Exhaust, Do It Yourself
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 313 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 3123
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/373282
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,233
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 17 Hrs 34 Mins 28 Secs

    Exhaust, Do It Yourself

    I. Preview
    Salah satu langkah terumum dan termudah tuk meningkatkan performance mesin diantaranya adalah memodifikasi manifold/extractor/header, kemudian biasanya diikuti dengan penggantian ukuran pipa, lalu terakhir penggantian muffler berjenis straight through.

    Nah, kalo yang langsung berhasil sukses dan kemudian terbukti secara dyno test terjadi peningkatan horsepower atau terjadi peningkatan pada torsi kendaraannya ya it’s oke lha…., namun tidak sedikit juga dijumpai malah kemampuan kendaraannya menurun, top speed menurun lha…, tarikan berat lha…. …., oke….tuk itu…, yuk sebelumnya kita coba itung2 sendiri, sebenernya ukuran yang paling gak bisa mendekati pas tuk exhaust kendaraan kita itu seperti apa…, dan bagaimana cara menghitungnya…, setelah didapet angka2nya baru diskusikan dengan workshop yang kita tuju…


    II. Basic
    Apa yang harus diupayakan dalam sebuah exhaust system…., “ Let It Flow ” …., jangan di tahan2…, apalagi “backpressure”…, That’s Suck … ….,

    Yang kita butuhkan adalah “Low Backpressure Dan High Exhaust Stream Velocity” …, backpressure yang rendah namun juga dapat membuang gas dengan cepat diruangan yang tidak terlalu besar / cukup / pas, sampai keujung …

    Gambaran singkat gas yang terdapat di pipa2 mobil kita
    1. One Pulse Of Exhaust System
    Spoiler for : Show


    2. Pulses Of Exhaust System In Smaller Pipe Size
    Spoiler for : Show


    3. Pulses Of Exhaust System In Correct Pipe Size
    Spoiler for : Show


    4. Pulses Of Exhaust System In Larger Pipe Size (Many Use For Turbo Car / tambahkan 0,25” dari ukuran pipa optimal non turbo) …
    Spoiler for : Show


    Oiya…., sebelum masuk ke itung2an…, penting bagi kita tuk ketahui spesifikasi dari mesin kita yang bisa di dapet dari mbah goggle …, oke….kita ambil contoh spek gerobak somplak gue aje kali yeeee…. ….
    Spoiler for : Show


    LET’S START TO COUNT IT….

    Siapin alat ukur pipa nya dulu ya bro…. …., kira2 alat ukur diameter pipa itu seperti ini :
    Spoiler for : Show


    I. HEADER (in Outlet Diameter (OD) size)
    - Tentukan diameter pipa header kita, berdasarkan pada nilai cc pada 1 cylinder mesin kita misal di mobil saya 1300 cc / 4 = 325 cc; lihat tabel, ada angka 325 cc kan... ....
    Spoiler for : Show


    - Tentukan panjang header mobil kita, bisa kita jumpai di situs : http://www.bgsoflex.com/bestheader.html
    Spoiler for : Show


    II. COLLECTOR
    Agak rumit kalo ditulis disini, namun bisa dijadikan patokan saja sebagai gambaran panjang collector kira2 di sekitar 3”-10” …, semakin pendek collector biasanya baik untuk di rpm tinggi, semakin panjang collector biasanya baik di putaran yang lebih rendah.
    cara bikin collector header :
    http://www.modifikasi.com/showthread...f-*-%29/page46

    III. BPIPE / CPIPE SIZE / TAIL PIPE (in Outlet Diameter (OD) size)
    I think it’s the most important part beside straight through muffler… …., lihat tabel aja yah ..., bro2 semua tau dong mobil nya sesuai spek yang itu brp Horse Power...? kalo sdh tau...., gampang lha..., berikut adalah daftar dari ukuran Outlet Diameter Pipa berdasarkan Horse Power :
    Spoiler for : Show


    IV. MUFFLER / RESONATOR / MINI MUFFLER
    Apapun itu, fungsinya sama yaitu meredam suara dari ledakan2 yang dihasilkan kendaraan kita. Pilih lah yang berjenis straight through, semakin panjang akan semakin mengurangi kekerasan suara demikian juga semakin besar tabungnya juga semakin mengurangi kekerasan suara.
    Spoiler for : Show


