Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 28
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/448668
  • Share on facebook
  1. #1
    Kapten
    Location
    I B U K O T A
    Posts
    2,487
    Power
    46 
    Online
    3 Mths 1 Wk 4 Days 8 Hrs 55 Mins 33 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Antara Film Kartun dan Masa Depan Anak-anak

    Saya mau cerita sedikit tentang kelakuan anak2 balita sekarang, termasuk keponakan saya, mereka lebih suka nonton sinetron yang notabene acara dewasa daripada acara anak2. Saya jadi bingung sebagai om-nya (belagak sok tua ), saya belikan dia mainan, dia tidak suka, dia lebih suka main iPad. Menurut saya iPad mendekatkan anak sama teknologi, tetapi saya berasumsi, otak anak kecil yang sering main iPad tidak sekreatif anak2 kecil yang suka main Lego atau Gundam atau permainan merakit lainnya. Buat beberapa orang tua, Lego terlalu sulit untuk anak, tapi bukannya malah dibimbing untuk merakit, malah kebanyakan orang tua membiarkan anaknya kembali main iPad yang lebih 'gampang' dan simple.



    Uploaded with ImageShack.us

    Waktu saya masih duduk di bangku SD, saya selalu bangun pagi2 pada hari Minggu, lalu menonton kartun mulai dari jam setengah enam pagi hingga sepuluh pagi. Semua terasa indah pada waktu itu. Berbagai macam kartun seperti Let’s and Go!, Chibi Maruko-Chan, Hamtaro, Doraemon, dan lain sebagainya.



    Uploaded with ImageShack.us

    Setelah puas menonton film kartun, setelah mandi saya langsung bermain bersama adik2 saya maupun teman2 tetangga. Banyak sekali permainan yang kami mainkan. Ada tak jongkok, petak umpet, batu tujuh, gobak sodor, dan masih banyak lagi. Maklum, saya hidup di angkatan old-skool...

    Terkadang saya bingung, sekarang banyak orang tua yang melarang anaknya untuk menonton film animasi atau kartun. Alasanya beragam, ada yang menganggap film animasi adalah film anak kecil dan tidak membuat anaknya berkembang. Ada yang menganggapnya film khayalan yang tidak masuk akal. Mereka semua lebih suka menonton sinetron atau FTV, yang secara tidak langsung meracuni pemikiran anak2 untuk dewasa sebelum waktunya.

    Jujur saja, saya bukannya mempunyai sifat pesimis terhadap anak2 kecil. Justru sebaliknya, saya kasihan melihat anak2 yang diforsir orang tuanya untuk mengikuti pentas macam2 (seperti kontes menyanyi di acara TV), karena menurut saya anak2 tersebut dipaksa untuk menggeluti bidang yang belum waktunya dan tidak mempunyai kehidupan untuk masa kecilnya.

    Padahal, film animasi adalah film yang membuat si anak mampu berimajinasi sesuai umurnya. Maka jangan heran, sekarang banyak kalau ada anak kecil yang berperilaku seperti orang dewasa. Itu semua karena tontonan yang mereka konsumsi sehari2 dan lagi2, kita tidak bisa menyalahkan mereka, orang tualah yang berperan penting untuk mendidik anaknya dengan baik. Tidak sedikit sinetron yang bertemakan anak2, tapi di dalamnya penuh dengan hal2 yang memang tidak pantas dilakukan anak2. Seperti pacaran, memakai baju yang seksi, menghina orang, memfitnah orang, sampai ada yang melakukan kekerasan kepada orang lain. Menurut anda apakah pantas keponakan atau mungkin anak2 anda menonton acara2 tersebut? Silahkan counter saya kalau saya salah.

    Jika Anda mau membuka youtube, anda bisa mencari film2 animasi pendek yang berkualitas. Menurut saya Sesame Street itu sangat bagus untuk anak2. Acara tersebut selain ada boneka yang lucu2, mengajarkan juga tentang menyiapkan mental anak2 untuk menghadapi dunia kedepan dengan cara yang imut dan halus. Mungkin ini yang harus ditiru oleh sinetron di Indonesia, yang tidak harus menampilkan adegan2 yang tidak pantas ditonton oleh anak2.

