Modifikasi di Exhaust System - Page 3
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 3 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast
Results 21 to 30 of 68
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/484892
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #21
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by Dr.engine View Post
    haaahhahahahahaahhaa....
    tq jg bos.....


    Sip, semoga besok kita bisa selesaikan pr trit ini.....
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  2. #22
    Prajurit
    Location
    Ngayokjokarto
    Posts
    3
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 12 Hrs 35 Mins 3 Secs
    om ada yg bisa bantu share tips / racikan untuk e30m40?...tq sebelumnya

  3. #23
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Sekarang kita kembali setelah pause yang disebabkan komputer problem di dyno kita.

    Langsung bisa dilihat perbandingan yang bisa memberikan info lebih baik berapa besar tahanan di muffler standard.


    Loncatan luar biasa terjadi bila menggunakan muffler yang pas dengan flow yang ada. Seakan muffler melakukan loncatan luar biasa... Jangan terkecoh, loncatan ini lebih besar karena adanya power extra dari pekerjaan porting yang baik. Tidak akan terjadi bila hanya meningkatkan kompresi saja. Atau di mobil standard.
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  4. #24
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Perubahan di center pipe dari 40-40 ke 45-45 memberikan hasil yang baik, walau bila tetap menggunakan mufler standard yang berdiameter 40mm itu, hasil kurang begitu mantep. Penggunaan muffler free flow untk yg suka performa lebih baik di power maupun fuel consumption disarankan.

    Setelah mendapatkan arah lebih baik di center pipe, kita ingin merubah power header yang ada. Kita lihat ada sedikit yang kurang begitu menarik. Yaitu diameter 2-1 adalah 40-40mm. Perhitungan mengatakan lebih baik menggunakan 2-1 dgn ukuran 38-45, atau dgn step di 42/43 sebelum ke 45.

    Sayang sekali, pembuat knalpot kita tdk memiliki pipa ukuran 38. Jadi yg selanjutnya dia punya, yaitu 36, itu yg kita ambil untuk header di 2 nya.

    Hasil 36-45 dibanding dgn 2-1 berukuran 40-40:



    Tampak, 2-1 dgn ukuran 36-45 itu terlalu kecil utk flow yang ada, menyebabkan saat dibandingkan dgn 2-1 dng ukuran 40-40, tercekik di rpm sebelum dan sesudah torque peak.

    Walau hati ingin membuat 2-1 itu menjadi 38-45 atau lebih baik spt 38-42, kita pribadi melihat arah sudah jelas. Sepertinya, saat ini, hal itu akan membuang resources yang ada, walau mungkin di kemudian hari setelah perhitungan menjadi super tipis, tes2 berikut akan bisa dilaksanakan.



    - - - - - - - - - -

    Quote Originally Posted by ga2k_rimank View Post
    om ada yg bisa bantu share tips / racikan untuk e30m40?...tq sebelumnya
    Sori bro, jujurnya kita belum banyak pembuktian utk bisa nyaman memberikan info2 spt itu. Kalo bro ada angka cfm di exhaust, itu bisa kita bantu ya. tx
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  5. #25
    Kopral Kepala
    Posts
    132
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 14 Hrs 41 Mins 52 Secs
    Wew. Saya baru liat ini thread. Gile sih. Kalo dikira2, mobil saya adu drag sama ini mobil yang notabenenya dibawah cc mobil saya,dijamin kalah ga sih bro? Bener2 nih transmisi automatic. Power lossnya banyak banget hha.
    Owiya bro kira2 bisa dibikinin ga buat pipa2 yang abis header 4-2-1. Kalo bisa jangan mendengung sampe dalem gitu hha.
    owiya kira2 kalo mau bikin knalpotnya, bisa tinggal langsung pesen aja? Atau mesti diukur2 lg? Atau mesti nginep yah mobilnya? Thanks bro

  6. #26
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by zyaz View Post
    Wew. Saya baru liat ini thread. Gile sih. Kalo dikira2, mobil saya adu drag sama ini mobil yang notabenenya dibawah cc mobil saya,dijamin kalah ga sih bro? Bener2 nih transmisi automatic. Power lossnya banyak banget hha.
    Owiya bro kira2 bisa dibikinin ga buat pipa2 yang abis header 4-2-1. Kalo bisa jangan mendengung sampe dalem gitu hha.
    owiya kira2 kalo mau bikin knalpotnya, bisa tinggal langsung pesen aja? Atau mesti diukur2 lg? Atau mesti nginep yah mobilnya? Thanks bro
    Kalo jamin sih ga lah bro.... kan terpenting drivernya

    dont worry bro, bisa bener juga yg bro bilang, matik mempengaruhi besaran power loss. Tapi sy menduga problem mungkin terbesar ada di cam. Tiba2 sy teringat pagi tadi, dan coba search itu lagi. dan memang masuk akal sih bro, karena apapun baiknya porting itu, kalo timing cam itu salah, semua akan berantakan. Spt juga bila duration valve kurang.

