Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 15 of 33
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/339178
  • Share on facebook
  1. #1
    Kopral Dua
    Location
    jakarta
    Posts
    46
    Power
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    TIP MEMBUAT SIM TANPA CALO

    Pengalaman membuat SIM tanpa calo

    Tulisan singkat ini diambil dari pengalaman ane membuat SIM C di Samsat Daan Mogot Jakarta namun relevan untuk pembuatan jenis SIM lainnya. Ceritanya, gwe baru beli motor buat menembus macetnya jalanan ibukota. SIM C sudah lama mati, jadi gw berencana membuat SIM C baru dan bertekad melakukannya tanpa calo. Kenapa? Karena membayar calo itu sama dengan menyuap alias tindak korupsi alias melanggar hukum.

    Persiapan:

    1. Cari sebanyak mungkin informasi mengenai prosedur pembuatan SIM. Informasi lengkap tentang prosedur pembuatan SIM, STNK,BPKB, ganti warna mobil, mutasi lengkap tersedia di website Lantas Metro http://www.lantas.metro.polri.go.id/.

    2. Pelajari soal-soal. Bank soal, baik untuk SIM A maupun SIM C tersedia dalam bentuk simulasi di police watch (http://www.indonesia-policewatch.com/adil/sim.php) . Untuk dinyatakan lulus ujian teori, kita harus mampu menjawab benar 18 dari 30 soal. Terus berlatih sampai mampu menjawab >20, tidak perlu datang ke samsat kalau belum mampu menjawab benar minimal 20 pertanyaan. Datang ke Samsat tanpa persiapan sama dengan buang waktu karena hamper dipastikan akantidak lulus. Oh ya, jangan lupa baca UU Lalu Lintas 22/2009, banyak soal yang diambil dari UU ini (http://matanews.com/wp-content/uploads/uu_22_tahun_2009.pdf).

    3. Lakukan simulasi ujian praktik sendirian dengan naik motor memutar mengikuti angka delapan, maupun nyelap-nyelip di antara cone berjarak tiga meter. Dalam proses ini, kaki tidak boleh turun. Untuk mobil, ujian praktiknya yg ana saksikan adalah ujian parkir mundur, belok kiri dan kanan, dan putar balik.

    4. Siapkan pensil, pulpen, dan photo copy KTP (2 atau 3 lbr, gue lupa).

    Kejadian pd hari H:

    5. Pas hari H, hari Sabtu, pagi-pagi sekali jam 7.00 gue sudah sampe di TKP naik taksi, turun di halaman dekat pintu masuk. Kantornya belum buka ternyata, gue kepagian. Loket pertama yg gue datangi adalah loket periksa kesehatan mata, meskipun loketnya belum buka ternyata sudah ada sekitar 4 orang ngantri di depan loket. Di sini biayanya Rp 20 ribu, diminta copy ktp, terus kita akan disuruh membaca hurup dan gambar untuk memeriksa kesehatan mata. Letak loket pemeriksaan kesehatan ini sekitar 30 meter dari gedung utama.

    6. Beli formulir SIM C Rp. 100 ribu, dan bayar asuransi Rp 30 ribu (untuk SIM A harga formulirnya RP 125 rb). Lalu gw diarahkan untuk ujian tulis di salah satu ruangan. Karena ada cerita ujian tulis teori hasilnya ditukangi agar kita gagal , maka gw meminta untuk ujian computer aja. Petugasnya bilang, ruangan ujian computer “penuh”. Gw bilang, “saya akan tunggu sampai yg di dalam selesai”. Akhirnya setelah menunggu sekitar 10 menit, gw diarahkan untuk ujian di ruangan computer di lantai dua. Dikasih 30 pertanyaan dan harus dijawab dalam waktu 15 menit. Karena sudah berlatih, gw lulus meskipun cukup-cukupan hanya 19 yg benar.

    7. Gw dikasih formulir untuk diserahkan pada petugas di lapangan praktik. Ujianlah gw, pakai motor bebek, karena grogi, kaki gue nginjak tanah saat mutar. Gue udah siap mental untuk pulang tanpa hasil kali ini, namun petugasnya mungkin gak lihat, dan gue dinyatakan lulus. Hehehehe. Selanjutnya Photo dan perekaman sidik jari.

    8. Tak lama lalu dipanggil, voila, gue resmi mendapatkan SIM C. HORE! Total biaya adalah Rp 150 Ribu (kesehatan rp 20 rb, Formulir Rp 100 rb, dan asuransi rp 30 rb.

