Civic Si 2006 - Dyno Test & AFR Mapping
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 10 of 10
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4139
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Civic Si 2006 - Dyno Test & AFR Mapping

    halo modcom-er,
    nih gw ada data dyno test & afr mapping dari mobil honda civic si 2006, mesin K20Z3, 2000 cc, DOHC i-VTEC, 200 dk. kalo liat dyno test, engine output dari 200 dk jadi 154.5 dk at the wheel. transmisinya mengakibatkan pengurangan sebanyak 45.5 dk (sekitar 22.75% tenaga hilang)....setelah modifikasi stage 1 (AEM cold air intake, DC Sport Header 4-1, DC Sport Cat Back Exhaust), kenaikan tenaga sekitar 18.5 dk at the wheel. kenaikan tenaga on engine sekitar 24 dk (asumsi transmisi mengakibatkan 22.75% tenaga hilang) menjadi 224 dk.......waoow, very impressive...... :shock: :shock:

    yg gw gak ngerti di sini adalah nge-baca afr data BEFORE and AFTER. maksud angka-2 yg tertulis di situ apa ya.....??? apakah afr data mapping AFTER lebih baik daripada BEFORE ato gimana....??? ada yg bisa nge-jelasin....??? thanks

    Civic Si 2006


    Dyno Test Before & After Civic Si 2006


    AFR Data Mapping Before


    AFR Data Mapping After

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    yah yg after nya lebih baik bozz itu AFR nya..
    kalo loe liat itu AFR nya lebih flat dan lebih nendang sepanjang rpm yg mana mengakibatkan better peak power dan better power curve

  4. #3
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,635
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 2 Hrs 3 Mins 9 Secs
    AFR setelah dituning lebih merata. terutama pada rpm tinggi dibuat lebih rich sehingga tenaga lebih besar. dengan penambahan fuel lebih banyak.
    Dilema Yang Tdk Pernah Selesai:
    Kencang atau Irit

  5. #4
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    sori bro, gw masih kagak ngerti tentang AFR. di data kan ada angka-2, mulai dari 11.61 s/d 15.46... nah, yg gw tanyain, apakah semakin besar angka semakin baik ato sebaliknya. rich ato lean-nya itu di angka yg semakin tinggi ato semakin rendah ya. thanks banget bro.........

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    angka gede adalah rich angka kecil adalah lean..
    rich=banyak makan bensin
    lean=dikit minum bensin
    banyak stock mobil bakal lean kalo di rpm tinggi supaya hemat bensin..
    dan setelah di remap AFR itu mobil dibikin sedikit rich dari stock nya

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    got it......!!! dgn mapping AFR before, didapat grafik Power seperti warna UNGU (base power) & mapping AFR after didapat warna HIJAU (power after mod & re-tuning AFR). sekarang gw mau coba analisa dari 2 grafik tsb & tolong dikoreksi kalo salah :

    - di rentang rpm 1500 s/d 3200, AFR dibikin "sedikit" lebih rich, makanya grafik power AFTER "sedikit" lebih baik (terjadi kenaikan power). dari sini udah jelas bahwa AFR AFTER menghasilkan power putaran bawah lebih baik daripada power yg dihasilkan AFR BEFORE.

    - di rentang rpm 3200 s/d 5700, AFR dibikin lebih rich lagi tapi cenderung lebih "merata". dari sini dpt diliat kalo power yg dihasilkan AFR AFTER jauh lebih baik daripada AFR BEFORE (dan kenaikan cukup smooth menurut gw).

    - di rentang rpm 5700 s/d 6000, AFR secara "drastis" dibikin rich. dgn setting ini, kenaikan power terlihat melonjak "SANGAT TAJAM"...asumsi gw, ini karena VTEC POINT sedang ON di rentang rpm 5700 s/d 6000, makanya AFR dibikin rich dgn signifikan.

    - di rentang rpm 6000 s/d 7800 (redline), AFR kembali dibikin rich tetapi lebih smooth. ini bisa terlihat dari grafik kenaikan power yg smooth sampe redline.

    summary gw :
    - setting ulang AFR secara benar setelah modifikasi (dalam kasus ini modifikasi stage 1 I/H/E) ternyata sangat-2 berpengaruh terhadap kenaikan tenaga. kita bisa men-setting grafik kenaikan tenaga sesuai dgn keinginan kita di semua rentang rpm.
    - setting ulang AFR hanya bisa dilakukan dgn memasang "paling tidak" MR PIGGYBACK ato RE-CHIPPING ato STANDALONE ECU.


    note : please dikoreksi kalo salah......

    thanks

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    you are pretty much correct bozz
    but make sure to tune it right otherwise mobil jadi brebet

  9. #8
    Sersan Mayor
    Posts
    993
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    siip, nambah ilmu nih.............

  10. #9
    Sersan Kepala
    Posts
    574
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 59 Mins 27 Secs
    Errr...kalian tuh ngebacain apa sih? Itu jelas2 AFR setelah mapping jadi ngaco semua gitu. 4000-5000rpm di sekitar 12 (ok lah, ga terlalu lean), terus 5000 keatas di 12.89. Itu dah terlalu lean banget. Sebenernya AFR yg tepat itu harusnya disekitar 11.7 (stoic - perfect burn antara air ama fuel). Tapi kadang2 kalo bensin mumpuni (pake bensol), lo bisa lean out sampe sekitar di 12. Menurut gw anything above 12 itu udah agak bahaya ya apalagi tau sendiri kondisi bensin jaman sekarang ga ada yg stabil (baik di indo maupun di luar negri).

    Angka makin tinggi itu makin lean, bukan sebaliknya!!!

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    waakksss......jadi mana nih yg bener, semakin tinggi angka semakin RICH ato semakin LEAN....??? but, kalo misalnya angka semakin tinggi semakin LEAN, berarti dari data tsb, di semua rentang RPM bahan bakar-nya berkurang donk, jadi lebih irit tapi tenaganya malah tambah naik........bukan-nya itu berarti LEBIH IRIT dan BERTENAGA.....CMIIW

    thanks

 

 
Tekiro Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [ASK] Tempat Dyno test
    By fhwidjaja in forum Medan
    Replies: 12
    Last Post: 30th March 2012, 22:32
  2. about DYNO test
    By yudhasatriaw in forum Diskusi Mesin
    Replies: 0
    Last Post: 14th July 2008, 17:47
Back to top