Tutorial : Perbedaan Suara antar Speaker dan Pengaruh Akustik Ruangan
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 22 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 217
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/284034
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Thumbs up Tutorial Perbedaan Suara Speaker dan Pengaruh Akustik Ruangan

    Mengapa kita mendengarkan perbedaan suara antar perangkat speaker dengan perangkat speaker yang lain. Parameter apa yang menjadi penyebabnya?! Apakah amplitudo? frekuensi? distorsi? phase? jarak tiba suara? Atau bahkan gabungannya?! Mari kita diskusikan bersama dalam thread ini.

    Speaker itu sendiri sebagai hasil akhir dari keseluruhan sound system mengemban tugas berat yaitu mengubah sinyal listrik sudah diperkuat oleh power amplifier menjadi energi suara yang kita dengarkan. Salah satu tujuan desain loudspeaker adalah menghasilkan frekuensi seflat mungkin bukan hanya di depan speaker (on axis) melainkan juga secara off axis. Permasalahannya adalah sangat sulit atau bahkan nyaris tidak mungkin kita mendapatkan response Frekuensi ideal karena satu hal penting dan paling berpengaruh yaitu AKUSTIK RUANGAN. Hal ini berlaku secara umum baik di car audio, home audio, dan seterusnya.

    Tidak ada speaker sebagus dan sehebat serta semahal apapun akan bersuara optimal jika tidak didukung oleh akustik ruangan yang mendekati ideal. Banyak sekali mobil yang saya dengar dan masuk kategori BAGUS sebenarnya bisa bersuara LUAR BIASA ketika akustik ruangan ditreatment dengan baik

    Akustik memiliki berbagai definisi dalam dunia arsitektur akustik dapat berarti penanganan terhadap efek suara yang terjadi pada suatu ruangan tertutup. Namun demikian dalam tulisan ini penulis sengaja membatasi definisinya sebgai ilmu yang mempelajari suara dan cara suara berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

    Untuk benar-benar bisa memahami akustik idealnya orang memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Gelombang Tekanan Suara (Sound Pressure Wave) bagaimana dia bekerja dan bagaimana telinga kita menangkap suara dan bagaimana otak kita menerjemahkan suara tersebut.

    Contohnya apa beda suara, bunyi, nada dan musik?

    Suara adalah apapun yang kita dengar dan kita rasakan getarannya. Bunyi adalah suara yang timbul di sekitar kita sedangkan nada adalah tinggi rendahnya bunyi yang terdengar. Musik adalah kumpulan nada yang bersifat harmonis. Nah musik ini akan terdengar lebih indah di ruangan yang akustiknya baik contoh di gedung konser versus di lapangan bola

    Tiga hal yang harus dipahami untuk mempelajari Akustik :

    Room Acoustic

    Fungsi dari perilaku suara ketika dihasilkan dalam suatu ruangan tertutup. Gelombang suara berperilaku sangat berbeda ketika berada di suatu ruangan (closed air) contohnya auditorium atau kendaraan kita dibandingkan dengan ruangan terbuka (open air) contoh lapangan sepakbola. Satuan ukurnya disebut sebagai reverberation time dan standarnya disebut sebagai RT60. Ruangan dengan High RT60 akan sangat bergema dan suara sulit diinterprestasikan dengan baik sedangkan Ruangan dengan Low RT60 akan baik untuk mereproduksi suara dan musik. Ingat suara yang kita dengar terdiri atas
    Direct Sound (Suara langsung) yaitu suara yang keluar langsung dari sumbernya contoh : speaker
    Early Reflection (Pantulan awal) yaitu suara langsung yang terpantul oleh ruangan sekitar (biasa kita dengar sebagai ambience suara).
    Late Reflection (Pantulan akhir) adalah early reflection yang terpantul lagi secara berulang-ulang ampai akhirnya lenyap energinya. Jika terlalu banyak akan menimbulkan gema atau gaung (reverberation and echo) yang menyebabkan clarity suara menurun drastis. Dalam ruangan akustik hal ini sebaiknya dihindari. Itulah sebabnya suatu speaker secara obyektif ditest parameternya dalam ruangan bebas gema (anechoic chamber).
    _

    Di dalam mobil semua faktor akustik pantulan, sebaran, serapan (reflection, diffusion absorbtion) terjadi secara ekstrim untuk itu perlu ditangani secara khusus!

