Kap bolong, mesin kena air hujan napa2 ga ya?
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 10 of 10
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4564
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    JAKARTA...
    Posts
    3,154
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 2 Hrs 51 Mins 44 Secs

    Kap bolong, mesin kena air hujan napa2 ga ya?

    wahai para pembalap sekalian...
    gue pengen ganti kap mesin yg ada lobangnya seperti Subaru.
    supaya angin yg di sedot ama airfilter gue lebih dingin.
    cuma pertanyaan gue kalo hujan gimana ya?
    apa air hujannya gak ke sedot?
    mungkin yg punya bonnet ada open airnya bisa berbagi ilmu...


  2. Jaya Bet
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    bro kalo dia udah design dgn hood seperti itu,pasti dia udah perhitungin semuanya..maksud gw subaru. ga mungkin kan dia bikin hood bolong kalo kena air hujan mesin rusak.

  4. #3
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    oya ini gw juga pengen tanyain.
    kaya evo gitu kan kapnya juga ada bolong2nya gitu,mungkin buat ngisep udara dingin ke intake.
    nah itu dia pertanyaannya,ujan apa gak masuk air tuh???
    kl mengenai intakenya sih mungkin dia uda ada water filter(andai).nah tapi kalo air masuk,kan riskan kena komponen2 yg lain.
    nah gimana tuh??ada yg bisa menjelaskan??

    thx

  5. #4
    Sersan Satu
    Posts
    397
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Soal ini udah pernah gw tanya2 dulu waktu mau modif exterior,
    terutama, benefit dari sisi pembuangan udara panas dan
    memasukkan udara dingin (CAI method). Gw juga sempat menilik
    kap mesinnya Evo IV waktu bro Cito bawa ke hadapan kita2,
    huehehe :mrgreen:

    Nah, jawaban sementara yg gw jawab kira2 seperti yang di atas,
    bahwa setiap manufakturer pasti sudah memperhitungkan hal itu,
    pada Evo mungkin design nya, udara panas yang terbuang dari radiator
    bisa langsung terbuang ke atas, pada lubangnya, sudah di design
    sedemikian rupa supaya, air yang datang tidak menghujam lurus
    atau, sekiranya jatuh ke ruang mesin juga, cuman "ngeces" di antara
    exhaust dan radiator (perkiraan gw, sorry kalo salah).

    Jadi, waktu gw ajukan usulan gw ini ke temen gw yg kabeng body-repair,
    jawaban dia gampang aja,
    "Lu bawa kesini kap mesin Evo IV nya, gw tinggal pasang aja (dibentuk),
    soale, aliran airnya itu yg emang rumit, boss" (dengan kata lain,
    repot)

    Cheers

  6. #5
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    bro kalo cuma air hujan mah kecil bgt..air hujan masuk ke ruang mesin yg panasnya luar biasa pasti lgs kering..kalo lo mau bikin lubangnya deket ama wiper disana jauh bgt ma komponen mesin,trus dari lubang itu dari bagian bawah kap mesin lo kasih hose buat saluran udara yg mengarah ke air filter..jd lubang hood lo ga langsung mengarah ke permukaan mesin,tp masuk ke saluran udara custom..so ga ada air masukan,beres deh.

  7. #6
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by Fuego
    bro kalo cuma air hujan mah kecil bgt..air hujan masuk ke ruang mesin yg panasnya luar biasa pasti lgs kering..kalo lo mau bikin lubangnya deket ama wiper disana jauh bgt ma komponen mesin,trus dari lubang itu dari bagian bawah kap mesin lo kasih hose buat saluran udara yg mengarah ke air filter..jd lubang hood lo ga langsung mengarah ke permukaan mesin,tp masuk ke saluran udara custom..so ga ada air masukan,beres deh.
    kalo mesinnya panas banget n lebih dr 100Celcius (kl aer masuk lgs nyess... lgs menguap). gw rasa sih ga mungkin sampe sepanas itu. kalo internal mesin, bisa sampe 130celcius, tp utk daerah sekitar mesin, dmn aliran udara ada (lewat kisi2 radiator dan kolong mesin), g cukup yakin kl ambient temperature di ruang mesin kl dlm kondisi normal (ie: ga dibawa macet2an di gurun pasir) ga bakal sampe 90celcius.

