Step By Step How To Retrofit Hid Projector! (4 Wheels)
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 26
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/261997
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    74
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Secs

    Red face Step By Step How To Retrofit Hid Projector! (4 Wheels)

    DO IT YOURSELF (DIY)

    STEP BY STEP HOW TO RETROFIT HID PROJECTOR! (4 wheels)

    Teman-teman semua..., saya mo berbagi pengalaman pribadi saya tentang bagaimana meretrofit lampu depan kendaraan roda 4 saya sehingga mempunyai penampilan dan kemampuan untuk menerangi jalan setara atau bahkan melebihi dari mobil-mobil mewah terbaru yang beredar di jalan...

    Maksud dari share experience ini murni hanyalah berbagi pengetahuan dengan teman-teman sekalian, agar bagi kita yang tidak paham atau belum mengerti tentang retrofit menjadi paham dan mampu untuk mengerjakan retrofit projector sendiri dirumah masing-masing, terutama bagi temen-temen yang berdomisili di derah yang mempunyai kesulitan untuk menemukan suhu retrofit di daerahnya...

    “Kenapa harus bikin? Kan dah mahal, ribet banget lagi! Mending beli aja langsung rumah lampu after market yang dah make projector. Berez kan?”
    phew..., i’ve passed this road! Trust me, untuk style, rumah lampu after market yang sudah berprojector memang yahud! Tapi kualitas dari beam patternnya sangat-sangat mengecewakan! Malah saya pernah membeli rumah lampu berprojector yang beam patternnya sudah mengecewakan, LHD lagi! (silahkan google perbedaan LHD & RHD) Yang jelas-jelas seharusnya tidak boleh digunakan di jalan-jalan Indonesia! No offense yah buat penjual rumah lampu aftermarket! Saya disini Cuma sharing knowledge saja.

    Menurut om wikipedia, retrofit itu sendiri mempunyai makna untuk menambahkan teknologi yang lebih baru kedalam system yang lebih tua, yang berarti, arti pada retrofit projector kurang lebih menambahkan projector yang mempunyai teknologi lebih baru kedalam reflektor kendaraan kita yang teknologinya lebih tua.

    Di thread ini saya akan membahas tentang kisah saya sewaktu meretrofit reflektor headlamp mobil butut saya , Honda Accord tahun 1994 menjadi reflektor dengan menggunakan projector sekelas dengan xtrail / grand vitara / honda odyssey terbaru beserta kawan-kawannya.
    Karena kita mau meretrofit sang 4 roda, minimal kita akan menggunakan 2 buah projector. Tergantung dari bagaimana bentuk reflektor mobil kita sebelumnya...,

    Bilamana reflector sebelumnya menggunakan single reflector dan bohlam tipe h4 seperti pada avanza, apv, innova, grand livina, dkk. Sebaiknya kita menggunakan projector dengan fasilitas BIXENON dikarenakan projector dengan kemampuan bixenon karena bisa menembakkan lampu jauh dengan hanya menggunakan sumber cahaya yang sama tanpa bantuan reflector kedua. Projector dengan kemampuan bixenon umumnya mempunyai harga yang lebih mahal dibanding dengan projector berjenis SINGLE.

    Sementara bila kita cukup beruntung mempunyai mobil yang sudah mempunyai 2 reflector (lampu dekat & lampu jauh terpisah) seperti honda stream, honda accord, ford focus, bmw seri 3 toyota corolla, dkk. Kita cukup menggunakan Projector SINGLE yang mudah didapat dengan harga yang juga bersahabat dengan kantong. Atau juga, saya pernah mendengar suhu retrofit yang tetap mengimplementasikan SINGLE projector pada single reflector tetapi menambahkan reflektor lampu jauh kecil disamping sang projector untuk lampu jauhnya.

    Sebenarnya lampu jauh terpisah dengan projector dan tetap menggunakan halogen mempunyai keuntungannya tersendiri yaitu lampu jauh (lampu tembak) bisa cepat menyala ketika siang hari atau kondisi lampu sebelumnya pada posisi mati. Lampu tembak jadi lebih mudah terlihat dari pada penggunaan projector bixenon, serta lampu HID memerlukan waktu beberapa detik untuk warming up sampai terlihat terang.

