Modifikasi Stage 1 (Intake-Header-Exhaust)
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 7 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 68
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/3899
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Modifikasi Stage 1 (Intake-Header-Exhaust)

    dear all modcom-er,
    topik ini sengaja gw bikin dgn tujuan untuk sharing pengalaman ttg modifikasi stage 1 yg meliputi intake-header-exhaust. barangkali bisa digunakan sbg semacam referensi seandainya modcom-er mau melakukan modifikasi stage 1. sekalian untuk menghindari banyaknya topik-2 baru yg ternyata isinya sama, pertanyaan-nya sama, kecuali mobil-nya aja yg ber-beda-2..... beberapa tulisan gw ambil dari tulisan orang lain dgn pengalaman-nya pula & website produk-2 aftermarket seperti tanabe, dc sport, hks dan k&n. ok....gw mulai dari intake, header & selanjutnya exhaust.......

    intake
    penggantian intake ini dimaksudkan agar flow udara yg masuk ke saluran intake (intake manifold) menjadi lebih banyak volume-nya. dgn penambahan volume udara ini, maka kinerja pembakaran akan lebih optimal lagi karena semakin banyak-nya oksigen yg membantu pada proses pembakaran (masih ingat kan kalo proses pembakaran memerlukan oksigen - pelajaran kimia waktu sma.....hehehe). penambahan flow udara ini semakin optimal jika kondisi AFR (air flow ratio) terlalu rich, artinya terlalu banyak bahan bakar daripada udara yg masuk ke ruang bakar. berarti ada kenaikan tenaga dong.....??? yup....penggantian intake ini akan menghasilkan tambahan tenaga, tetapi besaran-nya ber-beda & tergantung dari karakteristik mesin itu sendiri & tuning-nya.
    ada beberapa tipe intake yg bisa diaplikasikan. yg pertama replacement air filter ato drop-in air filter. instalasinya sangat mudah dan cepat. loe cukup mencopot air filter standar-nya dari box-nya dan meletakkan drop-in air filter aftermarket ke dalam box. pemakaian replacement air filter ini dapat meningkatkan tenaga secara variatif antara 1 s/d 2 dk @ the wheel.




    tipe yg kedua adalah short ram air filter ato biasa disebut dgn open air filter. flow udara yg dihasilkan air filter jenis ini jauh lebih banyak dibandingkan drop-in air filter, sehingga memerlukan tuning yg tepat agar didapat hasil yg optimal. jika tidak, hal ini justru akan mengakibatkan penurunan tenaga di rentang rpm tertentu. instalasinya cukup rumit dan loe harus memposisikan ujung filter-nya sejauh mungkin dari efek panas di ruang mesin. biasanya ujung filter ditempatkan dekat headlamp dan diberi sekat untuk mengurangi efek panas di runag bakar. Untuk merk open air filter tertentu udah dilengkapi dgn box khusus. Kenaikan tenaga yg dihasilkan open air filter cukup besar, terutama merk-2 seperti hks, aem dan k&n. besaran-nya bervariasi antara 5 s/d 7 dk @ the wheel…..



    tipe yg ketiga adalah cold air intake. bentuknya sama dgn open air filter. air filter jenis ini cukup sadis dalam menghasilkan peningkatan tenaga, bisa sampe 10 dk @ the wheel. tetapi oleh karena posisi ujung filter-nya yg harus ditempatkan di bawah headlamp ato berdekatan dgn bemper depan bagian bawah (untuk mendapatkan udara dingin – sesuai namanya cold air intake…), so air filter filter jenis ini rentan sekali terhadap water hammer pada saat melintasi jalan basah ato banjir……

    conclusion :
    - replacement air filter sangat baik untuk pemakaian mobil sehari-hari. karena posisinya di dalam box filter, so tidak rentan kotor & tidak kena efek panas di ruang mesin. harganya bervariasi tergantung merk. berkisar antara 100 ribu s/d 500 ribu.
    - open air filter kurang cocok untuk pemakaian mobil sehari-hari. karena kondisi udara di indonesia yg berdebu, filter jenis ini cepat kotor dan musti rajin-2 nge-bersihin. tetapi kalo kenaikan tenaga yg jadi prioritas, silakan pake open air filter. harganya bervariasi antara 1 juta s/d 2 juta……..
    - besaran kenaikan tenaga bervariasi tergantung karateristik mesin & tuning.
    - hukum termodinamika menyebutkan bahwa semakin dingin udara yg masuk ke mesin, semakin besar tenaga yg dihasilkan mesin. kenaikan tenaganya kira-2 1 dk setiap penurunan suhu 7 derajat.


