Selang Vacumm mesin Copot (was... Mesin Over Heat Aneh..)
Scuto Laminating Simota HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/30756
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Mins 46 Secs

    Selang Vacumm mesin Copot (was... Mesin Over Heat Aneh..)

    Salam Kenal Teman2..
    mohon bantunannya nih..
    mobil saya AN Corolla 96, kemaren baru mengalami overheat..

    pada awalnya mobil ini ga pernah mengecewakan, cuma tahun lalu sempat turun 1/2 mesin, karena mesinnya bocor gara2 overheat..
    pada saat itu pernah di ganti radiator, waterpump, radiator cap, dan thermostat juga dicabut oleh bengkel..
    sejak tahun lalu ampe sekarang sih tidak pernah ada overheat lagi, sudah pernah dibawa JKT-bogor, ke bitung, Karawang, dsb..
    sudah di cek air radiator tidak pernah kurang, resevoir juga kurang sedikit2 kira2 1 bulan 1x nambah air 200ml

    cuma memang sejak kejadian tersebut, mobil menjadi agak tidak enak.
    mesin agak getar, kalo AC on, RPM drop trus baru naik lagi dan mobil makin getar, suara IDLE kasar.. dan tarikan gigi pertama "kadang2" mengetarkan bodi (getarannya berasa berjalan dari depan sampai ke belakang)
    tapi selain itu sih no problem, tarikan OK, dsb.. BBM dalkot 1/9, Luarkota 1/11

    tapi yang jadi problem terbaru.. adalah kemaren sabtu mobil dipake normal Jakarta ke Cengkareng, pagi2.. agak siang mobil dibawa pulang cengkareng - jakarta.. kondisi perjalanan standard, kadang macet, kadang lancar.. sampai di jakarta, mobil langsung dibawa (tujuan awal) ke bogor.. lewat tol dalkot macet di kuningan, sampe cawang.. temperatur masih normal, sampai keluar cawang masuk tol ciawi.. dalam perjalanan tiba2 melihat jarum naik ke posisi 3/4.. reflex matikan AC, dan langsung menepi 5 menit, pada saat mesin dinyalakan, temperatur sudah balik 1/2 (aneh cuma berhenti 5 menit loh..) akhirnya coba lagi jalan tanpa AC.. ga sampe 10 menit, temperature kembali naik ke 3/4..
    akhirnya menepi lagi.. berhenti 5 menit.. dan trus kembali jalan, tanpa AC dan posisi ke heater, agar udara panas dibuang ke kabin (ini efek ga sih?)
    langsung ke luar ke cibubur.. temperatur sudah tidak naik lagi..
    didiamkan 1/2 jam.. cek radiator air tidak kurang.. cek resevoir, air agak mendidih.. tapi tidak meluap.. dan sepertinya agak kurang.. coba ditambahkan.. cukup 1 botol 600ml, resevoir sudah penuh..

    akhirnya terpaksa balik ke jakarta.. dengan kondisi AC di posisi heater..
    sampai masuk ke tol dalkot lagi.. heater di matikan, tapi masih tanpa AC..
    setelah ambil arah tol tanjungpriuk, sampai keluaran sunter, saya coba kembali menyalakan AC..
    dan terus sampai ke rumah di daerah pluit.. temperature normal2 saja..

    so jadi bingung masalah dimana...

    ada ide temen2? mohon bantuannya..

    dan juga mohon info mengenai thermostat.. apa benar tanpa thermostat, maka air yang belum didinginkan oleh radiator jadi kembali masuk ke ruang mesin? bukankah dalam keadaan mesin sudah pada suhu kerja normal, thermostat membuka sempurna, dimana artinya sama dengan tanpa adanya thermostat?

    fungsi thermostat di awal pada saat mesin dingin memang benar, dia menutup agar panas berputar2 di ruang mesin sampai suhu optimal, baru di alirkan..

    karena ada yang bilang, tanpa adanya thermostat, maka kemungkinan mobil akan lebih cepat overheat, karena air yang belum didinginkan sempurna sudah kembali ke ruang mesin..
    bener ga sih?

    mohon penjelasannya..

    terima kasih sebelumnya..

