Cam Gear
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 23
Thread: Cam Gear
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/3898
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    AD
    Guest

    Cam Gear

    Halo aku mau nanya apa sih fungsi cam gear, apa kalo ganti bisa nambah tenaga mbl cukup besar? aku pake mbl honda city Z
    Thanks

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Cam gear berfungsi memutar batang nok (camshaft/kem) sehingga klep intake dan exhaust pada cylinder head bisa membuka dan menutup sesuai besarnya derajat pada tonjolan kem (lobe). Camgear ini terhubung ke puli kruk as (crank shaft) dengan sebuah timing belt (pada beberapa mobil dengan timing chain). Maka dari itu, kerja kem harus selalu selaras dengan kruk as.

    Jika timing belt/chain putus, kerja kem tidak lagi selaras, sehingga klep bisa menghajar kepala piston. Akibatnya, kepala piston rusak, dan mesin anda rusak. Pada camgear adjustable, waktu buka tutup klep oleh kem bisa kita atur sesuai keinginan. Pada mobil SOHC, camgear tidak bisa menambah tenaga, tapi bisa dimanfaatkan untuk memainkan powerband (terutama untuk mobil injeksi dengan rev limiter). Jika anda advance (memutar searah putaran mesin), maka tenaga pada rpm bawah akan bagus, namun tenaga pada rpm atas akan berkurang. Sedangkan jika anda retard (memutar berlawanan putaran mesin), tenaga di rpm atas, katanya akan bagus, walau menurut pengalaman saya malah akan memperparah tenaga mesin.

    Pada mobil DOHC, camgear bisa menambah tenaga, walaupun tidak lebih dari 5HP. Hal ini disebabkan kem yang mengatur klep in berbeda dengan yang mengatur klep ex. Sehingga pengaturan buka tutup masing-masing klep bisa diatur secara independen, tidak seperti SOHC. Jika kem anda masih standar, saya sarankan untuk mengadvance camgear anda sebanyak 2-3 drajat. Settingan ini akan menambah tenaga sekitar 2HP pada putaran bawah, 5HP pada putaran menengah dan hanya akan mengalami kehilangan tenaga sebanyak 2HP pada putaran atas. Terlebih jika anda telah memapas cylinder head lebih dari 1mm, maka camgear adjustable dibutuhkan untuk memperbaiki kurva tenaga mesin.

    Untuk turbo, saya sarankan untuk mengadvance camgear lebih dari 3drjt, walaupun beberapa orang mempunyai settingan tersendiri. Terlebih jika mesin anda DOHC turbo. Hal ini diakibatkan mesin turbo mengandalkan gas buang dalam bekerja. Semakin cepat klep ex membuka, maka semakin cepat turbin berputar, dan semakin turbo menghasilkan tenaga. Semoga bisa membantu anda.

  4. #3
    AD
    Guest
    Wah makasi baget nih buat info nya mr.beni, tp kalo mesin honda city Z VTEC itu DOHC atau SOHC ya?
    Kalo penggantian cam kurang cocok untuk mbl saya kira kira apa ya yg bagusnya diganti biar mbl lebih kenceng?
    Data mbl saya:
    VAFC 2
    Header 4-1 free flow
    Coil
    Kabel busi
    Air intake

  5. #4
    Kapten
    Location
    stage of solitairy..
    Posts
    2,530
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 14 Hrs 59 Mins 1 Sec
    Mesin honda city Z VTEC adalah jenis SOHC. Jika anda bilang anda telah memasang VAFC, saya rasa anda tidak perlu melakukan ubahan apa-apa lagi. Kalaupun anda masih menginginkan penambahan performa, saya sarankan anda melakukan penyetelan ulang pada VAFC (distel bukaan penuh sejak rpm bawah), pembubutan flywheel dan modifikasi dekrup. Bobot flywheel standar honda sekitar 6kg. Anda bisa membubutnya sebanyak 1-1,5kg. Ditambah dengan modifikasi dekrup, saya yakin mobil anda sudah bisa menembus 16 detik. Angka 16,8 sepertinya tidak mustahil untuk anda. Cukup bagus, dan yang pasti tidak sampai keluar biaya banyak.

  6. #5
    Sersan Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    429
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Hr 40 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by beni
    Cam gear berfungsi memutar batang nok (camshaft/kem) sehingga klep intake dan exhaust pada cylinder head bisa membuka dan menutup sesuai besarnya derajat pada tonjolan kem (lobe). Camgear ini terhubung ke puli kruk as (crank shaft) dengan sebuah timing belt (pada beberapa mobil dengan timing chain). Maka dari itu, kerja kem harus selalu selaras dengan kruk as.

    Jika timing belt/chain putus, kerja kem tidak lagi selaras, sehingga klep bisa menghajar kepala piston. Akibatnya, kepala piston rusak, dan mesin anda rusak. Pada camgear adjustable, waktu buka tutup klep oleh kem bisa kita atur sesuai keinginan. Pada mobil SOHC, camgear tidak bisa menambah tenaga, tapi bisa dimanfaatkan untuk memainkan powerband (terutama untuk mobil injeksi dengan rev limiter). Jika anda advance (memutar searah putaran mesin), maka tenaga pada rpm bawah akan bagus, namun tenaga pada rpm atas akan berkurang. Sedangkan jika anda retard (memutar berlawanan putaran mesin), tenaga di rpm atas, katanya akan bagus, walau menurut pengalaman saya malah akan memperparah tenaga mesin.