    header
    komponen yg satu ini termasuk salah satu doping tenaga yg cukup bagus. tujuan dari penggantian header ini adalah agar saluran gas buang yg keluar dari exhaust manifold menjadi lebih lancar. untuk mesin 4 silinder inline, konfigurasi header yg biasa digunakan adalah 4-1 dan 4-2-1. kedua model ini mempunyai karakter yg berbeda. untuk model 4-1 punya karakter bermain di rpm tinggi sehingga header ini cocok buat balap yg cenderung bermain di rpm tinggi ato loe-2 yg suka nge-bejek gas mendekati redline. header 4-1 akan memaksimalkan tenaga di putaran atas.
    untuk model 4-2-1 punya karakter bermain di rpm rendah s/d menengah sehingga header ini cocok buat daily use di lalu-lintas yg padat, stop and go. kenaikan tenaga yg dihasilkan dgn penggantian header ini bervariasi antara 5 s/d 10 dk @ the wheel.






    ukuran diameter header yg ideal (referensi dari dc sport header) adalah 1.375 inci s/d 1.75 inci dan ukuran diameter collector-nya adalah 2 inci s/d 2.5 inci. header yg bagus adalah yg mandrel bent, material & finishing-nya bagus (seperti contoh pada gambar). untuk modcom-er yg pengen bikin header custom, bisa mengambil referensi gambar di atas ttg mandrel bent dan ukuran-nya.

    cat-back exhaust
    untuk memaksimalkan kinerja dari header dan memperlancar lagi aliran gas buang, perangkat yg satu ini menjadi menu wajib untuk modifikasi stage 1. untuk mendapatkan hasil yg maksimal, cat-back exhaust harus mandrel bent, material dan finishing-nya bagus. kenaikan tenaga yg dihasilkan bervariasi antara 5 s/d 8 dk @ the wheel. harga sebuah cat-back exhaust berkisar antara 1 juta s/d 10 juta (tergantung merk).



    conclusion :
    setelah modifikasi stage 1 tsb udah dilakukan, hal-2 yg perlu dilakukan selanjutnya adalah :
    - tuning AFR agar didapat rasio campuran bahan bakar & udara yg ideal. jika mobil loe belum dipasang piggyback (khusus injeksi), tuning AFR dapat dilakukan dgn cara sederhana yaitu dgn penyetelan nilai CO dan lambda. nilai lambda yg ideal adalah 1,000.
    - untuk mendapatkan hasil yg lebih optimal lagi, loe perlu menyegarkan kembali mesin mobil loe, maksud-nya loe musti melakukan hal-2 seperti ganti oli mesin, filter oli, filter bensin, bersihin throttle body, bersihin injektor (untuk mobil injeksi), kuras air radiator & kuras tangki bahan bakar. dari info yg pernah gw dapat, perawatan rutin yg gw maksud tsb terbukti cukup ampuh meningkatkan tenaga sebesar 2 dk @ the wheel.
    - pake bahan bakar dgn kualitas yg bagus dan RON yg lebih tinggi dari standar yg ditentukan oleh pabrikan-nya. Misalnya, kalo mobil loe cukup dgn pake bahan bakar RON 88, coba pake yg RON 92 sehingga ignition timing bisa dimajukan & tenaga bisa lebih maksimal.


    sharing pengalaman :
    gw pake civic ferio 96. modifikasi stage 1 yg udah gw lakukan adalah :
    - replacement air filter k&n
    - cat-back exhaust tanabe hyper medallion
    - busi denso iridium IK16
    - bensi shell super RON 92
    - header hotbits 4-2-1

    dgn modifikasi stage 1 yg udah gw lakukan, hasilnya sangat memuaskan meskipun kemungkinan setting-nya belum maksimal – hanya tuning AFR pake nilai CO & Lambda. next mungkin gw punya rencana mau pasang piggyback buat memaksimalkan tuning-nya. setelah gw pasang header hotbits 4-2-1, ada perubahan nilai CO & Lambda. berikut datanya :

    sebelum pasang header hotbits :
    CO (1.45) – HC (350 ppm) – Lambda (0,9998)
    konsumsi bbm dalam kota 1:9 koma sekian-2

    setelah pasang header hotbits :
    CO (0.94) – HC (280 ppm) – Lambda (1,0008)
    konsumsi bbm dalam kota 1:9 koma sekian-2

    mungkin ini merupakan salah satu bukti bahwa penggantian header tidak selalu menyebabkan konsumsi bbm jadi lebih boros. semoga membantu……thanks & sori kalo tulisan-nya terlalu panjang & ber-tele-2…..

