CAra kuras RAdiator
Scuto Laminating Simota Gelap.net

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 32
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/43958
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs

    CAra kuras RAdiator

    berdasarkan dari botol Master Radiator Super Flush:
    1. Dalam kondisi mesin dingin, buang air radiator dengan membuka lubang pembuangan di bagian bawah radiator.
    2. Tuangkan satu botol Master Radiator Super Flush, lalu isi radiator dengan air bersih sampai penuh dan biarkan mulut radiator tetap terbuka.
    3. Hidupkan mesin. Bila air radiator berkurang, isi hingga penuh lalu tekan pedal gas untuk mempercepat sirkulasi air dalam radiator. Biarkan mesin hidup selama 10 - 15 menit (rpm 1.000 - 1.500).
    4. Matikan mesin. Lakukan langkah nomor 1 dan tunggu hingga air tidak keluar lagi. Air yang keluar akan berwarna keruh atau kecoklatan. Kemudian lakukan pembilasan dengan menyambungkan selang air pada mulut radiator dengan keran air. Hidupkan mesin dan biarkan air mengalir sampai bersih. Setelah bersih, tutup lubang pembuangan.
    Jadi kalo liat di situ sih, yang dibuka tutup radiator atas dan tutup bawah.

    ada yg bisa melengkapinya???

    thx

  2. 36Goal.com
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    menghadap laut
    Posts
    1,390
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    21 Hrs 51 Mins 19 Secs
    mending gak pake radiator flush, kerak/kotoran mgkn bersih tapi bisa jadi penyumbat baru

  4. #3
    Kapten
    Location
    heavenly earth
    Posts
    2,122
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Hrs 31 Mins 9 Secs
    kalo cara pembilasan gue, pakai selang air ke mulut radiator, tapi lubang pembuangan ditutup. gas di rpm 2000-3000 kira2 10 menit, nanti kalo ada kotoran keluar sendiri dari mulut radiator. sesudah itu matikan mesin, baru buka tutup pembuangan

    pengalaman gue kalo pakai cara pembilasan di atas, sesudah radiator dikuras dengan mesin hidup dan menyambungkan selang air sampai air mengalir sampai bersih, sewaktu mesin dimatikan dan keran air ditutup, lalu lubang pembuangan dibuka dibiarkan sampai air tidak menetes, tetes2an terakhir masih berwarna radiator coolant (tidak bening).

  5. #4
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,577
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by theansoracing View Post
    berdasarkan dari botol Master Radiator Super Flush:
    1. Dalam kondisi mesin dingin, buang air radiator dengan membuka lubang pembuangan di bagian bawah radiator.
    2. Tuangkan satu botol Master Radiator Super Flush, lalu isi radiator dengan air bersih sampai penuh dan biarkan mulut radiator tetap terbuka.
    3. Hidupkan mesin. Bila air radiator berkurang, isi hingga penuh lalu tekan pedal gas untuk mempercepat sirkulasi air dalam radiator. Biarkan mesin hidup selama 10 - 15 menit (rpm 1.000 - 1.500).
    4. Matikan mesin. Lakukan langkah nomor 1 dan tunggu hingga air tidak keluar lagi. Air yang keluar akan berwarna keruh atau kecoklatan. Kemudian lakukan pembilasan dengan menyambungkan selang air pada mulut radiator dengan keran air. Hidupkan mesin dan biarkan air mengalir sampai bersih. Setelah bersih, tutup lubang pembuangan.
    Jadi kalo liat di situ sih, yang dibuka tutup radiator atas dan tutup bawah.

    ada yg bisa melengkapinya???

    thx
    Thanks buat infonya. Kayaknya perlu flush kalau dari awal gak pernah pake coolant kali ya. kalau uda pake coolant terus sih menurut gw gak perlu, karena airnya bersih.

  6. #5
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,520
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Min 25 Secs
    Mumpung ada threadnya nih, sekalian ya tanya2 juga yaaaa...

    Apakah beresiko menghilangkan kerak yang tadinya ada di dalem saluran air, dan ujung2nya jadi bocor yaaa???

    Apa itu juga dah termasuk membersihkan saluran2 air yang masuk ke mesin? (bukan hanya di radiator saja) karena pada saat mesin di-nyalain itu air akan masuk ke saluran air dimesin kan yaaa???

    Satu lagi, apakah setelah itu diisi dengan radiator coolant??? Pernah baca2 katanya gak boleh murni radiator coolant ya, harus dicampur dengan air biasa... mohon pencerahan juga yaaaa...

    Thx yaaaa...

  7. #6
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by AtDp View Post
    Mumpung ada threadnya nih, sekalian ya tanya2 juga yaaaa...

    Apakah beresiko menghilangkan kerak yang tadinya ada di dalem saluran air, dan ujung2nya jadi bocor yaaa???

