cc vs konsumsi bbm
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 9 of 9
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/41148
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    driver's seat
    Posts
    851
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    11 Mins 6 Secs

    cc vs konsumsi bbm

    sebelumnya sori ne klo repost, mumpung pas abis harga bbm naik

    Sebenarnya sebrp signifikan volume silinder kendaraan berpengaruh thd konsumsi bbm ?. Soalnya dr share modcomer di thread2 lain, ada mobil dg cc kecil yg konsumsinya sama bahkan lebih boros dibanding mobil dg cc yg lebi besar.

    Disamping faktor eksternal spt : bobot total kendaraan, gaya mengemudi, sistem transmisi, aerodinamika, tekanan ban, jenis bbm, rute yg dilewati, teknologi yg diaplikasi (i-dsi, vvti dll), setingan mesin/ecu dst.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kolonel
    Location
    +Pariz van Java - Batavia+
    Posts
    8,195
    Power
    35 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 4 Wks 22 Hrs 33 Mins 19 Secs
    kalo gwe sbg awam yg buta mesin, mikirnya cupu aja hehe...makin gede silinder, maka volume jg jadi gede yg imbasnya butuh banyak bahan bakar juga buat ngedorong tuh piston , so makin boros...

    coz dirumah kijang 7k dibdg lancer 1,6 masi irit lancer, ( sama2 blom aplikasi teknologi bukaan klep) yg satu OHV yg atu SOHC, itu kalo diliat dari cc

    tapiiiii nih..... kijang 7k gw dibdg inova 2.0 masi lebih irit inova yg notabene cc lebih gede, ( mgkn karena VVTi kali y ???) so jd emang bner sih, banyak faktor juga seperti yg udah ditulis sang TS...

    hehe...naek motor aja lah , jelas irit...
    Son: Dad.., what's the fastest thing of all?
    Me: Light and Sound !
    Wife: What's the 3rd fastest?
    Son: Evo!!!

  4. #3
    Kapten
    Location
    kolong mobil
    Posts
    2,335
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 36 Mins 36 Secs
    dengan mesin 4 cilinder dan tehnologi yang sama, injeksi dan beda cc, secara teori akan lebih irit yang ber cc kecil....

    mari kita hitung dan bandingkan, antara mitsubishi eterna 2000 cc dan lancer 1600 cc saat idle (850 rpm)

    pertama mobil eterna 2000 cc. injector 220 cc/ menit = 3,66 cc/ detik..
    saat idle injector nyemprot 3,2 ms tiap satu siklus pembakaran...
    bila dihitung , 425 semprotan x 3,2 = 1360 ms = 1,360 detik,
    1,360 detik x 3,66 = 4.9776 cc / menit
    x 4 cilinder x 60 menit = 1194.624 cc ato 1,194 liter per jam saat idle...

    kedua mobil lancer 1600 cc. injector 220 cc/ menit = 3,66 cc/ detik..
    saat idle injector nyemprot 2,8 ms tiap satu siklus pembakaran...
    bila dihitung , 425 semprotan x 2,8 = 1190 ms = 1,190 detik,
    1,190 detik x 3,66 = 4.3554 cc / menit
    x 4 cilinder x 60 menit = 1045.296 cc ato 1,045 liter per jam saat idle...

    2,8 & 3,2 ms adalah waktu rata-rata ideal injector nyemprot tiap 1 siklus pembakaran...bila eterna di set 2,8 ms langsamnya geter / pincang....

    malah bingung ya? he-he...

  5. #4
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by tri1328 View Post
    dengan mesin 4 cilinder dan tehnologi yang sama, injeksi dan beda cc, secara teori akan lebih irit yang ber cc kecil....

    mari kita hitung dan bandingkan, antara mitsubishi eterna 2000 cc dan lancer 1600 cc saat idle (850 rpm)

    pertama mobil eterna 2000 cc. injector 220 cc/ menit = 3,66 cc/ detik..
    saat idle injector nyemprot 3,2 ms tiap satu siklus pembakaran...
    bila dihitung , 425 semprotan x 3,2 = 1360 ms = 1,360 detik,
    1,360 detik x 3,66 = 4.9776 cc / menit
    x 4 cilinder x 60 menit = 1194.624 cc ato 1,194 liter per jam saat idle...

    kedua mobil lancer 1600 cc. injector 220 cc/ menit = 3,66 cc/ detik..
    saat idle injector nyemprot 2,8 ms tiap satu siklus pembakaran...
    bila dihitung , 425 semprotan x 2,8 = 1190 ms = 1,190 detik,
    1,190 detik x 3,66 = 4.3554 cc / menit
    x 4 cilinder x 60 menit = 1045.296 cc ato 1,045 liter per jam saat idle...

    2,8 & 3,2 ms adalah waktu rata-rata ideal injector nyemprot tiap 1 siklus pembakaran...bila eterna di set 2,8 ms langsamnya geter / pincang....

    malah bingung ya? he-he...
    hahahhaaa.... pake bahasa indonesia aja deh...