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,616
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 3 Days 6 Hrs 30 Mins 58 Secs
    super bejo, nanya donk, klo header hotbits untuk galant v6 '95 ada ga??

    mau donk...
    tapi yg murah yah... jangan mahal2 hehehe...

    sama referensi bengkel yg bisa bikin high flow catback dimana ya??

  4. #3
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Memang jika melihat klaim dari pabrik pembuat peranti penambah performa, angka tambahan tenaga yang dihasilkan sangat menggiurkan. Tetapi, itu hanya terjadi di dunia yang sempurna. Kita semua tahu, dunia aini tidak sempurna. Walaupun pabrik telah mensetting sedemikian rupa, ada 3 faktor kesalahan acak yang pasti selalu ada dalam setiap output. Manusia yang membuat, alat yang digunakan untuk membuat, dan kondisi lingkungan tempat diuji cobanya produk. No offense.

    Dalam dunia yang kita tempati, percaya atau tidak, header set yang bagus (header+pipa tengah+pipa belakang/muffler), maksimal hanya memberi 12HP. Filter udara yang istimewa, maksimal hanya akan memberi 2-3HP. Jika mesin anda full modif, benda ini tidak akan memberi tambahan tenaga, hanya saja bisa membuat tenaga puncak tercapai lebih cepat. Dengan kombinasi cold air yang terbaik pun, maksimal tenaga yang didapat tidak akan lebih dari 5HP (mobil cc kecil) dan 7HP (mobil cc besar).

    Jadi, dengan kombinasi intake, header dan exhaust yang terbaik, rata2 total penambahan tenaga yang didapat tidak akan lebih dari 15-17HP. Ingat, itupun dengan settingan terbaik. Maka dari itu, memang langkah paling utama yang termudah sebetulnya adalah melakukan tune up ulang mesin anda untuk memperbaiki performa. Hal ini bisa menambah tenaga sampai 7HP. Sehingga dengan melakukan pemasangan intake, header dan exhaust, besaran 20HP bukan tidak mungkin diperoleh.
    Selamat mencoba.

  5. #4
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,616
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 3 Days 6 Hrs 30 Mins 58 Secs
    super bejo, nanya donk, klo header hotbits untuk galant v6 '95 ada ga??

    mau donk...
    tapi yg murah yah... jangan mahal2 hehehe...

    sama referensi bengkel yg bisa bikin high flow catback dimana ya??
    :lol:

  6. #5
    Mayor
    Location
    Jakarta - Singapore
    Posts
    3,629
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 28 Mins 32 Secs
    Boss Beni... Tune Up yg benar dan baik itu seperti apa ya??
    Ada bengkel referensi utk Tune Up yg menurut Boss Beni sendiri TERBAIK ???

    Thank You...
    ---------------------------------------
    Keep Smiling..!! Be Happy..!!

  7. #6
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,616
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 3 Days 6 Hrs 30 Mins 58 Secs
    beni, numpang nanya ya, soalnya gw lagi bingung banegt neh...

    klo gw mau benerin mesin gw yg kondisinya disebut di bawah ini kira2 butuh berapa duit ya?? o iya mobil gw galant v6 1995

    1. Asap knalpot pedih sekali (sudah di cek tapi lolos uji emisi : ) tapi tanpa asap... cuma pagi2 aja...
    2. idle mesin agak naik turun, kadang2 terasa seperti mesin mati sesaat ( seper sekian detik) dan kalau diparkir di garasi, terdengar jelas sekali bunyi buk, buk disertai dengan "mesin mati sesaat tersebut"...
    3. botol klep bunyi semua (mau ganti merk proton perdana) apa bisa ya??
    4. kalau posisi netral, digas sampai 1750 rpm-an setiap periode tertentu, mesin seperti mati sesaat lagi... dan kalau jalan digeber sampe 6000 rpm, mesin bergetar...

    kira2 itu semua yg perlu diperbaiki apa saja ya??dan mohon estimasi biayanya...

    thanks in advance

  8. #7
    Kopral Satu
    Posts
    70
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 10 Mins 21 Secs
    @atas gue:

    excellent question. i am too waiting for the answer...

