Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Lampu HID
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 15 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 147
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/467412
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Posts
    903
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 4 Hrs 24 Mins 53 Secs

    Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Lampu HID

    Setelah saya berburu informasi dan mengumpulkan artikel mengenai seluk beluk lampu HID , kelemahan serta kelebihan nya , maka disini saya akan sedikit menulis artikel tentang HID ini ( Mohon maaf kalau sudah ada artikel yang sejenis ) , disini saya akan sedikit copas dari artikel lain dan akan meracik nya lagi dengan sedikit pengetahuan yang saya miliki

    1.Kesalah pahaman pertama tentang HID dan item pendukungnya :

    “Projector biasa akan sia-sia bila dipasang dengan lampu selain HID , karena lampu dengan Bohlam pijar Halogen (Halogen Bulb ) akan menyebabkan sorot lampu tidak terang dan tidak maksimal “

    Kenyataan nya :

    Hal diatas adalah salah kaprah , Projector akan menghasilkan output cahaya yang lebih baik meskipun hanya diterangi dan dipasang dengan lampu bohlam Halogen .Ambilah contoh Toyota Camry,Rush,Terios,CRV yang dari spek bawaan pabriknya sudah dilengkapi dengan Halogen Projector , hasil outputnya lebih terang dan lebih focus dibandingkan dengan hasil output cahaya dari Lampu yang berasal dari Batok lampu bereflektor.
    Projector sampai sejauh ini didesain dalam 3 type yaitu Halogen Projector, HID Projector dan LED Projector , bagi yang masih awam , kita akan membahasnya sedikit untuk sedikit memahami kelebihan dan kekurangnya masing-masing .Artikel ini sangat cocok yang ingin mengubah tampilan headlamp nya baik itu yang mau retrofit ataupun menggantinya utuh ke bawaan OEM .Karena di pasaran Projector yang dijual di toko-toko variasi adalah Halogen Projector , yah sebenarnya ada juga sih yang sudah menjual HID Projector ( Harganya selangit masbro )

    2.Kesalah pahaman kedua tentang HID dan item pendukungnya :

    “Ngapain repot-repot beli lampu Projector trus maksain ngebongkar headlamp bawaan dan mencangkoknya dengan Projector ? Udah aja sih beli lampu HID nya aja , kan gak ngerusak batok lampu tuh lagian cuman pakai lampu HID juga udah terang benderang kok “

    Kenyataannya :

    Hal ini juga salah kaprah , HID yang dipasang di batok lampu bereflektor standard bawaan pabrik (Di desain dengan menggunakan lampu Halogen ) menghasilkan output cahaya yang terang benderang tapi berantakan , walaupun ada area focus nya , tapi tetep aja ada efek GLARE atau Bias yang bisa bikin silau pengendara dari lawan arah ( Ini nih pokok permasalahan nya , RESPECT it’s a must ) lalu ujung2 nya ngeluh ke penjual HID , lampunya kacau nih , banyak dikomplain orang karena menyilaukan mata.

    FAKTA :

    Berikut urutan output cahaya dari yang terbaik sampai normal :
    HID PROJECTOR >>>HALOGEN PROJECTOR>>>REFLECTOR HEADLAMP

    Ini sedikit penjelasan dari rekan commoner89:

    "Gini bro pertama tama soal design optik untuk bulb hid dan halogen itu berbeda...... reflector/projector halogen didesign untuk source cahaya sebesar halogen 55w ( kurang lebih 1000 lumen) sedangkan projector/reflector HID didesign untuk source cahaya sebesar hid ( kurang lebih 3200 lumen / tiga kali lebih besar).

    design optik dari projector ato reflector itu sendiri ada banyak aspek yg dipengaruhi, mulai dari distribusi sorotan, intensitas dihotspot,lebar, lampu jauh, sorotan jarak deket, dan yg paling berpengaruh dalam pembahasan ini adalahGLARE.