    Bandingkan dengan sinetron yang ada di TV setiap harinya dengan film animasi seperti Captain Tsubasa. Film animasi ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang ingin sekali membawa negaranya masuk ke Piala dunia, dan menjadi pemain sepakbola profesional. Bukan tidak mungkin jika ada anak Indonesia yang menjadi pesepakbola yang mendunia karena terinspirasi oleh Tsubasa Ozora, karakter utama dalam film Captain Tsubasa.
    Jelas sekali bahwa makna dari film animasi tersebut mengajari anak2 untuk mempunyai impian dan memperjuangkannya. Tidak seperti sinetron yang mengajarkan anak2 zaman sekarang untuk mengenal cinta orang dewasa.

    Kenyataannya, zaman sekarang banyak sekali anak kecil yang sudah mulai berani berbohong kepada orang tuanya, berkata kasar, selalu meminta2 sesuatu kepada orang tuanya dan memaksa bahkan membentak, dan bahkan banyak sekali yang sudah fasih berbicara cinta. Jika dibiarkan, ini akan berdampak buruk kepada pembentukan mental si anak. Berhubung teman saya ada yang jadi guru SD, dia cerita ada anak laki2 kelas 2 SD yang menyatakan cintanya kepada kawan lawan jenisnya. Dan, ia meminta untuk dicium sebagai ungkapan rasa sayang. Apakah menurut anda itu normal?

    Mungkin, ini bisa dijadikan salah satu faktor utama tentang permasalahan remaja putri saat ini. Zaman sekarang makin banyak perempuan yang hamil di luar nikah. Menurut BKKBN pada bulan September 2012 lalu, jumlah anak di bawah umur yang melakukan Aborsi meningkat 15% setiap tahunnya. Bahkan, saya masih ingat di bulan Agustus tahun 2012 lalu ada sebuah berita yang mengatakan bahwa 20% remaja di Jakarta hamil di luar nikah.
    Sekali lagi, bukan urusan saya jika banyak terjadi pernikahan dini atau kasus2 hamil di luar nikah, sekali lagi, bukan urusan saya, saya tidak mau mencampuri urusan seperti itu.



    Uploaded with ImageShack.us

    Saya sempat berdebat dengan saudara saya yang notabene sepupu saya kenapa anak balitanya sering diajak nonton sinetron yang bukan dunianya dan bikin anaknya ketagihan. Saya tidak bermaksud untuk 'kepo' atau sok tau. Melarangnya menonton film kartun, dan lebih memilih menonton sinetron banyak sekali resiko yang akan dihadapi sebagai orang tua. Siapkah anda jika anak anda sebagai salah satu kasus aborsi atau hamil di luar nikah? Siapkah anda melihat anak anda menjadi orang tua sejak dini, yang seharusnya mengenyam pendidikan terlebih dahulu? Siapkah anda melihat anak anda menggendong anaknya sendiri pada saat mereka masih berseragam putih abu2? Saya tidak mau dianggap orang yang paling suci di dunia ini, saya hanya bingung banyak anak2 yang gaya hidupnya dipaksa untuk mengikuti hidup orang dewasa secara instant. Kasihan, benar2 kasihan....

    Memang, film animasi atau kartun memiliki tingkat khayalan yang sangat tinggi. Namun itulah yang sebenarnya dibutuhkan oleh si anak. Banyak sekali makna yang terdapat pada film animasi tersebut jika Anda mau membimbingnya. Otak mereka akan berkembang dengan seiiringnya waktu. Dari mulai semangat pertemanan, semangat dalam mengejar impian, semangat dalam membela kebenaraan, dan masih banyak lagi. Dan semua itu dikemas dalam konsep yang memang kekanak2an. Apakah itu salah?

    Saya tidak bermaksud untuk sok tua, saya sendiri lagi menunggu kelahiran anak pertama saya. Tapi saya sudah cukup lama menjadi seorang om dan melihat keponakan2 saya sendiri yang beberapa di antara mereka berada di dunia yang bukan menjadi dunianya. Miris.

