engine brake?
Rgotogel Simota 36Goal.com

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 48
Thread: engine brake?
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4720
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    Chicago, US
    Posts
    2,377
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 39 Mins 5 Secs

    engine brake?

    mo nanya nih soal engine brake...
    apakah aman jika kita mengerem denga teknik engine brake?
    saya pernah coba iseng..pas jalan lambat(tapi dah gigi 3), saya kurangin kecepatan sebentar, lalu masuk gigi 2 tanpa di gas, begitu lepas kopling ban berdenyit...
    apakah teknik drifting juga menggunakan engine brake?
    kalau kita lihat di F&F2.ketika spydernya memutar 180derajat, si Roman nya turunin gigi, kalo gak salah lho.
    oya, kenapa yah kalo starter pagi bunyi van beltnya lumayan keras..trus pas idle dah mendingan tapi masih bunyi...apakah pengaruh air filter yang diganti? atau setelan angin dan gasnya(masih carburator)
    thanks for your replies

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    afro_man
    Guest
    supaya gak berdecit bannya, sebelum lo nurunin gigi lo mesti geber dulu rpmnya agak tinggi an... tekniknya kalo gak salah disebut heel and toe..
    yang gw tau sih begitu..

  4. #3
    Sersan Kepala
    Location
    South Jakarta
    Posts
    701
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Ayo dong yg uda pengalaman engine brake, share ilmunya. Saya juga mau tahu gimana sih caranya.

  5. #4
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,699
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 7 Hrs 27 Mins 32 Secs
    hihihi...sayang ah ama ban kl berdecit...

    :smt003 :smt003

  6. #5
    ID Ini Terindikasi Melakukan Penipuan
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 25 Mins 17 Secs
    iya.. itu ban berdenyit gara2 pas nurunin ke gigi 2 bannya agak "stuck" sebentar , gara2 engine rpmnya gak bisa ngimbangin kecepatan gigi 2... jadinya agak terhalang oleh kopling sehingga ban tertahan dan berdecit...
    makanya gas musti dipencet biar bisa naekin rpm dan ngimbangin kecepatan...
    contohnya kalo lagi jalan biasa gigi 3 rpm 3000 trus diturunin sambil lepas kopling pelan2, jadinya rpmnya kan kira2 skitar 4000an... nah kira2 speerti itu...

  7. #6
    afro_man
    Guest
    ho oh tu.. lebih jelasnya begitu..

  8. #7
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Hal yang anda lakukan sepertinya adalah shift lock. Hal ini sangat berbahaya bagi kelangsungan mesin anda. Sewaktu anda melakukan shift lock, maka ada senjang waktu antara inisiasi girbox dengan kruk as mesin akibat pergantian gigi yang bukan pada rpm yang seharusnya, akibatnya girbox mengunci sesaat dan kruk as akan menerima beban yang berlebih akibat girbox yang tidak berputar (mengunci). Karena girbox mengunci sesaat, maka timbul gesekan antara ban dan aspal, akhirnya ban berdecit. Jika hal ini terus2an dilakukan, maka metal2 pada mesin anda dijamin cepat kriting, dan bukan mustahil anad beresiko ganti kruk as.

    Masalah dalam film fast n furious 2, adegan dimana Roman Pierce berputar 180drjt, pertama saya ingin mengingatkan, itu film bung. Stunt man berperan besar dalam melakukan adegan2 yang diluar nalar. Kedua, untuk melakukan hal tersebut dengan mobil gerak depan (FF), anda harus melaju dengan kecepatan yang lumayan tinggi, paling tidak diatas 60kmh. Setelah anda mencapai kecepatan yang diinginkan (>60kmh), anda cukup melakukan rem mendadak dan banting setir ke arah yang anda inginkan.

    Sesaat ketika jalur mobil sudah berubah arah, tetap tahan arah putar setir anda, sambil pindah ke gigi yang lebih rendah. Hal tersebut harus dilakukan secara bersamaan. Ketika gigirendah sudah masuk, injak pedal gas dan pedal kopling dalam2 untuk menjaga agar mesin tidak mati. Setelah arah tujuan mobil tepat, lepas peda kopling sambil tetap menginjak pedal gas dalam2, serta koreksi arah setir anda. Jika anda berhasil mengatur ritme penekanan pedal kopling dan pedal gas, sesaat mobil akan burnout sebentar, dan kemudian akan berjalan kearah yang diinginkan.

    Bagi anak2 bandung, inilah yang namanya rollete (putar balik 180drjt dengan cepat). Bagi pemula, peran rem tangan masih dibutuhkan untuk mengatur arah buang buntut mobil, tapi jika anda sudah mencapai tingkat yang lebih tinggi, anda baru sadar bahwa kecepatan putar roda belakang sangat dibutuhkan untuk melakukan rollete ini. Saya pun pada awalnya masih mengandalkan rem tangan, tapi ternyata akibat jangka panjangnya sangat besar. Tapi sekarang, saya bisa melakukan rollete tanpa menggunakan rem tangan. Jika pengaturan arah setir anda dan saat melepas pedal kopling anda tepat, anda bisa membuat mobil sliding. Ingat, sliding. Bukan drift.