    Ini ada copas dari link: http://www.popularhotrodding.com/tech/0607phr_camshaft_basics/
    "... But having the greatest flowing heads counts for zero if the valves are not opened sufficiently or at the right time in relation to the crankshaft's rotation, and that very important function falls to the camshaft."


    KIta jadi akan mulai ke cam tuning dgn camcon senin ini. Semoga lancar walau sepertinya step ini tidak mudah hehehe..

    Kalo bisa urusan knalpot ditahan dulu bro, kalo ga masalah dgn bro ya. Lagipula sy pikir kecuali muffler, system yg lain udah harusnya ok/ Kalo ada perbedaan, hanya kecil bro ga lebih dari 5% (perbedaan di ukuran). Muffler juga tadi kita udah tes, persiapan utk miinggu depan, dan ternyata dgn muffler atau tanpa muffler, perbedaan sudah tipis bener, kecuali di rpm tinggi, dan itu hanya 1.5/70 (bukan krn dyno error). Walau mungkin lebih besar di vios bro karena sudah ada mods.

    KIta belum ke arah pembuatan knalpot bro. Belum ketemu juga tempat yg oce baik harga maupun kwalitas heheh... Spt hasil tes diatas, kita keki juga pipa hanya ada yg 36mm padahal butuh 39mm. Knalpot system itu juga sebenarnya lebih banyak butuh tes dyno dari pada porting Tapi kita cukup yakin untuk soal ukuran2.

    Ok bro sampai nanti ya.

    Oh ya ini 2 tipe yg bisa bro lihat. sptnya dari hasil dyno itu, mesin itu di arahkan ke flexibel. Masuk akal juga sih melihatnya map cam timingnya memang begitu (sotoy dikit nih hehehe).
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  7. #27
    Kopral Kepala
    Posts
    132
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 14 Hrs 41 Mins 52 Secs
    Cam? Maksudnya camshaft? Ditunning? Atau diganti ya bro?
    Owiya kemungkinan ada pengaruh ga sih bro antara torqueloss sama pencabutan reson? Soalnya saat pasang kenalpot yang sekarang, resonnya dicabut. Trus pas di dyno, torsinya turun gitu bro.
    Mods? Itu apaan yah bro?
    Waduh apaan lg itu bro gambarnya? Ane kurang paham hha. Bisa tolong dijelasin dikit ga? Hhe

  8. #28
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by zyaz View Post
    Cam? Maksudnya camshaft? Ditunning? Atau diganti ya bro?
    Owiya kemungkinan ada pengaruh ga sih bro antara torqueloss sama pencabutan reson? Soalnya saat pasang kenalpot yang sekarang, resonnya dicabut. Trus pas di dyno, torsinya turun gitu bro.
    Mods? Itu apaan yah bro?
    Waduh apaan lg itu bro gambarnya? Ane kurang paham hha. Bisa tolong dijelasin dikit ga? Hhe
    itu juga baru nemu bro. Dari bentuknya, mobil bro cenderung ke tipe flexible, memang lebih ke harian (apalgi matik ya). Xenia atau avanza itu juga harian, tp setelah di ported, bisa menjadi peaky.

    Sy skrng ini lebh cenderung memang setup awalnya sdh diarahkan kesana. Namun krn mbl bro bisa memakai camcon, kita akan coba merubah timingnya untuk mengejar power yg tertahan. Oh, ga perlu bro ganti cam. Bisa juga tapi biasanya kalo mau balap yg mengutamakan rpm tinggi. Ganti cam ke yg lbh agresif, biasanya membuat rpm bawah jatuh. Biasanya dibantu dengan papas head (kan mau balap, jadi masuk akal ambil jalan papas head, dan tentunya ported for flow. Kedua ini akan buat itu power tembus ke langit. heheheh...

    Tapi bro, apakah bro sdh dyno dgn spek 4-2-1 dgn reson msh terpasang? Kalo belum, rada susah bro mengatakan begitu. Reson bisa jadi hambatan, namun bisa jadi temen juga. Tergantung bagaimana reson itu dibuat relatif ke pipa2 lainnya.

    SAmbil nunggu kita belajar cam, sy sdkt share kalo harus ada yg diganti di exhaust system bro saat ini, maka itu, sy pikir, merubah inside diameter 4 nya ke 34. Yg 32 bukannya salah, tpi terjadi krn kurang komunikasi. TEpatnya sy yg salah kasih info. ORD membuat 32 sdh baik. (master itu pasti punya contekan yg sama, dan tdk heran, dan bahkan lebih baik)

    Selain itu, centernya bisa dirubah ke 50. Sesudah itu, muffler perlu dicari yg free flow. Besaran tergantung bro juga mau main apa. Kalo mau main cukup saja di top speed, disamain aja dgn center, udah ok. Kalo mau main lbh kencang, bisa ke 50mm/ 2 inch.

    Mods itu singkatan utk modifications.