    Apa itu juga dah termasuk membersihkan saluran2 air yang masuk ke mesin? (bukan hanya di radiator saja) karena pada saat mesin di-nyalain itu air akan masuk ke saluran air dimesin kan yaaa???

    Satu lagi, apakah setelah itu diisi dengan radiator coolant??? Pernah baca2 katanya gak boleh murni radiator coolant ya, harus dicampur dengan air biasa... mohon pencerahan juga yaaaa...

    Thx yaaaa...
    untuk mesin yg sudah berumur iya
    kecuali mobil baru atau mesin yg sudah di restorasi sistem pendinginannya

    yg di maksud water jacket

    gak juga pak
    kemungkinan dari tiap produk coolant punya kandungan2 berbeda2
    kemungkinan yg bapak maksud coolant yg full concentrate jadi perlu di tambahkan air lagi

  8. #7
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,520
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Min 25 Secs
    Quote Originally Posted by theansoracing View Post
    untuk mesin yg sudah berumur iya
    kecuali mobil baru atau mesin yg sudah di restorasi sistem pendinginannya

    yg di maksud water jacket

    gak juga pak
    kemungkinan dari tiap produk coolant punya kandungan2 berbeda2
    kemungkinan yg bapak maksud coolant yg full concentrate jadi perlu di tambahkan air lagi
    kalo water jacket itu berarti ada yang nyumbat di saluran air utk yang ke mesin ya Pak???
    Ada cara trik2 khusus gak yaaa utk ngeberesinnya??? Ato sama kayak radiator flush aja udah termasuk membersihkan / mengatasi water jacket itu???

    Kalo di mesin mungkin gak sih ada karat di dalemnya? Karena blok mesin kan bahannya aluminium ya, jadi gak berkarat kali yaaa... tapi kotoran yang menyumbat mungkin bisa kali tuh yaaa???

    Ooo... itu mungkin juga sih, coolant yang full concentrate... ada recomend utk radiator coolant yang bagus gak yaaa?? Ato semuanya sama aja yaaa??? Hanya beda merk dan harga doang???

  9. #8
    Letnan Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,766
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 4 Hrs 35 Mins 38 Secs
    Pake prestone ready to use kalo ga mau repot. Pake prestone extended life coolant kalo mau ribet karena kudu ngoplos dengan aquadest.

    ad

  10. #9
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by AtDp View Post
    kalo water jacket itu berarti ada yang nyumbat di saluran air utk yang ke mesin ya Pak???
    Ada cara trik2 khusus gak yaaa utk ngeberesinnya??? Ato sama kayak radiator flush aja udah termasuk membersihkan / mengatasi water jacket itu???

    Kalo di mesin mungkin gak sih ada karat di dalemnya? Karena blok mesin kan bahannya aluminium ya, jadi gak berkarat kali yaaa... tapi kotoran yang menyumbat mungkin bisa kali tuh yaaa???

    Ooo... itu mungkin juga sih, coolant yang full concentrate... ada recomend utk radiator coolant yang bagus gak yaaa?? Ato semuanya sama aja yaaa??? Hanya beda merk dan harga doang???

    water jacket itu saluran pendingin air di blok mesin pak
    bisa saja water jacket tersumbat karena kotoran

    karat di dalam mesin bisa saja
    tp selama mesin hidup dan oli bagus gak ada karat tuh
    kecuali mesin dalam keadaan mati/diam pasti ada karat deh

    coolant seh menurut pengalaman cocok2an pak
    selama ini saya pake prestone botol kuning dgn isi hijau

  11. #10
    Letnan Dua
    Location
    cinere
    Posts
    1,120
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 14 Hrs 30 Mins 45 Secs
    IYAH COOLANT . COCOK2AN KLO GWE NGIKUTIM BAWAAN oem ajah klo suzy katanya Sieken yah udah isi sieken. Klo buat biem gwe yah pake yang merk biem tuch bli di toko partsnya. buat yang dah kadung pake non coolant mending gak di kuras or pake coolant bisa bocor karena karat dan kerak terkikis jadi dindin radiator tipis bocor. kecuali abis di perbaiki smua nah biar awet gak bocor2 lagi pake coolant dech.

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Cara kuras radiator dan bersihinnya
    By babaskor in forum Diskusi Mesin
    Replies: 23
    Last Post: 19th November 2012, 20:39
  2. Replies: 5
    Last Post: 26th February 2012, 02:58
  3. Replies: 4
    Last Post: 18th October 2011, 15:03
  4. cara bersihin radiator...
    By Tom in forum Diskusi Mesin
    Replies: 59
    Last Post: 8th September 2007, 12:14
  5. Kuras Radiator
    By unu3x in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 40
    Last Post: 31st August 2006, 23:54
Back to top