Modifikasi di Exhaust System
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 7 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 69
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/484892
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs

    Modifikasi di Exhaust System

    Spek terlibat: (ukuran mm di inside diameter)
    -Power Header 2-1 (40-40mm)
    -Power Center (40-40)
    -Custom Header 2-1 (36-45)
    -Custom Center (45-45)
    -Open Exhaust
    -Standard Muffler (40)
    -Ported Flow
    -K&N Apollo
    -Bensin Premium
    -Lainnya standard
    -Xenia 1.3L



    Sup Modcomers!

    Di trit ini kita ingin share hasil hasil dari perubahan di sistem gas buang. Buat kita, banyak yang kita pelajari sih dari pengamatan hasil2 ini, maklum masih newbie nih kita. Kalo ada kekurangan di tulisan/share, bisa dikasih tuh ya sekalian mungkin buat yang lain bisa juga mempelajarinya.


    Kita mulai dengan melihat perubahan di power spread/increase/decrease dari perubahan backpressure di muffler.

    Spek: Ported+Performance Header 4-2-1 (2-1 dgn 40-40mm)+Custom Performance Center Pipe (45mm)+Open Muffler


    Spek: Ported+Performance Header 4-2-1 ((2-1 dgn 40-40mm))+Custom Performance Center Pipe (45mm)+Standard Muffler


    Dari gambar diatas, jelas terlihat betapa besar backpressure yang ada pada standard OEM. Semakin besar backpressure, semakin boros penggunaan bensin dan juga semakin berkurang power terjadi.

    Spek diatas menggunakan center pipe 45mm yang kita rancang untuk meningkatkan performa di rpm sekitar 2700-3700. Apakah akan lebih baik dari sebelum custom, yang menggunakan center pipe dari brand name seperti berikut? Mari kita lihat grafik berikut:

    Spek: Ported+Performance Header 4-2-1 (2-1 dgn 40-40mm)+Performance Center Pipe (40mm)+Standard Muffler



    Sebelum melihat lebih jelas dengan membandingkan pada satu chart grafik2 tsb, berikut adalah perbandingan yang bisa memberikan apakah custom untuk center yang kita buat sudah termasuk okay. Untuk itu kita membandingkan custom center pipe itu dgn open exhaust (salah satu standard tertinggi yang bisa kita pakai untuk melihat apakah custom yang dibuat cukup bisa diterima).

    Spek: Ported+Performance Header 4-2-1 (2-1 dgn 40-40mm)+Custom Performance Center Pipe (45mm)+Open exhaust vs Ported+Performance Header 4-2-1 (2-1 dgn 40-40mm)+Open Exhaust



    Cukup menarik buat kita dengan hasil custom yang kita buat menunjukkan peningkatan dibanding dgn open exhaust, pertanda custom center itu masih berguna untuk menarik udara lebih cepat. Apakah itu sempurna? Sy yakin sih tidak. Membaik sudah jelas terlihat, tapi sempurna itu masih jauh. (good news, kan?)


    Sekarang kita kembali setelah pause yang disebabkan komputer problem di dyno kita.

    Langsung bisa dilihat perbandingan yang bisa memberikan info lebih baik berapa besar tahanan di muffler standard.


    Loncatan luar biasa terjadi bila menggunakan muffler yang pas dengan flow yang ada. Seakan muffler melakukan loncatan luar biasa... Jangan terkecoh, loncatan ini lebih besar karena adanya power extra dari pekerjaan porting yang baik. Tidak akan terjadi bila hanya meningkatkan kompresi saja. Atau di mobil standard.

    Sebagai contoh:
    biru: standard+standard muffler
    hijau: standard tanpa muffler
    Di mobil vvt-i



    TErlihat adanya perbedaan dgn dan tanpa muffler, walaupun tdk sebesar mobil yang sudah di modif dan belum menggunakan sistem vvt-i/i-vtec (kecuali dilakukan tuning dgn piggyback cam controller spt camcon). Perbedaan yang minim ini menandakan muffler yang digunakan sudah cukup ok dengan flow yang ada.