    Spoiler for : Show


    STEP BY STEP MAXIMIZING OUR EXHAUST SYSTEM

    Alasan kenapa sih kita mau utak atik exhaust…, ada apa dengan rangkaian standard exhaust mobil kita…, saya sendiri juga gak bisa jawab yah…, ini sama aja dengan kenapa orang rela mengeluarkan dana besar untuk membeli coil over…, upsize velg…, chassis dibikin rigid…, ganti busi iridium…, kabel busi diganti dng yang memiliki hambatan kecil…. Well only God knows why…
    Namun pada umumnya mobil di ciptakan untuk bersahabat dengan lingkungan…, jangan sampai terjadi polusi suara (design muffler)…, polusi udara (catalic converter)…, estetika…, irit bahan bakar…

    Dikarenakan hal2 tersebut…, maka terciptalah sebuah design muffler yang jenisnya restricted…, yang didalamnya terdapat ruangan2 untuk memantulkan suara sehingga suara yang berpantulan akan menghasilkan “cancel” dan hasilkan suara yang halus dimuffler…, kemudian ada catalic converter…, dan pipa2nya pun biasanya diameternya juga lebih kecil dibandngkan yang dibutuhkan…
    Lalu…gimana dong ingin utak atik exhaust namun suara tetep halus dan sopan…, polusi juga ndak banyak…, bensin menjadi tidak terlalu boros….

    Mari….
    I. Muffler
    Yakin deh…, hampir 99,99999% para pemodificator roda empat itu gak betah …, gatel banget rasanya pengen ganti muffler…, so it can make your car sound… deep.., rumble.., with little raspy.., but not ricey…., gak salah bro ….. bener koq kalo sebagai langkah awal kita ganti muffler yang berjenis straight through…, cuman lalu ada keluhan…. “ngempos nih…, top speed turun” …, penyebab nya adalah pipa didlm muffler nya kegedean, ngakalinnya kalo saya sih pipa dari axle back yang sebelum ke muffler saya kecilin seukuran dengan pipa primer header nya....

    Mostly design for OEM Muffler
    Spoiler for : Show

    kebayang ya bro..., udara mo keluar aja di tabrak2in dulu gak karuan... ....


    The best muffler is straight through muffler because "Low backpressure and high exhaust stream velocity can be achieved by running straight-through free-flowing mufflers and small pipe diameters".

    Spoiler for : Show

    Kalo dirasa jenis ini terlalu bikin droning (bengung) mungkin bisa dipilih bbrp muffler yang seperti ini :

    Spoiler for : Show

    Spoiler for : Show

    Spoiler for : Show

    muffler yang satu ini pernah saya coba ..., menurut saya ini termasuk bagus buat pecinta rpm tinggi... ....



    Kalo mo muffler yang tidak menghambat flow namun tetep bersuara halus (silent with good flow)..., this one of the best design...
    Spoiler for : Show

    atau persamaan juga seperti mugen twin loop, kalo mugen twin loop mah pasti udah pada sering liat kan yah... ....
    cara kerjanya :
    Spoiler for : Show


    kalo mo custom muffler straight through, kalo bisa cari yang saringannya seperti ini, tuk hasilkan suara yang lebih deep, low, dan sedikit "hum" ... ....
    Spoiler for : Show


    II. Resonator
    Ampunnnnn…..begitu ganti muffler suara nya masuk kedalem…., yah…itu lah karakter muffler berjenis straight through, biasanya semakin di gas semakin keras suaranya…., trus akalinnya gimana…? Ya resonatornya dipanjangin…., semakin panjang dan semakin besar tabung resonator atau muffler…, suara juga akan semakin terredam…, milih resonator yang kayak gimana..? pilih yang diameternya sama persis dengan rangkaian pipa2 kendaraan kita jangan lebih besar apalagi lebih kecil…., jenis nya seperti apa supaya resonator itu bisa mengurangi suara namun juga tidak menghambat flow exhaust kita…? Pilihlah yang berjenis “perforated core” ….

    Spoiler for : Show
    louvered core resonator..., terlihat yah..mmmm...kira2 yang jenis ini bagus buat flow ndak yah...? ....


