Pertanyaan yang dianggap 'Berbahaya' plus banyak soal myth dll seputar audio - Page 3
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 3 of 23 FirstFirst 1234567 ... LastLast
Results 21 to 30 of 222
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/474684
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #21
    Sersan Dua
    Posts
    227
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 21 Hrs 57 Mins 47 Secs
    nah loh ko david dicomplain, beberapa kali gue berkunjung ke MGK sih asik-asik aja

  2. #22
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,433
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 9 Mins 22 Secs
    Quote Originally Posted by kucingberkumis View Post
    pagi ko..
    mau nanya nih saya punya 1 sistem audio 3way yg bisa dibilang masi kelas menengah.untuk masalah pemilihan HU saya masi bimbang antara beberapa merk yg adda di pasaran.
    saya mau perangkat saya ini main aktif.untuk sementara saya pengen HU dengan internal processor seperti alpine 9887.
    ato ada saran gmn supaya sistem yang nantinya saya pasang bisa bersuara jernih?
    trims
    hehehe, yang ini teknik sekali, kurang 'berbahaya'

    oke, begini, Alpine 9887 tidak memiliki kemampuan full aktif untuk speaker 3way, tapi masih bisa digunakan jika systemnya 'semi' aktif. Yang disebut dengan system semi aktif adalah system 3way dimana menggunakan passife, namun passife hanya mengurusi hipass tweeter nda lowpass midrange saja. untuk urusan hipass midrange dan lowpass midbass diserahkan kepada Xover internal dari 9887, dan kebetulan memang dia sanggup.
    9887 sendiri merupakan generasi terakhir dari dinasti Alpine yang masih memiliki kemampuan tersebut, penerusnya Alpine 117 sudah tidak memilki kemampuan itu lagi. but somehow kelemahan terbesar dari 9887 adalah tidak memiliki slot input Usb.
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    2018 All new Line up!!http://www.modifikasi.com/showthread.php/653835-Paket-unggulan-2018-plus-Born-of-Monserra?p=2061845518#post2061845518


    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Ada masalah dengan system Anda? Ingin membangun atau upgrade system Audio Anda tanpa tersesat? Hubungi kita secara pribadi:
    Whatsapp: 082141139097

    Please DON'T sent via PM!!!

  3. #23
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,433
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 9 Mins 22 Secs
    Quote Originally Posted by syahrul76 View Post
    Lanjuttt pertanyaan kritis lainnya Koh Hwely.....
    Yg paling sering ogut baca ttg kemampuan dsp8 yg "cuman" 27W dgn statement yg ogut sendiri gak tau punya dasar elektronik ato gak tp asal komeng
    Memang benar, pada 2 tahun lalu ketika diawal-awal kita menjual dsp-8 kita sering menggoda orang dengan cara memasukkan mereka kedalam mobil kita, kemudian kita demokan suaranya, kemudian kita jelaskan kalau yang didengar itu systemnya full aktif dimana setiap speaker memiliki powernya masing-masing, dan power tersebut memiliki insternal processor yang sangat canggih. Kemudian kita suruh tebak berapa kira-kira ukuran dari power tersebut. Rata-rata membayangkan sebuah power dengan panjang sekitar 50-60cm! Alangkah terkejutnya ketika mereka kita tunjukkan fisik dsp-8 yang ukurannya begitu 'kecil'-nya. Namun adalah fakta yang tidak bisa dielakkan bahwa mereka sudah mendengarkan musik yang kita demokan dengan suara cukup keras, tendangan bass yang sangat kuat dan bisa dihajar dengan jenis lagu seagresive apapun!

    Pengalaman terakhir kita mengerjakan sebuah mobil All-new-CRV dengan paket 20jt-an, Tweeter Scanspeak R3004, Midrange Scanspeak 12mu, midbass Avexis FU-6. Si empunya bercerita bahwa dia memilih DSP-8 setelah pengalaman sebelumnya menghabiskan budget 70jt lebih untuk audio, memenuhi seluruh bagasinya dengan power-power sebesar 'gaban'. Kemudian sang polda mengancam supaya suami tidak macam-macam mengulangi kenakalan yang sama di mobil baru mereka. Jadilah dia pikir DSP-8 cocok dengan keperluan itu, dengan sebuah monoblock Avexis dan DSP-8 keduanya muat dibawah 1 jok depan saja sehingga bagasi hanya dimuati subwoofer, itupun dengan teknik menanam subwoofer lobang ban serep -tanpa membuang ban serep itu sendiri-, maka bagasi 100% tidak berkurang kapasitas dan fungsinya.

