[ASK] Turun mesin butuh biaya berapa yah?

Thread: [ASK] Turun mesin butuh biaya berapa yah?

  1. kurawa100's Avatar

    kurawa100 said:

    Lightbulb [ASK] Turun mesin butuh biaya berapa yah?

    Mobil gua Daihatsu Taruna FGX 2001
    Mungkin karena mobil sudah 11 tahunan umurnya mesinnya jadi berat banget, oli mesin juga sering ganti (2500 KM sudah habis), mesin ngelitik dan berisik, ganti gigi berat, berasap dan powersteering juga berat banget, pokoknya sudah gak enak banget dah rasanya
    Beberapa temen merekomendasikan buat di Carbon Clean tapi banyak juga yang menyarankan supaya turun mesin saja, ganti part-2 yang sudah gak bener biar bener-2 kayak baru lagi.

    Ada yang punya rekomendasi bengkel yang bagus buat overhaul gak, lama pengerjaan serta estimasi kisaran total biaya (Jasa + Part)

    Btw. kediaman sekitar Jakarta Timur, cari bengkelnya kalau bisa yang sekitaran saja jangan jauh-jauh

    Sebelumnya Terima kasih buat agan-2 yang mau bantu ngasih saran dan rekomendasi
  2. ariefrh's Avatar

    ariefrh said:
    Wah.. bro, kalau keadaannya sudah seperti itu, saya sarankan turun mesin sekalian. CC ngga akan bisa membantu banyak.
    Penggantian parts ya tergantung kerusakan yang terjadi, kalau piston masih oke ya ganti ring seher aja, kalau silinder sudah harus oversized ya mesti bubut. Metal jalan dan metal duduk kalau bisa ganti ya diganti, kalau harus oversized ya harus dibubut.
    Yang pasti packing set harus dibeli, klep2 mesti dibersihkan (skur). Biaya jasa berikisar 700rb - 1jt, tergantung bengkelnya ya.
     
  3. kurawa100's Avatar

    kurawa100 said:
    Quote Originally Posted by ariefrh View Post
    Wah.. bro, kalau keadaannya sudah seperti itu, saya sarankan turun mesin sekalian. CC ngga akan bisa membantu banyak.
    Penggantian parts ya tergantung kerusakan yang terjadi, kalau piston masih oke ya ganti ring seher aja, kalau silinder sudah harus oversized ya mesti bubut. Metal jalan dan metal duduk kalau bisa ganti ya diganti, kalau harus oversized ya harus dibubut.
    Yang pasti packing set harus dibeli, klep2 mesti dibersihkan (skur). Biaya jasa berikisar 700rb - 1jt, tergantung bengkelnya ya.
    Asumsi part-2 yang agan sebutkan diganti semua plus beberapa bagian dibubut estimasi biaya kira-2 berapa gan yah ???
    Ada rekomendasi bengkelnya gak gan??
    Thanks
     
  4. ariefrh's Avatar

    ariefrh said:
    Kira-kira sekitar 6jtaan paling banyak kalau piston dan bubut segala.
    Kalau tidak perlu bubut dan piston masih bisa dipakai, total sekitar 3-4 jtan ya sob.
    Again, semua tergantung bengkelnya.
     
  5. yudi-dwi said:
    Yup setuju
    Mungkin sekitar 6jt an
    Tergantung kerusakan dan sparepart yg diganti
    Kmd pake sparepart ori ato KW
    Itu bedanya jauh juga hehehe...

    Thn kemarin ane cuma top overhaul aja habis 3jt an
    Krn seal klep ori ternyata mahal juga...
    Blm lagi ternyata engine mounting udah kena...

    Kalau untuk kasus agan kyknya gearbox harus dicek juga
    Cek dekrup kampas kopling dll
    Siapkan dana 1.5 jt buat cadangan hehehe...

    Cmiiw ya....
     
  6. kurawa100's Avatar

    kurawa100 said:
    Weks ... 6 Jt s/d 7.5 Jt ...Mahal juga yah ternyata
    Ada yang bisa ngasih rekomendasi Bengkel murah dan Bagus gak ... takut juga kalau sudah mahal ternyata hasilnya mengecewakan
     
  7. bocahgila's Avatar

    bocahgila said:
    Coba bantu nih masbro... Setaun lalu ane turun mesin (mobil karbu dan taun '91) itu aja untuk jasa saja sudah 1,5jt parts si klo ane liat dr mbl ane sekitar 200-400an ga ada yg lebih, paling bubut2nya lg lumayan mahal... Nah klo mobil taruna ente ane rasa parts nya masi banyak (mungkin ya) krn kn golongannya ga mobil tua.. Ya asal bengkel ngerti ente harga mnurut ane bisa disesuaiin cuma ya estimasi biaya kalo dliat dr problem mobil ente yaa diatas 5,5juta lha hehe siapin aja dana lebih karena turun mesin bnyk hal yg ga bisa diprediksi...
     
  8. ariefrh's Avatar

    ariefrh said:
    Quote Originally Posted by kurawa100 View Post
    Weks ... 6 Jt s/d 7.5 Jt ...Mahal juga yah ternyata
    Ada yang bisa ngasih rekomendasi Bengkel murah dan Bagus gak ... takut juga kalau sudah mahal ternyata hasilnya mengecewakan
    Saya ada sih bengkel di Cinere, tempat saya suka bongkar-bongkar mesin dan transmisi hehehehe...
    Orang2nya baik2 dan akomodatif, tapi takutnya jauh dari tempatnya sob ya...
     