    Spoiler for : Show
    perforated core resonator...


    saya pakai resonator jenis ini dengan inlet diameter 2,1" ..., saya pasang persis di dekat pipa yang tekukannya paling panjang..., dengan tujuan agar sebelum udara memasuki tekukan kecepatan udara tersebut berkurang, dan dia bisa memasuki area tekukan tersebut dengan lebih halus...


    III. Pipe
    Gue gak mau ganti muffler dan resonator…., gue mau semuanya terlihat standard…., namun tetap ada peningkatan…, gak masalah…., sempurnakan saja lekukan2 pipa2 standard mobil kita. Umumnya lekukan2 pipa standard di mobil itu biasanya ditekuk dengan cara “crush bend”…, ditekuk dengan cara ada sisi yang ditekan sehingga mengakibatkan penyempitan pipa di tekukan tersebut, trus diapain..? ganti lekukan tersebut dengan jenis “mandrel bend” , cuman rada susah nih nyarinya…

    Mandrel bend pipe
    Spoiler for : Show


    IV. Ukuran pipa
    Nih…sedikit petunjuk dari “Mike Kojima”, diukur dari outter diameternya ya …., mirip koq dengan yang udah saya sampein sebelum2nya yaitu dari buku “Four Stroke Performance Tuning 3rd Ed - A Graham Bell”

    PIPE DIAMETER GUIDELINES
    Some basic exhaust pipe diameter guidelines for non-turbo cars are as follows:
    1,500cc-2,000cc engines : 2-inch
    2,100cc-2,500cc engines : 2.25-inch
    2,600cc-3,000cc engines : 2.5-inch
    Add half an inch to the pipe diameter to optimize for nitrous oxide use because of the increased exhaust gas volume. Remember this may be too big for optimal operation when you aren't on the bottle. For turbocharged engines, 2.5-inch is the minimum size pipe that you would want to run, even for the smaller engines. For 2,000cc and bigger engines, 3-inch works well, and for bigger engines the biggest (usually 3.5-inch) you can find is appropriate. It is almost impossible to have too big of an exhaust on a turbo car.

    V. Outter Dan Inner…, how you know it…
    Outter :
    Spoiler for : Show


    Inner :
    Spoiler for : Show


    sorry , contohnya pake gelas yah...., kalo gue tukang knalpot mah pasti gue contohin pake pipa knalpot deh.... .....


    Gue bukan jago mobil atau otomotif atau apa pun.., tp gue punya sedikit informasi yang rasa2nya bisa gue share disini.... ....

    selamat mencoba teman2....

    NB.
    Summary tambahan :
    http://www.modifikasi.com/showthread...29-..../page13

    by master jinnsr
    http://www.modifikasi.com/showthread...29-..../page16

    header 4-2-1 or 4-1 ...?
    http://www.modifikasi.com/showthread...post2056073017

    Backpresurre
    http://www.modifikasi.com/showthread...29-..../page13

    Beberapa artikel menarik tuk dibaca
    http://www.modifikasi.com/showthread...%29-..../page7

    Build Your Own Exhaust
    By: Mike Kojima - Sport Compact Car
    http://www.mikekemper.com/elantra/diyexhaust/index.html

    Exhaust design effects on noise
    http://www.team-integra.net/forum/bl...cts-noise.html

    Exhaust Basics
    http://www.team-integra.net/forum/blogs/surferx/25-exhaust-basics.html

    Advanced Exhaust Tech I
    http://www.team-integra.net/forum/bl...st-tech-i.html

    Advanced Exhaust Tech II : Backpressure and Area
    http://www.team-integra.net/forum/bl...sure-area.html

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Dua
    Posts
    1,131
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 12 Hrs 58 Mins 20 Secs
    nice share masbro walaupun gua bingung

  4. #3
    Sersan Mayor
    Posts
    906
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 8 Hrs 25 Mins 54 Secs
    Akhirnya keluar juga thread nya
    keren mas.... tinggal di sempurnakan saja nih thread nya

  5. #4
    Kapten
    Posts
    2,277
    Power
    63 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 2 Hrs 37 Mins 53 Secs
    Congrat dulu buat om masbro suhu TS

  6. #5
    Mayor
    Location
    di selatan jakarta
    Posts
    4,622
    Power
    61 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 22 Hrs 51 Mins 1 Sec
    Grandmaster...!!!