    Treatment Acoustic
    Yaitu fungsi dari treatment suara guna menghasilkan efek suara yang diinginkan secara mekanis contohnya penggunaan diffuser, absorbser, bass trap dll. Metode ini sudah diterapkan secara menyeluruh di studio rekaman semenjak tahun 1930an sampai sekarang misalnya oleh Bell Laboratories, Japan Victor Company, Yamaha, Walt Disney, dll dan dilakukan secara konsisten oleh Pabrikan mobil terkemuka seperti Roll Royce, Jaguar, Daimler Chrysler, Mercedez Benz, Aston Martin, Lexus, Infinity dll

    Dalam tulisan ini akan lebih banyak membahas tentang hal ini termasuk teknik peredaman yang efektif untuk mengoptimalkan akustik pada mobil.

    Engineered Acoustic
    Yaitu fungsi dari peralatan audio guna menghasilkan efek suara yang diinginkan secara elektronikcontohnya penggunaan equalizer, crossover, time alignment pada digital room correction dan atau sound processor. Berbeda dengan dunia Car Audio yang relatif sangat lambat mengadopsi penggunaan processor maka dunia Pro Audio dan Recording Audio dan Movie Audio sudah bergerak cepat sejak tiga puluh tahun terakhir mempergunakan metode ini untuk mendapatkan suara yang diinginkan. Contohnya Dolby Laboratories, Audissey, SRS Sound Labs, DTS, Ambisound, BBE, Rane, Audiocontrol, Behringer, DBX dll (hal ini akan dibahas dalam tulisan khusus penulis tentang processor

    Kombinasi dari ketiga hal tersebut merupakan hal yang sebenarnya sangat baik apabila diterapkan dalam dunia Car Audio,

    Ingat selalu rumusan ini Acoustic First Then Audio Equipment!

    Poor Acoustic + Poor Audio System = Worst Sound
    Poor Acoustic + Good Audio System = Bad Sound
    Good Acoustic + Bad Audio System = Moderate Sound
    Good Acoustic + Good Audio System = Better Sound
    _
    Prinsipnya tidak ada mobil bersuara istimewa tanpa penanganan akustik yang istimewa!

    Beberapa mobil mewah (luxury car) sudah menanamkan mindset tentang akustik ini sejak awal. Kalau kita membongkar kendaraan mewah maka akan terlihat bagaimana ketebalan plat, ketebalan kaca dan ketebalan peredam serta kekedapan karet pintu mampu meredam suara dengan sanat baik meskipun beberapa dari mereka dilengkapi dengan mesin super besar sampai 5000cc, namun penumpangnya dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya secara wajar dan mendengarkan musik dengan sangat nyaman.

    Hal ini tentu berbeda halnya dengan kendaraan normal (ordinary car) sebagaimana yang kita miliki. Itulah sebabnya perangkat sound system yang sama persis akan bersuara sangat berbeda ketika diaplikasikan pada jenis kendaraan yang berbeda dan itu juga sebabnya kendaraan normal sangat memerlukan bantuan acoustic treatment secara optimal guna menghasilkan suara yang sama baiknya dengan kendaraan mewah.

    Pertanyaannya sekarang apa yang perlu diperhatikan dalam mengantisipasi akustik di kendaraan kita? Jawabannya adalah antisipasi terhadap sumber gangguan akustik di kendaraan yaitu noise dan Perhatikan suara-suara noise seperti

    Engine Noise (Suara deru Mesin mobil dan knalpot) contoh mesin diesel jauh lebih berisik daripada mesin bensin. Demikian juga knalpot racing tentunya jauh lebih berisik daripada knalpot standar. Hal ini harus diantisipasi secara cermat oleh pemilik mobil dengan mesin diesel

    Road and Traffic Noise (Suara deru Ban, dan berisiknya jalan raya) contoh ban tipe performance biasanya jauh lebih berisik daripada ban tipe comfort atau daily use. Contoh lainnya suara klakson, air hujan dan suara truk dll
    Mechanical/Interior Noise (Suara berisik dari dalam interior mobil) contoh panel pintu (doortrim) yang bergetar, Jok mobil, dashboard, ban cadangan yang berbunyi dll

    Nah untuk peredamannya bagian mana saja yang perlu ditambahkan peredam?