    Grafik berikut bisa sebagai info untuk menentukan apakah muffler perlu upgrade atau tdk. Grafik berisi hasil perbandingan mbl yg sama, vios, spt diatas, namun sudah di modif dengan camcon. Karena camcon dapat meng adjust cam timing di mbl vvti, flow bisa dilihat meningkat karena vios dgn camcon dan tanpa muffler mencetak performa lebih tinggi (sekitar 5%):


    note: grafik vios terlihat berbeda dgn standard spt grafik diatasnya. Hal ini disebabkan pada tes dgn camcon, dyno kita baru saja di kalibrasi setelah lebih dari 1.5 bulan tdk di kalibrasi, sorry guys
    NAMUN, hal terpenting yaitu nilai perubahan tetap dapat diandalkan.



    Selanjutnya, perubahan di center pipe dari 40-40 ke 45-45 memberikan hasil yang baik, walau bila tetap menggunakan mufler standard yang berdiameter 40mm itu, hasil kurang begitu mantep. Penggunaan muffler free flow untk yg suka performa lebih baik di power maupun fuel consumption disarankan.

    Setelah mendapatkan arah lebih baik di center pipe, kita ingin merubah power header yang ada. Kita lihat ada sedikit yang kurang begitu menarik. Yaitu diameter 2-1 adalah 40-40mm. Perhitungan mengatakan lebih baik menggunakan 2-1 dgn ukuran 38-45, atau dgn step di 42/43 sebelum ke 45.

    Sayang sekali, pembuat knalpot kita tdk memiliki pipa ukuran 38. Jadi yg selanjutnya dia punya, yaitu 36, itu yg kita ambil untuk header di 2 nya.

    Hasil 36-45 dibanding dgn 2-1 berukuran 40-40:



    Tampak, 2-1 dgn ukuran 36-45 itu terlalu kecil utk flow yang ada, menyebabkan saat dibandingkan dgn 2-1 dng ukuran 40-40, tercekik di rpm sebelum dan sesudah torque peak.

    Walau hati ingin membuat 2-1 itu menjadi 38-45 atau lebih baik spt 38-42, kita pribadi melihat arah sudah jelas. Sepertinya, saat ini, hal itu akan membuang resources yang ada, walau mungkin di kemudian hari setelah perhitungan menjadi super tipis, tes2 berikut akan bisa dilaksanakan.



    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  2. Giias 2018
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    Palembang
    Posts
    1,188
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 23 Hrs 46 Mins 8 Secs
    IZin memantau bro TS, ane jg msh nubie ni.. Ayo suhu2 modcom mohon pencerahannya..

  4. #3
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,730
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 17 Hrs 1 Min 39 Secs
    Kebetulan nih pas banget, Veloz perlu di ilangin catalytic converter nya nggak ya ??
    Ada saran ??

    thx

  5. #4
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,233
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 17 Hrs 34 Mins 28 Secs
    ....

    Nice share.....

    Mmm....mau custom center pipe atau brand center pipe yang penting harus correct center pipe.... ...

    Itu mungkin yah pendapat nubie.... ....

    Sekali lagi nice info nih .... ....
    ENGINE : FULLY OEM; EXHAUST : FULLY CUSTOMIZED; ALPINE 9887; DYNAUDIO MD100; RESOLUTION K-600; MA AUDIO 103XE; SOUND STREAM PICASSO; LM-AUDIO SHADOW; ACHILLES ATR SPORT AND REP. ADVAN RACING RG1 15"

  6. #5
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by cahkem View Post
    Kebetulan nih pas banget, Veloz perlu di ilangin catalytic converter nya nggak ya ??
    Ada saran ??

    thx
    Tx, kalo memasang kembali bakal mudah, bisa dicoba bro. Prinsipnya sih, kita ga akan tahu arah itu, kalo kita tdk tahu cfm yg bisa mengalir di pipa di converter itu. Bila sekarang dengan kalatis terpasang ternyata sdh cocok, bila dicabut akan mengakibatkan ngempos.
    Kebalikannya juga benar.

    Atau bisa beli cc yang free flow. Magnaflow seingat sy juga ada, tapi kurang tahu apa ada yg cocok dgn mobil bro.

    Btw, teringat aja tulisan super master vizard, yang terpenting memang cfm. Di amrik sana juga belum ada kalo ga salah yang menuliskan flow rate nya di samping barang jualannya.... padahal itu yg terpenting, bukan diameternya atau apalah.... heheh tapi dia super master bro, jadi wajar main super tipis kalo ngitung hhehehhe...

