[BERITA] Beberapa Operator Terlibat Kartel Tarif SMS

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 5 of 5
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/43476
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Dua
    Location
    Jak.SeL Sate-Sate-Sate
    Posts
    1,471
    Power
    35 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 6 Hrs 5 Mins

    [BERITA] Beberapa Operator Terlibat Kartel Tarif SMS

    JAKARTA,RABU- Tak lama lagi, dugaan praktek kartel di bisnis layanan short message service atau SMS akan berujung putusan dari Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU). Rencananya, KPPU mengumumkan hasilnya pada 18 Juni 2008.

    Saat ini KPPU masih mengumpulkan berbagai bukti praktek kartel SMS yang melibatkan sembilan perusahaan operator telepon itu. Maklum belum semua perusahaan operator memberi keterangan lanjutan kepada KPPU. "Tunggu saja tanggal mainnya," kata Erwin Syahril, anggota KPPU yang membahas kasus ini, kemarin (10/6).

    Dugaan kartel SMS ini telah selesai melewati tahap pemeriksaan lanjutan. KPPU akan mengeluarkan putusan final melalui majelis khusus bernama Majelis Komisi. Majelis inilah yang meladeni sanggahan para operator atas temuan KPPU pada tahap pemeriksaan lanjutan. Sembilan perusahaan yang terlibat dalam dugaan kartel ini adalah: Telkom, Telkomsel, Indosat, Bakrie Telecom, Natrindo, Smart Telecom. Hutchinson. Mobile 8, dan Excelcomindo Pratama.

    KPPU menilai sembilan perusahaan itu melakukan kesepakatan harga untuk memberikan layanan SMS. Jika benar ada, kesepakatan harga SMS adalah pelanggaran terhadap UU Anti. Monopoli karena melibatkan perusahan yang seharusnya bersaing. Pasal yang dilanggar ialah pasal 5 tentang kartel tarif.

    Terbukti ada kartel

    Bagaimana kira-kira vonis KPPU? Dari kesimpulan pemeriksaan lanjutan yang salinannya diperoleh KONTAN, tampaknya KPPU akan memvonis bersalah beberapa operator telekomunikasi. Biasanya, keputusan KPPU tak jauh berbeda dengan hasil pemeriksaan lanjutan, Namun Erwin mengatakan, "Itu baru temuan dan kesimpulan sementara, bukan kesimpulan akhir."

    Secara umum, kesimpulan pemeriksaan KPPU itu adalah sebagai berikut. Pertama, KPPU menyatakan tidak ada kartel SMS selama periode 200 hingga 2004 oleh Telkomsel, Indosat dan Excelcomindo Pratama (XL). Namun pada periode 2004-2007, Telkomsel dan XL melakukan kartel tarif. Hal ini menyebabkan Telkom (Fleksi), Mobile 8 dan Bakrie Telecom mengikutinya.

    Kedua, pada periode 2007 hingga April 2008, Smart Telecom ikut terlibat dalam kartel SMS. Ketiga, KPPU menyatakan Indosat, Hutchinson, dan Natrindo tidak terbukti melanggar alias tidak terbukti ikut dalam kartel SMS.

    Namun Dedie S Martadisastra, Ketua Tim Pemeriksaan Lanjutan yang juga Ketua Majelis Komisi kasus itu menyatakan, semua operator bersalah dengan derajat kesalahan yang berbeda-beda. Untuk perinciannya, Dedie mempersilakan publik menunggu dulu kesimpulan final KPPU.

    Yang jelas, hasil pemeriksaan lanjutan KPPU belum menyebutkan jumlah denda. Namun Erwin memastikan, KPPU akan menjatuhkan denda yang bisa mencapai miliaran rupiah. Besarnya denda tergantung tingkat pelanggaran operator. "Kalau pelanggaran kartelnya besar, sanksinya juga besar," tandas Erwin.

    Sementara Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah menyatakan Telkom tidak pernah melanggar pasal UU Nomor 5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli. "Selama ini Telkom tidak pernah melanggar aturan itu," tegas Rinaldi.