    Semoga pengalaman gw ini berguna Gan. Kita tidak perlu menunggu system di negara kita ini bagus, mari kita patuhi saja aturan hukum yang ada secara benar, enggak usah pakai jalan pintas. Peace!

    NB: Oh ya, sebenarnya gue ambil photo-photo di samsat pakai handphone untuk dishare suasananya, tapi kemudian didatangi petugas dan photo yg gue sudah ambil disuruh hapus. Katanya sih enggak boleh ambil photo di situ.

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
    Banner Available 242x90 BursaBet Dewa Prediksi Bola
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    Lippo Cikarang
    Posts
    1,360
    Power
    34 
    Online
    1 Wk 3 Days 8 Hrs 18 Mins 30 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    nice share gan

  4. #3
    Sersan Kepala
    Location
    Planet Earth
    Posts
    504
    Power
    Online
    1 Wk 4 Days 23 Hrs 31 Mins 37 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    kerja keras....mantab..

  5. #4
    Mayor
    Posts
    4,472
    Power
    142 
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 5 Hrs 5 Mins 56 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    thn 2011 SIM b1 supir habis n sy iseng ikuT dia ke kalideres (macam MVD kalo di amerika).Ucapan santun menyambut didpn pintu yg sy ingat (ssdh supir bilang mau urus sim b1) "selamat pagi pak apa sdh ada rekan di dlm atau perlu dicarikan rekan agar cepat?".ternyata mmg cepat n biaya sgt murah (750rb).Tanpa antri, tanpa isi form, tanpa tes. Hanya foto n ...ambil (less than 1hour wait)

  6. #5
    Letnan Dua
    Location
    Lippo Cikarang
    Posts
    1,360
    Power
    34 
    Online
    1 Wk 3 Days 8 Hrs 18 Mins 30 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by jedanz View Post
    kerja keras....mantab..

  7. #6
    Letnan Satu
    Location
    Semarang-Surabaya
    Posts
    1,990
    Power
    21 
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 3 Hrs 13 Mins 20 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    hehehehehe jujur aja males bro kalo harus tes, karena yg diujikan bener bener beda sama kondisi real, yaaa realistis aja mana ada orang bikin garasi mepet banget (kalo ujian mobil parkir mundur kan patok nya mepet banget ),

    terus kalo soal motor slanang slonong, mungkin karena di ujian ga boleh turunin kaki ya.... gue liat mayoritas biker disini ogah nurunin kaki buat berenti ngasih jalan ke lawan.....

    tapi salut usahanya bro

  8. #7
    Kopral Dua
    Location
    jakarta
    Posts
    46
    Power
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by Ch_Z View Post
    hehehehehe jujur aja males bro kalo harus tes, karena yg diujikan bener bener beda sama kondisi real, yaaa realistis aja mana ada orang bikin garasi mepet banget (kalo ujian mobil parkir mundur kan patok nya mepet banget ),

    terus kalo soal motor slanang slonong, mungkin karena di ujian ga boleh turunin kaki ya.... gue liat mayoritas biker disini ogah nurunin kaki buat berenti ngasih jalan ke lawan.....

    tapi salut usahanya bro
    Ujian tes itu tidak susah Bro, tapi memang harus hapal aturan baku sesuai aturan UU. Sekarang Samsat sudah lebih teratur kok Bro, kalau memang lulus akan diluluskan, kita harus manfaatin biar tidak ikut dalam lingkaran setan tradisi buruk pakai calo. Kalau ikut simulasi ujian di website yg gue beri dijamin ujian teori akan lulus. Gue sudah buktikan sendiri. Selama ini kan orang datang tanpa bekal pengetahuan aturan lalu lintas, tanpa pernah baca UU lalu lintas, jelas saja akan gagal. Kalau tidak tahu aturan lalu lintas, lalu dapat SIM nembak, itu akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain. Kalau ditimbang secara hukum, memperoleh SIM dgn cara nembak itu masuk korupsi kategori suap, sogok, penerima dan pemberi keduanya melanggar hukum. Meskipun jumlah duitnya relatif kecil, tetap saja korupsi.

