DIY : Repair Kisi2 AC Soluna & tips ac wangi
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 57
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/273282
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,302
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 19 Hrs 19 Mins 23 Secs

    DIY : Repair Kisi2 AC Soluna & tips ac wangi

    sumbangan dikit dari nubie...

    ini sih diterapin di mobil soluna, kalo mobil yang lain ane ga tau, tapi kalau model kisi2 ac nya sama/ga beda jauh sih harusnya bisa juga diterapkan.


    berawal dari banyaknya komentar dan keluhan ttg rusaknya kisi2 ac, termasuk sy punya sendiri, dan kabarnya banyak yang bilang kisi2 ac soluna harganya cukup lumayan 150rb tp ada jg yang bilang 50rb, nah setelah mengamati dan mencermati sambil makan roti, akhirnya isenk2 dan emank beneran isenk nih otak bekerja.

    thx to om gunawan (TSC) yang sudah mengajari cara congkel kisi2 ac hehe...
    sekedar info, biasanya kalau habis dicongkel pasti ada semacam ring yang patah di pengait nya, siapin aja ring 10mm tuk penganti nya saat akan dipasang, sbab kalau tidak nantinya kisi2 ac tsb akan spt doll (naik turun gak bisa ditahan lagi).

    nah skrg ttg repair kisi2 ac nya, siapin bahan dan peralatan :
    - kotak dvd bekas yang warna hitam, jangan pakai yang bening (acrylic), sbab susah motongnya dan malah jelek karena nantinya keliatan jelas, kalau pakai hitam kan ga keliatan dan bahannya lebih lentur jadi lebih kuat.
    - gunting, cutter, penggaris
    - lilin dan korek api
    - obeng kecil (obeng tamiya/handphone) kalau ga ada bisa cari kawat yang diameternya kira2 sebesar tusuk gigi.
    - rokok + teh manis (biar ga haus waktu kerjain nya hehe)


    step 1 :

    kisi2 yang atas itu aslinya dengan pengait yang sebagian besar sudah patah2, awalnya sy coba lem, tapi malah ga bisa gerak kanan kiri sama sekali. jadi patahin aja semua d tuh sampai bersih dan sisa pin/ engselnya. yang perlu diperhatikan adalah engsel/pin nya itu harus ada semua dan dalam kondisi utuh, biasanya sih itu ga rusak krn kuat.


    step 2
    kalau sudah potong kotak bekas dvd, diukur aja kira2 melebihi pengait kisi2 nya, lalu lubangi dengan bantuan kawat/obeng kecil, jaraknya diukur sesuai dengan engsel/pin kisi2nya, lalu kalau sudah baru dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil spt gambar yang bagian bawah, bentuknya kira2 harus spt itu, jangan terlalu jauh berbeda, terutama bagian yang mengait ke engsel dan bagian ujung kiri dan kanan harus sangat mepet, krn kalau tidak nanti tidak bisa bergerak bebas kisi2nya.
    obeng kecil/kawat dipanasi dengan cara dibakar dg lilin, jadi bolonginnya mudah, ya semacam solder gitu d, cuma kalau pakai solder takutnya lubangnya ga bisa kecil, atau panasnya berlebih yang malah nantinya terlalu besar lubangnya.

    yang harus diperhatikan adalah lubang yang tengah itu agak besar dibandingkan yang lainnya. dan lubang2 nya jangan terlampau besar, sbab nantinya malah kendur dan copot saat dipasang. jgn memakai lem! sebab sifatnya kisi2 ini spt engsel, kalau dilem malah ga bisa gerak.

    step 3 :

    kalau sudah dipotong, pasang deh tuh ke kisi2 ac nya, jadi d tuh, dan cek lagi bisa gerak kiri dan kanan dengan lancar




    terakhir, coba juga d tuh, skrg bisa menutup kalau kedinginan, meski ga sempurna rapat, tapi kalau potongannya pas menurut sy sih 90% bekerja seperti aslinya hehe...