    Kap Mesin untuk (engine noise
    Fender (road noise)
    Pintu (engine, road, mechanical noise)
    Firewall (engine, road, mechanical noise)
    Plafon (engine, road, mechanical noise)
    Lantai (engine dan road noise)
    Bagasi (engine, road, mechanical noise)
    Karet pintu (engine dan road noise)

    Pilih bahan peredam sesuai kegunaannya seperti aspal, karet, acoustic sponge / foam, acoustic wool, karet pintu dll

    Selanjutnya terkait dengan bahan peredam maka cara kerjanya adalah sebagai berikut:

    Peredam getaran aspal atau karet perlu untuk membuat plat body mobil dan doortrim lebih rigid sehingga ngga gampang bergetar karena getaran suara dari speaker midbass atau subwoofer. Pasang di pintu, panel2 dan ruang bagasi

    Peredam suara dari acoustic wool efektif atau acoustic sponge/foam untuk meredam suara bising dari luar mobil pasang di firewall, plafon dan di bawah karpet dasar

    Penggunaan karet tambahan untuk semua pintu dan penyetelan ulang engsel pintu juga membuat suara semakin kedap dari gangguan noise di luar mobil.

    Kombinasi ketiga hal tersebut ditambah dengan pemilihan ban tipe comfort dan knalpot standard akan membuat mobil menjadi semakin hening dan kedap suara. Apalagi jika ditambahkan teknik double glass (kaca ganda) dan atau pengecoran semen seperti dilakukan pada beberapa mobil kontes!

    Ada juga tulisan menarik dari Ahli akustik Ethan Winer tentang comb filtering sebagai berikut:

    .........Through my research in room acoustics I believe the acoustic phenomena known as comb filtering is the most plausible explanation for many of the differences people claim to hear from cables, power conditioners, isolation devices, low-jitter external clocks, polarity reversal, ultra-high sample rates, replacement power cords and fuses, and so forth. Comb filtering is a specific type of frequency response error that occurs when direct sound from the loudspeakers combines in the air with reflections off the walls, floor, ceiling, and other nearby objects........
    http://www.ethanwiner.com/believe.html

    To be continued........

    ----------

    Disclaimer : sebagian materi di sini merupakan penelitian ilmiah yang akan penulis sebutkan sumbernya, sebagian lagi merupakan pengalaman empirik penulis dalam berinteraksi dengan dunia audio dan komunitas penggemar musik dan audio.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Satu
    Location
    jakarta
    Posts
    338
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Hrs 4 Mins 38 Secs
    Kerennnn,, pas ane lg mau pasang peredam di dlm mobil nih..

  4. #3
    Letnan Kolonel
    Location
    klaten
    Posts
    6,539
    Power
    40 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 1 Day 1 Hr 40 Mins 16 Secs
    Duduk manis sambil ikutan nyimak neh.. Master suhu mau bagi2 ilmu lagee..

  5. #4
    Mayor
    Location
    JAKARTA
    Posts
    3,583
    Power
    37 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 15 Hrs 49 Mins 9 Secs
    Pertanyaannya ruangan/akustik yg ideal dlm mbl itu spt apa yahh suhuu?? Apa aja yg hrs diperhatikan? Truss bagaimana menilai apakah ruangan/akustik nya sudah ideal?

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    CIKAMPEK VILLAGE
    Posts
    5,567
    Power
    51 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 5 Days 9 Mins 28 Secs
    Skalian nanya suhu.
    Yg bikin suara 'mantul2' d dlm mobil selain kaca dr mana y?
    Apa jok mobil lbh baik ga d lapis dgn bahan2 semi sintetik (better bawaan pabrik) biar nyerap suara jg?
    Trs dashboard yg baik itu yg kaya gimana y suhu,apa yg 'flat' aka ga ada tonjolan2? Kl yg dr bawaan lahirnya bentuk uda kaya barisan 'pegunungan' bisa ga kira2 tanpa d 'permak' nghasilin suara yg flat? Brhubung audio kan kebutuhan tersier,syg aja kl byk rombakan d sana sini. Tengkiu..