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Mayor
    Location
    INLINE BODYWORKS
    Posts
    4,246
    Power
    24 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 14 Hrs 59 Mins 2 Secs
    test kompresi aja dulu bos, kali aja ada gas pembakaran yg masuk ke sirkulasi pendinginan(air). bisa ke toyota atau bisa DIY.
    caranya: mesin dingin, buka radiator cap. trus ambil ember berisi air. hidupkan mesin sampai temp normal. stlh itu tutup rapat lubang return radiator dgn rapat(pake apa aja tapi bukan radiator capnya). trus ujung selang reservoir rendam ke ember berisi air.
    coba di gas2... kalo ada gelembung udara maka kemungkinan kompresi bocor.

    untuk pastinya bawa ke toyota sih. mrk punya alat nya.

  4. #3
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Mins 46 Secs
    kalo kompresi bocor itu, kalo ga salah oli jadi warna susu ya?
    kalo saya liat sih biasa2 aja.. warna olinya..

    apa musti di cek dulu ya?

    kalo misal bocor gimana? apa perlu turun mesin lagi? gile deh.. turun mesin tiap tahun...

  5. #4
    Mayor
    Location
    INLINE BODYWORKS
    Posts
    4,246
    Power
    24 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 14 Hrs 59 Mins 2 Secs
    kalo udah gila2an bocornya ya warna putih susu.
    kadang cuma sedikit bgt bos, bocor di sela2 paking...
    btw, timing pengapian udah bener blm?

  6. #5
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Mins 46 Secs
    kalau timing pengapian salah, efek nya apa?

  7. #6
    Kolonel
    Location
    PUSING PALA BAPA'
    Posts
    7,610
    Power
    69 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 17 Hrs 32 Mins 10 Secs
    resevoir jgn penuh ampe mentok,boss...coz gw dulu jg gitu,,overheat gitu..pas di cek resevoir kosong...dan kata temen gw ga boleh terlalu penuh,krn utk sirkulasi...liat aja batas maximalnya..kl mbl gw sih gitu..ga tau mbl yg lain..
    tentang thermostat,gw ga pake,byasa2 aja tuh...ga tau mbl yg lain...

    CMIIW gitchu loch...sumpe...
    Suzii Baleno sangat amat setandar bang ---> KLIK
    "Anda Puas, Kami Lemas..."

  8. #7
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Mins 46 Secs
    barusan dapat info dari bengkel..
    katanya problemnya cuma di extra fan AC jalannya lambat..
    dan ada selang vacum yang copot.. (belum jelas yang mana)

    apa 2 hal tersebut bisa begitu ya?

    memang pas hari sabtu itu panas banget deh, sepanjang jalan pake full AC dan blower di set ke posisi dua.. biasanya sih ga pernah cuma set blower di posisi 1 dan ga full temp nya..

    mohon pendapatnya..

  9. #8
    Brigadir Jendral
    Location
    california
    Posts
    12,565
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 5 Hrs 28 Mins 45 Secs
    cek aja groundingnya...sapa tau ada yg konslet....punya gw temperatur naek terus melebihi 3/4 kalo lampu nyala....trus kalo lampu di matiin turun ampe 1/2 doank....

  10. #9
    Kapten
    Posts
    2,062
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    Re: Mesin Over Heat Aneh..

    Quote Originally Posted by babejuprie
    Salam Kenal Teman2..
    mohon bantunannya nih..
    mobil saya AN Corolla 96, kemaren baru mengalami overheat..

    pada awalnya mobil ini ga pernah mengecewakan, cuma tahun lalu sempat turun 1/2 mesin, karena mesinnya bocor gara2 overheat..
    pada saat itu pernah di ganti radiator, waterpump, radiator cap, dan thermostat juga dicabut oleh bengkel..
    sejak tahun lalu ampe sekarang sih tidak pernah ada overheat lagi, sudah pernah dibawa JKT-bogor, ke bitung, Karawang, dsb..
    sudah di cek air radiator tidak pernah kurang, resevoir juga kurang sedikit2 kira2 1 bulan 1x nambah air 200ml

    cuma memang sejak kejadian tersebut, mobil menjadi agak tidak enak.
    mesin agak getar, kalo AC on, RPM drop trus baru naik lagi dan mobil makin getar, suara IDLE kasar.. dan tarikan gigi pertama "kadang2" mengetarkan bodi (getarannya berasa berjalan dari depan sampai ke belakang)
    tapi selain itu sih no problem, tarikan OK, dsb.. BBM dalkot 1/9, Luarkota 1/11