    Dengan budget yang cuma sepertiganya + pemahaman kalau DSP8 cuma 27watt, cukup wajar jika beliau 'tidak berharap banyak' namun kita berani memberikan sumbar demikian: "Jika system di CRV ini tidak bisa bersuara lebih baik daripada mobil lamanya -yang mana masih bisa diadu langsung- maka itu 100% adalah kesalahan dari setting kita, dan kita berjanji akan bisa menyetingnya hingga lebih baik dari yang mobil satunya!" Dan ternyata begitu mobilnya selesai, dan kita demokan, komentar pertama dia adalah "wah ini memang lebih jernih dari mobil satunya!" Kemudian kita geber dengan Pitbull, dan komen beliau "Kok bisa ya barang sekecil itu, suaranya sekencang ini!"

    ini penjelasan kenapa:

    1. Telinga manusia punya ketahanan yang terbatas terhadap suara, jika suara terlalu keras, akan mengganggu telinga itu sendiri, dan bahkan diatas level gtertentu bisa mengakibatkan ketulian, entah langsung ataupun tidak langsung. Jadi suara yang keras selain tidak nyaman juga berbahaya buat telinga.

    2. Jarak dengar kita di mobil hanya berkisar <2 meter. Pada jarak itu, sama sekali tidak diperlukan watt besar untuk membuat speaker yang 'baik' untuk bernyanyi pada level yang 'cukup keras pada taraf normal'

    Beberapa installer tidak membekali diri dengan pengtahuan yang cukup mengenai konsep amplifier dan pemahaman mengenai konsep tonal. Akhirnya suka mengambil kesimpulan yang keliru sekalipun terdengar logis -dan karena terdengar logis, maka customer percaya dengan penjelasannya sekalipun sebenarnya itu salah.

    Kesalahan yang sering terjadi berkenaan dengan amplifier misalnya:
    1. Speaker mahal perlu watt besar.
    The Truth:
    Speaker mahal karena bersuara bagus. Bersuara bagus karena dia sanggup mengeluarkan suara dengan lebih detail dan lebih jernih dibandingkan dengan speaker yang lebih jelek. Hal itu sama dengan penjelasan bahwa speaker bagus HARUS lebih sensitif sehingga suara-suara kecil yang biasanya tidak terdengar di speaker jelek akan terdengar di speaker yang bagus. Dengan kata lain: Speaker yang baik aka mahal aka HiEnd, HANYA MEMERLUKAN WATT LEBIH KECIL DARI SPEAKER BIASA UNTUK MENGHASILKAN OUTPUT SUARA YANG SAMA!

    2, Power kecil = loyo, hambar, tidak beremosi.
    The truth!
    Istilah loyo, atau hambar sebenarnya adalah istilah karakter, yang berkenaan dengan TONAL, TONAL adalah nada, Tonal yang seimbang menandakan suara yang dikeluarkan oleh system audio itu seimbang di semua rentang frekuensi (yang mana itu dibatasi kemampuan telinga manusia yaitu 20Hz hingga 20KHz). DSP-8 dengan 8channel PARAMETRIK Equaliser, 30band Each! Memastikan kita bisa membenahi kondisi tonal hingga ada pada level yang kita kehendaki, Jadi, jika bass atau vocal atau detil terasa hambar atau loyo, kita simply naikkan gainnya pada titik-titik frequensi yang kita kehendaki, dan 'ajaib'! Bass yang loyo menjadi beringas, vocal yang hambar menjadi lantang, dan detil high terasa renyah bertenaga.

    Kesimpulan kita:
    1. Speaker yang baik tidak perlu watt besar.