    GLARE ini bukanlah hal yg salah, memang keberadaannya dirancang untuk membuat orang lebih awas / aware akan keberadaan mobil kita. jadi total glare yg dihasilkan itu sudah diatur dalam standard-standard international.

    skrg permasalahannya ada di peningkatan intensitas dari source cahaya, seperti yg terjadi pada pemasangan hid kit ke reflector halogen.... ( kita asumsikan bulb hid ini super focus hampir menyamai halogen standard). reflector yg sebelumnya didesign untuk menghasilkan GLARE sesuai standard international sebesar X, tiba-tiba diberi source cahaya 3 kali lebih besar, akan menghasilkan GLARE sebesar 3X ( hitungan kasaran ). jelas aja bakan tetap lebih silau dari halogen standard"


    Sekarang ijinin ane sebagai Nubie memberikan perbandingan berbagai output cahaya di aplikasi yang berbeda :

    1.REAL HID PROJECTOR OUTPUT ( Tidak ada bias /glare diatas garis Cutoff )


    HID PROJECTOR KIT





    Beberapa gambar dari real HID Projector (Cutoff line bisa diatur tinggi rendahnya ,biasanya setir kiri/kanan berbeda tinggi rendahnya ,dikenal dengan RHD =Right Hand Drive dan LHD=Left Hand Drive )



    Perbandingan output cahaya dari HID Projector VS Lampu Halogen bereflektor :









    2.HALOGEN PROJECTOR ( DENGAN BOHLAM PIJAR/HALOGEN ) >>> Output cahaya tidak ada Glare/bias yang menerobos keluar dari garis Cutoff )
    Walaupun tidak seterang HID Projector , tapi lampu ini bisa bekerja optimal dan tidak membuat silau kendaraan lawan arah kita )


    3.HALOGEN PROJECTOR (DIPASANG DENGAN LAMPU HID ) >>> Output cahaya terang , akan tetapi ada sedikit Glare/Bias yang bisa membuat silau kendaraan lawan arah kita )


  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Sersan Mayor
    Posts
    903
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 4 Hrs 24 Mins 53 Secs

    sambungan 2

    4.HALOGEN HEADLAMP REFLECTOR ( DIPASANG DENGAN LAMPU HID )>>> Output cahaya terang benderang , tetapi cutoff nya berantakan dan hampir menghilang sama sekali , walaupun ada titik focus dibeberapa area , tetapi efek GLARE sangatlah kacau dan membabi buta , disetting bagaimanapun akan tetap membuat silau kendaraan didepan , kecuali batok lampu nya diarahin agak kebawah dan sorot lampu hanya berjarak 7-10 meter ( Tahu-tahu ada lobang segede gaban udah telat buat ngehindar…wkwkwkwk)


    5.LED PROJECTOR ( Witk LED light source ) >>>outputnya kurang lebih sama dengan HID Projector


    OUTPUT

  4. #3
    Sersan Satu
    Location
    on ma wheels...
    Posts
    314
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 10 Hrs 5 Mins 52 Secs
    mantap info nya gan..
    ijin nyimak yahh..

  5. #4
    Sersan Mayor
    Posts
    903
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 4 Hrs 24 Mins 53 Secs
    Quote Originally Posted by derseld View Post
    mantap info nya gan..
    ijin nyimak yahh..
    Wahh...belum kelar gan artikel nya , nih internal eror terus dari tadi...tunggu sambungan nya yak

    - - - - - - - - - -

    AFTER MARKET PROJECTOR
    Kebanyakan projector yang dijual di toko variasi mobil adalah Halogen Projector , beberapa rekan modcomers mungkin tidak tahu akan hal ini ,dan ketika kita membeli projector halogen ini dan memasangnya dengan lampu HID , kita sering mengeluhkan sinarnya kurang maksimal , masih bikin silau orang dan lain sebagainya.
    Hal sederhana untuk membedakan Halogen Projector dengan HID Projector adalah sederhana saja , kalau projector tsb dijualnya dengan lampu berkode H11,H4,H3 dll , sudah bisa dipastikan itu adalah Halogen Projector.
    HID PROJECTOR sejati hanya menggunakan lampu HID berkode D2S, D1S