    Pemakai SIM nembak, baik SIM A dan C, dapat dilihat dari prilaku membahayakan di jalan raya Bro, membelok tanpa memberi lampu sen, parkir di bawah tanda "dilarang parkir", mendahului dari sebelah kiri, membuntuti kendaraan di depan dalam jarak yg tidak aman. Ini terjadi karena mereka tidak tahu aturan, karena dapatin SIM di samsat masih bisa pakai calo. Waktu gue ke samsat kemarin, mayoritas memang masih pakai calo Bro, mereka datang berombongan di-guide oleh calonya, gue ngobrol dgn orang di kiri dan kanan gue pakai calo semua. Mereka tidak ditest kesehatan, ujian teori dan praktik hanya formalitas, semua lulus. Kasarnya orang buta warna dan buta hurup pun bisa lulus! ini berbahaya kalau mereka sudah di jalan raya Bro.

    Dulu waktu pertama kali gue dapatin SIM A tahun 1998, gue juga terpaksa pakai calo Bro. Saat itu masih orde baru-nya Pak Harto, korupsi jauh lebih parah dari sekarang, sangat terbuka, samsat masih benar-benar sarang calo, aturan tidak jelas, tidak tahu bgmana mencari bahan soal dan text UU lantas, tidak ada pilihan. Sekarang situasinya sudah berbeda, ada pilihan. Saat masuk gedung samsat tidak ada lagi polisi yg nawarin jadi calo (di jalan masuk katanya sih masih ada, gue enggak ngalamin karena gw datang naik taksi langsung turun di dalam kompleknya), aturan lebih jelas, soal ujianpun bisa di-akses di (http://www.indonesia-policewatch.com/adil/sim.php). Mari kita manfaatin, sekaligus belajar memahami aturan lalu lintas.

    Ujian praktik sulit? Tidak sulit bagi yg trampil berkendaraan, kalau tidak trampil ya memang sulit. Tidakkah berkendaraan di jalan raya memang harus trampil? Masa cuma baru bisa sradag-srudug injak gas lalu nyetir di jalan? Masa tidak tahu aturan lalu naik motor/mobil di jalan? Kalau belum trampil, solusinya, harus latihan dulu di depan rumah dulu. Utk mobil, ujian mundur, parkir, putar arah. Untuk motor zig-zag pakai cone dan ikuti putaran angka delapan tanpa turun kaki. Kalau sudah trampil dan pengetahuan teori lalu lintas sudah mumpuni, baru berangkat ke samsat. Minimal harus dicoba tanpa calo dulu Bro. Kita harus hindari jalan-pintas lewat calo, itu adalah suap alias juga korupsi.

    Selamat mencoba Gan!

    ----------

    Quote Originally Posted by rubble View Post
    thn 2011 SIM b1 supir habis n sy iseng ikuT dia ke kalideres (macam MVD kalo di amerika).Ucapan santun menyambut didpn pintu yg sy ingat (ssdh supir bilang mau urus sim b1) "selamat pagi pak apa sdh ada rekan di dlm atau perlu dicarikan rekan agar cepat?".ternyata mmg cepat n biaya sgt murah (750rb).Tanpa antri, tanpa isi form, tanpa tes. Hanya foto n ...ambil (less than 1hour wait)
    Memang prihatin Gan, jaman sekarang masih kayak gitu, bobrok sekali ya negeri kita ini. Kalau pernah tinggal di luar negeri pasti tahu kalau mau dapatin SIM memang harus ujian teori dan praktik sampai lulus. Pengalaman gue waktu sekolah di luar, pas waktu ujian praktik, examiner-nya duduk di samping selama 45 menit ngawasin kita mengemudi, masuk jalan pasar, jalan tol, jalan yg ada anak sekolahnya. Perhatiin kecepatan kita sesuai marka. Terus nanyain kita ttg hazards, bikin grogi Gan, gue yg pertama enggak lulus, ngulang lagi.

    Rp 75o rb sudah jauh dari biaya resmi Gan. Bayangin berapa orang yg dicaloin dlm sehari. Yg paling seram adalah, si supir jadi tidak tahu aturan berkendara yg benar, bisa menghabisi nyawa orang lain di jalan. Tidak heran Gan, ada yg bilang, nyawa di Indo murah.

  9. #8
    Mayor
    Posts
    3,362
    Power
    79 
    Online
    4 Wks 1 Day 5 Hrs 47 Mins 30 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Dulu gw pertama punya sim kelas 1 SMA, umur gw di tua kan 2 tahun dari aslinya.
    Gw akuin dulu punya sim nembak emang, tapi tetep ngejalanin test tulis & praktek seperti orang lain.
    Cuman kata oknum polisi yang mengarahkan gw, itu cuman biar gak terlalu ketara aja kalau gw nembak buat dapetin SIM.

