Head 4A-GE 20v ke 4A-FE
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4080
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Location
    tanah kusir, jakarta
    Posts
    322
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    39 Mins 2 Secs

    Head 4A-GE 20v ke 4A-FE

    Menukar head 4A-FE dengan head 4A-GE 20v

    ada yang pernah melakukan ini gak? apakah tenaga atau torsi jadi naik, kalo iya seberapa banyak? lalu konsumsi bensin jadi gimana?

    gue tadinya mo swap engine dr 4A-FE ke 4A-GE 20v. tp kayaknya alternatif ini lebih murah....

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    jakarta - semarang pp
    Posts
    794
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 8 Hrs 6 Mins 8 Secs
    bisa tuh kyknya....

    soalnya dulu pernah ada starlet BAR speed make blok 1.8l sama head 4A-GE 20.... dan hasilnya kuenceng... tha fastest N/A toyota in indonesia menurut gw...

    cuma banyak trial errornya deh kyknya...
    coba tanya ke BAR speed deh...
    http://i18.photobucket.com/albums/b122/boku_baka/van_tomiko_senkoumf.jpg
    Tomiko Van is going solo
    www.avexnet.or.jp/van/

  4. #3
    satyr
    Guest
    bisa.. cuma cukup banyak perubahan bos (contohnya saluran oli), mending ganti utuh 1 blok

  5. #4
    Kapten
    Posts
    2,207
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 45 Mins 25 Secs
    iya, yang di otomotif jg dia modifikasi saluran oli tapi kalo yang 16Valve kayanya ga ada masalah.

  6. #5
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Sangat mudah melakukan swap head 4A-GE 20 valve ke mesin 4A-FE anda. Hal ini dikarenakan konfigurasi blok bawah mesin sama (tipe 4A). memang yang harus diperhatikan adalah paking silinder head anda. Kalau tidak mau repot, bisa pakai punya pakai mitsubishi dan-gan 1800cc, lantas anda buat lubang2 untuk jalur oli baru. Lantas yang harus anda perhatikan adalah pasokan bahan bakar anda. 4A-GE 20V memakai teknologi VVTi dan sistem MAF (mass air flow alias air flow sensor).

    Jika anda tetap mempertahankan MAP sensor bawaan mobil anda, maka anda harus memasang stand alone EMS. Jika melakukan swap head ini, pasokan bahan bakar wajib diperbanyak karena kompresi jadi meningkat tinggi. Lantas, jika anda tetap mempertahankan sistem MAP anda, maka sensor VVTi lebih baik dicabut. Memang agak boros (sekitar 1:7-1:8), tapi tarikan jadi maut.

    Paling dahsyat jika anda mengganti kruk as dan stang piston anda dengan milik corolla 1800cc (7A), sehingga anda telah menciptakan mesin 7A-GE. Jangan lupa juga perhatikan urutan kabel-kabelnya. Mengenai hasil akhirnya, teman saya yang melakukan swap serupa, dengan setting yang masih asal2an, bisa mengalahkan evolution 3 di diponegoro. Diuji coba ala kadarnya bisa dapat 15 detik dengan kondisi kruk as dan stang piston bawaan 4A-FE. Jika anda menggantinya dengan yang 7A, mungkin 14 detik bukan masalah bagi anda.

    Semoga bisa membantu.

  7. #6
    satyr
    Guest
    ralat dikit: tergantung seri 4A-GE nya. ada yg pake AFM (silvertop)ada jg yg pake MAP sensor (blacktop)

    saran g sih kalo mau ganti head mending sekalian cari blok 7A, jgn lupa pake timing belt Astina (soalnya timing belt std 4A-GE gak cukup panjang untuk blok 7A).

    Kalo emang tetep pasang di blok 4A, mending ganti aja 1 set utuh. lebih hemat waktu. sekedar info

    4A-GE 20v blacktop std sekitar 16,4 detik untuk 402 meter. (terpasang pada Corolla AE111 dengan bobot 1080 kg, 6 speed M/T)

    7A-GE 20v versi TOM'S (yellow top) menghasilkan 200 hp @ 7600 dan ET untuk 402 meternya sekitar 15 detik

    good luck

  8. #7
    Mayor
    Location
    Jakarta , Kuburan tepatnya....
    Posts
    4,520
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 16 Hrs 59 Mins 22 Secs
    Dan juga piston 4ag 20 bentuknya beda di banding 4afe
    dan juga buat nembus 15 detik tuh masih rada sulit deh..

  9. #8
    satyr
    Guest
    Quote Originally Posted by Takumi
    Dan juga piston 4ag 20 bentuknya beda di banding 4afe
    dan juga buat nembus 15 detik tuh masih rada sulit deh..
    betul kata takumi. kalo std susah tuh 15 dtk.

    Kalo mau pake jg piston 4A-GE nya supaya kompresi ikut naik.

    Kalo ke depannya ada rencana pasang turbo, bisa pakai piston forged punya 4A-GZE, stang piston tetep punya 7A-FE , flywheel jg pake 7A-FE punya. pakai ECU std 4A-GE nya bisa, gak perlu pake EMS (kalau mau irit) :lol:

  10. #9
    Bahamuth
    Guest
    Quote Originally Posted by satyr
    Quote Originally Posted by Takumi
    Dan juga piston 4ag 20 bentuknya beda di banding 4afe
    dan juga buat nembus 15 detik tuh masih rada sulit deh..
    betul kata takumi. kalo std susah tuh 15 dtk.

    Kalo mau pake jg piston 4A-GE nya supaya kompresi ikut naik.

    Kalo ke depannya ada rencana pasang turbo, bisa pakai piston forged punya 4A-GZE, stang piston tetep punya 7A-FE , flywheel jg pake 7A-FE punya. pakai ECU std 4A-GE nya bisa, gak perlu pake EMS (kalau mau irit) :lol:
    yep, setuju juga , 4age 20v ada 5 valve per cylinder. harusnya groove di piston headnya beda. easier just replace the whole engine.
    4agze piston bagus juga kalo mo kearah FI.

  11. #10
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    gue kurang tau banyak dibanding orang2 diatas gue tentang toyota engine khusus nya mesin corolla..
    cuman gue bisa ngasih tau kalo ganti kepala (frankenstein engine) engga semudah kedengaran nya, tinggal ganti kepala terus jadi soal nya kenyataan nya bukan begitu ditambah reliability tuh mobil..
    kecuali emang loe ada gelombang dana segede tsunami..
    point gue bikin engine kaya gitu its not worth the money and efford that you put.
    ganti total mesin option yg gampang paling banter bikin custom engine mount, kecuali loe mo sumpelin mesin V6 or more

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WT BARTER : Head Grand livina Porting polish dengan Head standart.
    By herbert668 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 15th April 2012, 03:12
  2. WTT: head standart city gd8/jazz gd3 std dgn head yg udah di papas / pnp
    By NathanSting in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 13th March 2012, 12:38
  3. Replies: 4
    Last Post: 10th December 2011, 21:50
  4. Replies: 0
    Last Post: 4th May 2011, 01:51
  5. Head P08 tukeran sama Head City TypeZ vtec
    By ramadhan galih in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 105
    Last Post: 27th October 2010, 00:11
Back to top