    Saya tidak menyalahkan anak main iPad, tapi keseringan bisa menjadi bumerang buat anak itu sendiri. iPad membuat anak itu mempunyai dunianya sendiri dan masalah terbesarnya adalah anak tersebut sulit untuk bersosialiasi dengan teman2nya di sekolah dan dengan orang lain.

    Jangan salahkan anak anda jika ia pintar melawan orang tuanya. Jangan salahkan anak anda jika ia sudah pintar berbohong. Jangan salahkan anak anda jika anak anda terlalu manja dan susah di atur. Jangan salahkan anak anda jika ia sudah fasih berbicara cinta. Jangan salahkan teman2 anak Anda. Jangan salahkan sekolah atau guru2 yang menjadi tempat anak anda belajar. Jangan salahkan anak anda jika anak anda cepat sekali mendapatkan cucu (di luar nikah). Koreksi diri anda sebagai orang tua apakah diri anda sudah benar sebagai orang tua. Nobody's perfect, but as a parent, you should know what is best for your loved ones right?

    Mengikuti perkembangan jaman itu baik, tapi terlalu cepat, apakah baik juga untuk anak2 anda?

    Saya hanya curhat, tidak lebih tidak kurang, saya pun orang yang banyak kekurangan. Saya hanya concern dengan banyaknya nasib anak2 bangsa ini yang sudah di luar jalur.

    Kalau ada yang salah dari perkataan saya, mohon dikoreksi, terutama yang sudah menjadi orang tua.
    We are living in a limitless world, but if we aim low we’ll surely miss the target.

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
    Banner Available 242x90 BursaBet Dewa Prediksi Bola
  3. #2
    Kapten
    Location
    Intelejen Densum
    Posts
    2,651
    Power
    66 
    Online
    1 Mth 4 Wks 1 Day 4 Hrs 24 Mins 6 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Yah inilah akibat perkembangan jaman

    Miris lihat kelakuan anak-anak kecil jaman sekarang ditambah lagi orang tua yang cuek bebek... sebagai contoh anak gang rumah saya, itu anak-anak yang seharusnya diawasai saat bermain ditinggal saja anaknya bermain sesukanya pergi kemana saja dan bahkan sampai jam 12 malam masih main di depan rumah saya, kasihan punya orang tua tapi serasa gak punya orang tua..

    Inilah bedanya orang tua jaman sekarang dan dulu

    Kebanyakan orang tua jaman dulu KOLOT alias keras dan budaya yang diwariskan kental memang secara mental gak baik untuk anaknya, tapi pada saat dewasa mental kerasan tersebut terbawa dan ada prinsip disiplin yang ditanam.

    Dan kebanyakan orang tua jaman sekarang GAHOEL anaknya dibiarkan sesukanya bahkan masih usia belia [13tahun] (saya sempat dengar waktu ada beberapa tetangga saya tanya sama anaknya) "MANA KAMU, UDAH PUNYA PACAR BELUM MASA KALAH SAMA TEMAN-TEMAN MU?" duweeeenngggggg

    maaf jadi curcol

    *Saya sendiri belum married tapi apabila suatu saat nanti punya anak, saya bakal kirim ke kampung sama orang tua biar beres didikannya
    DENSUM ON THE WAY

  4. #3
    Mayor
    Location
    Pondok GeDENSUM, BKsyiich
    Posts
    4,553
    Power
    73 
    Online
    1 Mth 1 Wk 3 Days 11 Hrs 49 Mins 45 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    makanya batasi anak nonton tipi dan maen gejet om.. peran orang tau penting buat nemenin anak bermain...
    DENSUM JAHAT.4gp

  5. #4
    Brigadir Jendral
    Location
    A
    Posts
    11,830
    Power
    33 
    Online
    4 Mths 5 Days 11 Hrs 59 Mins 55 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    buat pelajaran nih buat gw pribadi yang masih kecil anaknya

