Panjang Header
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 41
Thread: Panjang Header
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4263
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    SUKABUMI kota damai hehehehehe
    Posts
    2,206
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 21 Hrs 37 Mins 53 Secs

    Panjang Header

    Hi semua, maw tanya niy... Emang bener ya klo panjang header tuh harus sama setiap silindernya??? Misalkan klo panjangnya 50 cm di silinder ke-4 semua silinder harus 50 cm juga...?
    Trus gimana nentuin berapa panjangnya yang pas buat mobil kita selain pake cara trial and error???
    Thank's before...
    ...ordinary people...

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Satu
    Location
    in da office
    Posts
    346
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 55 Mins 52 Secs
    kalo ngebaca dr howstuffworks sih emang panjang semua pipa primernya harus sama. ini utk membuat masing2 udara yg keluar dr tiap2 silinder sampai di collector dan dibuang secara bersamaan. ini utk menghindari back pressure.

    pertanyaan lanjutan:
    apakah ini berlaku hanya utk 4-1 saja atau 4-2-1 jg harus begini?

  4. #3
    Mayor Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    16,791
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Hrs 11 Mins 41 Secs
    Menentukan panjang header tergantung kebutuhan...

    Idealnya jika masih mesin standard, baiknya ikutin panjang header standard kurang atau lebih.

    konfigurasi 4-2-1 untuk pipa header sebelum digabungkan ke 2 pipa itu harus sama panjang, tapi jelas tidak bisa sependek standardnya...

    Ya coba lihat header design, kalo gue lebih prefer trial and error... kadang perhitungannya agak aneh .

    Thanks

    Aerio_standard

  5. #4
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec

    Mencoba menjawab

    Untuk mendapatkan penambahan tenaga di setiap putaran mesin melalui pemasangan exhaust manifold, cara terbaik adalah menghilangkan tendangan balik pada saat langkah kompresi dan menghasilkan tendangan balik saat langkah buang terjadi pada siklus 4tak. agar kondisi demikian bisa tercapai, pertama2 anda harus mengkalkulasi dahulu besar lubang buang pada cylinder head anda.

    Saya misalnya, baleno 1500cc, besar lubang buang sekitar 1,25in (3,175cm). Untuk menghindari efek penyempitan akibat penekukan saat pembuatan header 4-1, saya memilih memakai pipa 1,5in(3,81cm). Lantas, setelah menentukan besar diameter pipa primer, maka perlu dilakukan perhitungan luas penampang dari pipa primer (3,14xkuadrat jari2 penampang).

    Karena mesin saya 1500cc 4 silinder, maka 1 silindernya menampung sekitar 375cc (centimeter cubic). Usahakan masing2 pipa memiliki volume 375cc juga. Setelah melakukan perhitungan, maka paling efektif bagi mesin saya, jika diameter pipa primer 1,5in, maka panjang pipa primer sekitar 40cm. Keempat pipa tersebut lalu dikumpulkan (mengerucut) ke kolektor bawah 1,5in juga (karena masih untuk harian) dengan panjang sekitar 20cm, dimana bagian yang mengerucut dibuat sekitar 7cm.

    Dari hasil uji jalan (test drive), peak torque ada disekitar 5600rpm dan peak power ada disekitar 6600rpm. Untuk rpm dibawah 3000rpm memang sedikit kurang tenaganya (karena diameter pipa primer lebih besar dari diameter lubang buang), akan tetapi diatas 3000rpm bisa membuat anda tersenyum kagum. Setidaknya itu yang terjadi pada saya.

    Semoga bisa membantu.

  6. #5
    Mayor
    Location
    Jakarta - Singapore
    Posts
    3,629
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 28 Mins 32 Secs
    Boss Beni, gimana cara mengetahui besar lubang buang di setiap mesin?? Kijang misal nya..

    Untuk perhitungan pipa primer adalah total kapasitas mesin (1500cc) dibagi silindernya.. kalau untuk perhitungan pipa kolektor gimana? dan untuk perhitungan pengerucutan yg di contoh 7cm gimana?