    2. Watt besar hanya dibutuhkan ketika kita perlu audio yang sangat kencang yang didengarkan dari jarak jauh. Jika Anda memilih perangkat audio untuk acara perkawinan, kampanye, atau meneriaki 'maling Hape' supaya seluruh tetangga keluar dari rumah, YES, anda perlu watt yang besar. Namun jika ingin menikmati audio yang nyaman dan jernih di mobil, power yang kita butuhkan tidak harus besar.

    3. Karakter suara tidak dipengaruhi oleh watt, melainkan oleh kemampuan setting sang installer dan kualitas perangkat yang digunakan.
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    2018 All new Line up!!http://www.modifikasi.com/showthread.php/653835-Paket-unggulan-2018-plus-Born-of-Monserra?p=2061845518#post2061845518


    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Ada masalah dengan system Anda? Ingin membangun atau upgrade system Audio Anda tanpa tersesat? Hubungi kita secara pribadi:
    Whatsapp: 082141139097

    Please DON'T sent via PM!!!

  4. #24
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,433
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 9 Mins 22 Secs
    Quote Originally Posted by erwina View Post
    koh hwely,
    newbie mohon ijin saya untuk bertanya, tetapi mohon maaf sebelumnya untuk semuanya kalau menyinggung perasaan para master-master dan suhu audio. karena topiknya " Pertanyaan yang dianggap 'Berbahaya' kita bahas disini dengan terbuka " saya ingin menanyakan kenapa speaker pintu tengah (mobil family mpv) ada yang menyarankan memakai speaker coaxial dengan alasan ini itu dan ada juga yang menyarankan speaker yang sama dengan speaker pintu depannya dengan alasan pula ini dan itu. sebenarnya yang betul speaker untuk pintu tengah harus bagaimana ya?
    soalnya bagi pemula seperti saya bingung

    terima kasih sebelumnya .
    Satu hal yang perlu menjadi stand point kita adalah: Speaker semakin banyak = suara semakin jelek!
    Suara pada dasarnya adalah 1, jika sumber terlalu banyak maka kita akan kehilangan fokusnya, delay semakin banyak, arah suara menjadi tidak jelas, staging menjadi buruk dan seterusnya dan seterusnya.

    Maka:
    1. Speaker belakang TIDAK DIPERLUKAN bagi penumpang utama di baris depan.

    2. Jika baris ke 2 atau ke 3 sering membawa penumpang, maka speaker belakang DIBUTUHKAN bagi mereka -supaya ga hambar saja hanya dengarkan subwoofer-. Maka dalam desain audio kita, biasanya kita tidak mematikan fitur 'Fader' supaya jika mobil diisi penuh, maka driver boleh 'berbelas kasihan' untuk menyalakan speaker belakang dan mengecilkan gain subwoofer.

    3. Untuk kasus ke 2 diatas, jika dirasa suara dari speaker originalnya terlalu buruk, boleh pertimbangkan untuk menggantinya dengan coaxial yang bagusan. Penggunaan speaker yang sama dengan speaker depan kurang disarankan, apalagi jika speaker depannya menggunakan system 3way, issu terbesar adalah peletakan tweeter dan midrangenya yang jauh lebih sulit untuk kasus speaker belakang. Anda bertanya kenapa? Well, mungkin karena dashboard hanya ada di baris depan saja?
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    2018 All new Line up!!http://www.modifikasi.com/showthread.php/653835-Paket-unggulan-2018-plus-Born-of-Monserra?p=2061845518#post2061845518


    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Ada masalah dengan system Anda? Ingin membangun atau upgrade system Audio Anda tanpa tersesat? Hubungi kita secara pribadi:
    Whatsapp: 082141139097

    Please DON'T sent via PM!!!

