ASK : Custom Cam...
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 102
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/4012
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    ASK : Custom Cam...

    Mau tanya donk tentang cam katanya bisa di bikin kostum ya? dimana n kira2 brp sih?

    enaknya mobil yg masih buat harian brp derajat ya... :oops:

    rgds

  2. Delapan Satu
  3. #2
    ID Ini Terindikasi Melakukan Penipuan
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 25 Mins 17 Secs
    sama bro.. gw juga bingung tentang custom cam..

    kalo gak salah namanya tuh bubut cam deh..
    fungsinya buat apa sih.?
    trus biaya pengerjaannya brapa...

    tq..

  4. #3
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Betul sekali, memang bisa dibikin custom dengan cara membentuk ulang lobe pada kem dengan proses pembubutan. Akan tetapi, karena yang dibubut adalah kem standar, maka pilihannya hanya dua, durasinya yang diubah atau liftnya yang dirubah. Percaya sama saya, pada kem standar, tidak akan bisa keduanya dirubah. Pada mesin NA, kalau hanya untuk racing harian, jika anda bermain durasi, usahakan maksimal 264 drjt baik derajat lobe in atau ex. Lebih dari itu, mesin akan jadi sangat boros. Jika anda ingin bermain di lift, saya sarankan jangan lebih 3mm dari standarnya.

    Saya belum punya cukup pengalaman mengenai durasi kem pada mesin turbo, tapi kem bubutan untuk turbo biasanya bermain di lift dan lobe separation (jarak buka tutup klep in dan ex) dimana lobenya biasanya malah dibuat lebih kecil daripada ukuran pada NA karena bertujuan mereduksi efek turbo lag. Satu tambahan lagi, kem racing tidak akan bekerja dengan baik pada mesin dengan MAP sensor dan pada mesin standar yang rasio kompresinya dibawah 10:1. Mengapa?

    Pada mesin dengan MAP sensor, ecu membaca tekanan vakum pada intake manifold lantas jumlah tekanan tersebut digunakan untuk menentukan waktu dasar penyemprotan bensin. Dengan memasang kem racing berdurasi / lift besar, tekanan vakum di intake manifold (terutama pada idle) akan semakin kecil akibat campuran udara-bahan bakar yang terisap terlalu cepat karena kem membuka terlalu lama dari biasanya. Karena tekanan vakum kecil, akibatnya jumlah bensin yang disemburkan juga kecil, efeknya mesin tidak mau lari (jika anda menekan pedal gas tiba-tiba mesin akan mengendat terlebih dahulu, baru akan berjalan), mirip dengan gejala turbo lag.

    Karena durasi yang besar pula, maka waktu menutup klep jadi lebih lama dari biasanya, sehingga pada saat langkah kompresi untuk menghasilkan tenaga, sebagian besar campuran udara-bahan bakar akan kembali terbuang keluar kearah intake plenum, akibatnya kompresi menjadi turun drastis (bisa sampai 1 angka). Jika kompresi anda 10:1, paling-paling turun jadi 9-9,2:1, tapi jika mesin masih standar, kompresi 9,5:1, bisa turun jadi 8,8:1 (low comp). Karena kompresi turun drastis, pada mesin NA, terutama pada putaran bawah, mesin jadi tidak bisa menghasilkan tenaga, sehingga sama seperti sebelumnya, tidak mau lari juga.

    Pada mobil dengan MAP sensor, hal ini bisa diakali dengan pemasangan camgear adjustable (bahkan jika anda bermain dengan kem, benda ini wajib hukumnya untuk dipasang) serta meninggikan kompresi (bisa dengan memapas head atau mengganti paking dengan yang lebih tipis). Usahakan kompresi sampai angka 10,2:1.

    Untuk camgear pada kem racing, saya sarankan anda memajukan (advance) sampai 4 derajat. Terlebih jika ECU masih standar, saya sarankan malah lebih dari 5 drjt. Jika tidak anda majukan, selain tenaga bawah akan ngempos, jika ECU anda standar tenaga puncak baru akan keluar setelah rev limiter. Jika anda majukan 4drjt, berarti klep akan membuka 4 derajat lebih cepat dari standarnya dan menutup lebih cepat 4 drjt dari standarnya.

    Pada mesin dengan kem racing berdurasi / lift besar, berarti campuran udara-bahan bakar akan masuk 4 drjt lebih cepat dan karena menutup lebih cepat, kemungkinan campuran udara-bahan bakar yang akan terbuang kembali ke plenum akan semakin kecil. Sehingga anda bisa merasakan efek yang sebenarnya dari kem racing (jika dialnya tepat saya jamin anda akan tertawa dan terkesima mengendarai mobil dengan kem racing).

    Begitu pula dengan meninggikan kompresi, karena kompresi anda katakanlah dipatok 10,2:1, maka jika anda memasang kem racing, kompresi hanya akan turun sampai kisaran 9,5:1 jadi mesin tidak akan terengah-engah dalam menghasilkan tenaga. Jika anda bermain dengan kem dan ECU anda masih standar, paling tidak anda harus bermain dengan kompresi dan camgear juga agar efek dari kem racing tersebut bisa terasa.

    Semoga bisa membantu.

