help pls...
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 23
Thread: help pls...
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/3916
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,602
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 6 Days 1 Hr 6 Secs

    help pls...

    numpang nanya ya, soalnya gw lagi bingung banegt neh...

    klo gw mau benerin mesin gw yg kondisinya disebut di bawah ini kira2 butuh berapa duit ya?? o iya mobil gw galant v6 1995

    1. Asap knalpot pedih sekali (sudah di cek tapi lolos uji emisi ) tapi tanpa asap... cuma pagi2 aja...
    2. idle mesin agak naik turun, kadang2 terasa seperti mesin mati sesaat ( seper sekian detik) dan kalau diparkir di garasi, terdengar jelas sekali bunyi buk, buk disertai dengan "mesin mati sesaat tersebut"...
    3. botol klep bunyi semua (mau ganti merk proton perdana) apa bisa ya??
    4. kalau posisi netral, digas sampai 1750 rpm-an setiap periode tertentu, mesin seperti mati sesaat lagi... dan kalau jalan digeber sampe 6000 rpm, mesin bergetar...

    kira2 itu semua yg perlu diperbaiki apa saja ya??dan mohon estimasi biayanya...

    thanks in advance

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Sebetulnya saya sudah menjawabnya di pm anda (coba periksa pm anda), tapi biarkan saya mencoba menjawab lagi agar bisa menjadi masukan bagi pengguna V6 yang lain.

    Mengenai asap knalpot pedih yang hanya terjadi pada pagi hari, jika tanpa adanya asap putih atau hitam, berarti itu normal. Asap yang pedih menandakan campuran bahan bakar terlalu banyak. Bisa diatasi dengan memutar baut setelan CO pada dashboard pengemudi bagian bawah. Jika setelah disetel CO tapi masih pedih, berarti filter udara anda sudah kotor. Bisa dibersihkan, jika ada uang lebih, lebih baik di ganti. Harga filter udara untuk mitsubishi, jujur saja saya kurang tahu.

    Untuk masalah idle yang naik turun, jelas sekali kalau masalah ada pada servo throttle body. Hal ini terkait dengan masalah anda mengenai mesin yang mati sesaat sewaktu idle. Lebih baik di servis terlebih dahulu, karena untuk mitsubishi, jujur saja harganya agak mahal (bahkan memang mahal). Kalau tidak, coba besihkan dulu throttle body anda dengan menyemprot cairan semacam gzox atau DCS. Lantas setel baut idle dan diberi sealer agar tidak ada kebocoran udara.

    Mengenai masalah botol klep yang bunyi, mungkin maksud anda adalah hydrolic lash adjuster (HLA) pada klep. Jika anda bilang berbunyi, kemungkinannya ada dua. Pertama, memang rusak. Jika sudah rusak memang bisa menyebabkan tenaga mengendur. Kedua, anda memakai oli yang kental (20W-40 atau 15w-40). Perlu diketahui, untuk mobil dengan sistem HLA, anda harus menggunakan oli yang encer (10W-40 atau 5W-40). maka dari itu, saya sarankan anda untuk mengganti oli dengan viskositas 10W-40 atau 5W-40 terlebih dahulu, karena harganya lebih murah dibandingkan mengganti adjuster. Jika masih bunyi juga, mau tidak mau harus mengganti adjuster.

    Untuk masalah mesin yang bergetar di rpm tinggi, masalah terletak pada as balans (balance shaft) anda yang bermasalah. Kalau mau, anda bisa mencopot saja as balans anda. Pada rpm rendah, getaran mesin memang agak heboh. Tapi di rpm atas tarikan nya jadi enteng, dan getaran tadi akan hilang. Lantas ada baiknya anda periksa pompa oli anda. Karena saya khawatir rusaknya as balans disebabkan gram yang menempel pada pompa oli akibat penggunaan oli kental.

    Dari semua perbaikan yang dilakukan, masalah as balans sepertinya memakan biaya terbesar. Terkahir yang saya tahu, jika hanya mencopot as balans, paling kena 500rb. Tapi jika pompa oli anda sudah rusak, mau tidak mau anda harus turun mesin.