  5. #25
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,433
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 9 Mins 22 Secs
    Quote Originally Posted by chris2008 View Post
    nyumbang juga pertanyaan "berbahaya" untuk memperkaya informasi dan sharing bersama:
    produk audio kan banyak, baik berkualitas serta berkelas juga cukup banyak (termasuk produk old school),
    apakah ko hwely kira kira juga akan memasarkan berbagai macam merk tsb kedepannya?
    Untuk soal pemasaran produk, jujur kita sadari banyak produk lain yang sebenarnya tidak lebih buruk dari yang ada di dlaam rangkuman 'produk terbaik' versi kami, dan sebenarnya mereka memiliki rentang harga yang sama. Pertimbangan kita kenapa tidak menjual mereka biasanya karena item tersebut termasuk dalam golongan:

    1. Didistribusikan secara tertutup sehingga tidak semua toko bisa menjual.
    2. Memiliki harga jual yang menurut kita kurang 'menarik' -dan biasanya kita dilarang menjual dibawah harga tersebut.
    3. Tidak tersedia di pasaran indonesia

    untuk produk oldschool. well, kita TIDAK BERMINAT SAMA SEKALI untuk memasarkan produk oldschool, alias barang lama yang masih beredar di pasaran, entah dalam bentuk second, atau new-old-stock. Alasan kita adalah:
    1. Produk memiliki masa 'kadaluarsa', produk lawas yang sudah berumur agak panjang, sekalipun sepertinya masih berfungsi dengan baik, namun seperti bom waktu, bisa sewaktu-waktu macet dan mogok. Kita yang berkomitmen menjaga kepuasan customer sangat menghindari produk sejenis ini untuk menurunkan tingkat risk mendapatkan kekecewaan customer.
    2. Produk yang sudah agak lama, baik itu speaker, maupun power, atau Headunit, seringkali berperforma buruk, bukan karena kualitasnya jelek, namun karena keausan beberapa partnya. Jadi, sekalipun masih berfungsi normal, ternyata hasil suaranya tidak sebaik yang kita harapkan. Magnet, karet, kertas, spider, optik, mekanik, potensio, semua memiliki keausan, entah itu digunakan, atau tidak.
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    2018 All new Line up!!http://www.modifikasi.com/showthread.php/653835-Paket-unggulan-2018-plus-Born-of-Monserra?p=2061845518#post2061845518


    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Ada masalah dengan system Anda? Ingin membangun atau upgrade system Audio Anda tanpa tersesat? Hubungi kita secara pribadi:
    Whatsapp: 082141139097

    Please DON'T sent via PM!!!

  6. #26
    Represented Member
    Location
    Surabaya, Ph, W-App:082141139097. YM/email: unscac@yahoo.com
    Posts
    8,433
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 9 Mins 22 Secs
    Quote Originally Posted by Williz View Post
    8.Jawaban ko David: "Haaduhhhh aku lg sibuk banget ini koh....Kerjaan ku tuh banyak (dengan muka meringis yg saya asumsiin rasa risih karena sedang kerja merasa terganggu)
    Best Regards,

    William
    wah ya, ini memang benar-benar termasuk berbahaya

    Begini, sebelumnya kita mohon maaf jika kesan yang didapatkan di cabang kita kurang berkenan di hati. Namun ada beberapa hal yang kita bro juga ketahui mengenai pekerjaan kita sebagai installer.

    Dalam sejarah 13 tahun kita berkecimpung di dunia teknik, kita juga banyak belajar mengenai 'psikologi', dari beberapa orang 'pakar' yang memberikan kita penjelasan, kesimpulan kita, mereka membagi pekerja dalam tiga kategori utama: Teknisi -orang yang berurusan dengan problem berkenaan dengan mesin, kondisi teknis, cuaca, dsb, kemudian ada jenis 'Administrasi', yaitu mereka yang berurusan dengan tulis-menulis dan angka matematik, catatan, dan sejenisnya. Kemudian Public service, seperti customer service, satpam, Sales, dan sejenisnya.

    Dalam perusahaan-perusahaan besar, bro mungkin sudah menyadari bahwa sebagai customer, satu-satunya pihak yang bisa bro temui ada di jenis 'customer relationship' , dan tidak punya akses untuk menyentuh kedua devisi lainnya. Jadi misalnya listrik di rumah bro padam, maka yang bro telpon sesungguhnya hanyalah bagian customer service, tidak mungkin bro bisa menelpon teknisi yang mungkin sedang berada di ketinggian 6 meter, ujung tiang listrik, dengan satu tangan lagi pegang obeng, satunya lagi sedang memegang kabel, trus mengkomplain dia kenapa listrik rumah bro mati, atau ingin komplain kok sering gangguan dan seterusnya bukan? Tugas customer-relationship memang berfungsi sebagai bumper dan buffer antara keinginan customer (yang sering tidak mau tau permasalahan yang sedang terjadi) dan kenyataan di lapangan (yang juga tidak mau tau soal tuntutan dari customer).

