Rem Berisik Patut Diusik
Rgotogel 36Goal.com Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 27
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/31884
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs

    Rem Berisik Patut Diusik

    Rem Berisik Patut Diusik

    KEBANYAKAN mobil masa kini, memakai rem jenis piringan (disc brake) di roda depan. Namun, model begini ada juga kelemahannya. Seperti bunyi mendecit dan klotok-klotok yang kerap ditimbulkan. Ini disebabkan piston yang kerap macet dan tidak bermain. Sehingga terus-menerus menekan kampas rem.

    "Apalagi rem depan mendapat bobot lebih besar untuk menghentikan laju mobil," ujar Taqwa Suryo Swasono, juragan Garden Speed yang sering menemui problem ini. Selanjutnya pria berbadan subur ini memberikan tips sederhana guna menyembuhkannya.

    Gerinda dan pelat aluminium

    Macetnya piston karena adanya karat di baut kaliper. Sangat potensial terjadi karena seringnya terkena air. Memang tidak bisa dihindarkan karena proses pencucian dan genangan air di jalan. Lebih parah, jika karet pelindungnya robek. Bukan hanya air yang masuk, kotoran-kotoran pun nyelip.

    Karat yang terjadi akan mengikis baut kaliper dan rumahnya sehingga berubah bentuk. Kalau sudah begini proses pembersihan dan pengolesan gemuk tidak dapat menolong.

    Otomatis kaliper set dan rumahnya mesti diganti. "Harganya bisa Rp1 juta-Rp2 juta per set, untuk mobil Jepang," jelas Taqwa.

    Nah, guna menyiasatinya ada langkah yang mudah dan murah. Konsentrasi pengerjaannya ada di dua baut kaliper. Caranya, lepas baut kaliper ini dari rumahnya dan bersihkan dari gemuk dan karat yang melekat.

    Kemudian kikir badan baut dengan gerinda sampai diameternya bekurang. Setelah itu olesi baut dengan gemuk secukupnya.

    Baut sudah siap dipasang lagi. Namun sebelum itu bersihkan juga lubang baut kaliper dari karat dan kotoran.

    Caranya dengan cairan pembersih karat. Pastikan juga kondisi karet penahan debu masih baik dan belum robek.

    Setelah terpasang lakukan pengetesan. Caranya, nyalakan mesin dan mainkan pedal rem. Kemudian putar piringan rem dengan tangan. Kalau masih macet berati proses pengecilan dia meter baut masih kurang.

    Gerinda lagi badan baut dan ulangi pengetesan sampai piringan rem berputar bebas. Nah, sampai di sini langkah penghilangan bunyi mencerit selesai.

    Giliran bunyi klotok-klotok yang timbul. Sebelumya lakukan pengetesan dengan cara mendongkrak bagian depan mobil. Dalam posisi mengantung ini, cermin posisi kampas remnya dan tekan perlahan dengan ujung obeng. Lakukan proses ini sambil mobil dijalankan.

    Kalau bunyi itu hilang itu artinya kampas rem oblak. Hal ini biasanya terjadi di kampas yang tebalnya tinggal 70 persen.

    Oblaknya kampas ini karena adanya celah antara piston dan kampas yan hanya bebeapa mili meter. Karena posisi piston tidak dapat disetel,maka celah tersebut harus diganjal.

    Manfaatkanlah pelat aluminium yang tebalnya 0,5-1 mm. Bahan ini diyakini antikarat dan cepat melepas panas. Gunting pelat itu mengikuti bentuk kampas. Pasang di antara kampas dan piston. Cek lagi posisinya, kalau masih oblak tambahkan jumlah pelatnya.

    Sampai di sini seluruh proses selesai. Peranti rem dapat bekerja maksimal dengan langkah minimal.

    http://www.indomedia.com/bpost/082000/20/oto/oto1.htm

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,577
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    wah informasinya jelas betul, kalau bisa difoto sekalian Bro, biar jelas step by step nya.
    Thanks a lot.