    MOBIL DENGAN HID REFLECTOR HOUSING ( Bawaan asli /standard Dari pabrikan )
    Sekarang , ane baru paham bahwa sejatinya HID juga bisa cocok dipasang di batok lampu bereflektor , seperti contohnya 2nd gen Toyota Prius , 9th gen Toyota Corolla, Civic Mugen RR dll ( tambahan infonya dong ) sudah memakai lampu HID dari sono nya , walaupun batok lampu nya masih reflector. Lohh..emang gak bikin silau tuh ??? Sekarang ijinin ane , menjelaskannya
    Mobil-mobil diatas memang reflector di Headlamp nya sudah didesain sedemikian rupa dari bawah ke atas untuk memantulkan paparan lampu HID untuk mengurangi efek Glare yang ditimbulkan ( Menggunakan diamond cut yang lebih presisi ) dan biasanya menggunakan lampu bertype,D1R,D2R,D3R, D4R ( R untuk reflector ) , setengah lampu nya dilapisi cat tahan panas untuk mengurangi efek glare.

    Tampilan lampu Toyota Prius with 4300K , kamera tidak menangkap adanya glare



    Nih Output nya , garis Cutoff , perfectly straight without any Glares (Toyota Prius )





    Sekarang kita bisa menyimpulkan dan mengambil keputusan , lampu apakah yang cocok buat mobil kita , tentunya yang aman ,tidak ngrugiin keselamatan orang lain dan paling utama adalah pas dengan budget kita. Decissions is yours

  6. #5
    Sersan Mayor
    Posts
    903
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 4 Hrs 24 Mins 53 Secs
    PESAN MORAL :

    1.Apabila mobil masbro sekalian masih menggunakan Headlamp Halogen reflector standard dan masih dengan bohlam pijar standard, maka yakin dan percayalah output lampunya akan memberikan hasil yang terbaik untuk anda , karena Kit lampu sudah didesain sedemikian rupa dan sudah melewati riset bertahun-tahun.Kalau cahaya nya meredup , coba cek aki,relay,kondisi reflektor dan semua komponen pendukungnya , siapa tahu memang ada yang harus diganti. Intinya, Kagak usah malu dan minder ama temen-temen yang pakai HID ,hehehe

    2.Lampu HID memerlukan waktu sekitar 5-15 detik untuk menuju ke full intensitas , hal ini sudah mengurangi atau bahkan menghilangkan fungsi dari lampu tembak/Hi beam itu sendiri. Ada rumor juga jangan sering buat ngedim kalau di siang hari , karena bisa cepet rusak tuh HID ,bener gak sih ?
    3.Output cahaya diukur dengan ukuran Lumens ,berbanding terbalik dengan ukuran temperature , dihitung dalam satuan Kelvin , output cahaya dalam ukuran terbaik untuk lampu HID adalah 4300K ( Temperatur sama dengan cahaya Daylight ).Diatas 6000K , adalah sia-sia dan menjauh dari unsur terang yang aman.Satu alasan yang perlu diingat tentang warna “Biru” , cahaya lampu HID kelihatannya lebih terang di warna biru , bisa dijawab dengan alas an sederhana , bahwa mata manusia sangat sensitive terhadap warna biru , hal ini membuat silau mata manusia dan memberikan ilusi bahwa lampu HID biru tsb adalah terang daripada warna kuning/putih , padahal sejatinya hal tsb adalah salah . Warna biru tidak akan maksimal menembus kegelapan malam dibandingkan lampu HID berwarna kuning/putih.