    Jujur saja, dalam posisi kita sebagai installer, baik saya maupun David, merangkap ketiga job tersebut, dan kita berharap bisa mengharmoniskan ketiganya sebaik mungkin -dan biasanya soal administrasi yang paling dikorbankan-. namun kita juga sadari, pada beberapa even yang sulit, kita harus memilih salah satu diantara tugas kita sebagai teknisi dan tugas kita sebagai customer-relationship. Komitmen kita adalah sebagai berikut: Jika dalam kondisi ekstrem dimana kita harus memilih membereskan mobil customer (dengan harapan kepuasan customer tercapai dengan baik) , atau melayani calon customer (dengan harapan kita mendapatkan job berikutnya), maka kita akan memilih untuk memprioritaskan pekerjaan di mobil customer, kita berprinsip bahwa tanggung jawab kita dengan customer yang sudah terikat transaksi dengan kita lebih penting ketimbang kemungkinan kita mendapatkan profit baru dari calon customer. Kita yakin, jika bro Wiliam duduk sebagai pemilik mobil yang sedang dikerjakan si David, akan setuju dengan sikap bro David yang menyampingkan customer baru, demi meneruskan job di mobil bro Wiliam bukan? Apalagi jika mungkin deadlinenya sudah begitu menjepit. Bayangkan jika yang memiliki mobil itu bro Wiliam, kemudian deadline tidak ditepati karena bro david sedang 'berasyik-masyuk' dengan calon customer baru -yang awalnya dikira kelar dalam 15 menit, nyatanya kebablasan sampai 1,5jam, saya yakin komplainnya akan jauh lebih 'pedas' lagi bukan?

    Still, kita berharap, dalam melakukan prosedur tersebut, kita bisa menggunakan kalimat-kalimat yang 'menyejutkan' buat si calon customer yang dengan terpaksa tidak dapat dilayani dan dalam hal ini saya setuju dengan pendapat bro Wiliam. Yang dalam hal ini mungkin lidah bro David perlu saya 'garuk' sedikit supaya 'proses pengusiran' tersebut bisa diterima dengan lebih lega oleh calon customer.

    Jadi dengan penjelasan ini, mohon dipahami bahwa tindakan dan ucapan yang diperbuat bro David bukan merupakan tindakan 'tidak peduli' dia kepada customer namun justru karena kita begitu peduli dengan customer lebih dari yang bro Wiliam bayangkan. Mungkin bro Wiliam tidak mengetahui bagaimana karena satu janji dengan customer, di malam hari ketika besok subuh harus berangkat ke airport menjelang hari pentingnya, karena ada satu problem dengan mobil customer, si David lembur hingga jam 3 pagi untuk membereskannya supaya jangan sampai janji yang sudah dibuat meleset. Bahkan kalau boleh saya share cerita pribadi saya yang lebih ekstreme, di suatu siang diperjalanan pulang setelah pemakaman ibunda kandung saya, saya mendapatkan telpon dari customer, kalimat pertamanya 'ikut berduka cita atas meninggalnya sang ibu' dan kalimat keduanya "Mobil saya sore nanti selesai kan?". Dan jawaban saya "Ya, sore nanti selesai, sesuai janji!"

    Kalau boleh mengutip tulisan lagu "Rocker juga manusia, installer juga -dan saya yakin anda juga-" kita bangga bahwa ekspetasi customer maupun calon customer kita begitu tinggi -membuktikan bahwa kita sudah banyak melakukan pekerjaan yang baik dan memiliki reputasi yang tinggi-, namun juga mohon maaf dan pengertiannya jika tidak selamanya kita bisa berada di kondisi kita yang terbaik dalam melakukan pelayanan.