  7. #6
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Smile

    Quote Originally Posted by mr.nice View Post
    Pertanyaannya ruangan/akustik yg ideal dlm mbl itu spt apa yahh suhuu?? Apa aja yg hrs diperhatikan? Truss bagaimana menilai apakah ruangan/akustik nya sudah ideal?
    Pertanyaan yang sangat bagus, sudah saya tambahkan bahan tulisannya Bro! Thx a lot

    ----------

    Quote Originally Posted by dots View Post
    Kerennnn,, pas ane lg mau pasang peredam di dlm mobil nih..
    Goodluck Bro!

    ----------

    Quote Originally Posted by danny_8118FL View Post
    Duduk manis sambil ikutan nyimak neh.. Master suhu mau bagi2 ilmu lagee..
    Siap Master Danny!

    ----------

    Quote Originally Posted by adam View Post
    Skalian nanya suhu.
    Yg bikin suara 'mantul2' d dlm mobil selain kaca dr mana y?
    Apa jok mobil lbh baik ga d lapis dgn bahan2 semi sintetik (better bawaan pabrik) biar nyerap suara jg?
    Trs dashboard yg baik itu yg kaya gimana y suhu,apa yg 'flat' aka ga ada tonjolan2? Kl yg dr bawaan lahirnya bentuk uda kaya barisan 'pegunungan' bisa ga kira2 tanpa d 'permak' nghasilin suara yg flat? Brhubung audio kan kebutuhan tersier,syg aja kl byk rombakan d sana sini. Tengkiu..
    Selain kaca memang kontur dashboard sangat mempengaruhi suara Bro. Semuanya bisa dihandle tergantung seberapa besar kita mau berupaya merombak kendaraan kita he he he

  8. #7
    Sersan Mayor
    Location
    Samarinda
    Posts
    786
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Days 10 Hrs 22 Mins 40 Secs
    Wahh mantap nih..
    Bisa ikutan belajar nih, siapa tau kelak bisa dipakai ilmunya ketika "bangun" mobil :-)

    Kemudian ada beberapa pertanyaan dari saya pak, mau dijawab langsung silahkan, kalau tidak pun bisa di pm saja :-)

    1. Terkait dengan peredam untuk doortrim, sebagaimana diketahui ada beberapa tipe baik yg karet maupun alumunium, kira2 merk apa dan harga brapa yg pernah dicoba sama pak wendo.
    2. Ciri2 peredam yg bagus yg bagaimana? Kan ada tuh sy pernah liat & pegang yg merk wurth, checkmat, dll, nah kan ada yg keras banget (klo ditekuk patah) sampai ada yg lentur.. Kira2 mana yg cocok buat di mobil?

    Karena dalam kasus (mobil) saya, memang terdapat suara engine, road noise dan knalpot yg masuk, sama suara panel plastik yg getar. Karena sy masih binggung apakah ada perbedaan antara peredam yg harga 50rb/lbr, 150rb ampe yg 200rb/lbr.

    Trims.

  9. #8
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs

    Smile

    Quote Originally Posted by yosua778 View Post
    Wahh mantap nih..
    Bisa ikutan belajar nih, siapa tau kelak bisa dipakai ilmunya ketika "bangun" mobil :-)

    Kemudian ada beberapa pertanyaan dari saya pak, mau dijawab langsung silahkan, kalau tidak pun bisa di pm saja :-)

    1. Terkait dengan peredam untuk doortrim, sebagaimana diketahui ada beberapa tipe baik yg karet maupun alumunium, kira2 merk apa dan harga brapa yg pernah dicoba sama pak wendo.
    2. Ciri2 peredam yg bagus yg bagaimana? Kan ada tuh sy pernah liat & pegang yg merk wurth, checkmat, dll, nah kan ada yg keras banget (klo ditekuk patah) sampai ada yg lentur.. Kira2 mana yg cocok buat di mobil?