  7. #6
    Kopral Satu
    Posts
    77
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 18 Hrs 15 Mins 44 Secs
    mantab, cuman ga paham hehe

  8. #7
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,233
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 17 Hrs 34 Mins 28 Secs
    Quote Originally Posted by TFDGarage View Post
    nice share masbro walaupun gua bingung
    ndak usah bingung bro....

    step by step nya gini....
    1. temukan spek mobil kita bisa coba dengan googgling...
    2. cc mbl kita dibagi dng jumlah cylinder mobil kita tuk ketahui cc di tiap cylinder nya
    3. hitung cid nya ; rumus hitung cid sdh ada
    4. dasar rpm dalam penentuan panjang pipa header memakai dasar ketika rpm pada maksimum torque bukan maksimum HP juga seharusnya bisa ditemukan di spek mobil kita
    5. penentuan pipa header sdh ada di tabel
    6. cara mentukan panjang juga sdh ada, tinggal masuk ke situs nya aja....
    7. kemudian tuk bpipe / cpipe / tailpipe ..., tabelnya juga sdh ada....
    8. gampang tho... .....

    ----------

    Pada umumnya akan mudah dimengerti kalo ada contoh kasus yah...

    Mmmmm.....
    coba tuliskan saja di thread ini (contoh kasus satu mobil aja lha ya) :
    1. Horse Power mobilnya
    2. Berapa cc mobilnya
    3. Berapa jumlah cylinder mobilnya
    4. Di RPM berapa mobilnya mencapai torsi maksimal
    5. Bore mobilnya berapa
    6. Stroke mobilnya berapa

    Yuk....kita itung rame2 aja.... ......

  9. #8
    Letnan Dua
    Posts
    1,029
    Power
    24 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 5 Days 3 Hrs 58 Mins 1 Sec
    sebenernya gw pernah itung terus programnya hilang nih
    coba deh jadi percobaan pertama
    mobilnya 1600 cc
    4 cylinder
    dan 120hp @6000rpm
    Bore x stroke 3.10 x 3.20 / 79.0 x 81.4 mm

  10. #9
    Mayor
    Location
    Tangerang
    Posts
    4,233
    Power
    52 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 17 Hrs 34 Mins 28 Secs
    Quote Originally Posted by Wuzzi View Post
    sebenernya gw pernah itung terus programnya hilang nih
    coba deh jadi percobaan pertama
    mobilnya 1600 cc
    4 cylinder
    dan 120hp @6000rpm
    Bore x stroke 3.10 x 3.20 / 79.0 x 81.4 mm
    Asikkk....ada yg udah share spek mesin nih.... ...

    Maksimum torsi nya di rpm brp ya bro...? Yg pasti horse power sdh ketauan 120hp....

    But its oke lha....., ntar dihitung dng rpm 6000 ya bro.... ....

    Nti mlm yah... ..., saya msh dijalan soalnya... ...

    Sekali lagi thanks for sharing nih... ...

  11. #10
    Sersan Mayor
    Posts
    906
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 8 Hrs 25 Mins 54 Secs
    Quote Originally Posted by Wuzzi View Post
    sebenernya gw pernah itung terus programnya hilang nih
    coba deh jadi percobaan pertama
    mobilnya 1600 cc
    4 cylinder
    dan 120hp @6000rpm
    Bore x stroke 3.10 x 3.20 / 79.0 x 81.4 mm
    ini itungan great corolla bukan broo...?

 

 
Page 1 of 313 12345 ... LastLast
MBtech Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Setting Alpine - Do It Yourself!
    By UnSCAC in forum UnSCAC- Hwely Audio
    Replies: 754
    Last Post: 29th October 2016, 12:07
  2. SARAN: Forum Do It Yourself (DIY)
    By kliwonz in forum Saran Kritik & Pertanyaan
    Replies: 9
    Last Post: 4th February 2011, 11:11
  3. Replies: 3
    Last Post: 8th December 2009, 11:37
  4. DO IT YOURSELF-4Apr6
    By Aerio_standard in forum Diskusi Mesin
    Replies: 47
    Last Post: 11th August 2008, 02:20
Back to top