    Sumber : http://www.kompas.com/read/xml/2008/...rtel.tarif.sms

  2. Jaya Bet
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    driver's seat
    Posts
    851
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    11 Mins 6 Secs
    Hmm KPPU ini bisanya cari2 kesalahan aja dg tuduhan monopoli, kartel dst. Yg ujung2nya denda miliaran rupiah. Anehnya yg diserang koq ya sektor telekomunikasi yg nampaknya persaingan nampak keras/melibatkan banyak operator baik bumn/swasta dalam & luar negeri.

    Harusnya KPPU periksa itu monopoli BUMN macam PLN & Pertamina. Agar terbuka kesempatan yg luas ke pihak swasta untuk bersaing

    Klo BBM sama listrik dijual mahal ke masyarakat tanpa ada kesempatan memilih/kompetitor, mau gak mau rakyat tetep butuh listrik/BBM. Tapi klo pulsa dijual agak mahal(tapi laku), dituduh monopoli/kartel hu..hu payah. Tanyaken apa ???.. malah operator dipaksa2 turunkan tarif yg sudah murah, Pertamina tuh suruh turunin harga BBM, yg pada kenyataannya rakyat kita sebenarnya mampu beli bbm dg harga mahal asal sebanding dg kualitasnya.

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    Jak.SeL Sate-Sate-Sate
    Posts
    1,471
    Power
    35 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 6 Hrs 5 Mins
    Quote Originally Posted by hanif View Post
    Hmm KPPU ini bisanya cari2 kesalahan aja dg tuduhan monopoli, kartel dst. Yg ujung2nya denda miliaran rupiah. Anehnya yg diserang koq ya sektor telekomunikasi yg nampaknya persaingan nampak keras/melibatkan banyak operator baik bumn/swasta dalam & luar negeri.

    Harusnya KPPU periksa itu monopoli BUMN macam PLN & Pertamina. Agar terbuka kesempatan yg luas ke pihak swasta untuk bersaing

    Klo BBM sama listrik dijual mahal ke masyarakat tanpa ada kesempatan memilih/kompetitor, mau gak mau rakyat tetep butuh listrik/BBM. Tapi klo pulsa dijual agak mahal(tapi laku), dituduh monopoli/kartel hu..hu payah. Tanyaken apa ???.. malah operator dipaksa2 turunkan tarif yg sudah murah, Pertamina tuh suruh turunin harga BBM, yg pada kenyataannya rakyat kita sebenarnya mampu beli bbm dg harga mahal asal sebanding dg kualitasnya.
    makanya gw juga bingung neh ama KPPU, padahal kalau perang tarif konsumen yang di untungkan lho.
    seharusnya telekomunikasi sudah murah, dan di indo kayaknya paling mahal telekomunikasi.
    harusnya tuh pertamina ama listrik diperbaiki kinerja, udah monopoli kerja nya ga bener juga.

  5. #4
    Letnan Dua
    Posts
    1,398
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 11 Hrs 41 Mins 14 Secs
    nuduh2 , ujungnya tdk terbukti, maen belakang palingan. Ketara benar nyebar ke pers dulu..kalo mau, langsung aja di tindak! Terus denda nya buat siapa? yg dirugikan konsumennya..

  6. #5
    Letnan Dua
    Location
    Jak.SeL Sate-Sate-Sate
    Posts
    1,471
    Power
    35 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 6 Hrs 5 Mins
    dimana2x ga lembaga, ga aparat, semuanya nuduh dulu baru di buktikan kesalahannya.

    Rakyat yang akhirnya di rugikan juga

 

 
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Inilah 11 Mobil yang Terlibat Tabrakan di KM 91 Tol Cipularang
    By jedanz in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 60
    Last Post: 3rd July 2013, 15:19
  2. Replies: 3
    Last Post: 13th May 2013, 15:05
  3. Tarif TOL naik,WAJAR???
    By rams_liberu in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 28
    Last Post: 5th October 2009, 23:04
  4. TARIF BARU TOL
    By theansoracing in forum Automotive
    Replies: 83
    Last Post: 5th October 2009, 18:35
Back to top