    tapi yang jadi problem terbaru.. adalah kemaren sabtu mobil dipake normal Jakarta ke Cengkareng, pagi2.. agak siang mobil dibawa pulang cengkareng - jakarta.. kondisi perjalanan standard, kadang macet, kadang lancar.. sampai di jakarta, mobil langsung dibawa (tujuan awal) ke bogor.. lewat tol dalkot macet di kuningan, sampe cawang.. temperatur masih normal, sampai keluar cawang masuk tol ciawi.. dalam perjalanan tiba2 melihat jarum naik ke posisi 3/4.. reflex matikan AC, dan langsung menepi 5 menit, pada saat mesin dinyalakan, temperatur sudah balik 1/2 (aneh cuma berhenti 5 menit loh..) akhirnya coba lagi jalan tanpa AC.. ga sampe 10 menit, temperature kembali naik ke 3/4..
    akhirnya menepi lagi.. berhenti 5 menit.. dan trus kembali jalan, tanpa AC dan posisi ke heater, agar udara panas dibuang ke kabin (ini efek ga sih?)
    langsung ke luar ke cibubur.. temperatur sudah tidak naik lagi..
    didiamkan 1/2 jam.. cek radiator air tidak kurang.. cek resevoir, air agak mendidih.. tapi tidak meluap.. dan sepertinya agak kurang.. coba ditambahkan.. cukup 1 botol 600ml, resevoir sudah penuh..

    akhirnya terpaksa balik ke jakarta.. dengan kondisi AC di posisi heater..
    sampai masuk ke tol dalkot lagi.. heater di matikan, tapi masih tanpa AC..
    setelah ambil arah tol tanjungpriuk, sampai keluaran sunter, saya coba kembali menyalakan AC..
    dan terus sampai ke rumah di daerah pluit.. temperature normal2 saja..

    so jadi bingung masalah dimana...

    ada ide temen2? mohon bantuannya..

    dan juga mohon info mengenai thermostat.. apa benar tanpa thermostat, maka air yang belum didinginkan oleh radiator jadi kembali masuk ke ruang mesin? bukankah dalam keadaan mesin sudah pada suhu kerja normal, thermostat membuka sempurna, dimana artinya sama dengan tanpa adanya thermostat?

    fungsi thermostat di awal pada saat mesin dingin memang benar, dia menutup agar panas berputar2 di ruang mesin sampai suhu optimal, baru di alirkan..

    karena ada yang bilang, tanpa adanya thermostat, maka kemungkinan mobil akan lebih cepat overheat, karena air yang belum didinginkan sempurna sudah kembali ke ruang mesin..
    bener ga sih?

    mohon penjelasannya..

    terima kasih sebelumnya..
    cb di cek dl ekstrafannya idupnya telat apa ga, klo telat biasanya pas macet mesin o.heat tp pas lancar normal2 aja. Klo emang bgt cirinya ganti switch fannya aja. Klo ga telat idup cb di cek fannya idupnya kenceng ga, biasanya klo bostelnya tipis fan muternya pelan, klo bostel kotor idup klo di ketok ato kena getaran yg kenceng. Kemungkinan si dr fan ato switchfan. Penambahan air di mbl yg o.heat wajar krn air panas akan menekan kluar jd luber lewat resevoir. Mudahan bermanfaat broo...

  11. #10
    Kopral Dua
    Posts
    39
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Mins 46 Secs
    mobil da balik semalem.. pagi ini da dipake ke kantor daerah sunter.. sih no problem..
    mudah2an ok untuk sekarang..
    dan juga mobil berasa lebih enak.. tarikan lebih garang
    dan getaran lebih minim, getaran di gigi1 da hilang..
    menurut bengkel ada selang vakum mesin yang copot, apa sih gunanya?

    banyak masalah.. jadi banyak mo tau deh..

    thx all.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Mega Glodok Kemayoran MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTA : Selang mesin & Gearbox AW
    By anchaid in forum Diskusi Mesin
    Replies: 1
    Last Post: 8th December 2009, 13:22
  2. WTA : Selang mesin & Gearbox AW
    By anchaid in forum Volvo
    Replies: 1
    Last Post: 8th December 2009, 13:22
  3. MESIN GW ANEH,, HELP!!!!!!!
    By agagaga in forum Diskusi Mesin
    Replies: 36
    Last Post: 30th May 2009, 15:40
  4. AC bikin mesin over heat
    By theTurtle in forum Diskusi Mesin
    Replies: 10
    Last Post: 14th December 2006, 12:41
Back to top