    Pada mobil DOHC, camgear bisa menambah tenaga, walaupun tidak lebih dari 5HP. Hal ini disebabkan kem yang mengatur klep in berbeda dengan yang mengatur klep ex. Sehingga pengaturan buka tutup masing-masing klep bisa diatur secara independen, tidak seperti SOHC. Jika kem anda masih standar, saya sarankan untuk mengadvance camgear anda sebanyak 2-3 drajat. Settingan ini akan menambah tenaga sekitar 2HP pada putaran bawah, 5HP pada putaran menengah dan hanya akan mengalami kehilangan tenaga sebanyak 2HP pada putaran atas. Terlebih jika anda telah memapas cylinder head lebih dari 1mm, maka camgear adjustable dibutuhkan untuk memperbaiki kurva tenaga mesin.

    Untuk turbo, saya sarankan untuk mengadvance camgear lebih dari 3drjt, walaupun beberapa orang mempunyai settingan tersendiri. Terlebih jika mesin anda DOHC turbo. Hal ini diakibatkan mesin turbo mengandalkan gas buang dalam bekerja. Semakin cepat klep ex membuka, maka semakin cepat turbin berputar, dan semakin turbo menghasilkan tenaga. Semoga bisa membantu anda.
    Mantap Bro ulasannya,
    Mestinya ditambahin dgn cara kerja camgear pada
    DOHC banci (seperti twincam-nya Toyota, eg : 4A-FE)
    Yg mana terdapat 2 buah Camshaft tapi hanya satu yg terhubung
    belt ke Crankshaft.

  7. #6
    fery
    Guest
    SOHC cocoknya hanya di mesin yang mempunyai CC besar...Torsinya ky gajah...ex:CJ7 4000cc(N/A) HP:126 hp Tq:315 nm,karburator...Dahsyat....

  8. #7
    AD
    Guest
    Wah makasi banyak nih atas sarannya, kalo pengurangan beban flywheel bukannya bisa turunin torsi ya(kalo gak salah denger)? :oops:
    Kalo kayak disaranin td kira kira bisa nambah tenaga banyak gak? Trus bensin tambah boros gak? Efek negatifnya apa aja ya?
    Hehehe sorry banyak pertanyaan nih, masih pemula hehehe

  9. #8
    Letnan Dua
    Location
    Medan
    Posts
    1,113
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 1 Hr 59 Mins 13 Secs
    Sebenarnya konsumsi BBM itu lebih banyak pengaruhnya dari kita sendiri, yaitu:driving style,habits,dan juga sikon pada saat kita mengendarai mobil itu.termasuk juga kesehatan mesin mobil anda.
    kalau mesin mobil sudah dimodifikasi mild seperti yang diulas diatas,side effectnya adalah kita harus me3naruh perhatian lebih terhadap komponen penunjang mesin itu sendiri.contohnya:Kualitas dan grade oli yang dipake,kebersihan dan jadwalpenggantian filter2,busi yang dipakai,dan juga kualitas BBM.
    Ini karena,makin banyak modifikasi yang kita buat ke mesin mobil itu,maka makin banyak lahperhatian yang dia butuhkan.
    Selain itu,sebelum kita memutuskan untuk memodifikasi mesin mobil kita,terlebih dulu kita harus mengenal karakter dari mesin itu sendiri dan juga apa yang kita cari dari modifikasi itu,Speed or Torque?
    Ini juga berguna untuk mencegah anda menghamburkan uang dalam jumlah yang banyak tanpa menghasilkan sesuatu yang optimal dan memuaskan batin anda selaku pengguna mobil itu.
    Semoga berguna, lebih dan kurangnya saya mohon maaf.
    "..money buys great parts, but not necessarily taste..."

  10. #9
    fery
    Guest
    ngurangin berat flywheel nya ga usah banyak2...cukup 1-1.5 kg aja...jd bwt nanjak msh bsa lah...klo mbl lo khusus bwt balap nguranginnya byk gpp...klo pake hari2 jgn deh...kasian tuhmesin lo klo bwt tanjakan..

  11. #10
    Kapten
    Location
    SUKABUMI kota damai hehehehehe
    Posts
    2,206
    Power
    29 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 21 Hrs 37 Mins 53 Secs
    Btw klo boleh nambahin sih, gw rasa yang dimaksud itu adjustable camgear ya... Soalnya yang sekarang dipake mobil2 standar juga camgear kan namanya, trus yang diulas disini camgear yang bisa disetel kan??? Cmiiw...
    ...ordinary people...

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 7
    Last Post: 25th October 2012, 00:35
  2. FS: ATS 1st gear ratio 3.077 (u/ Bseries final gear 4.4) SOLD!
    By te37 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 11
    Last Post: 2nd December 2011, 20:36
Back to top