[WTA] Settingan Apex'i VAFC2 yg cocok buat New Civic '02 M/T
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 21
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/27668
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Satu
    Location
    Bogor
    Posts
    1,728
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 10 Hrs 49 Mins 15 Secs

    [WTA] Settingan Apex'i VAFC2 yg cocok buat New Civic '02 M/T

    kondisi mesin modif ringan:
    - header 4-2-1 + bungkus
    - open air filter apexi
    - muffler Remus Single pipe abal2
    - volt stabilizer pivot
    - busi platinum autolite
    - air compressor
    - Ground cable

    hmm apalagi ya? lupa... sementara ini dulu kyanya...

    gw pgn settingan yg seefisien mungkin, irit namun bertenaga (torsi gede)

    klo civic vtis pk car type no brp bro? 1/2/3?
    truz low & hi Throttle nya bgsnya di brp biar efisien?
    selama ini lo di 10% dan hi di 60%, tp gw ngerasa kurang torsinya, brp dunk sebaiknya?

    vtec point bgsnya diset di rpm brp?
    skr vtec point di 3500 rpm, vtec corr nya harusnya di brp yach?

    ada yg punya civic vti/s jg yg psg vafc2? bagi2 data settingan nya dunk, settingan gw bubar neh, mo setting lg mahal, ada yg tau dmn bengkel yg bs setting apexi nya presisi tp murah?

    tlg dijwb yach sodara2, thank u so much ...

  2. Jaya Bet
  3. #2
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    selama blom naik cam jangan maenin vtec point bos...itu dah research terbaik dari pabrikan dan grafik yg paling ideal utk tenaga..

    kl utk civic bisa liat di manualnya bos,dia tipe mesin apa,tapi kembali lagi,kl vtec gk dimaenin,1/2/3 gk msalah..

    stdnya 10%sama 60% itu dan settingan bukaan throtle ideal,,kalo ente mau naekin jadi 10,70 juga bisa aja..tapi settingan afr jadi lain,karena bukaan throtle makin gede,afr juga makin brubah.

    kalo ingin ngejer torsi bensinnya dikurangin 1 point dari settingan normal di semua rpm,tapi hati2 mendekati redline tenaga lsg ilang krn suply bensin dah kurang..begitu pula dengan ngejer tenaga,sebaliknya dari penjelasan di atas..

    gw asumsiin mesin TS masih dalam kondisi std...coba setingan rpmnya mulai dari 3000,3500,4000,dst..
    trus settingan bensinnya dikurangin dari 0..misal:
    -1,-2,-3,-5,-6,-6,-6,-6,-4,-4
    misalnya aja lho..

    tapi kalo mau lebih hasil max,harus test di atas mesin dyno..
    smoga membantu :smt002

  4. #3
    Letnan Satu
    Location
    Bogor
    Posts
    1,728
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 10 Hrs 49 Mins 15 Secs
    1. manual book apex'i nya pas gw beli udah ga ada, jd ga tau mobil gw tipe 1/2/3..., klo bs bos tolong liatin dunk, he2

    2. di menu setting kan ada no.1 lo rpm dan no.2 Hi rpm, nah gw setting yg mana tuh? gmn settingannya biar bgs?
    ktnya dikurangin -1 tiap rpm, mulai dari 1000 rpm - 7000 rpm sama rata -1 smua tuh?

    trus settingan bensinnya dikurangin dari 0..misal:
    -1,-2,-3,-5,-6,-6,-6,-6,-4,-4
    misalnya aja lho..

    ni maksudnya gmn bro?


    3. truz gw kan pk ni mbl jarang bgt dibejek, takut boros, pindah gigi dalam kota 2500-3000 rpm, di tol 3500rpm
    throttle biasa cuma dibejek antara 15-25% doank sehari-hari
    Nah, setingan throttle % nya udah cocok tuh pk 10% & 60%?


    4. klo gw kasih vtec point std -> ****
    lampu vafc nya nyala di 3200 rpm yg sptnya terlalu rendah buat mesin gw, apa itu vtec point std?

    truz gw ubah jd 3500 rpm, hasilnya tarikan awal lebih enteng dan bensin lebih irit
    apa udah cocok tuh?
    tp gw bingung ngatur vtec corr nya yg skr lo/hi nya dari ** jadi 00, harus diubah ga tuh vtec correction nya?