  4. #3
    fery
    Guest
    Mitsubishi...mobil jepang spare part harga eropa..
    jual aja tuh mobil..jajannya bakal banyak tuh..

  5. #4
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    Quote Originally Posted by fery
    Mitsubishi...mobil jepang spare part harga eropa..
    jual aja tuh mobil..jajannya bakal banyak tuh..
    ada satu lagi, subaru.... harga partsnya gila2an juga. padahal sama2 mobil jepang.

  6. #5
    Mayor
    Location
    sumbagteng
    Posts
    4,861
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 7 Hrs 52 Mins 2 Secs
    good answer bro...

  7. #6
    fery
    Guest
    part mesin mitsubishi memang mahal tp ketahanannya luaaarrr biasa...gw pernah pake lancer glxi bwt rally...mesin full std ga ada yg di otak atik,cm ganti shock Drummond n pasang roll bar..tuh mobil finish sampe temperaturnya mentok di H..tapi mesin msh baik2 aja,gw pake satu SS lg msh kuat..hasil juara 4 bwt kelas N16..semua mitsubishi emang badak...mw kaki2nya sampe mesin tetep badak...worth it lah..

  8. #7
    Kopral Kepala
    Location
    Prabumulih
    Posts
    179
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Hrs 44 Mins 59 Secs
    Menurut saya dengan melihat ketahanan dari spareparts mitshubishi yang bagus. jadi jatuhnya gak mahal juga kalo kita lihat dari lama masa pakainnya. jadi emang sesuai antara harga dan qualitasnya.

  9. #8
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,602
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 6 Days 1 Hr 6 Secs
    to beni :
    1. saya sudah membersihkan throotle body, intake manifold, dan ruang bakar dengan g'zox (tarikan memang berubah)
    2. saya pakai oli 10-40 merk petronas, tetapi tetap bunyi (berarti harus ganti hix)
    3. baut untuk setel co yg mana ya?? saya bingung...
    4. bergetar blom parah, cuma agak bergetar, ga sampe kayak gimana banget, agak bergetar cuma udah spooring n balancing, apakah engine mounting mungkin rusak??
    5. servo throttle body yg warnanya item (kayak plastik) yg nempel di tb bukan ya??
    6. asap udah ga gitu pedih semenjak ganti knalpot n filter udara hehehe

    mohon maaf beni, PMnya ga ada...

    mohon bantuannya lagi tq...

    to fery:
    ga boleh dijual, ini mobil seperjuangan dari SMP, but tq for sarannnya

  10. #9
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    954
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    kalo bergetar coba deh lo servis fuel distribution lo..n injektor..

  11. #10
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec

    Mencoba membantu

    Untuk bung std aja de:
    Baut setelan CO ada dibawah dashboard pengemudi, kalau di mobil saya disamping kotak sekring. Jika anda ingin menyetelnya, saya sarankan untuk memakai voltmeter atau multitester untuk melihat besarnya tegangan yang menuju ke ECU. Jika ingin memperoleh kenaikan performa, setel tegangan pada batas maksimalnya (5 volt), tapi kalau hanya untuk berkendara sehari-hari, saya pribadi mengaturnya pada 3,5 volt, karena jika disetel maksimal, asap knalpot terasa sangata pedih dimata (bensin terlalu banyak).

    Untuk masalah mesin yang bergetar, jika engine mounting yang rusak, maka getaran akan terasa sejak putaran bawah, bahkan saat idle. Karena anda telah menjelaskan bahwa getaran terjadi ketika rpm sampai di 6000 rpm (rpm atas), maka saya yakin ada masalah pada sistem as balans anda. Mengenai servo TB sendiri, betul, yang seperti kotak hitam menempel pada TB. Saya sarankan untuk di servis terlebih dahulu. Karena jika diganti, harganya mahal.

    Semoga bisa membantu.

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Mega Glodok Kemayoran MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Back to top