Kenapa harus pake oli 10w-40 kakak? - Page 2
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 2 of 3 FirstFirst 123 LastLast
Results 11 to 20 of 26
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/392260
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #11
    Sersan Dua
    Posts
    257
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 53 Mins 20 Secs
    Pengalaman gw di mbl2 yg blm mencapai 100.000 km lebih enak pakai oli 5w30 atau 10w30. Tarikan mbl lebih enteng.
    Merknya tergantung dompet
    Castrol, Fastron Gold, Red Line, Shell Helix, Massimo Freshing.
    Merk yg gw sebut diatas gak terlalu mahal (< 200rb/Ltr) dan performanya bagus. Bisa dipake 8.000-10.000 km. Tiap ganti oli ganti filternya sekalian.

    Full synthetic tidak berarti pasti lebih bagus dari mineral !!! Tergantung merk masing2.
    Ada oli mineral yg lebih mahal dari full syn, dan memang setelah dipake lebih bagus.
    Teknologi oli mineral juga berkembang dan bisa menyaingi oli syn (terutama oli syn low end)

    Gw bkn pakar oli dan bkn sales oli

  2. #12
    Sersan Dua
    Location
    Surakarta->Jakarta
    Posts
    204
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 18 Hrs 36 Mins 40 Secs
    Kalau 10w itu rasain aja pagi2 klau mbil kmu dingin nah seberapa viskositasnya (kekentalan) kalo udah dipanasin kan nanti beda viskositasnya. Nah itu masuk antara +/- 40w
    kalau mau bgus y pake oli spesialnya toyota dong bos yang bungkusnya pake alumunium. Tp lebih kental. Top bgt deh pkoknya.

  3. #13
    Kopral Dua
    Location
    Cipulir Permai - Raja Macet
    Posts
    43
    Power
    -31 
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 33 Mins 15 Secs
    Quote Originally Posted by striz View Post
    Pengalaman gw di mbl2 yg blm mencapai 100.000 km lebih enak pakai oli 5w30 atau 10w30. Tarikan mbl lebih enteng.
    Merknya tergantung dompet
    Castrol, Fastron Gold, Red Line, Shell Helix, Massimo Freshing.
    Merk yg gw sebut diatas gak terlalu mahal (< 200rb/Ltr) dan performanya bagus. Bisa dipake 8.000-10.000 km. Tiap ganti oli ganti filternya sekalian.

    Full synthetic tidak berarti pasti lebih bagus dari mineral !!! Tergantung merk masing2.
    Ada oli mineral yg lebih mahal dari full syn, dan memang setelah dipake lebih bagus.
    Teknologi oli mineral juga berkembang dan bisa menyaingi oli syn (terutama oli syn low end)

    Gw bkn pakar oli dan bkn sales oli
    ilmunya mantep, kakak.. gw dnger kalo dikemacetan bgusya oli yg lbh kental kah, benarkah ?

    Quote Originally Posted by mharisp View Post
    Kalau 10w itu rasain aja pagi2 klau mbil kmu dingin nah seberapa viskositasnya (kekentalan) kalo udah dipanasin kan nanti beda viskositasnya. Nah itu masuk antara +/- 40w
    kalau mau bgus y pake oli spesialnya toyota dong bos yang bungkusnya pake alumunium. Tp lebih kental. Top bgt deh pkoknya.
    makin binun bacanya..
    yg mana ya yg alumunium itu? kasih info dong kak.....

  4. #14
    Kapten
    Location
    http://www.facebook.com/HastaWS
    Posts
    2,963
    Power
    -47 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 16 Hrs 15 Mins 6 Secs
    Quote Originally Posted by Herry.bpp View Post
    Newbie numpang nimbrung nih broo,
    sekalian mau tanya-tanya.
    Mobil ane All new swift, dibuku service tertulis pli recomended 5w/30,
    tapi begitu kemarin ke BERES Suzuki malah diisi yg 10/40.
    Hadehh, kira" masalah gak ya ke mobil ane,
    masih baru aja udah diganti-ganti jenis kekentalan olinya...
    Mohon advisenya ya para suhu...
    MObil dah berapa tahun bro? kalo lebih dari 5 tahun sih ga masalah di naikkan satu step lebih kental karena cela2 mesin sudah longgar....