    pemilihan bahan kotak dvd bekas menurut ane sudah cukup pas, krn selain warna hitam, jadi ga keliatan dari luar kalau itu bekas repairan, dan juga bahannya cukup lentur dan kuat, dan juga kalau salah ga perlu khawatir krn bahannya banyak (mudah didapat) dan juga murah kan hehe

    nah kalau sudah jadi semua, silahkan pasang lagi ke dashboard, dan jangan lupa sertakan 1 ring 10mm disalah 1 sisi tiap kisi2 supaya ga kendur gerak naik turun nya.

    finalstep


    kalau semua sudah, pasang kembali deh....

    finishing

    lumayan d tuh, sambil nyeruput teh dan bakar rokok, sambil memikirkan berapa duit yang dihemat drpd harus menganti 3 kisi2 hehe

    itung aja coba kotak bekas dvd paling 2rb-an malah gratis kalau sering beli dvd, barang2 lain ya biasanya ada d tuh di rumah hehe

    selamat mencoba.....

    thx


    update.....
    hari gini kabin mobil masih bau? atau beli parfum mobil tapi masih ga berasa wangi?
    saran sy, jangan beli wangi2an yg berbau2 buah2an spt lemon, jeruk, apel, krn hanya wangi diawal dan akan bikin ac menjadi bau asam krn dalam parfum mobil tsb ada kandungan asam (ga tau bener apa ga tp yg pasti itu bikin bau!!)
    coba pakai calscet, umumnya rata2 tahan sampai 1 bulan, setelah itu wanginya habis, tp jangan lsg dibuang! hari gini harus bisa menghemat hehe...
    ane dah cobain semua jenis calscent dan ga bikin ac bau. dan trik terakhir ini bs menghemat kantong juga.

    parfum mobil calsent aka california scent, btw gw bukan menjatuhkan merk lain ya, tp ini murni pengalaman gw pribadi, bahkan kalo ada yg ga percaya silahkan tanya rekan2 TSC yang uda banyak ikutan trik ini, dijamin ga bikin ac bau!



    beli calscent yg ekstrak serbuk kayu atau apapun namanya, jangan yg jel!
    spt ini isi barangnya


    setelah dirasa sudah kurang wangi di dalam kaleng, silahkan keluarkan isinya, ada 3 potong kotak, terserah mau diikat 1 atau 2 sekaligus, tp kalo yg kurang seneng wangi yg tajam coba 1 potong dulu aja takutnya nanti kaget dan kewangian malah mabok. pasang dengan bantuan benang jahit atau benang lain (terserah selera anda), kalo sy pakai benang jahit hitam karena samar2 jadi ga terlihat dari depan saat dipasang.
    iket ke kisi2 ac dari belakang, pastikan posisi benang berada dibawah pengait kisi2 ac supaya ga menganggu saat kisi2 digerakkan ke kiri dan ke kanan.


    kalau sudah siikat kuat silahkan pasang kembali kisi2 nya ke lubang ac, nyalakan dan silahkan buktikan kabin anda wangi atau ga sepanjang perjalanan anda...


    tips : kalau dirasa keliatan dari luar, coba benangnya dipanjangin, kasi jarak 10-15cm jadi parfum calscent bisa lebih masuk kedalam lubang ac dan ga terlihat dari luar. cara ini lumayan bisa menghemat kantong, memaksimalkan wangi parfum sampai titik wangi penghabisan hehe...

    trik ini dicoba di mobil soluna, bisa pasang di kisi2 kiri dan kanan karena paling mudah dibuka nya daripada yg tengah, mobil lain yg pernah sy coba di kijang kapsul (tp agak repot krn harus buka cover dashboard ujung ke ujung, kijang grand paling mudah, opel blazer di kisi2 ac kiri paling mudah banget yg ini, mobil lain....? beliin gw mobilnya tar gw pake baru gw coba utak atik ya... hehe...


    sekian dulu update nya ya....

    thx


    "BIASAKAN YANG BENAR, JANGAN BENARKAN YANG BIASA"

    untuk informasi represented member dan pemasangan iklan silahkan menghubungi 0855-786-0855

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,302
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 19 Hrs 19 Mins 23 Secs
    apapun bisa dimodifikasi, grill / kisi2 ac pun juga bisa dimodif!!!!

    wakakakkkkkk......