    5. btw tinggal dimana bro? kapan2 klo ga ngerepotin tlg ajarin di tempat dunk, gw bingung coy... ^^

    Thank u so much atas bantuannya...

  5. #4
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by jdm-rs
    1. manual book apex'i nya pas gw beli udah ga ada, jd ga tau mobil gw tipe 1/2/3..., klo bs bos tolong liatin dunk, he2

    2. di menu setting kan ada no.1 lo rpm dan no.2 Hi rpm, nah gw setting yg mana tuh? gmn settingannya biar bgs?
    ktnya dikurangin -1 tiap rpm, mulai dari 1000 rpm - 7000 rpm sama rata -1 smua tuh?

    trus settingan bensinnya dikurangin dari 0..misal:
    -1,-2,-3,-5,-6,-6,-6,-6,-4,-4
    misalnya aja lho..

    ni maksudnya gmn bro?


    3. truz gw kan pk ni mbl jarang bgt dibejek, takut boros, pindah gigi dalam kota 2500-3000 rpm, di tol 3500rpm
    throttle biasa cuma dibejek antara 15-25% doank sehari-hari
    Nah, setingan throttle % nya udah cocok tuh pk 10% & 60%?


    4. klo gw kasih vtec point std -> ****
    lampu vafc nya nyala di 3200 rpm yg sptnya terlalu rendah buat mesin gw, apa itu vtec point std?

    truz gw ubah jd 3500 rpm, hasilnya tarikan awal lebih enteng dan bensin lebih irit
    apa udah cocok tuh?
    tp gw bingung ngatur vtec corr nya yg skr lo/hi nya dari ** jadi 00, harus diubah ga tuh vtec correction nya?

    5. btw tinggal dimana bro? kapan2 klo ga ngerepotin tlg ajarin di tempat dunk, gw bingung coy... ^^

    Thank u so much atas bantuannya...
    1.gw juga boleh beli 2nd ma temen gw,jadi gk punya juga bukunya :smt005 :smt005

    2.untuk civic gw kurang tau pasti,mang utk lbh jelas harus disetting ma tuner dan dyno..yg pasti kl di mobil gw honda jazz hanya bisa diset di high rpm doank..

    angka2 -1,-2,dst itu pengurangan debit bendin 1%,2%,dst dari kondisi std yang biasa setingan pabrik dibikin lebih rich dari seharusnya 1:14,7

    tapi berhubung ente uda pake open air filter gw gk brani rekomendasiin ente setingan (-) karena seiring debit udara makin banyak,bensin pun juga harus diimbangin lebih banyak biar kembali ke perbandingannya ideal.

    3.10,60 sih menurut gw uda ideal,..lagi pula kalo digambarkan secara 3D,jika di 60% diubah,maka seluruhnya %throtle juga akan mengikutin..jadi gk mungkin kl gk sesuai.

    4.untuk mengenai masalah lampu,itu default dari apexinya aja,dan bukan vtec point sesungguhnya..misal gw jazz di vtec type 1..tapi 3000 rpm lampu dah nyala..itu bukan real..tapi kalo mau liat aslinya..diset **** lalu liat di menu settingan,bagian grafik2..kan ada tuh bagian titik2 vertikal..nah di rpm itulah vtec point sesungguhnya..

    merubah vtec point mang pasti ada perubahan..tapi grafik tenaganya jlek bro..dia pasti ada drop di rpm tertentu..kaya gw di jazz pernah gw mundurin sampe 4800..rpm bawahnya lemot abis :smt010 begitu pula sebaliknya

    5.haha..gw di jakbar..kl mau ketemu,besok jakbar ada gath..dateng aja hehe..
    intinya kalo nyeting itu peka2nya feeling ente berbicara aja hehe..