    - - - - - - - - - -

    Quote Originally Posted by n03kiku View Post
    ....

    Nice share.....

    Mmm....mau custom center pipe atau brand center pipe yang penting harus correct center pipe.... ...

    Itu mungkin yah pendapat nubie.... ....

    Sekali lagi nice info nih .... ....
    hehehe, baru baru mempelejari dgn melihat langsung nih bro wkwkwkwk.... newbie abis in the house.
    tapi not bad lah, menjelang 2 minggu, udah makin terarah sih.

    Menurut bro, berapa sih harga muffler oem? katakanlah dibanding muffler magnaflow yang 1-2 jt itu, mana yg lebih mahal? Kalomsh murah yg oem, mungkin yg lebih tepat memakai muffler oem yg peruntukkannya lebih besar. Misalnya memakai muffler civic buat dipasang di jazz.

    Kalopun ada ngempos, itu hanya sedikit, tp banyak power dilepas. yg penting suara masih tetap sleeper zzzzzzzzz..... (drag nya udah mulai belum?)


    note: walaupun perlu dipastikan apakah pembesaran muffler diperlukan secara cfm.
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

  7. #6
    Kopral Kepala
    Location
    Magelang - Jogja
    Posts
    167
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 9 Hrs 22 Mins 8 Secs
    ikut minta pencerahan gan..
    buat civic FD untuk masalah Exhaust modifikasi apa aja nii yang diperlukan..
    nubie mohon pencerahan..

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    SHOCKBREKER & PER Hp 08568550046/081283961200 PIN BB 2A967E6B PASAR MOBIL KEMAYORAN JAKARTA PUSAT
    Posts
    5,182
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 6 Hrs 8 Mins 25 Secs
    Ijin nyimak om

  9. #8
    Sersan Kepala
    Posts
    529
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 8 Hrs 12 Mins 13 Secs
    Quote Originally Posted by sepriadi View Post
    Ijin nyimak om
    ikutan aah

  10. #9
    Sersan Satu
    Posts
    432
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    22 Hrs 5 Mins 58 Secs
    Exhaust Keropos, tinggal ganti di tempat knalpot, kenapa sampe ada Grafik seperti di kelas?
    COMPRESS THAT ADDRESS!!!

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Sebelum melihat lebih jelas dengan membandingkan pada satu chart grafik2 tsb, berikut adalah perbandingan yang bisa memberikan apakah custom untuk center yang kita buat sudah termasuk okay. Untuk itu kita membandingkan custom center pipe itu dgn open exhaust (salah satu standard tertinggi yang bisa kita pakai untuk melihat apakah custom yang dibuat cukup bisa diterima).

    Spek: Ported+Performance Header 4-2-1 (2-1 dgn 40-40mm)+Custom Performance Center Pipe (45mm)+Open exhaust vs Ported+Performance Header 4-2-1 (2-1 dgn 40-40mm)+Open Exhaust



    Cukup menarik buat kita dengan hasil custom yang kita buat menunjukkan peningkatan dibanding dgn open exhaust, pertanda custom center itu masih berguna untuk menarik udara lebih cepat. Apakah itu sempurna? Sy yakin sih tidak. Membaik sudah jelas terlihat, tapi sempurna itu masih jauh. (good news, kan?)
    PROMO 50% OFF Porting Terbatas di JANUARI http://modifika.si/499469

    FREE TRIAL: CAMCON Piggyback http://modifika.si/499598

 

 
Page 1 of 7 12345 ... LastLast
Rekeningku.com Desktop 300x250 Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 2 users browsing this thread. (0 members and 2 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 14
    Last Post: 9th September 2013, 18:07
  2. Saran modifikasi exhaust system baleno
    By anggaditya in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 0
    Last Post: 22nd November 2012, 00:16
  3. Saran modifikasi exhaust system
    By alxndr310 in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 12
    Last Post: 21st November 2012, 21:49
  4. ASK bikin exhaust system di surabaya
    By qpazz in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 10
    Last Post: 25th October 2009, 23:30
  5. Ganti Exhaust system di SAK
    By pangeranku in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 2
    Last Post: 8th April 2009, 21:10
Back to top