    "BIASAKAN YANG BENAR, JANGAN BENARKAN YANG BIASA"

    untuk informasi represented member dan pemasangan iklan silahkan menghubungi 0855-786-0855

  4. #3
    Honoured Member
    Location
    MODIFIKASI.COM
    Posts
    18,302
    Power
    127 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 4 Days 19 Hrs 19 Mins 23 Secs
    50 view tp 1 pun ga da yang komen, mungkin thread DIY ga laku ya? hehe


    "BIASAKAN YANG BENAR, JANGAN BENARKAN YANG BIASA"

    untuk informasi represented member dan pemasangan iklan silahkan menghubungi 0855-786-0855

  5. #4
    Honoured Member
    Location
    dirumah....tidur...sendiri...
    Posts
    5,827
    Power
    62 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 18 Hrs 55 Mins 25 Secs
    wah pak boz rajin bngt nih...manteb deh..ditunggu resep2 DIY selanjutnya.....
    EGCI - Estilo Genio Community Indonesia

    081808689289 / 7F82AD95 for any Civic Estilo / Genio used & new part

  6. #5
    Kopral Dua
    Posts
    36
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 18 Hrs 30 Mins 49 Secs
    Belom bisa komen soalnya belom dicoba ne...
    Tp ya good idea juga......
    Keknya bisa diterapin di mobil laen juga

  7. #6
    Letnan Satu
    Location
    kedoya - psr baru
    Posts
    1,727
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 14 Hrs 48 Mins 25 Secs
    emang ni orang bisa apa aje. dedengkot segala hal.
    boleh tuh trima servisan, tar oper kerjaan deh.

  8. #7
    Honoured Member
    Location
    dirumah....tidur...sendiri...
    Posts
    5,827
    Power
    62 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 18 Hrs 55 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by PJM42 View Post
    emang ni orang bisa apa aje. dedengkot segala hal.
    boleh tuh trima servisan, tar oper kerjaan deh.
    mau ngelamar di PJM tuh katanya,spesialis repair kisi2..hoho..
    EGCI - Estilo Genio Community Indonesia

    081808689289 / 7F82AD95 for any Civic Estilo / Genio used & new part

  9. #8
    Letnan Satu
    Location
    kedoya - psr baru
    Posts
    1,727
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 14 Hrs 48 Mins 25 Secs
    Quote Originally Posted by ad_s View Post
    apapun bisa dimodifikasi, grill / kisi2 ac pun juga bisa dimodif!!!!

    wakakakkkkkk......
    temen kita yg galau mulu bisa dimodifikasi ga?? hehehe

  10. #9
    Sersan Kepala
    Location
    City of Heroes
    Posts
    575
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 1 Day 20 Hrs 38 Mins 40 Secs
    Mantap nih om.. solusi jitu untuk ngabuburit.. eh, tapi ga boleh pake tambahan teh manis ya..
    Minggu depan ane coba di kijang ane deh.. mudah2an bisa bener tuh kisi2..
    Terima kasih untuk sharingnya ya om..ditunggu DIY berikutnya..

  11. #10
    Kopral Dua
    Posts
    38
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 45 Mins 58 Secs
    mantappp om.. besok libur coba ahh,,, tks infonya ya..

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
NGK Busi GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. (WTB) : Kisi - kisi AC console tengah lancer 93
    By dade_evo in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 7th July 2012, 09:08
  2. WTB: Kisi-kisi AC tengah Mitsu Eterna 92
    By c180user in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 15th November 2010, 20:28
  3. WTS kisi-kisi grill Mercy Tiger model S Class
    By enrico hotman in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 8
    Last Post: 26th May 2010, 12:17
  4. {WTB} Kisi-kisi utk grill depan mercy tiger
    By snowman in forum Bursa Eksterior Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 28th January 2010, 06:33
Back to top