    Yang terakhir, kecuali dalam sprint rally, jangan pernah melakukan adegan drift atau apapun yang mirip dengan drift dengan mobil gerak depan. Hal ini sangat mengancam keselamatan anda, mobil anda ,dan orang2 yang berada disekitar anda ketika anda mencoba "drift" itu. Saya yakin topiknya sudah pernah dibahas. Tapi saya ingin menambahkan, mobil gerak depan (FF) hampir mustahil melakukan drift bahkan tidak mungkin, paling2 hanya sliding, setelah itu koreksi setir sehingga mirip2 dengan drift. Itupun harus dilakukan dengan kecepatan masuk tikungan yang sangat tinggi.

    Pada mesin FF, roda penggerak dan roda pengontrol arah mobil berada pada tempat yang sama. Jika anda melakukan drift pada mobil FF, maka beban yang diterima kaki2 mobil bagian depan akan semakin besar begitu pula resiko kerusakannya. Paling rentan adalah tie rod dan as kopel. Teknik heel and toe, hanya bisa dipraktekan pada mesin gerak belaakng (FR), setidaknya itu pengalaman saya. Jika diterapkan pada mobil FF, mobil malah tidak akan bergerak karena brake bias ada pada roda pengontrol, berbeda pada mobil FR dimana brake bias berada pada roda penggerak.

    Engine braking adalah teknik tersulit pada balapan. Yang jadi masalah utama bukanlah kapan kita harus menginjak rem, tapi kapan kita harus melepas rem.

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    engine brake engga bagus buat tranny in the long run, apa lagi seperti yg loe bilang sampe berdecit itu ban pas turun gigi..cuman sekali dua kali sih engga kenapa2.
    loe mo muterin mobil 180 derajat?
    iya loe harus turun gigi dan dan banting setir dan langsung counter it, banyak noob pake rem tangan yg mana juga bisa, tapi dengan cara gitu loe matis mengerem juga yg mana speed otomatis berkurang banyak.
    belts bunyi kalo distart pagi2 berarti itu ada belts yg kendor, biasa nya belt buat alternator, coba dikencengin dan kasih "dressing".

    @beni
    sorry bro gue engga setuju mobil teknik "heel and toe" hanya buat FR..
    gue tau dan praktek heel and toe dan udah menjadi habit gue.
    gue butuh penjelasan nya mengapa loe bisa bilang heel and toe hanya buat FR cars.
    engine braking adalah bukan teknik balapan..
    that is what heel and toe for
    untuk menghindar engine brake dan keep the car in its powerband while cornering/turning.

  10. #9
    Mayor
    Location
    Jakarta , Kuburan tepatnya....
    Posts
    4,519
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 3 Hrs 35 Mins 40 Secs
    Setuju ama dayak soal heel en toe.., selama pengalaman dalam touring pake mobil ff pun ngaruh sekali pake heel en toe..
    dan juga kalo sliding pake body brake buat mobil ff mesti kecepatan tinggi , mao enaknya mesti pake Side brake..


    soal ngerem pake engine brake , trus ban nya berdecit tuh karena rpm terlalu tinggi trus putaran roda di paksa
    mengurangi kecepatan secara secara paksa, sehingga kecepatan laju mobil sama kecepatan roda berbeda.. jadi di perbedaan kecepatan itu terjadi gesekan antara roda dengan aspal..,
    biasanya sih di lakuin pake mobil fr tuh .. dulu gw sering..
    effek buruknya banyak, akibatnya paling kerasa terjadi sling di antara gigi nanas pada gardan , jadi kalo jalan suara gemuruh.. ,untung ajah ga berlanjut ke tranny.. or engine..
    soalnya effek paling buruk ya itu..
    kalo engine brake mendingan lu turunin dulu sampe rpm ideal 3000an lah baru turunin lagi..

    kalo soal F2F si roman turunin gigi karena di saat dia muter mobil udah pelan , jadi dia butuh tenaga buat maju lagi , kalo dia gak ganti gigi tenaganya ngedrop rpm di rendah..
    dan eclipse nya itu FWD bukan Rwd..

  11. #10
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    klo mau engine brake:

    pada kecepatan di gigi yg manapun, perhatiin rpm anda... nah, pas mau engine brake (biasanya dipake buat ngedukung rem supaya bs berhenti lbh singkat), rem terlebih dahulu. pas rpm udh turun (gas gak diinjek), turunin gigi. mesin bakal ngeraung n laju mobil bakal ketahan... lanjutin ke gigi berikutnya klo mau bener2 berenti...

    klo mau ngedrift, perhatiin posisi mobil, jalan yg bakal dilewati n rpm. ambil posisi luar n down shift (mendadak) tp ttp perhatiin rpm. sambil banting setir. ban hilang traksi n banerkan posisi mobil sambil pertahanin rpm. klo rpm kurang, gas terus or turunin lg gigi sesuai kebutuhan...

    downshift yg perlahan (angkat kopling pelan2) buat nurunin kecepatan n ban tetep gigit.

    downshift kasar (mendadak) buat ngilangin traksi n pastinya berakibat buruk ke komponen mesin seperti kata bos beni...

    thx...

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 2
    Last Post: 24th July 2012, 22:30
  2. Honda Jazz masalah engine brake
    By be2kz2 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 15
    Last Post: 27th July 2011, 08:29
  3. Replies: 8
    Last Post: 28th October 2010, 21:42
  4. engine brake
    By siburukrupa in forum Diskusi Mesin
    Replies: 43
    Last Post: 14th October 2005, 14:29
Back to top