Intercooler....
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 37
Thread: Intercooler....
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/2735
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,804
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 1 Hr 44 Mins

    Intercooler....

    Halo, pgn tau nih gw cara kerja intercooler, kan kalo radiator aer yg didinginin, trus kalo intercooler apa udara yg lewat situ jadi adem?

    thx 4 reply guys!
    White Brio RS

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Mayor
    Location
    Jakarta , Kuburan tepatnya....
    Posts
    4,520
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 22 Hrs 18 Mins 25 Secs
    hmm pernah di jelasin sih..
    jadi , intercoller tuh pendingin udara yang sebelum masuk ke mesin, udara ideal yang di butuhkan ialah udara dingin karena molekulnya lebih padat dan lebih mudah di bakar.
    nah intercooler itu biasanya di lengkapi pada mobil yang memiliki turbocharger..
    sistemnya ialah dari intake, lalu di sedot secara paksa oleh turbocharger dimana turbo charger itu di gerakin dari oleh 2 tubrin salah satunya turbin pembuangan dari knalpot... , jadi disaat melalu turbo udara tersebut menjadi panas...
    dan untuk mendinginkanya selewat turbo itu melalui namanya intercooler trus baru masuk kedalam mesin..
    nah makanya letak intercooler umumnya dimana dia mendapatkan angin paling banyak , yaitu didepan.. atau di atas menggunakan air schop

    ni contohnya di mesin twin turbo..

    http://www.nanet.com.br/gemeosracing/Informacoes/Intercooler.htm

    udara masuk dari tanda panah yang paling atas tuh..
    trus jadi merah sehabis lewatin turbo..

  4. #3
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    oya bos,mo tanya donk.
    bisa gak mobil standar tanpa turbo dipasang intercooler?
    dengan maksud buat msein tetep dingin and naekin hp gitu?
    kl bisa gimana caranya?ke mana nyambungnya?
    kl g jg gpp c.soalny gw pernah mikir mo pasang intercooler di boil gw gt.
    ok thx

  5. #4
    Mayor
    Location
    jakarta
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    bisa donk....
    -------------------------------------------------
    -------------------------------------------------
    siapa sih yang masih mau naik ojek waktu hujan becek? everybody wants to naik mobil, you know!

  6. #5
    Brigadir Jendral
    Location
    jakarta timur
    Posts
    13,085
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 9 Mins 19 Secs
    kalo buat na seeh efeknya kagak begitu nagruh di banding ama mesin yang pake turbo tapi gak pake intercooler.....

  7. #6
    POS VETT
    Guest
    Waduh, gimana sih. Penjelasannya gak ada yg bener. Jgn menyesatkan yg lain.

    Air-to-air intercooler didinginkan oleh udara/angin yang temperature-nya sama dengan udara luar. Karena konsep energy transfer untuk case yg seperti ini tergantung dari perbedaan temperature di dalam intercooler dan di luar intercooler, temperature di dalam intercooler tidak bisa lebih rendah daripada suhu di luar intercooler. Burn that concept in your mind. Dgn konsep ini, mesin yang naturally aspirated, tidak butuh intercooler krn udara yang dihisap temperature-nya SAMA dengan temperature di luar. Malahan, intercooler itu sifatnya penghambat seperti resistor.

    Yg kedua. Udara yang dimampatkan oleh turbo/supercharger temperature-nya naik. Ini prinsip dasar hukum fisika dari rumus PV=MRT yang sifatnya konstan (Udara dimampatkan oleh turbo/supercharger menjadi panas BUKAN KARENA LETAK TURBINE/COMPRESSOR WHEELS YANG BERDEKATAN). Temperature udara yang tinggi membuat konsentrasi udara jadi renggang, yang efeknya, kandungan energi per volume jadi kecil. Temperature udara yang tinggi membuat campuran bensin/udara JADI LEBIH GAMPANG dibakar. Yg akibatnya detonasi/misfire.

