Ecu itu sebenarnya mengatur apa sich ?
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 23
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4497
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Posts
    397
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Ecu itu sebenarnya mengatur apa sich ?

    Pertanyaan newbiee banget neh,
    ide ini terlintas saat gw banyak baca comment di mod.com
    tentang ide pemasangan supercharger (maap, bukan charger hape)

    Supercharger yg gw pahamin sich, dia memasukkan udara sebanyak
    (kemampuannya) untuk dihisap oleh mesin, bedanya sama Turbo,
    kalau Turbo memanfaatkan exhaust (saluran gas buang) sedangkan
    supercharger memanfaatkan semacam motor listrik, which is, menghabiskan
    setrum. Yang berakibat pula, pada Turbo, fungsinya baru maksimal
    pada putaran tinggi, karena logikanya, pada putaran mesin tinggi,
    gas buang dari mesin semakin banyak, sehingga turbin nya dapat
    berputar lebih kencang, itu sih yg gw pahamin, kalau salah, mohon
    pakar2 disini memberikan penjelasannya.

    Nah, kalau seandainya,
    gw membuat system CAI, lalu gw tambahkan Supercharger, ini khan
    berarti gw menambah debit udara yang masuk untuk dihisap oleh
    throttle melalui AFS (Air FLow Sensor), melalui Servo lalu "bercampur"
    dengan bensin. Pertanyaan gw, yang sebenarnya dihitung oleh ECU
    dengan bantuan kalkulasi AFS dan Servo itu kan termasuk debit udara
    yang masuk dengan bensin, kalo dilihat dari logikanya, yang gw
    perhatikan sich, ECU gak mungkin "membatasi" jumlah udara yang
    masuk, tapi lebih mungkin, ECU membatasi jumlah bensin yang
    masuk sesuai dengan jumlah udara yang masuk.

    Jadi, kalau debit udara masuk ditambah dengan Supercharger,
    sebenarnya, ECU itu mengkoreksi juga jumlah bensin yang masuk
    ke dalam ruang bakar, itu sih sementara opini yg gw tangkap.
    Mohon pakar2 menjelaskan kalau memang opini yg gw pahami
    ini sebenarnya salah.
    Masalahnya, masih banyak komponen pengatur lainnya yg belum
    gw pahami, misalnya AFR (Air Fuel Ratio) dan TPS (Throttle Position
    Sensor), sebenarnya 2 barang ini mengatur apanya yach ? (Gw tahu
    kegunaan dari namanya, tapi masih bingung, euy)

    Ide ini timbul setelah gw mabok berkutat dengan berbagai barang
    ini (AFS, AFR, Servo, TPS) yang bikin mobil brebet, dsb...

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor
    Location
    sumbagteng
    Posts
    4,861
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 7 Hrs 52 Mins 2 Secs
    gini aja ringkasnya kalo debit udara bertambah misalkan dg memakai open air filter serta air intake diperbesar maka otomatis sensor airflow menangkap penambahan udara diatas std,otomatis utk mengimbanginya ecu menugaskan sensor bensin utk menaikkan jml bensin agar tercapai keseimbangan pembakaran dlm ruang bakar,so kalo pengen pake supercharger or turbo biasanya pake stand alone ecu yg diprogram soalnya ecu std gak bisa melayani debit udara yg sudah besar dan jika dipaksakan ecu akan jebol..

  4. #3
    Brigadir Jendral
    Location
    jakarta timur
    Posts
    13,085
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 9 Mins 19 Secs
    biasanya komputer standar gak bisa baca boost......

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    ECU adalah otak nya mobil..
    dia mengatur semua nya kecuali mo kemana dan mo sberapa cepet nya lari tuh mobil

  6. #5
    Sersan Satu
    Location
    in da office
    Posts
    346
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 55 Mins 52 Secs
    hehehe...singkat dan padat bgt jawabannya, bro...

  7. #6
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    car without ECU is nothing,
    but ECU without Car is nothing too

    (jayus yah).
    thx

  8. #7
    Sersan Satu
    Posts
    397
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Wah, tadi pagi Gw juga udah terlintas tuh,
    ECU standard apa bisa yah melayani perubahan
    udara masuk bertekanan di luar standard

    bener juga yach ...

    Quote Originally Posted by gi_ty
    gini aja ringkasnya kalo debit udara bertambah misalkan dg memakai open air filter serta air intake diperbesar maka otomatis sensor airflow menangkap penambahan udara diatas std,otomatis utk mengimbanginya ecu menugaskan sensor bensin utk menaikkan jml bensin agar tercapai keseimbangan pembakaran dlm ruang bakar,so kalo pengen pake supercharger or turbo biasanya pake stand alone ecu yg diprogram soalnya ecu std gak bisa melayani debit udara yg sudah besar dan jika dipaksakan ecu akan jebol..

  9. #8
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    kalo perubahan sih bisa,cuma masih dalam batas2 toleransi kemampuan ECU itu sendiri.kl lebih dari itu ya mau g mau pake stand alone ECU.

    thx

  10. #9
    Mayor
    Location
    Jakarta - Singapore
    Posts
    3,629
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 28 Mins 32 Secs
    Pertanyaan berikutnya pake ECU apa yg best value? Murah tapi Bagus gitu...
    Btw, harga ECU nya brp?
    ---------------------------------------
    Keep Smiling..!! Be Happy..!!

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    820
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    30 Mins 2 Secs
    tongki wrote :
    supercharger memanfaatkan semacam motor listrik, which is, menghabiskan
    setrum.

    Bukankah supercharger menggunakan puli yg dihubungkan dengan belt ke mesin? Jadi bukan pake listrik bro, tapi pake tenaga mesin langsung, so tenaganya dari low rpm aja untuk ada.

    Correct me if i'm wrong.

    Thanks.
    JB

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
NGK Busi MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [ASK] Velg BRABUS Ori sebenarnya ada ga yg R 20' ?
    By tito.1972 in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 3
    Last Post: 9th September 2011, 20:11
  2. WTA : Cara mengatur ketinggian headlamp Honda City-Z
    By pouns in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 2
    Last Post: 17th March 2010, 10:45
  3. WTA : Cara mengatur ketinggian lampu city-z
    By pouns in forum Diskusi Eksterior
    Replies: 0
    Last Post: 8th March 2010, 18:07
  4. Mengatur Ketinggian Lampu Honda Ferio
    By Dyprok in forum Diskusi Aksesoris
    Replies: 4
    Last Post: 12th January 2010, 15:30
  5. Tau ga lo klo sebenarnya.......
    By Kelvin_eXcite in forum Automotive
    Replies: 41
    Last Post: 14th May 2008, 04:14
Back to top