  9. RETROtuning's Avatar

    RETROtuning said:
    Jakarta timur mah bs coba ke JUNspeed tuh diPulo asem,hrg ongkos masuk akal...cari aja namanya junoto cumi
     
  10. Flavio's Avatar

    Flavio said:
    Quote Originally Posted by kurawa100 View Post
    Mobil gua Daihatsu Taruna FGX 2001
    Mungkin karena mobil sudah 11 tahunan umurnya mesinnya jadi berat banget, oli mesin juga sering ganti (2500 KM sudah habis), mesin ngelitik dan berisik, ganti gigi berat, berasap dan powersteering juga berat banget, pokoknya sudah gak enak banget dah rasanya
    Beberapa temen merekomendasikan buat di Carbon Clean tapi banyak juga yang menyarankan supaya turun mesin saja, ganti part-2 yang sudah gak bener biar bener-2 kayak baru lagi.

    Ada yang punya rekomendasi bengkel yang bagus buat overhaul gak, lama pengerjaan serta estimasi kisaran total biaya (Jasa + Part)

    Btw. kediaman sekitar Jakarta Timur, cari bengkelnya kalau bisa yang sekitaran saja jangan jauh-jauh

    Sebelumnya Terima kasih buat agan-2 yang mau bantu ngasih saran dan rekomendasi
    Sebelum mengarah ke turun mesin, cek dulu PCV valvenya.. Kalo memang dah ngeloss one waynya oli mesin akan kesedot ke pembakaran, membentuk kerak karbon dan ngelitik. PS berat bisa di over haul.. Kalo PCV seharga ga sampe 100rb diganti masih berasep. Dilihat asapnya dan tes kompresi, jadi bisa lebih detail penyebab oli hilang apa, ringnya kah pistonnya kah seal klepnya kah dsb. Kalo masih masalah kebocoran oli ga perlu turun semua, bisa turun separuh aja.

    Cmiiw
     
  11. ariefrh's Avatar

    ariefrh said:
    Quote Originally Posted by Flavio View Post
    Sebelum mengarah ke turun mesin, cek dulu PCV valvenya.. Kalo memang dah ngeloss one waynya oli mesin akan kesedot ke pembakaran, membentuk kerak karbon dan ngelitik. PS berat bisa di over haul.. Kalo PCV seharga ga sampe 100rb diganti masih berasep. Dilihat asapnya dan tes kompresi, jadi bisa lebih detail penyebab oli hilang apa, ringnya kah pistonnya kah seal klepnya kah dsb. Kalo masih masalah kebocoran oli ga perlu turun semua, bisa turun separuh aja.

    Cmiiw
    Setuju sama bro Flavio, tapi kalau sudah seperti yang diceritain sih kayaknya sudah berat banget mesinnya bro.
     
  12. kurawa100's Avatar

    kurawa100 said:
    Quote Originally Posted by bocahgila View Post
    Coba bantu nih masbro... Setaun lalu ane turun mesin (mobil karbu dan taun '91) itu aja untuk jasa saja sudah 1,5jt parts si klo ane liat dr mbl ane sekitar 200-400an ga ada yg lebih, paling bubut2nya lg lumayan mahal... Nah klo mobil taruna ente ane rasa parts nya masi banyak (mungkin ya) krn kn golongannya ga mobil tua.. Ya asal bengkel ngerti ente harga mnurut ane bisa disesuaiin cuma ya estimasi biaya kalo dliat dr problem mobil ente yaa diatas 5,5juta lha hehe siapin aja dana lebih karena turun mesin bnyk hal yg ga bisa diprediksi...
    Thanks bro atas estimasinya, semoga nantinya kalaupun jadi overhaul gak terlalu bikin bankrut kantong


    Quote Originally Posted by ariefrh View Post
    Saya ada sih bengkel di Cinere, tempat saya suka bongkar-bongkar mesin dan transmisi hehehehe...
    Orang2nya baik2 dan akomodatif, tapi takutnya jauh dari tempatnya sob ya...
    PM saja gan, gpp kok jauh, asal kualitas bagus dan harganya reasonable nanti gua coba konfirmasikan kesana


    Quote Originally Posted by RETROtuning View Post
    Jakarta timur mah bs coba ke JUNspeed tuh diPulo asem,hrg ongkos masuk akal...cari aja namanya junoto cumi
    Thanks Gan, bisa gua jadikan referensi rujukan bengkel juga

    Quote Originally Posted by Flavio View Post
    Sebelum mengarah ke turun mesin, cek dulu PCV valvenya.. Kalo memang dah ngeloss one waynya oli mesin akan kesedot ke pembakaran, membentuk kerak karbon dan ngelitik. PS berat bisa di over haul.. Kalo PCV seharga ga sampe 100rb diganti masih berasep. Dilihat asapnya dan tes kompresi, jadi bisa lebih detail penyebab oli hilang apa, ringnya kah pistonnya kah seal klepnya kah dsb. Kalo masih masalah kebocoran oli ga perlu turun semua, bisa turun separuh aja.

    Cmiiw
    OK gan, bagus juga jadi referensi solusi masalah, semoga memang gak separah dugaan gua
     
  13. ariefrh's Avatar

    ariefrh said:
    Iya bro. Di test kompresi dulu.
     
  14. rizkyrm's Avatar

    rizkyrm said:
    kalo saya sekali waktu pernah numpang turun mesin di bengkel, biayanya 1.2jt.
    part2 beli sendiri di atrium, bubut juga bawa sendiri ke ciputat.

    cheers

     
  15. ariefrh's Avatar

    ariefrh said:
    Quote Originally Posted by rizkyrm View Post
    kalo saya sekali waktu pernah numpang turun mesin di bengkel, biayanya 1.2jt.
    part2 beli sendiri di atrium, bubut juga bawa sendiri ke ciputat.

    cheers

    1,2jt itu biaya bengkelnya aja ya sob? Ngga termasuk biaya suku cadang dan bubut kan?