    Karena dalam kasus (mobil) saya, memang terdapat suara engine, road noise dan knalpot yg masuk, sama suara panel plastik yg getar. Karena sy masih binggung apakah ada perbedaan antara peredam yg harga 50rb/lbr, 150rb ampe yg 200rb/lbr.

    Trims.
    Bahan peredam itu ada banyak jenisnya dan merknya, semua yang Bro sebutkan termasuk peredam bagus, termasuk dynamat, second skin, stp, Accumat, flexxtech dll. Installer yang menguasai akustik umumnya akan mengetahui jenis peredam mana yang cocok dengan masalah noise yang terjadi. Contohnya untuk plafond hindari penggunaan bahan aspal yang berat dan kaku tetapi gunakan bahan yang mampu menyerap panas dan suara hujan. Penggunaan bahan kaku untuk atap akan mempengaruhi kontruksi plafond dalam jangka panjang.

  10. #9
    Sersan Dua
    Location
    Indonesia
    Posts
    263
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    ----------

    Bp. Wen Do, kapan mau established sebuah organisasi yang mewadahi penggemar car audio di Indonesia?

    Seperti di Malaysia, Singapore, Thailand.
    Mereka memiliki sebuah organisasi sendiri, yang mana setiap periode tertentu mengadakan event.
    Baik itu berupa autosound contest atau acara gathering.

    Bp. Wen Do mempunyai jiwa pemimpin, wibawa, sahaja, rendah hati, baik hati, murah senyum, dermawan dan lain lain yang baik baik dan manis didengar.
    Terutama persahabatan & pengetahuan yang dimiliki di bidang audio.

    Mungkin bisa bekerjasama dengan beberapa pihak lain di bidang ini, seperti Bp. Ardian ArG, Bp. Erik, Bp. NeuSounds, Bp. Handy, Bp. Indra, Bp. Ricky, Bp. Edhie Wijaya, Bp. Tritala, Bp. Cartens, Bp. Tenten, Bp. Angga, Bp. Tinky, Bp. Nico, Bp. Hery Dots, Bp. Unscac, Bp. Wahyu Tanuwidjaya, Bp. Andre, Bp. Andi, Bp. Heru, Bp. Alex Orang, Bp. Rizal Masswork, Bp. Modcom, Bp. Roni dan Bapak Bapak terhormat lainnya di Indonesia.

    Berat sama sama dipikul, ringan sama sama dijinjing.

    Sudah saatnya, Indonesia memilki organisasi sendiri yang mewadahi pecinta car audio.
    Yang benar benar independent.

    Untuk penjurian, bisa memilih juri lokal atau juri dari luar negeri.
    Untuk waktu, tempat penyelenggaraan dan anggaran mengenai event tersebut, saya rasa semua pihak bisa membantu mendukung demi terselenggaranya event ini.

    Saya yakin dengan adanya organisasi sendiri, negara Indonesia akan semakin dipandang oleh negara lain di dunia.

    Saatnya untuk INDONESIA BANGKIT.

    Terimakasih.

    Note.
    Maaf kalau ada tutur kata atau penulisan yang salah.

  11. #10
    Honoured Member
    Posts
    4,601
    Power
    47 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 3 Days 3 Hrs 57 Mins 25 Secs
    Wah terharu saya baca tulisan Pak Wahyudi, saya sich dari dulu sampai sekarang dan ke depannya memang akan terus menekuni dunia audio dengan segala suka dan dukanya. Thx


    Ada update info tentang peredam:

    http://www.modifikasi.com/showthread...-Ruangan/page9

 

 
Page 1 of 22 12345 ... LastLast
MBtech Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Seberakah pengaruh kabel speaker dan rca terhadap kualitas suara
    By cacingcau in forum UnSCAC- Hwely Audio
    Replies: 71
    Last Post: 21st April 2014, 15:02
  2. Replies: 41
    Last Post: 18th October 2012, 00:22
  3. Menyediakan sponge telor untuk akustik ruangan
    By WI288 in forum Bursa Audio Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 1st March 2011, 09:06
  4. [Ask] Tentang Akustik Ruangan
    By PenghancurBaja in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 26th January 2007, 00:38
Back to top