    ^^

  6. #5
    Sersan Mayor
    Location
    driver's seat
    Posts
    851
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    11 Mins 6 Secs
    Quote Originally Posted by tri1328 View Post
    dengan mesin 4 cilinder dan tehnologi yang sama, injeksi dan beda cc, secara teori akan lebih irit yang ber cc kecil....

    mari kita hitung dan bandingkan, antara mitsubishi eterna 2000 cc dan lancer 1600 cc saat idle (850 rpm)

    pertama mobil eterna 2000 cc. injector 220 cc/ menit = 3,66 cc/ detik..
    saat idle injector nyemprot 3,2 ms tiap satu siklus pembakaran...
    bila dihitung , 425 semprotan x 3,2 = 1360 ms = 1,360 detik,
    1,360 detik x 3,66 = 4.9776 cc / menit
    x 4 cilinder x 60 menit = 1194.624 cc ato 1,194 liter per jam saat idle...

    kedua mobil lancer 1600 cc. injector 220 cc/ menit = 3,66 cc/ detik..
    saat idle injector nyemprot 2,8 ms tiap satu siklus pembakaran...
    bila dihitung , 425 semprotan x 2,8 = 1190 ms = 1,190 detik,
    1,190 detik x 3,66 = 4.3554 cc / menit
    x 4 cilinder x 60 menit = 1045.296 cc ato 1,045 liter per jam saat idle...

    2,8 & 3,2 ms adalah waktu rata-rata ideal injector nyemprot tiap 1 siklus pembakaran...bila eterna di set 2,8 ms langsamnya geter / pincang....

    malah bingung ya? he-he...
    mantap ne itungannya hehe.. Dlm kondisi standar kan biasanya mobil dg cc kecil punya power/torsi yg kecil. Nah bagi mereka yg suka ngebut biasa bejek gas lebi dalam terus jd boros ...

  7. #6
    Mayor
    Location
    INLINE BODYWORKS
    Posts
    4,246
    Power
    24 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 14 Hrs 59 Mins 2 Secs
    untuk karakter mesin yg sama, makin besar cc, makin bnyak makan bbm.

    contoh bos tri328 sudah menjelaskan dengan jelas.

  8. #7
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,777
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 3 Hrs 58 Mins 42 Secs
    Quote Originally Posted by beruk View Post
    untuk karakter mesin yg sama, makin besar cc, makin bnyak makan bbm.

    contoh bos tri328 sudah menjelaskan dengan jelas.
    Honda Elysion Bos gw kagak tuh.. mesin V6 tapi bensinnya kayak mesin 4 silinder 1800cc Honda.....

    WHY...? coz saat idle, pistonnya yg kerja cuman 3...... hueheuhuhe
    0812-182-862-05

  9. #8
    Kapten
    Location
    kolong mobil
    Posts
    2,335
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 36 Mins 36 Secs
    @bos s515i, kl macet lama mesinnya dimatiin lebih irit lagi bos.... he-he....

  10. #9
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,577
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by tri1328 View Post
    dengan mesin 4 cilinder dan tehnologi yang sama, injeksi dan beda cc, secara teori akan lebih irit yang ber cc kecil....

    mari kita hitung dan bandingkan, antara mitsubishi eterna 2000 cc dan lancer 1600 cc saat idle (850 rpm)

    pertama mobil eterna 2000 cc. injector 220 cc/ menit = 3,66 cc/ detik..
    saat idle injector nyemprot 3,2 ms tiap satu siklus pembakaran...
    bila dihitung , 425 semprotan x 3,2 = 1360 ms = 1,360 detik,
    1,360 detik x 3,66 = 4.9776 cc / menit
    x 4 cilinder x 60 menit = 1194.624 cc ato 1,194 liter per jam saat idle...

    kedua mobil lancer 1600 cc. injector 220 cc/ menit = 3,66 cc/ detik..
    saat idle injector nyemprot 2,8 ms tiap satu siklus pembakaran...
    bila dihitung , 425 semprotan x 2,8 = 1190 ms = 1,190 detik,
    1,190 detik x 3,66 = 4.3554 cc / menit
    x 4 cilinder x 60 menit = 1045.296 cc ato 1,045 liter per jam saat idle...

    2,8 & 3,2 ms adalah waktu rata-rata ideal injector nyemprot tiap 1 siklus pembakaran...bila eterna di set 2,8 ms langsamnya geter / pincang....

    malah bingung ya? he-he...
    mantap itungannya... top bgt dah.

 

 
MBtech Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. ask:konsumsi BBM crv 08 2.0?
    By Same21 in forum Diskusi Eksterior
    Replies: 9
    Last Post: 22nd February 2009, 18:25
  2. Konsumsi BBM pug 206
    By obaybdg in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 22
    Last Post: 27th September 2008, 05:03
  3. Konsumsi BBM New CRV 2.0 dan 2.4
    By kerogawa in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 29th October 2007, 22:05
  4. Modifikasi & Konsumsi BBM
    By Super Bejo in forum Diskusi Mesin
    Replies: 60
    Last Post: 5th January 2006, 17:46
  5. ukur konsumsi BBM
    By siburukrupa in forum Diskusi Mesin
    Replies: 18
    Last Post: 13th October 2005, 03:11
Back to top