  5. #4
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    tetep bingung ... masalahnya gue ada cam 300... kyknya kegedean ya buat harian... ktnya enak 272 ya biar buat harian juga? trus ngekostumnya dimana?

    rgds

  6. #5
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Baik 272 atau 300, untuk harian sudah sama-sama terlalu besar. Efeknya konsumsi bensin akan sangat boros. Dulu saya pakai yang 260drjt, konsumsi bensinya 1:10 (1 liter 10 rumah). Jika anda pakai yang 272 apalagi 300 drjt, bisa2 konsumsi anda 1:5 (1 liter 5 rumah, BTN pula). Lagipula, mengingat mesin anda turbo, cam dengan derajat extrim malah akan membuat turbo lag semakin parah. Kecuali jika anda mengganti ECU anda dengan jenis stand alone dan memajukan camgear samapi 5drjt lebih.

  7. #6
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    klo pake piggy back gimana? soalnya cam itu buat mobil yg n/a sih... tp udah mo dijual ... kyknya camnya mo di pake aja... Trus enaknya brp rajat ya...

    rgds

  8. #7
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,123
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 16 Hrs 41 Mins 24 Secs
    sori numpang tanya ni, kalau bikin kem itu maksudnya kem standar kita dibuat ulang atau buat kem baru dari 0(logam2 semuanya dari dia).

    kalau pakai kem itu konsumsi bbm-nya drop jadi berapa ya?
    sekarang saja mobil saya tanpa kem sudah boros luar biasa(memang kijang itu boros :x ) 1:6,5 dalam kota(5k 1500cc)..

    kalau emmang bensinnya akan bertambah boros sedikit saja, saya berencana membuat kem baru...

    minta pencerahannya dong bung beni...

  9. #8
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec

    mencoba menjawab

    untuk bung nubuhiko:
    Jika derajatnya 300, pada mobil dengan MAP sensor, setahu saya piggyback tidak akan "ngejar". Mau tidak mau harus stand alone karena dengan durasi 300 drjt, saya jamin tenaga puncak baru akan keluar diatas 7500rpm. Itupun sudah dengan memajukan camgear sampai batas maksimalnya (mentok).

    untuk bung luki:
    Bermain dengan kem bisa dengan membubut ulang kem standar anda atau dengan memesan kem yang telah dibuat dari besi billet seperti comp cams, suzuki sport, atau crower. Tapi seperti yang saya bilang, jika bermain dengan membubut kem standar, maka pilihannya cuma 2, mau durasi atau lift. Yang pasti, konsumsi bbm jadi semakin boros. Saya pribadi sekarang telah mencopot kem bubutan saya karena luar biasa boros dan hanya menyisakan camgear saja. Jika prioritas anda adalah tingkat ekonomis kendaraan, maka saya tidak menyarankan bermain di kem. Lagipula masih banyak modifikasi lain yang bisa menghasilkan tenaga lebih baik selain kem.

  10. #9
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Klo standar di custom nggak bisa di standarin lagi donk om beni panjaitan...

    rgds

  11. #10
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,123
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 16 Hrs 41 Mins 24 Secs
    menurut bung beni bagian mana lagi yang bisa diupgrade selain cam, tapi dengan efek yg cukup signifikan seperti penggantian cam?

    kalau mengganti dengan cam billet(untuk kijang yang saya tau pakai merk kangaroo), durasi berapa yang cocok? apakah penggunaan mild cam(durasi 70 derajat atau 100 derajat) sudah berpengaruh cukup signifikan pada tarikan mobil?

    saya berpikir untuk mengganti cam setelah tadi saya naik mobil teman saya, sama dengan saya kijang 5k. modifikasinya mirip dengan saya, tetapi lebih ekstrim dengan penambahan kipas elektrik(eks mazda cronos), karburator 2 barrel, camshaft 288, dan kompresi 10,5:1. tenaganya benar2 jauh diatas mobil saya. meskipun saya duduk di baris kedua, tarikannya masih terasa sangat kuat dan badan seperti terdorong ke belakang. napas kijang tersebut panjang sekali. gigi 1 bisa mencapai 40km/j(menurut estimasi saya soalnya spidometernya sudah rusak, soalnya pernah digeber melebihi angka yang di spidometer), dan itu masih belom mentok, gasnya belum dibejek pol. yang paling mengagetkan adalah konsumsi bbm-nya yang mencapai 1:9 untuk dalam kota, dan 1:11 untuk luar kota(ini pengakuan dari penggunanya langsung) untuk pemakaian normal(tidak ditarik2 atau digeber2)..

    kalau memang hasilnya pasti seperti itu, saya pasti memodifikasi mobil saya seperti mobil teman saya itu. tetapi dari semua keterangan yang saya dapatkan, penggantian cam dan karburator pasti menambah boros suatu mobil. saya jadi ragu untuk merubah seperti itu. sekarang saja dengan kondisi standar (yang menurut banyak orang adalah kondisi yang paling irit), konsumsi bbm-nya sudah 1:6 dalam kota. jika semakin boros, bukankah akan menjadi bumerang bagi saya. mohon pendapatnya bung beni...

 

 
Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Tekiro Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 5
    Last Post: 3rd July 2012, 12:36
  2. wts: dashbord custom,pintu custom+acrylic window+rolbar 6titik for gd3
    By miusa in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 6th December 2011, 19:39
  3. Replies: 100
    Last Post: 24th April 2011, 21:43
  4. Replies: 0
    Last Post: 16th June 2010, 13:37
  5. Replies: 14
    Last Post: 11th June 2010, 00:04
Back to top