    - - - - - - - - - -

    Semakin encer oli semakin bagus, semakin mahal, dan pemakaian BBM lebih irit karena kerja mesin menjadi ringan.. Tapi kalo sering macet, daerah iklim tropis dan jalan siang hari kalaumenurut ane naikkan satu step untuk SAE temp tingginya, semakin panjang range semakin bagus, mis 5W-50

  5. #15
    Sersan Satu
    Location
    Balikpapan
    Posts
    499
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 4 Mins 34 Secs
    Quote Originally Posted by mxs141001 View Post
    Gak masalah sih. Pake aja dulu cuman ntar penggantian berikutnya tanyain kenapa gak ikut buku? Kemungkinan besar sih bengkelnya aja lagi gak ada stock oli itu!
    Yaa sampe skrg masih ane pake ni oli dimobil bro,
    tapi apa gak maslah yaa kalo gonta-ganti kekentalan oli,
    kata orang" kalo mesin mau awet jangan sering" gonta-ganti kekentalan / merk oli gitu yaa bro...

    - - - - - - - - - -

    Quote Originally Posted by Flavio View Post
    MObil dah berapa tahun bro? kalo lebih dari 5 tahun sih ga masalah di naikkan satu step lebih kental karena cela2 mesin sudah longgar....

    - - - - - - - - - -

    Semakin encer oli semakin bagus, semakin mahal, dan pemakaian BBM lebih irit karena kerja mesin menjadi ringan.. Tapi kalo sering macet, daerah iklim tropis dan jalan siang hari kalaumenurut ane naikkan satu step untuk SAE temp tingginya, semakin panjang range semakin bagus, mis 5W-50
    Mobil baru 1bulan bro...
    gak tau tuh orang dealer kok gantinya gitu yaa
    masalah gak itu bro,
    jadi takut ane...

  6. #16
    Kapten
    Location
    http://www.facebook.com/HastaWS
    Posts
    2,963
    Power
    -47 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 16 Hrs 15 Mins 6 Secs
    Quote Originally Posted by Herry.bpp View Post
    Yaa sampe skrg masih ane pake ni oli dimobil bro,
    tapi apa gak maslah yaa kalo gonta-ganti kekentalan oli,
    kata orang" kalo mesin mau awet jangan sering" gonta-ganti kekentalan / merk oli gitu yaa bro...

    - - - - - - - - - -


    Mobil baru 1bulan bro...
    gak tau tuh orang dealer kok gantinya gitu yaa
    masalah gak itu bro,
    jadi takut ane...
    Yang jelas kerja mesin menjadi berat, dan mesin2 sekarang dibuat sangat presisi, celah mesin sangat sempit.. Resikonya pada saat mesin masih dingin oli masih kental sehingga susah masuk celah.. Kalo sistem klep pake HLA bisa berisik saat pertama nyalakan mobil bila oli yang dipake kekentelan..

  7. #17
    Sersan Satu
    Location
    Balikpapan
    Posts
    499
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 4 Mins 34 Secs
    Quote Originally Posted by Flavio View Post
    Yang jelas kerja mesin menjadi berat, dan mesin2 sekarang dibuat sangat presisi, celah mesin sangat sempit.. Resikonya pada saat mesin masih dingin oli masih kental sehingga susah masuk celah.. Kalo sistem klep pake HLA bisa berisik saat pertama nyalakan mobil bila oli yang dipake kekentelan..
    Tadi pagi barusan ke BERES Suzuki nih bro,
    kata advisornya gak apa itu mas,
    beda tipis doank kekentalannya,
    ntar aja di service berikutnya baru diganti pake 5w-30

    Parah emang BERES nihh...

  8. #18
    Sersan Mayor
    Location
    Lenteng Agung 34, JakSel
    Posts
    813
    Power
    -61 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 17 Hrs 53 Mins 9 Secs
    Kalo mengamati dari angka dari sae itu, yg kata para expert mengatakan bahwa yg angka awal adalah kekentalan di saat dingin, dan yg kedua di saat mesin panas,

    utk menentukan oli yg cocok utk mobil anda, adalah mengetahui mobil itu dipakai mayoritas utk apa? Apa utk perjalanan panjang? Sering di kemacetan lebih dari 15 menit? Hanya mengantar anak sekolah? Pergi ke sekolah atau kerja yg lancar hanya makan waktu 10 menit, misalnya?

    Dari situ bisa di arahkan oli sae apa yg tepat utk mobilnya.

    Coba iseng2 cari tahu berapa sae mobil yg ngebut di trak dgn high speed selama lebih dari 10 menit? kenapa mereka ga pake oli encer? 5-30 termasuk oli encer, walau ada yg lbh encer lagi dari itu.

