jaxel
    Posts
    2,632
    Power
    Online
    1 Day 3 Hrs 29 Mins 24 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    waahh..kalo ga gitu ada perbedaan yg signifikan,mendingan isi solar pertamina aja yakh..lebih murah..hehehhe..

  6. #5
    Perlu diketahui bahwa sebetulnya kadar sulfur dr solar yg dijual di Indo :

    Shell Diesel (SDF) : 5000 ppm

    Solar biasa : 1350 ppm (konon)

    Biosolar : 500 ppm (konon)

    DEX : 300 ppm

    Gulf D-Xtra : 300 ppm


    Makin bening warna solar = kadar sulfur makin rendah, makin gelap = kadar sulfur makin tinggi.

    SDF di Indo kadar sulfurnya sgt tinggi utk standard masa kini (SDF yg dijual di Singapore sulfurnya cuman 50 ppm!!), bedanya SDF Indo dilengkapi dng berbagai macam additive utk mengkompensasi segala kekurangan yg ada, terbukti ketika dikocok enggak begitu berbusa spt solar 4300, tanda surface tensionnya lebih kecil krn terdapat additive detergent & dispersant yg memadai.

    Tetapi dengan kadar sulfur vs. harga, kalau saya pribadi :

    Mending pakai Biosolar yg ditambahkan additive detergent, dispersant dan Cetane improver lalu di top up dengan DEX / Gulf D-Xtra sebanyak 15% dr total volume solar......hehheheheheheh

  7. #6
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    1,252
    Power
    Online
    1 Wk 3 Days 9 Hrs 10 Mins 17 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    koq shell diesel lebih tinggi?? wah gw kira setara sm DEX. pake solar biasa ga papa lah, panther kan belom pake common rail.

  8. #7
    Honoured Member
    Location
    Ja-STUCK-arta
    Posts
    19,338
    Power
    13 
    Online
    51 Mins 23 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by tesna
    koq shell diesel lebih tinggi?? wah gw kira setara sm DEX. pake solar biasa ga papa lah, panther kan belom pake common rail.
    salah kali tuh angka 0 nya klebihan atu ..

    mobil bokap sempet pake shell trus isi pertamina lagi gpp sih ... asal isinya pas lagi tanki kosong aja ...
    krik krik krik krik ...

  9. #8
    Bu Fathia Syarif dr Shell sendiri mengakui kalau kadar Sulphur Shell Diesel itu 0,5% wt. (5000 ppm).

  10. #9
    Letnan Satu
    Location
    crava gadinkk
    Posts
    1,697
    Power
    10 
    Online
    12 Hrs 4 Mins 46 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    oh bgtu!
    kalo gw sering gnti2 kadang ngisi pertamina kadang shell or petronas ngrh g?
    thx..

  11. #10
    Kapten
    Posts
    2,007
    Power
    Online
    23 Hrs 40 Mins 56 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    kalo mobilnya masih sanggup pake solar biasa ga apa2 lah..
    tapi kalo udah harus pake solar berkualitas tinggi itu bisa jadi masalah..

    antara pertamina dex dan shell diesel berdasarkan hasil tes pertamina dex lebih unggul, baik buat performa, maupun konsumsi bbm.tapi harganya terlalu tinggi,dan distribusinya masih terbatas (tapi justru karena itu pertamina dex belum tercemar,jadi ga bisa dibilang kualitasnya meragukan)..

  12. #11
    Nggak masalah kok ganti2... sekarang udah ada biosolar juga... harga tetep 4300..

  13. #12
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,123
    Power
    Online
    22 Hrs 15 Mins 33 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    setau gua biosolar ini bukan biosolar murni, masih campuran solar biasa n biosolar dimana kandungan biosolarnya sendiri cuma 5%. kl begini ga tll berasa bedanya antara biosolar n solar biasa dong. cmiiw

  14. #13
    Dari pengamatan saya pindah dr solar biasa ke biosolar ini ada sih bedanya, tapi sedikit. Eniwei sedikit lebih baik dng harga sama yah ambil yg lebih oke.....ehhehehe

    Kalau melihat dr kadar sulfurnya yg 500 ppm (entah itu masih target atau sudah tercapai) maka logis jika CN numbernya lebih tinggi dr solar bersulfur tinggi.

    Why ?

    Proses penghilangan sulfur (desulphurization / hydrogenation) juga sekaligus mengurangi kandungan aromatics pada solar, aromatics ini karakternya ber- Cetane number rendah, bersifat oxidatif, walau heating value nya tinggi. Semakin rendah kandungan aromatics maka CN semakin tinggi dan resiko terjadinya endapan pada komponen2 pompa injeksi / injector juga lebih kecil.

    Konon utk Biosolar, solar minyak buminya diambil dr kilang Balongan yg mengolah minyak dr lap. Duri, dimana kita tahu minyak kita yg light sweet ini aslinya kadar sulfurnya memang sudah rendah.

    Tetapi dengar2 kilang Cilacap pun (mid east crude) sedang dlm proses (atau mungkin sudah) pemasangan Hydrotreater unit, semuanya demi mengejar target implementasi Euro II pada 2007.

    Kalau nanti kilang Tuban sudah jadi, nah maka Indonesia nggak perlu import BBM lagi dr Singapore, krn kilang Tuban ini sgt modern, canggih & kapasitas produksinya juga besar.


    Koreksi kalau salah.

 

 
TimeAttack Mistershine Otostereo

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. diesel shell dan pertamina
    By reinard_rick in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 5
    Last Post: 27th January 2011, 13:27
  2. SHELL, PERTAMINA, TOTAL, ATO PETRONAS??
    By FD3S in forum Diskusi Mesin
    Replies: 61
    Last Post: 15th January 2010, 19:52
  3. PERTAMINA, SHELL, PETRONAS, dll
    By hb8060 in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 31
    Last Post: 19th September 2009, 23:04
  4. petronas ??? Shell ??? pertamina ??? your choice is ... ?
    By mInE in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 155
    Last Post: 29th April 2008, 05:51
  5. SHELL & PERTAMINA SUBSIDI
    By v1nc in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 32
    Last Post: 6th May 2006, 21:11
Back to top
Cartens