  6. #5
    Letnan Satu
    Location
    Bogor
    Posts
    1,728
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 10 Hrs 49 Mins 15 Secs
    yach bro... mobil ogut lg di bogor ga bs keluar, lg perpanjang stnk, krg gw lg pk city bokap...
    laen x boleh jg deh bro, btw jakbar nya dmn bro?
    sering ke karawaci ga? he2...

    di menu setting pernah gw liat bro, koq kg ada grafiknya yach, flat semua di 0 tuch...bingung aing...

    emang di jazz menu setting no.1 yg lo rpm kg muncul apa kg bs disetting? jd lu cm setting no.2 nya doank donk?
    klo di mbl gw jd yg gw setting di hi rpm aja atau dua2nya?

    klo grafiknya di msg2 rpm gw kurangin -1 msh aman ga meskipun ttp pk open air filter?
    bisa dikurangin sampe brp max? kan bs sampe 100% tuh...

    truz bgsnya di rpm brp aja yg ditambah?
    tarikan gw agak lemot nih pk premium, gasnya kurang berisi antara 2500-4000 rpm
    gmn yach biar enak dan cukup pk premium?

    thank u bro...

  7. #6
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    gw sering ke karawaci,wong gw anak uph hehe :smt003

    0 semua brarti itu masih debit bensin dari ecu std..kl misal jadi 1,brarti 1% di atas std,kl -1 brarti kebalikannya,dst

    jazz seharusnya di vtec no 3..tapi berhub gw gk maenin vtecnya jadi gk masalah hehe..

    mksdnya setting no1 gk muncul?settingan no 1 dan 2 kan itu buat bensin..dan itu ada 2 jenis,high dan lo..tapi jazz hny bisa di tune di high menu aja,,di 1 dan 2 ada kok..yg low gk bisa,katanya sih vtec jazz 3D..lain ma cityz 2D..kata tuner gw c,gw sndr kurang gt ngerti hehe..

    wah,kl uda pake open air gw gk brani rekomen d - ato +..tapi feeling gw harusnya +.soalnya kl di -..udara byk,bensin dikit malah garing lho mesinnya :smt003 ,gw aja pernah ngetest pake filter std di rpm 3500 -3..tapi begitu gw lepas tuh filter malah bagusnya di -1.
    untuk maxnya kl gw gk salah inget dia bisa +10 sampe -10.(dalam persen)..

    kalo rpm bawah lemot brarti kemungkinan besar bensinnya kebanjiran bro di rpm segitu..kl pake premium ato pertamax gk masalah,krn apexi gak ada fitur buat maenin timingnya.

    kalo mau lebih jelas sih tanya2 lsg ke tuner,lbh mudah dimengerti daripada yg gw sampein di sini hehe..takut2 gw salah ngejelasin :smt002

    thx

  8. #7
    Letnan Satu
    Location
    Bogor
    Posts
    1,728
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 10 Hrs 49 Mins 15 Secs
    wah thx bgt coy...
    gw jd lumayan ngerti neh buat nyetting apex'i
    gw males nyetting di tuner lg, mahal bgt bo'!
    masa ongkos nyettingnya 1/2 dr harga 2nd apex'i nya???
    tekor ah, he2 ^^


    back 2 the topic:
    klo gt settingan no.1 dan2 bedanya apa?
    masing2 hrs diset di brp tiap rpm nya?
    bgsnya kira2 klo civic diset mulai rpm brp sampe brp?
    klo jazz lu settingan per rpm nya brp aja?

    ktnya klo pk air filter open hrsnya di +
    pdhl rpm bawah lemot gara2 banjir & hrsnya di -
    jd hrsnya di + atau di - yach?
    klo di + apa ga tambah boros tuh?
    hrsnya di - atau di + brp % di rpm brp aja yach biar kg lemot lg?

    o iya...salam kenal bro, gw jg alumni FK-UPH, skr lg coass di RSPAD, tp sering maen ke Karawaci nyamper cw gw di bromo, he2
    kpn2 klo lg ga sibuk ktemuan yu, di ijo atau dmn gt...
    skalian minta ilmunya dr yg udah master nih, he3... ^^
    klo gt boleh minta no hp nya, klo ada sich esia, thanx...