    Oh ya, mampir2 bro ke link ini: http://www.modifikasi.com/showthread...)?goto=newpost

    Ini estilo pasti bikin ngiler bro... heheh 6% up dgn apollo saja.... minta ampun

    - - - - - - - - - -

    sori sebelumnya sy pikir yg dicabut itu cc bukan reson. cc lebih ngaruh negatif ke performance dr reson. Kecuali cc yg dibuat free flow hehehe..
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  9. #29
    Kopral Kepala
    Posts
    132
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 14 Hrs 41 Mins 52 Secs
    Ogituu. Baru tau saya bro hha
    Wah kalo ganti cam kayanya ribet. Mendingan ganti exhaust system hhe. Lgan jg kalo mau balapan dengan spek yang skarang, kayanya malah cuma bikin malu aja brp. Udh pasti kalah jauh sama itu xenia 1300 cc. Hhaha. Kalo udh mantep, baru deh ikutan hhe
    Ohh jadi perlu dibikin lg exhaustnya ya bro? Itu kalo mau diganti, gmana caranya ya? Bisa pesen di hasta? Hhe

    Waduuuh itu hasilnya bikin ngiri deh hhaha. Kalo kata ownernya gmana bro? "Berasa ga? Hhe

  10. #30
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by zyaz View Post
    Ogituu. Baru tau saya bro hha
    Wah kalo ganti cam kayanya ribet. Mendingan ganti exhaust system hhe. Lgan jg kalo mau balapan dengan spek yang skarang, kayanya malah cuma bikin malu aja brp. Udh pasti kalah jauh sama itu xenia 1300 cc. Hhaha. Kalo udh mantep, baru deh ikutan hhe
    Ohh jadi perlu dibikin lg exhaustnya ya bro? Itu kalo mau diganti, gmana caranya ya? Bisa pesen di hasta? Hhe

    Waduuuh itu hasilnya bikin ngiri deh hhaha. Kalo kata ownernya gmana bro? "Berasa ga? Hhe
    Ganti cam ga perlu lah bro... Kalo udah touring (mantep banget deh, skill driver bener2 di uji) baru perlu diganti cam. Lagipula, dgn system vvt-i dan i-vtec atau sejenis lainnya (diluar vtec atau vvt atau sejenis lainnya), justru ada kesempatan untuk lebih memaksimumkan lagi apa yang ada.
    Sy melihatnya sih, power yg tertahan itu bisa kebuka, dan pemaksimuman misal utk menyesuai driving style dll, juga bisa dikerjakan... cuma ilmu kita masih cetek banget nih bro... bantu bantu dong bro hehehe sapa tahu nama bro zyaz bisa muncul di kelas touring n/a ber cc sebesaar mbl bro, ada ga ya tuh kelas?

    Atau terpaksa beli avanza/xenia hehehe? terus ambil paket satu2nya doang yg bs kita berikan saat ini

    Btw, bisa dilihat graph dibawah bro, antara dgn muffler dan tanpa muffler di mobil yg sama ber tranny matik juga. System kelihatannya udah ok. Intake juga begitu loh, paling ga sy lihat sampai dgn intake manifoldnya. Apollo susah naik kan? Apollo header pun hanya sedikit. Bayangkan dgn karimun estilo itu bro. System di mbl2 yg naik cukup besar itu menurut sy, kurang max sebelumnya makanya di boil bro rada susah utk ningkat, walau sudah mencetak sekitar 8-10% extra dan mungkin extra 2-3% di muffler, utk kesempatan lebih besar, menurut TEBAKAN newbie, vvt-i sy pikir perlu disentuh.


    ==================================
    Loncatan luar biasa terjadi bila menggunakan muffler yang pas dengan flow yang ada. Seakan muffler melakukan loncatan luar biasa... Jangan terkecoh, loncatan ini lebih besar karena adanya power extra dari pekerjaan porting yang baik. Tidak akan terjadi bila hanya meningkatkan kompresi saja. Atau di mobil standard.

    Langsung bisa dilihat perbandingan yang bisa memberikan info lebih baik berapa besar tahanan di muffler standard.


    Sebagai contoh:
    biru: standard+standard muffler
    hijau: standard tanpa muffler
    Di mobil vvt-i



    Terlihat adanya perbedaan dgn dan tanpa muffler, walaupun tdk sebesar mobil yang sudah di modif dan belum menggunakan sistem vvt-i/i-vtec (kecuali dilakukan tuning dgn piggyback cam controller spt camcon). Perbedaan yang minim ini menandakan muffler yang digunakan sudah cukup ok dengan flow yang ada.
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

 

 
Page 3 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast
Tekiro NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 14
    Last Post: 9th September 2013, 19:07
  2. Saran modifikasi exhaust system baleno
    By anggaditya in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 0
    Last Post: 22nd November 2012, 01:16
  3. Saran modifikasi exhaust system
    By alxndr310 in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 12
    Last Post: 21st November 2012, 22:49
  4. ASK bikin exhaust system di surabaya
    By qpazz in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 10
    Last Post: 26th October 2009, 00:30
  5. Ganti Exhaust system di SAK
    By pangeranku in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 2
    Last Post: 8th April 2009, 22:10
Back to top