HiTech Engine Ber-Premium?
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 36
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4443
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    HiTech Engine Ber-Premium?

    Sory2 Thread cupu, norak atau apalah...

    Gue Denger, baca di majalah, liat di forum2, ngintip di bengkel, starlet,Corolla, Twincam Swap 3S-GTE - Holden, Cefiro, interplay swap RBxxDET/DETT - twincam swap 4AGZE, 4AGET dll deh

    Mereka menclaim mobilnya di atas 200+++HP... Tapi pake premium... pegimana toh...

    *apa mesinnya nggak cepet jebol?
    *Gelitik sana gelitik sini jadi ketawa-tawa tuh mesin...
    *Tenaga ga boyo?
    *Kenapa harus pake premium... ga worthed kan sama swap engine yg di lakuin?


    Soalnya gua berasa 4EFTE Stock pake premium & Pertamax plus beda tarikan jauh, gelitik dah pasti klo di buezek...

    Thanks

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    straped tightly in a cefiro
    Posts
    1,442
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Mins 46 Secs
    gw pake cefiro rb20det.. gila aja masa sih ada yang pake premium.. bisa aja sih kalo pengen ngirit kantong.. tp kalo gw harian pake pertamax plus... itu aja musti dikecilin boostnya..

    kalo gedein boost.. wajib bensol/avgas...
    btw mobil gw 320hp di engine
    228hp di roda...

    gila aja kan kalo dikasih premium.. bisa aus tuh cylinder.. apalagi lo tau sendiri premium di indo sering dicampur minyak tanah...

  4. #3
    ping2
    Guest
    sebener nya tergantung komputerisasi dari setiap mobil, jika ecu bisa membaca ada nya gejala detonasi, otomatis mereka akan melakukan retard timing sendiri untuk mengatasi detonasi tersebut, dan so pasti tenaga juga tambah ngedrop. begitu juga sebaliknya kalo komputer membaca ada nya oktan bensin yang tinggi, ecu juga akan mengadvance timing sampai titik tertentu. (correct me if i am wrong)

  5. #4
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Jika maksud anda adalah knock sensor pada ECU mobil, maka hal tersebut tetap tidak akan membantu pada mobil yang rasio kompresinya diatas 11:1. Toleransi dari knock sensor adalah sekitar +/- 5drjt. Jadi, kalau seharusnya timing pengapian 10drjt sebelum TMA, maka knock sensor hanya bisa memundurkannya sampai 5drjt sblm TMA. Jika rasio kompresi anda diatas 11:1, atau boost turbo anda diatas 1bar, ada dua cara untuk menghindri gejala nglitik.

    Pertama, memakai bensin oktan tinggi (terkadang pengapian tetap harus dimundurkan juga). Kedua, mendesign ulang kubah pad silinder head mesin anda. Saya pribadi lebih memilih cara yang kedua, sehingga sampai sekarang mesin saya masih bisa diberi premium. Honda Genio teman saya, rasio kompresinya 11:1 (D16A), dan masih memakai premium untuk sehari-hari. Sampai sekarang tidak ada gejala yang berarti. Malah bisa mendapatkan 15,9dtk, tanpa avgas, murni premium. Hal ini karena kubahnya telah didesign ulang, sehingga bisa menghindari gejala ngelitik.

  6. #5
    ID Ini Terindikasi Melakukan Penipuan
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 25 Mins 17 Secs
    wagh hebat banget...

  7. #6
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta hampir coret
    Posts
    1,079
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 1 Hr 39 Mins 42 Secs
    @beni: mengubah ulang pad silinder head maksudnya gmana yah? gak ngerti bos...
    *=-BoDat sPeeD-=*

  8. #7
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    iya ajarin donk 4E-FTE gue biar bisa pake premium trus tembus 15 deh hehe...

    Thanks

  9. #8
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Pada silinder head anda, kubahnya biasanya berbentuk seperti mangkuk. Bentuk tersebut oleh beberapa tuner biasanya diubah memakai pisau bubut. Masing2 tuner pun ubahannya berbeda-beda. Ada yang membuat jadi mirip kotak, atau seperti bentuk atap rumah. Teknik ini sebetulnya teknik kuno, tapi efektif. Paling sering anda temui pada balap motor. Jika ingin melakukannya, lebih baik konsultasikan saja dulu dengan mekanik anda. Tapi kalau anda seorang mekanik, biasanya anda langsung mengerti.

    Kalau pada head saya sendiri, sisi pinggiran kubah dikorek sehingga lebih landai. Tujuan utama dari pengubahan bentuk kubah ini agar pembakaran lebih terfokus ke pusat kubah, tempat busi berada. Sehingga rasio kompresi bisa semakin tinggi, namun gejala detonasi bisa dieliminasi. Resiko dari teknik ini, ya, harus turun 1/2 mesin. Tapi kalau tidak mau repot, ya... masih banyak SPBU yang menjual pertamax plus. Semoga bisa membantu.

  10. #9
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    ini namanya yg namanya bubut head ya? gue ga bisa donk ntar kompresi naek

    Thanks

  11. #10
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Maksud anda papas silinder head? Bukan bung. Itu dua hal yang sangat berbeda. Jika memapas silinder head, kompresi memang naik, tapi desain kubah tidak berubah, sehingga pembakaran tetap kurang terfokus, akibatnya terjadi turbulensi yang besar pada area kubah sehingga timbul ngelitik. Turbulensi ini diakibatkan ujung kepala busi semakin dekat dengan kepala piston. Kalau mendesign ulang, silinder head tidak dipapas, dan selama paking silinder head anda standar, tidak ada perubahan jarak antara ujung kepala busi dengan kepala piston. Makanya saya bilang, kompresi naik dengan sendirinya karena pembakaran terfokus, tapi karena tidak ada turbulensi, maka tidak terjadi ngelitik. Sehingga, walaupun rasio kompresi anda tinggi, karena design silinder head mampu menahan ngelitik, maka anda tetap bisa pakai premium. Tapi sekali lagi, jika anda ragu atau takut, maka silahkan mengisi pertamax plus.

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
MBtech Tekiro

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. nanya bengkel hitech
    By hydralant in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 1st September 2009, 19:57
Back to top