  6. #5
    Mayor
    Location
    Asrama DENSUM
    Posts
    3,457
    Power
    49 
    Online
    1 Mth 2 Wks 22 Hrs 42 Mins 29 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    anak saya sekarang udah kecanduan bebe ama laptop.. padahal bru 3,5 thn. tp udh tau buka2 yutup.. untung aja nontonnya film2 kartun pendek di yutup..
    DENSUM ON DE WEY

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    A.K.A.P
    Posts
    5,856
    Power
    55 
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 13 Hrs 38 Mins 22 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    pengawasan org tua kudu lebih x-tra
    temans mudiker, ati2 di jalan n slalu waspada yak.. salam kampret

  8. #7
    Sersan Dua
    Location
    bandung
    Posts
    209
    Power
    Online
    1 Wk 2 Days 11 Hrs 53 Mins 49 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Bener spertinya hrs d luruskan ponakan2 ane.. sama dunia net. baru kelas 1 udah gila PB jadi malah fisiknya kurang bergerak.. efeknya mata kuning pggung bongkok hadehhh..
    Nice share om ts

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    Surabaya
    Posts
    6,899
    Power
    32 
    Online
    4 Wks 14 Hrs 36 Mins 16 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    yeah perlu bimbingan dan arahan yg baik





  10. #9
    Mayor
    Posts
    3,264
    Power
    Online
    1 Wk 3 Days 3 Hrs 23 Mins 51 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    sekarang anak perlu dijaga bener, karena kalo ga dijaga bener bisa kacau karena perkembangan zaman

  11. #10
    Kopral Kepala
    Location
    semarang
    Posts
    142
    Power
    Online
    2 Wks 2 Days 12 Hrs 11 Mins 47 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Pendidikan paling dasar ya KELUARGA

  12. #11
    Kapten
    Location
    Bekasi
    Posts
    2,284
    Power
    32 
    Online
    1 Wk 6 Days 20 Hrs 17 Mins 34 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    betullllllllllllllll.....

  13. #12
    Mayor Jendral
    Location
    Plat " L "
    Posts
    16,075
    Power
    132 
    Online
    1 Mth 2 Wks 16 Hrs 38 Mins 55 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    emang beda didikan anak jaman skrg ma jaman dahulu..hehhehe
    tata kramany apalgi..tapi y dg perkembangan zaman..mau gmn lg..
    Car Photography enthusiast
    Instagram : @Ronaldardiles
    When i do good,i feel good. When i do bad,i feel bad
    .

  14. #13
    Sersan Kepala
    Location
    jakarta
    Posts
    528
    Power
    Online
    3 Wks 3 Days 17 Hrs 37 Mins 48 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Gw setuju bgt sama TS!
    Ya itulah faktor perkembangan jaman,miris

  15. #14
    Kapten
    Location
    jakarta
    Posts
    2,337
    Power
    18 
    Online
    1 Mth 3 Days 6 Hrs 50 Mins 9 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    bener sih bro
    skrg ud beda sm dulu
    dulu mah hr minggu dr jem 6 pagi smpe jem 12 siang trs trs'an kartun
    skrg mah jem 9 jg ud pada abis,d gantiin sm ftv gitu gitu
    mampir2 ya

    White ge8 mmc daily driven
    http://www.modifikasi.com/showthread...c-daily-driven

  16. #15
    Letnan Kolonel
    Posts
    6,402
    Power
    43 
    Online
    1 Mth 2 Wks 1 Day 14 Hrs 53 Mins 39 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    setuju sama TS...

    skarang acara di TV jg jarang banget acara animasi... banyak nya udah sinetron..

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Qmax Jstyle Rim Rims Center

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. 5 Mobil Berukuran Mini Dan Kecil Di Masa Depan
    By 959JS in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 23
    Last Post: 15th July 2014, 17:23
  2. Replies: 16
    Last Post: 30th July 2013, 19:03
  3. Mesin gasoline masa depan dr VW
    By Gajah_terbang in forum Diskusi Mesin
    Replies: 4
    Last Post: 7th September 2006, 19:06
  4. OOT : Bahan bakar Solar masa depan dari gas & batubara
    By Gajah_terbang in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 19th August 2006, 21:58
  5. Replies: 14
    Last Post: 11th January 2006, 16:48
Back to top