    Ini ilustrasi warna nya :


    4.Kalau lampu HID tersebut kurang memenuhi ekspektasi masbro sekalian , dan sudah tau dampak dari glare lampu HID , trus apa dong yang bagus,terang dan tidak menyilaukan , pokoknya lebih terang dari lampu bawaan ,” Yah kalau mau tetep pakai lampu Halogen , cari deh lampu Phillips X-treme ,Phillips Rally Bulbs atau Osram Night Breaker ( Kagak lagi promosi lho,sumpeh deh )

    5.Fungsi paling utama dari lampu jauh/Hi beam adalah menyapu jalanan dengan cahaya dari kejauhan , untuk mengetahui kondisi jalan/hazard di kejauhan.Ketika batok lampu bereflektor kita (Tidak didesain untuk lampu HID ),lalu disaat darurat kita menggunakan lampu jauh tsb , dan ternyata hasil output nya malahan tidak fokus ke depan tapi nyebar kagak karuan ,lalu dimanakah fungsi lampu jauh dari HID tsb ? sedangkan lampu HID prinsip kerja Hi/Lo nya hanya digerakkan oleh magnet/motorized , artinya lampunya itu2 juga. Terus terang ini dilema buat ane pribadi, disatu sisi ane kagak mau bikin silau orang (Ane akalin lampu deket nya ane mundurin cuman 10 meter,hasilnya ane kagak berani ngebut di jalanan sepi/tol , karena respon terhadap hazard (Lobang,orang nyebrang,tikungan,kucing nyebrang dll ) jadi terlambat dan ini membahayakan. Trus ane coba arah fokus nya ane majuin lebih jauh , nyaman sih buat ane pribadi...eh sering diomelin orang dan sering disilauin balik ama mobil lain....pfftttt bingung ane nih . Ane sempet tergiur mau beli HID yang bagus dan mahal sekalian , tapi apakah hasil nya dijamin fokus dan gak ada kelebihan glare ( Over Glare ) ??


    - - - - - - - - - -

  7. #6
    Mayor
    Location
    Asrama DENSUM
    Posts
    3,479
    Power
    49 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 1 Day 11 Hrs 58 Mins 48 Secs
    nice trid,, baca sampe habis ga bosen..

    paling males tuh malam2 ketemu mobil pake hid di reflektor standar, asli silau menn..
    DENSUM ON DE WEY

  8. #7
    Sersan Mayor
    Posts
    903
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 4 Hrs 24 Mins 53 Secs
    Quote Originally Posted by oicx View Post
    nice trid,, baca sampe habis ga bosen..

    paling males tuh malam2 ketemu mobil pake hid di reflektor standar, asli silau menn..
    Thanks om udah mampir, terus terang ane sampe sekarang juga masih pake HID 6000K , tapi ane merasa bersalah dan kagak enak dengan pengemudi yang lain, im feel so guilty...jadi saya sudah siap dengan segala resiko dihujat dan diumpat bahkan di dim dengan lampu tembak sampai mata sakit dan pening, tapi ya itu resiko, ane jg bisa merasakan apa yg mereka rasakŕn terhadap efek over glare dr lampu HID ane

  9. #8
    Sersan Kepala
    Posts
    529
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 8 Hrs 12 Mins 13 Secs
    ilmu menarik niyy... subscribe

  10. #9
    Letnan Kolonel
    Location
    Ruang Praktek DENSUM PUSAT
    Posts
    7,474
    Power
    54 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 4 Days 3 Hrs 13 Mins 46 Secs
    mantap..padahal sy mau pasang HID..baca begini mending gak jadi deh ya..
    DENSUM ALL THE WAY

  11. #10
    Letnan Dua
    Posts
    1,029
    Power
    24 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 5 Days 3 Hrs 58 Mins 1 Sec
    keren nih
    sayangnya gw suka sebel kalo reflektor dipasangin HID
    sakit bgt mata apa lagi yg matanya clynder itu sampe pusing

 

 
Page 1 of 15 12345 ... LastLast
GT Radial MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Mobil Diesel
    By GR7 in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 50
    Last Post: 2nd December 2015, 13:32
  2. Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Slalom Test di Indonesia
    By AndhikaRamadhan in forum Automotive
    Replies: 44
    Last Post: 17th May 2014, 21:10
  3. Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang BAN Kendaraan
    By mobilmercedes in forum Technology
    Replies: 19
    Last Post: 17th May 2014, 18:55
  4. Replies: 49
    Last Post: 17th May 2014, 18:52
  5. Replies: 23
    Last Post: 30th August 2013, 23:38
Back to top