Cara Pemasangan Klakson Mobil
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 33
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/452705
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Posts
    50
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 4 Hrs 16 Mins 1 Sec

    Cara Pemasangan Klakson Mobil

    Jika anda dengar, suara klakson bawaan pabrikan seperti suara motor. Berarti anda tidak salah dengar.

    Memang klakson bawaan ukurannya sangat kecil berjenis disk sehingga kalau anda tekan akan terdengar suara tit … tit…..

    Pada mobil Avanza, klakson ada dua sehingga suaranya agak sedikit stereo, sedangkan pada Xenia hanya ada satu saja.

    Di pasaran sudah banyak sekali anda temukan berbagai jenis klakson yang sesuai dengan selera anda. Ada yang suaranya nyaring. Biasanya berbentuk disk, namun ukurannya besar. Ini cocok untuk berpergian jauh karena jika suara klakson anda pelan (kecil), dipercaya akan tidak digubris sama mobil – mobil lainnya, apalagi dengan mobil besar.


    Kalau anda tidak sering bepergian keluar kota, melainkan hanya disekitar perkotaan saja, saya menyarankan suara yang agak lembut / soft sehingga tidak akan menggangu orang disekitarnya. Namun tetap akan mendapatkan perhatian dari pengemudi lain. Karena suaranya yang besar, bukan tinggi. Biasanya suara ini terdapat pada klakson berjenis keong.



    Dalam pemasangan klakson jenis ini anda tidak bias mengandalkan setrum dari klakson lamanya. Sama seperti head lamp bawaan pabrikan. Arus yang keluar dari klakson lama tidak terlalu besar sehingga kalau anda memaksanya, maka suara yang di keluarkan tidaklah maksimal.


    Oleh sebab itu diperlukan relay untuk meningkatkat arus. Harga klakson beserta relay bervariasi tergantung selera anda tentunya. Biasanya 150 rb sampai dengan 400 rb anda akan sudah memilikinya.



    Cara memasangnya cukuplah sederhana. Saya akan jelaskan dengan menggunakan diagram


    Keterangan:
    Pada klakson lama terdapat dua soket. Nah, dua soket itu anda hubungkan ke relay nomor 86 dan 85, terbalik bukan masalah. Lalu relay nomor 30 dihubungkan dengan kutub positif aki (usahakan selalu menggunakan sekering sebelum menghubungkan dengan sumber arus Aki). Lalu relay nomor 87 akan mengeluarkan setrum yang langsung dihubungkan ke tiap – tiap klakson.

    Menggunakan klakson jenis keong maupun dengan jenis disk ada kekurangan dan kelebihan. Pada klakson jenis keong mempunyai suara yang lembut, namun agak rentan terkena air. Oleh sebab itu diusahakan arah corong klakson ada berada di bawah sehingga air yang masuk akan segera keluar.

    Sedangkan klakson berjenis disk mempunyai daya tahan terhadap air, namun agak sensitive jika terkena/ terjepit dengan berbagai jenis barang. Biasanya klakson disk sering terjepit dengan bemper depan. Oleh sebab itu, carilah lokasi yang agak lega untuk meletakkan klakson jenis ini.

  2. Inibet188
  3. #2
    Letnan Dua
    Posts
    1,189
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 17 Hrs 17 Mins 36 Secs
    ada baiknya di arus kaki relay yang ke aki ditambah sikring 10 atau 15A supaya ada pengaman ketika ada shortcut dari klakson

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    Kantin DENSUM
    Posts
    16,157
    Power
    80 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 2 Wks 1 Day 22 Hrs 25 Mins 36 Secs
    Klakson keong saya udah gak bunyi
    DENSUM CLASSIC

  5. #4
    Sersan Dua
    Location
    bandung
    Posts
    209
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 13 Hrs 18 Mins 17 Secs
    Quote Originally Posted by jo2f View Post
    Klakson keong saya udah gak bunyi
    Ganti pake klakson kura-kura gan

  6. #5
    Letnan Dua
    Posts
    1,339
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 5 Mins 38 Secs
    yaaaah baru aja tadi malem klakson gua suaranya bindeng pas lg di pake -_--- ada solusinya kah? ane pake denso sudah 1 tahun setengah masih awet sedangkan hella keong hitam 2 minggu udah minta dilempar

  7. #6
    Letnan Dua
    Location
    Malang
    Posts
    1,071
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 4 Days 10 Hrs 2 Mins 16 Secs
    Quote Originally Posted by B 2740 BP View Post
    yaaaah baru aja tadi malem klakson gua suaranya bindeng pas lg di pake -_--- ada solusinya kah? ane pake denso sudah 1 tahun setengah masih awet sedangkan hella keong hitam 2 minggu udah minta dilempar
    bener keong emang agak rentan, cb di cek lagi pemasangannya gmn kali aja seperti kyk TS kemasukan air, kabel kasih yg gede biar okeh.

  8. #7
    Mayor
    Location
    Bekasi
    Posts
    3,206
    Power
    38 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Days 18 Hrs 20 Mins 49 Secs
    pake klakson angin saya om hehehe...

  9. #8
    Brigadir Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    11,418
    Power
    55 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 6 Days 7 Hrs 11 Mins 22 Secs
    klakson charmant udh minta ganti nih.. bunyinya udh kecil banget..
    (TSC-1IC-DCCI) M'93 - SOLIDARITY FOREVER
    JANGAN BENARKAN YANG 'BIASA-NYA', BIASAKAN YANG BENAR

  10. #9
    Sersan Satu
    Location
    PARIS VAN JAVA
    Posts
    414
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 4 Days 23 Hrs 30 Mins 28 Secs
    NICE INFO GAN.

  11. #10
    Sersan Kepala
    Location
    istanbul
    Posts
    741
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 16 Hrs 19 Mins 58 Secs
    klakson aneeee sukaaaa suaranya ga jelas gitu gan kadang mantep nyaring kadang letoy gitu kenapaa ya

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
GT Radial MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [ASK] cara ngitung CC mobil setelah bore up
    By yudhasatriaw in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 31
    Last Post: 20th November 2008, 06:21
  2. Please Advise : Cara bersihkan AC mobil sendiri
    By firdauz in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 24th October 2008, 07:19
  3. cara nyopot emblem mobil
    By youngdriver in forum Diskusi Eksterior
    Replies: 15
    Last Post: 7th April 2008, 07:10
  4. Cara bikin nyaman mobil ceper
    By rizki7 in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 21
    Last Post: 24th July 2007, 12:51
  5. Gimana cara bikin Comfy mobil tinggi?
    By Intx in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 0
    Last Post: 30th June 2006, 23:24
Back to top