    anyway, kalo lo omongin soal evolution ato subaru, apa lo pernah liat apa yg ada dibalik 'bolongan' tsb??? yg ada dibalik bolongan tsb bukan mesin..!!! tp intercooler. kalo ga tau apa itu intercooler, lo bisa gunakan fasilitas 'search' di kolom paling atas, dibawah banner 'modifikasi.com'. dan g cukup yakin, dibawah intercooler tsb pasti ada tray yg bisa mengalirkan air2 yg ada keluar dr ruang mesin dgn aman.

    kalo misalnya air ttp masuk, yahh... paling parah ya korslet... ecu jebol ato skring putus.

    my 2c

  8. #7
    Sersan Satu
    Posts
    397
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Lah, kata2 nya si Sugar ini bukannya yang udah gw tulis di atas
    tadi, btw, bener kata si Sugar soal suhu ruang mesin,
    kita kan bicara suhu ruang mesin, bukan suhu mesin,
    kalo mesin panas2 (maksud gw exhaust) dicipratin air itu mah
    gak bener namanya atuh.

  9. #8
    Brigadir Jendral
    Location
    jakarta timur
    Posts
    13,085
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 9 Mins 19 Secs
    kisi2 yang kecil juga bukan buat masukin udara, melainkan buat ngeluarin udara....

    kydi evo2......

  10. #9
    Mayor
    Location
    JAKARTA...
    Posts
    3,154
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 2 Hrs 51 Mins 44 Secs
    Quote Originally Posted by sugarfree

    kalo mesinnya panas banget n lebih dr 100Celcius (kl aer masuk lgs nyess... lgs menguap). gw rasa sih ga mungkin sampe sepanas itu. kalo internal mesin, bisa sampe 130celcius, tp utk daerah sekitar mesin, dmn aliran udara ada (lewat kisi2 radiator dan kolong mesin), g cukup yakin kl ambient temperature di ruang mesin kl dlm kondisi normal (ie: ga dibawa macet2an di gurun pasir) ga bakal sampe 90celcius.
    gue pernah coba pake termometer infrared, siang bolong abis jalan jauh,
    panas mesin cuma 85 celcius, gak lebih. tapi itu memang sudah termasuk panas, apalagi pas buka kap... buset hawa nya...
    gak tau deh kalo mesin yg lain.

  11. #10
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by aduhaduh
    Quote Originally Posted by sugarfree

    kalo mesinnya panas banget n lebih dr 100Celcius (kl aer masuk lgs nyess... lgs menguap). gw rasa sih ga mungkin sampe sepanas itu. kalo internal mesin, bisa sampe 130celcius, tp utk daerah sekitar mesin, dmn aliran udara ada (lewat kisi2 radiator dan kolong mesin), g cukup yakin kl ambient temperature di ruang mesin kl dlm kondisi normal (ie: ga dibawa macet2an di gurun pasir) ga bakal sampe 90celcius.
    gue pernah coba pake termometer infrared, siang bolong abis jalan jauh,
    panas mesin cuma 85 celcius, gak lebih. tapi itu memang sudah termasuk panas, apalagi pas buka kap... buset hawa nya...
    gak tau deh kalo mesin yg lain.
    that sounds ok. tp jangan asal lo ukur di headernya... kl disitu sih emang pasti jaminan panas. but realistically, di sekitar head ato gearbox area.... ato intake... ato firewall area. mustinya sih ga lebi dr 90celsius.

 

 
Venom 300x250 Vkool

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 83
    Last Post: 3rd August 2012, 21:13
  2. WTA: PROBLEM MESIN SAAT HUJAN
    By erisk in forum Diskusi Mesin
    Replies: 3
    Last Post: 20th August 2011, 15:19
  3. [Ask] kap mesin bolong
    By antonh in forum Diskusi Eksterior
    Replies: 33
    Last Post: 20th May 2011, 16:09
  4. Replies: 3
    Last Post: 25th June 2008, 08:15
Back to top