  4. #3
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    gak punya camera pak???
    maklum yah

    semoga bermanfaat

  5. #4
    Kapten
    Posts
    2,277
    Power
    63 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Day 9 Hrs 33 Mins 44 Secs
    Bagus nih info nya bro. Thx yah

  6. #5
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    ur welcome

    gw cuma copas doang kok
    sumbernya seh juragan www.gardenspeed.com tuh

  7. #6
    Sersan Satu
    Location
    BDG
    Posts
    489
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 7 Hrs 38 Mins 37 Secs
    Bagus neh, thx bos .... jadi pengen nanya2 neh, boil ane kondisinya kyk gini :
    1. Kalo dibawa <60 km/h, setiap belok kiri kedengeran ngedengung tapi setiap belok ke kanan n lurus dengungnya ilang, Kalo dibawa >60 km/h, kadang dengungnya kedengeran tanpa belok ke kiri pun
    2. Kalo jalan kurang bagus kadang ada bunyi klotok2, apa ini berhubungan dengan kampas rem (berdasarkan artikel di atas) ?
    3. Kadang sekarang ngerem nginjeknya agak dalem , kadang juga engak dan suka berubah2 ...... . kira2 apanya yah ?
    4. Satu lagi, kalo bengkel kaki2 di BDG yg bagus n murah meriah dimana yah?

    Makasih banyak neh kalo ada yg mo bantuin jelasin!

    salam,

  8. #7
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,577
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Bro, mau tanya, kapan terakhir kali spooring ama balancing? kalau uda lama, lebih dr 1 thn, sebaiknya disetel kembali.

    Yang bunyi klotok-2, coba cek tierod dan balljoint nya. Biasa orang spooring ngerti kalau uda lemah, ya gak bisa spooring.

    Kapan terakhir kali kuras minyak rem? biasa setiap 25rb sekali, ganti minyak rem biar tetap terjaga daya cengkramnya. Cek juga booster remnya.

    Kalau di bdg sih kurang ngerti, maklum warga jkt, hehehe. Semoga bisa menjawab, walaupun sedikit.

  9. #8
    Mayor
    Location
    horassssss bah
    Posts
    4,803
    Power
    50 
    M-Store Point
    0
    Online
    23 Mins 44 Secs
    thanks infonya Bos, gw copas lagi boleh ya ...
    Nothing is more painfull than regret
    http://www.postimage.org/aV23fzK9.jpg
    ~id-GV~

  10. #9
    Sersan Satu
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    368
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    klo mobil gw bunyi klotok2 klo ngerem kecepatan <20km/jam.. knp ya bro?

  11. #10
    Letnan Jendral
    Location
    Banten
    Posts
    25,662
    Power
    100 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 2 Days 46 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by joyaryapurnama
    Bagus neh, thx bos .... jadi pengen nanya2 neh, boil ane kondisinya kyk gini :
    1. Kalo dibawa <60 km/h, setiap belok kiri kedengeran ngedengung tapi setiap belok ke kanan n lurus dengungnya ilang, Kalo dibawa >60 km/h, kadang dengungnya kedengeran tanpa belok ke kiri pun
    2. Kalo jalan kurang bagus kadang ada bunyi klotok2, apa ini berhubungan dengan kampas rem (berdasarkan artikel di atas) ?
    3. Kadang sekarang ngerem nginjeknya agak dalem , kadang juga engak dan suka berubah2 ...... . kira2 apanya yah ?
    4. Satu lagi, kalo bengkel kaki2 di BDG yg bagus n murah meriah dimana yah?

    Makasih banyak neh kalo ada yg mo bantuin jelasin!

    salam,
    1. coba cek bearing roda
    2. tierod dan long tie rod
    3. coba cek ketebalan kampas
    4. ditechinjection di cikutra

    kalo masalah kaki2 sebaiknya di cek stu persatu secara menyeluruh
    gak bisa mengandalkan bunyi2 saja

    selamat mencoba

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 100
    Last Post: 9th June 2015, 14:14
  2. TIPS klo ditilang polisi.. PATUT DIBACA
    By di in forum Automotive
    Replies: 316
    Last Post: 24th September 2012, 20:45
  3. Replies: 19
    Last Post: 18th December 2009, 10:43
  4. Replies: 28
    Last Post: 21st February 2009, 14:08
Back to top