  9. #8
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    master apanya :smt005 :smt005 gw masih newbie :smt018 om kan dah alumni ,jadi kata lainnya senior lah :smt003

    setingan 1 itu untuk yg throtle 10% alias bukaan kecil,sedangkan setingan 2 itu 60% alias bukaan gas gede..
    coba bayangkan gini aja deh bikin sebuah grafik (x,y,z) di mana x= throtle%, y =rpm dan z = dbit bensinnya..

    nah di tiap rpm dan tiap bukaan throtle pasti ada setingan tersendri untuk afrnya..gk mungkin donk semua nya sama?hehe

    nah back to topik..
    di settingan 1 dan 2 ada yg namanya hi dah lo..itu mksdnya lo= cam profil rendah(alias masih cam ekonomis yg kerja) dan hi cam profil tinggi (vtec power yg kerja,alias cam durasi tinggi)..
    nah masing2 dari itu pun punya tune rpm dan bensin sendiri2..

    kalo untuk rentang rpm,set dengan jeda 500 rpm aja..misal untuk yg lo dari 1500,2000,dst..kl yg high mulai dari 3000,3500,dst..

    untuk masalah + ato -..mesti dicoba satu per satu..diurut pengurangan ato penambahannya biar ideal,gk bisa langsung tembak -2,-4,dll bahaya tuh karena mesinnya bisa kekeringan..harus diurut sampe ketemu yg ideal penambahan(+) ato pengurangan bensinnya (-).

    no telp..cek PM bro :smt002

    thx

  10. #9
    Letnan Satu
    Location
    Bogor
    Posts
    1,728
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 10 Hrs 49 Mins 15 Secs
    bro, gw udah coba2 setting di jalan td pagi dan td sore
    sementara gw pk setingan kya gini:


    lo/hi throttle: 10% / 60%

    vtec lo>hi ****
    hi>lo ****

    vt unmatch ****

    Menu 1 & 2:
    rpm---fuel
    1000: -8
    1500: -7
    2000: -6
    2500: -5
    3000: -3
    3500: -3
    4000: -2
    4500: -1
    5000: 0
    5500 dst: 0

    grafik yg sama gw terapin di menu 1.Wide throttle & Narrow Throttle untuk masing2 Lvt & Hvt

    apa ada yg salah atau ada saran dr tmn2?

    tolong dikoreksi dunk guys, soalnya tarikannya untuk mulai jalan dan mulai gigi 4 di rpm 2500-3500 msh lemot naik rpmnya...apalagi klo lg pk AC...hikz

    Apa ada perbedaan klo pk Premium atau Pertamax untuk setingan Apex'i?
    berhubung gw cm pk premium, tarikannya lemot abis, kurang responsif, hrs dibejek baru lari...

    Trims atas bantuannya ^^

  11. #10
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    pertamax sama premium gk ngaruh,soalnya settingan apexi gk ada hubungannya sama timing pengapian..

    mulai gigi 4 ke atas mulai jalan,berarti ada yg salah di rpm sebelum itu pada settingannya..

    nyeting itu gk bisa langsung nembak angka sekian jadi patokan.mesti urut satu per satu pengurangan ato penambahannya.dan jangankan tipe mesin yg berbeda..tipe mesin yg sama pun juga bisa beda settingan..

    rpm 1000 -8??kalo lagi manasin mobil apa gak kasian tuh?bensin kan perlu cukup pas manasin..kalo dikurangin sampe debit segitu.gw dah brani jamin pasti bawahnya bakal lemot banget.

    nih kalo gw gambarin settingan mobil anda secara 2D table



    kalo lo 10% di set berarti itu setingan berlaku untuk 0-10% settingannya
    sedangkan utk hi 60% berarti itu berlaku untuk 60-100% settingannya.
    sedang di tengah2nya mengambil nilai rata2 antara 10% sampe 60%..jika 10,60 sama,maka otomatis nilai pengurangannya pun juga sama..

    padahal..settingan bensin untuk throtle besar dan kecil itu berbeda..

    gw kasih contoh untuk jazz gw deh:



    smoga membantu :smt002

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Mitsubishi Vkool

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 13
    Last Post: 1st August 2010, 18:27
  2. HELP Knalpot yg cocok buat civic fd1
    By legion8888 in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 9
    Last Post: 6th November 2009, 12:13
  3. wts per apex second buat civic/stream hrg1jt nett
    By miskin in forum Per & Shockbreaker
    Replies: 10
    Last Post: 6th August 2009, 00:14
  4. WTA: Turbo apa yang cocok buat Civic 2004?
    By R_Jo98 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 9
    Last Post: 20th November 2007, 17:19
Back to top