    Pernah mikir kenapa mesin turbo/supercharged yg boostnya tinggi sekali pakai bensin yang oktannya juga tinggi (oktan semakin tinggi, semakin sulit terbakar) dan intercooler yang gede ? Temperature campuran bensin/udara jadi dingin --> susah terbakar --> detonasi dihindarkan. Temperature yang rendah juga berarti bensin/udara lebih padat, jadi setiap satuan volume-nya, energinya lebih banyak.

    Dari pengetahuan yang segini, coba dipakai untuk menganalisa pemanas bensin/solar. Not very smart, is it ?

  8. #7
    ID Ini Dicurigai Terkena Hack dan Melakukan Penipuan
    Location
    Earth
    Posts
    5,602
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 1 Hr 51 Mins 14 Secs
    Quote Originally Posted by anakjalanan
    oya bos,mo tanya donk.
    bisa gak mobil standar tanpa turbo dipasang intercooler?
    dengan maksud buat msein tetep dingin and naekin hp gitu?
    kl bisa gimana caranya?ke mana nyambungnya?
    kl g jg gpp c.soalny gw pernah mikir mo pasang intercooler di boil gw gt.
    ok thx
    buat apa bos? klo emank mobilnya n/a and tujuannya mau mesin ttp dingin and gain more hp mending ganti radiator yg lbh gede, and get cold air intake ;)

  9. #8
    Mayor
    Location
    Jakarta , Kuburan tepatnya....
    Posts
    4,520
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 22 Hrs 18 Mins 25 Secs
    Yup.. thx buat bantuan nya bro post vett..
    anak jalanan: mobil N/A pake intercoller buat apa?, soalnya juga kalo turbo kan dari intake di pompa secara paksa oleh turbin ... trus di dorong melalui intercooler, nah kalo mobil N/A ga ada yang mempompa dan ngedorong , yang ada malah berat..

  10. #9
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    intercooler alat yg seperti radiator dan dipakai buat mobil pake turbo atau supercharge
    intercooler fungsi nya buat ngedinginin compressed or pressurized air yg telah di proses tuh keong baru dimasukin ke mesin.
    hint:cooler air is ALOT BETTER than warmer air.
    udara yg didalam intercooler will be and always hotter than air outside.
    mudah2an pada ngerti nih:
    udara keluar dari mesin-->turbine-->intercooler-->IM-->mesin-->balik lagi ke awal(udara keluar dari mesin).
    udara yg keluar dari turbine adalah udara yg telah di di kompres dan panas terus nya di dinginkan di intercooler..
    soal nya udara yg diambil tuh turbine adalah udara pembuangan mesin(exhaust) yg mana dasar nya emang udah panas juga.
    intercooler lebih sering dipake buat turbo dibanding buat supercharge.
    NA mo pake intercooler buat apa bozz?
    2007 M5, 2006 EVOLUTION IX, 2007 GSX-R 1000
    choose your poison thats suits your occasion.

  11. #10
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,804
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 1 Hr 44 Mins
    Oh begitu yaah, ngerti2x.. merci yah smua
    White Brio RS

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
MBtech Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. SALE: UNIVERSAL INTERCOOLER / FRONT MOUNT INTERCOOLER
    By zeindox in forum Turbo & Parts
    Replies: 122
    Last Post: 12th July 2015, 17:14
  2. Replies: 0
    Last Post: 25th September 2012, 10:58
  3. WTS INTERCOOLER AUTOBAHN 88 (FRONT MOUNT INTERCOOLER)
    By delidong in forum Turbo & Parts
    Replies: 45
    Last Post: 25th August 2012, 07:25
  4. intercooler
    By Vincent88 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 14th April 2009, 18:31
  5. wts:intercooler 2nd
    By herman in forum Diskusi Mesin
    Replies: 5
    Last Post: 21st March 2009, 00:37
Back to top