    Bahkan kalau pada saat ujian praktek gw terlihat gagal pun tetep di loloskan pada akhirnya.
    Dulu bayar Rp.500.000 untuk dapetin SIM A & C , jadi masing-masing Rp.250.000. Sekarang pasti udah naik drastis ongkosnya.

    Tapi gw punya temen 1 orang yg dia cerita dia sama sekali gak nembak untuk dapetin SIM.
    Kata dia ujiannya tulisnya pakai komputer bukan manual kayak yang kebanyakan orang.
    Dan dia harus debat panjang dengan polisi biar bisa ujian pakai komputer tersebut akhirnya.
    Yang ujian pakai komputer kata temen gw cuman polisi - polisi aja, yg sipil cuman dia seorang.

    Kalau untuk perpanjang SIM udah gampang, ada samsat di mall seperti Gandaria City yang bebas calo & cepat sekali jadinya gak sampai hitungan jam, hanya sekitar 5 menit. Cuman isi biodata,foto,bayar resmi dan terima SIM baru.

  10. #9
    Letnan Satu
    Location
    somewhere out there
    Posts
    1,686
    Power
    12 
    Online
    1 Mth 2 Wks 6 Days 7 Hrs 40 Mins 24 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    mahal juga ya sob...kalo di bandung total abis 90n ribuan tuh, gua pernah urus sendiri krn emang kab bandung ga ada calo, mau pancing2 se edan apapun ga ada yg mau 'bantu'...

    pake CSO segala lagi TAPIIII hanya kabupaten utk kodya sih TETEPPP...tapi kalo sekali gagal 2 minggu kemudian ulang lg tuh ujian kalo 3 kali msh gagal akhirnya dilulusin juga..wkwkwkwk

  11. #10
    Mayor
    Posts
    4,472
    Power
    142 
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 5 Hrs 5 Mins 56 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Birokrasi bobrok tapi ada...itu artinya dipelihara (b1 hrs perpanjang disana). dia spt halnya sy juga pemegang sim dr bbrp negri krn dimanapun dia supirin sy. Bbrp negri (kec indo)perpanjang sim sgt cepat meski resmi. umumnya cuma test-mata (sambil berdiri) 5menit n tanpa test tertulis n praktek(kec u mrk yg sblmnya terlibat pelanggaran shg point nya habis). urusan sumbang darah yg wajib bagi yg qualified mgkn cuma khas indo (entah apa hubnya). Masalah sistem bobrok tapi abadi itu berarti sdh jadi adat (bkn lagi tidakwajar tapi sdh wajar). Sy ogah jadi quo-vadis krn berhadapan dgn sawah ladang byk pihak. So sorry

  12. #11
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,228
    Power
    124 
    Online
    3 Mths 1 Wk 5 Days 1 Hr 32 Mins 8 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    no off ya bro...

    kalo ane pribadi sih memang salute sama ts yang mau mengikuti aturan, namun kalo boleh dishare butuh waktu berapa lama sampai sim di tangan bro?

    sbab ane pribadi cuma seorang kuli yang selalu diudak2 waktu, jadi alasan ane menggunakan jasa pembuatan sim atau mutasi kendaraan karena keterbatasan waktu. kalau tuk proses perpanjangan sih memang ane selalu ke mall samsat di gading, kecuali tuk perpanjang stnk 5 th yang harus ganti plat baru ane pakai jasa bantuan.

    so far sih ane nyetir mobil maupun motor selalu mengikuti aturan, jadi kalau dibilang yang nembak sim itu ga tau aturan atau kurang taat aturan, mungkin perlu disurvey lebih dalam, kenapa? krn yang ga punya sim juga jauh banyak yang ga tau aturan, dan kalau yang nembak dengan bantuan karena alasan waktu spt ane, lum tentu dia ga tau aturan di jalan juga kan bro? hehe...

    coba bayangin aja supir ane pernah bilang "pak duitnya drpd kasi biro jasa mending kasi sy aja, sy urus sendiri", ga tau nya ngabisin waktu jam 8 pagi sampai jam 3 sore, alhasil mobil stuck ga jalan gara2 supir ane ngilang di samsat (ya itu dulu sih, ga tau sekarang), tp kalau sudah lebih dari 1 jam, ane prefer minta bantuan jasa d, sbab gara2 kelamaan waktu di samsat yang ada malah buang duit lebih banyak, kerjaan tertunda, cust marah2, dll...
    so far pengalaman perpanjang sim atau stnk di mall samsat ga lebih dari 1 jam dari masuk parkiran sampai keluar parkiran mall, kecuali tuk perpanjang 5th ya terpaksa pake jasa hehe...