    Nah ini untuk tipe 4-1... gimana kalau untuk 4-2-1??
    Saya tertarik banget untuk belajar hitung2an nya nih...
    Thank you..
    ---------------------------------------
    Keep Smiling..!! Be Happy..!!

  7. #6
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A


    nah kalo kaya gini gimana ceritanya tuh bos??

    panjang pipa yg dari mesin sampai tekukan pertamanya beda smua,
    lagian juga yg saya bingung kok jarak pipa dari mesin ke tekukan pertamanya jauh banget yah??
    apa gak salah pasang/hitung.gak ngempos tuh??
    thx

  8. #7
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Untuk mengetahui besar lubang buang, mau tidak mau anda harus membuka dahulu manifold lama anda, lantas anda ukur memakai sigmat. Saya juga dulu melakukannya. Untuk perhitungan pipa kolektor sendiri, saya pribadi masih menerapkan trial n error. Hanya saja, ada peraturan dasar mengenai kolektor, yaitu kolektor harus bisa menampung aliran gas buang secara kontinyu tanpa kehilangan tendangan balik. Bukti kasat mata jika perhitungan kolektor anda benar, ketika anda melepas gas sewaktu mengebut, maka tidak akan terjadi "ndut2an" dan rpm tidak akan drop terlalu jauh.

    Untuk masalah 4-2-1 sendiri, saya pribadi tidak terlalu memahami proses perhitungannya karena pada sejarahnya, 4-2-1 dibuat untuk mobil2 4 silinder yang diperuntukkan bagi heavy duty (towing, off road, dll) sehingga tidak cocok jika anda gunakan untuk balap.

    Mengenai gambar yang diposting oleh saudara anak jalanan, kira2 begitulah bentuk header yang baik dan benar. Sebisa mungkin jarak penekukan pertama jauh dari mesin. Mengapa? Agar tendangan balik tidak terlalu cepat terjadi. Lantas jika ingin maksimal usahakan agar piopa primer berjejer, bukan menumpuk ketika menuju kolektor. Dari yang saya lihat, header pada gambar tersebut sepertinya bikinan DC untuk toyota MR-S. Tapi saya bisa saja salah.

    Semoga bisa membantu.

  9. #8
    Kapten
    Location
    SUKABUMI kota damai hehehehehe
    Posts
    2,206
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 21 Hrs 37 Mins 53 Secs
    Wah..Wah... Thanks banget niy infonya... Tapi ya itu, klo da yang tau cara perhitungannya share disini donk... Byar semua bisa... :wink:
    ...ordinary people...

  10. #9
    Letnan Satu
    Location
    Bandung
    Posts
    1,588
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 2 Mins 41 Secs
    Melengkapi penjelasan Beni:
    Setelah membaca apa yang disampaikan bung beni mengenai cara hitung-hitungan jumlah volume ruang bakar / displacement, baru deh main - main ke www.headerdesign.com

    Dijamin gak meleset jauh ... okay ..

    :wink:
    http://rio.martin.mu/webgall/modcom04.jpg
    2E engine on My EE90 Rolla with 4-1 exhaust system.

  11. #10
    Kapten
    Location
    SUKABUMI kota damai hehehehehe
    Posts
    2,206
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 21 Hrs 37 Mins 53 Secs
    Thank's term.... :wink:
    Btw kemana aja nih, perasaan jarang keliatan di forum????
    ...ordinary people...

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. wts header ferio genio 4-1 panjang
    By dordor in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 22
    Last Post: 21st May 2013, 12:05
  2. HEADER KIJANG 4-1 PANJANG
    By wilyrosedhani in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 13
    Last Post: 19th September 2012, 17:26
  3. panjang header beda?
    By joesam212 in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 4
    Last Post: 21st October 2009, 17:23
  4. WTS: Header 4-1 panjang Civic Vti 01-05/Stream 1.7
    By R_Joe98 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 20th September 2008, 21:48
  5. REVIEW: Header 4-1 & Header 4-2-1 yang sama panjang.
    By t3rm in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 53
    Last Post: 31st January 2006, 01:06
Back to top