  9. #8
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Tune up yang baik dan benar, artinya melakukan pembersihan/penggantian terhadap filter bensin, filter udara, busi, oli, dan filter oli. Serta melakukan penyetelan ulang celah-celah seperti celah klep, celah busi, dan pengencangan kembali baut-baut di cylinder head. Penyetelan celah busi dan celah klep, harus disesuaikan dengan karakter mengemudi. Jika anda biasa main di putaran atas, maka celah klep diberi setelan lebih rapat. Jika anda biasa bermain di putaran bawah, lebih baik memberi setelan celah klep agak renggang agar konsumsi bensin jadi irit. Jika semua dilakukan dengan benar, bisa menambah tenaga sampai 7HP. Mungkin bukan menambah tenaga, namun mengembalikan performa ke titik optimal.

  10. #9
    Letnan Jendral
    Location
    Jkt
    Posts
    21,616
    Power
    39 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 3 Days 6 Hrs 30 Mins 58 Secs
    hehehe... tq..

    gw juga berharap banget nich...

    :o :o :o

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    to beni :
    halo bung beni, thanks atas opini-nya. apa yg anda katakan itu benar. dc sport meng-klaim bahwa header mereka bisa meningkatkan tenaga s/d 8 dk @ the wheel. 8 dk ini angka maksimal, bisa jadi kurang dari itu, tergantung setting, kondisi mesin & karakteristik mobil. antara mesin honda, toyota atopun mitsubishi punya karakter yg berbeda dan pencapaian hasilnya juga ber-beda-2. jangankan beda mobil, satu mesin honda (misalnya) yg sama pun akan berbeda hasilnya, mesin baru sekalipun. gw pernah baca di majalah motor, sebuah ferrari f340 modena di-tuning ulang semua sistem saluran buang (header + cat bcak exhaust) oleh tuner novitec rosso....dan tenaga yg dihasilkan meningkat sebesar 48 dk......wooow.
    angka-2 yg gw tampilkan di tulisan di atas, selain berdasarkan klaim pabrikan, juga berdasarkan pengalaman tuner-2 yg ditunjukkan dgn sebuah dyno chart. air filter hks super flow yg diaplikasikan di 2 mobil yg berbeda (civic vti 1.6 dohc-vtec b16a), hasilnya berbeda. yg satu kenaikan tenaga-nya 6.3 dk @ the wheel, dan yg satunya lagi cuman 4.9 dk @ the wheel. setelah dilakukan tune-up (penyegaran mesin), tenaga naik lagi sebesar 2 dk @ the wheel. jadi semua itu kembali lagi ke karakteristik mesin, kondisi mesin & kualitas barang aftermarket-nya. sayang gw belum test dyno, jadi belum bisa ngasih semacam bukti di atas kertas....hehehe........thanks

    to std aja de :
    kalo header hotbits yg dijual di indonesia (jakarta) jadinya mahal bro, sekitar 1.7 juta-an. gw dapet murah karena gw beli langsung di pabriknya (malaysia). hotbits buat galant...??? coba aja cek di website-nya : www.hotbits.org
    kalo tempat bikin header ato cat back yg bagus menurut gw di Standar Adi Knalpot (Kansai), tapi harganya itu lho yg cukup mahal untuk ukuran barang lokal.....ato RKK lebih murah dari Standar Adi.

 

 
Page 1 of 7 12345 ... LastLast
NGK Busi MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Ford Escape 3.0 V6 aFe type Cold Air Intake System Stage 1
    By caesar733P in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 20th May 2011, 00:00
  2. [WTS] [ HONDA ESTILO ] Intake, Header,Cover Header,Tanki Bensin
    By rams_liberu in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 5th April 2011, 17:09
  3. WTS: HKS Stage 1 Exhaust & Intake buat New Jazz GE8
    By NoirRabbitGTI in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 22nd January 2010, 15:10
  4. Replies: 150
    Last Post: 19th May 2009, 23:41
  5. [help] exhaust jazz 05 a/t, n/a stage 2
    By putraged in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 91
    Last Post: 25th November 2007, 10:45
Back to top