    Bottom line, sederhana aja, lihat kegunaan mobil itu utk apa. Cari sae yg cukup tepat utk kebutuhan itu. Kalo mau lebih mantep, krena biasanya kerusakan di mesin terjadi pada saat cold start, bukan krn oli ga bs masuk celah (ini benar2, jujurnya, baru dengar kecuali oli dgn sae 100w-200 kali ya), pakai oli filter spt knn, yg mempunyai fitur menarik yaitu anti drainback valve yg memungkinkan oli lebih cepat mengalir ke mesin ssat mesin dingin.

    Mau lebih hemat di bensin, pake yg encer misal x-30, tp kalo jalan panjang, sering di kemacetan dll, hemat bensin akan ditebus oleh cepat rusaknya mesin mobil anda karena oli nya keenceran... (indikasi awal adalah ngelitik)

    Oli adalah pilihan anda utk sae nya. yg cocok buat dia, belum tentu cocok dgn anda. Be wise... yg beres bilang itu justru sangat rasional. mereka menggunakan oli yg cocok dg iklim indo yg panas. Sapa yg buth 0-xx klao di iklim panas?

    Sekali lagi, bukan hanya kita jualan, namun tidak ada yg lebh cepat melumasi mesin dibanding dgn bantuan fitur anti drainback valve dari filter oli tertentu (all things held constantly!)

  9. #19
    Sersan Satu
    Location
    Balikpapan
    Posts
    499
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 4 Mins 34 Secs
    Quote Originally Posted by HastaWS View Post
    Kalo mengamati dari angka dari sae itu, yg kata para expert mengatakan bahwa yg angka awal adalah kekentalan di saat dingin, dan yg kedua di saat mesin panas,

    utk menentukan oli yg cocok utk mobil anda, adalah mengetahui mobil itu dipakai mayoritas utk apa? Apa utk perjalanan panjang? Sering di kemacetan lebih dari 15 menit? Hanya mengantar anak sekolah? Pergi ke sekolah atau kerja yg lancar hanya makan waktu 10 menit, misalnya?

    Dari situ bisa di arahkan oli sae apa yg tepat utk mobilnya.

    Coba iseng2 cari tahu berapa sae mobil yg ngebut di trak dgn high speed selama lebih dari 10 menit? kenapa mereka ga pake oli encer? 5-30 termasuk oli encer, walau ada yg lbh encer lagi dari itu.

    Bottom line, sederhana aja, lihat kegunaan mobil itu utk apa. Cari sae yg cukup tepat utk kebutuhan itu. Kalo mau lebih mantep, krena biasanya kerusakan di mesin terjadi pada saat cold start, bukan krn oli ga bs masuk celah (ini benar2, jujurnya, baru dengar kecuali oli dgn sae 100w-200 kali ya), pakai oli filter spt knn, yg mempunyai fitur menarik yaitu anti drainback valve yg memungkinkan oli lebih cepat mengalir ke mesin ssat mesin dingin.

    Mau lebih hemat di bensin, pake yg encer misal x-30, tp kalo jalan panjang, sering di kemacetan dll, hemat bensin akan ditebus oleh cepat rusaknya mesin mobil anda karena oli nya keenceran... (indikasi awal adalah ngelitik)

    Oli adalah pilihan anda utk sae nya. yg cocok buat dia, belum tentu cocok dgn anda. Be wise... yg beres bilang itu justru sangat rasional. mereka menggunakan oli yg cocok dg iklim indo yg panas. Sapa yg buth 0-xx klao di iklim panas?

    Sekali lagi, bukan hanya kita jualan, namun tidak ada yg lebh cepat melumasi mesin dibanding dgn bantuan fitur anti drainback valve dari filter oli tertentu (all things held constantly!)
    Wahh...
    Mantap pencerahannya nihh,
    jadi terbuka wawasan ane,
    Thanks suhu atas pencerahannya...

  10. #20
    Sersan Satu
    Posts
    372
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 4 Hrs 10 Mins 48 Secs
    F1 pake 10w-60
    w = winter, itu encer dituang dari botol
    15w sudah cukup banget karena itu start-up mulai dari Minus 15 derajat Celcius, kita apa pernah 0 derajat Celcius

 

 
Page 2 of 3 FirstFirst 123 LastLast
NGK Busi Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 2
    Last Post: 27th April 2015, 17:48
  2. Replies: 15
    Last Post: 28th May 2014, 18:43
  3. Kenapa Presiden Indonesia harus orang Jawa?
    By Buteg in forum Automotive
    Replies: 33
    Last Post: 28th May 2014, 18:40
Back to top