    jadi ya kalo bole dibilang ane ikutin aturan yang bisa ane ikutin, tp yang ga cucok ya terpaksa ane cari sela nya juga d hehe




    "BIASAKAN YANG BENAR, JANGAN BENARKAN YANG BIASA"

  13. #12
    Letnan Satu
    Location
    Semarang-Surabaya
    Posts
    1,990
    Power
    21 
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 3 Hrs 13 Mins 20 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by ad_s View Post
    no off ya bro...

    kalo ane pribadi sih memang salute sama ts yang mau mengikuti aturan, namun kalo boleh dishare butuh waktu berapa lama sampai sim di tangan bro?

    sbab ane pribadi cuma seorang kuli yang selalu diudak2 waktu, jadi alasan ane menggunakan jasa pembuatan sim atau mutasi kendaraan karena keterbatasan waktu. kalau tuk proses perpanjangan sih memang ane selalu ke mall samsat di gading, kecuali tuk perpanjang stnk 5 th yang harus ganti plat baru ane pakai jasa bantuan.

    so far sih ane nyetir mobil maupun motor selalu mengikuti aturan, jadi kalau dibilang yang nembak sim itu ga tau aturan atau kurang taat aturan, mungkin perlu disurvey lebih dalam, kenapa? krn yang ga punya sim juga jauh banyak yang ga tau aturan, dan kalau yang nembak dengan bantuan karena alasan waktu spt ane, lum tentu dia ga tau aturan di jalan juga kan bro? hehe...

    coba bayangin aja supir ane pernah bilang "pak duitnya drpd kasi biro jasa mending kasi sy aja, sy urus sendiri", ga tau nya ngabisin waktu jam 8 pagi sampai jam 3 sore, alhasil mobil stuck ga jalan gara2 supir ane ngilang di samsat (ya itu dulu sih, ga tau sekarang), tp kalau sudah lebih dari 1 jam, ane prefer minta bantuan jasa d, sbab gara2 kelamaan waktu di samsat yang ada malah buang duit lebih banyak, kerjaan tertunda, cust marah2, dll...
    so far pengalaman perpanjang sim atau stnk di mall samsat ga lebih dari 1 jam dari masuk parkiran sampai keluar parkiran mall, kecuali tuk perpanjang 5th ya terpaksa pake jasa hehe...

    jadi ya kalo bole dibilang ane ikutin aturan yang bisa ane ikutin, tp yang ga cucok ya terpaksa ane cari sela nya juga d hehe
    malah temen ane ada yg bilang yg nembak kebanyakan nyetirnya lebih bener daripada yg ga nembak....

    mau dibilang lebih sopan yg ga nembak juga, emang biker disini ada yang sopan? minoritas.
    no offense.

  14. #13
    Sersan Mayor
    Location
    Somewhere in Universe
    Posts
    768
    Power
    11 
    Online
    2 Days 22 Hrs 49 Mins 4 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Nyogok gak nyogok yang penting berkendaran di jalan raya dengan baik dan bisa menghormati pengguna jalan yang lain sih intinya

    salut buat TS sama deh kayak gua wkwkw. sisa duit buat modip kendaraanye

  15. #14
    Mayor
    Location
    http://www.modifikasi.com/showthread.php?361090-Farewell-from-me&p=2055539088
    Posts
    3,968
    Power
    46 
    Online
    3 Days 14 Hrs 19 Mins 1 Sec
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    kl lewat les mengemudi gt termasuk nembak gak ya?..soalnya gw bikin sim lewat situ .

  16. #15
    Kopral Satu
    Location
    Madiun
    Posts
    50
    Power
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Wah nice tips bro cz ane dl harus nembak

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Qmax Jstyle Rim Otostereo

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Dicari CALO mobil Dengan komisi memuaskan
    By Lancer93 in forum Merk Lainnya
    Replies: 9
    Last Post: 24th January 2012, 14:29
  2. Replies: 110
    Last Post: 11th November 2010, 15:14
  3. Replies: 71
    Last Post: 28th December 2009, 18:06
  4. BIANG NYA CALO KOMPUTER
    By coepoe in forum Computer Stuff
    Replies: 2
    Last Post: 25th August 2009, 11:09
  5. jual tanah..pinggr jalan(purwakarta) tnpa calo
    By faja_lay in forum Barang Lain-lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 12th March 2008, 19:06
Back to top