    Namun still, kita akan melakukan satu-dua hal yang menjamin kejadian seperti ini tidak terulang kembali.
    JOIN THE UnSCAC'S!!!!
    Follow us on Facebook and instagram: Hwely Unscac

    2018 All new Line up!!http://www.modifikasi.com/showthread.php/653835-Paket-unggulan-2018-plus-Born-of-Monserra?p=2061845518#post2061845518


    UnSCAC's forum onhttp://www.modifikasi.com/forumdisplay.php?s=&daysprune=&f=117


    Ada masalah dengan system Anda? Ingin membangun atau upgrade system Audio Anda tanpa tersesat? Hubungi kita secara pribadi:
    Whatsapp: 082141139097

    Please DON'T sent via PM!!!

  7. #27
    Kopral Kepala
    Location
    pasuruan jawa timur
    Posts
    141
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 2 Hrs 48 Mins 54 Secs
    kalo gtu saran lainnya harus pake processor eksternal dunk ko?
    jika dibandingkan. mending pake pxa 701 ato pak dsp8?
    untuk barang yg saya punya
    tweeter seas lotus rt27
    midrange seas lotus RM120
    midbass avexis
    subwoofer ARC foose design
    power semua sudah ada .trims

  8. #28
    Mayor
    Posts
    4,597
    Power
    28 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 4 Days 23 Hrs 21 Mins 53 Secs
    Mantafff....josss gandosss pencerahan buat dsp8 nya Koh....
    Semoga terbaca dari oleh yg bermodalkan "katanya"

    Setuju banget dgn yg Koh Hwely jabarkan diatas....jd inget masa skul mulai belajar bikin ampli mulai 7W, 12W, 18W, 36W, 50W buat setel musik di kamar bahkan sampe ratusan bahkan ribuan watt dgn transistor yg berbaris spt tentara buat sound system

    Pengen maen ke dukuh kupang sayangnya pas bawa boil cuman pas lebaran...workshop nya lagi tutup

  9. #29
    Sersan Dua
    Location
    Ponorogo
    Posts
    213
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Hrs 15 Mins 43 Secs
    Quote Originally Posted by syahrul76 View Post
    Mantafff....josss gandosss pencerahan buat dsp8 nya Koh....
    Semoga terbaca dari oleh yg bermodalkan "katanya"

    Setuju banget dgn yg Koh Hwely jabarkan diatas....jd inget masa skul mulai belajar bikin ampli mulai 7W, 12W, 18W, 36W, 50W buat setel musik di kamar bahkan sampe ratusan bahkan ribuan watt dgn transistor yg berbaris spt tentara buat sound system

    Pengen maen ke dukuh kupang sayangnya pas bawa boil cuman pas lebaran...workshop nya lagi tutup
    Bengkel tgl 14 buka lo bro

  10. #30
    Kopral Kepala
    Location
    Cibubur, pinggiran Jakarta
    Posts
    110
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 10 Hrs 55 Mins 41 Secs
    Titip tanya sedikit... Tapi mungkin tidak berbahaya.
    Bagaimana dengan instalasi peredam. Kalo di mobil kontes itu peredam sampai berlapis lapis dan kalo dihitung biaya instalasi peredam mungkin porsinya bisa signifikan dibanding instalasi sistemnya.

    Sampai batasan mana kebutuhan akan peredam?
    Dan bagaimana instalasi peredam yang ideal untuk sistem tanpa memberikan efek terlalu berat dan terlalu mahal?

 

 
Page 3 of 23 FirstFirst 1234567 ... LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Yang hobi mobil exotics lihat disini.....
    By BabiPanggangKaro in forum Automotive
    Replies: 8
    Last Post: 7th October 2008, 22:34
  2. Adakah yang Akan Mendoakan Kita?
    By Akemi in forum Automotive
    Replies: 29
    Last Post: 23rd September 2008, 11:06
  3. Yuk kita bahas mobil hybrid / PHEV & EV cars
    By Gajah_terbang in forum Automotive
    Replies: 22
    Last Post: 10th July 2008, 23:32
  4. yang pake Kuda kita sharing disini
    By tiesto888 in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 22
    Last Post: 3rd November 2007, 22:02
Back to top