    Saya tidak ingin terlalu banyak bebicara tentang jenis-jenis projector dikarenakan kali ini saya ingin fokus kepada prakteknya meretrofit projector kedalam reflector mobil.
    Sebelum kita mulai, mari kita siapkan materialnya...
    Bahan-bahan yang saya siapkan sebelum memulai proses retrofit pada mobil.

    NOTE: sebelum memutuskan untuk melakukan retrofit :
    * PERHATIAN!!!!
    Sebelum memulai proses retrofit saya sangat menyarankan anda komitmen untuk menggunakan safety kit sebelum menggunakan alat potong seperti grinda, rotary tool, bor, dll.
    safety kit yang saya maksud gak ribet kok! Mudah dan murah untuk didapatkan yaitu : Safety Google (kacamata pelindung) & masker kerja! Ingat, Terutama mata harus kita lindungi selalu! Bagian tubuh lainnya bila tegores masih bisa sembuh, tetapi mata..., tergores sedikit saja akan membuat mata kita cacat seumur hidup! Sewaktu kita lagi seru menjalankan proses retrofit, dikarenakan ada proses yang membutuhkan bolak balik antara mengukur dan memotong, akan ada perasaan malas untuk menggunakan safety kit. Percaya deh! Lebih baik capek sedikit daripada nanti menyesal seumur hidup!

    * Sediakan waktu yang banyak.
    - Ya! Kita akan membutuhkan waktu yang banyak dalam melakukan retrofit..., terutama bagi kamu yang baru mau mencoba pertama kali. Saya sendiri dikarenakan pada hari kerja harus kerja dan sabtu minggu harus kuliah, jadinya sebagian besar waktu retrofit mobil ini, saya lakukan pada malam hari sepulang kerja. Dan tahukan berapa lama waktu yang saya butuhkan? 1 bulan... hahaha... saya melakukannya dengan santai setiap malam.

    * MooD yang lagi OK, dan pastikan anda tidak lagi kurang tidur!
    - Trust me on this one! Kalo mood kita lagi payah atau lagi kurang tidur. Mending pekerjaan retrofitnya ditunda dulu. Karena mood yang payah dan kurangnya jam tidur akan menyebabkan kesalahan proses yang akan kita sesalkan nati seperti salah potong, salah lem, atau angel eyes yang pecah... hehehe.

    * Mental yang kuat.
    - Kenapa harus mental yang kuat? Karena kita pasti akan menemukan beberapa jalan buntu bahkan masalah seperti salah potong, salah cat, salah pasang ballast, salah lem, bahkan lensa projie yang pecah gara-gara jatuh. Jadi keteliatian juga dibutuhkan agar kita dapet meminimalkan jalan buntu yang timbul. Saya sendiri sempat stress dan hampir memutuskan untuk tidak melanjutkan pekerjaan ini, hehehe, karena apa? Sehabis melakukan pengecetan chrome shroud reflector, sewaktu saya jemur di teras lantai atas, disenggol kucing, jatuh dan terbagi menjadi 3 bagian... mantab! Atau sewaktu pemasangan angel eyes, untuk memasang 1 angel eyes, saya sempat memecahkan 3 angel eyes terlebih dahulu... dll.
    - dengan melihat dan membaca memang terlihat retrofit itu mudah..., tapi begitu kita praktikkan, dipertengahan proses, mungkin kita baru ngerasain kesulitan dalam melanjutkan proses. Maka dari itu seperti saran saya diatas, sediakan banyak waktu dan bila kita sudah merasa sulit dan jenuh, tak mengapa, tinggalin dulu aja proses retrofit kita, tidur ato jalan-jalan buat refreshing sambil perhatiin dijalan, beam pattern mobil-mobil yang make hid projector bawaan pabrik seperti, nissan new xtrail, suzuki new sx4, honda oddysey, lexus series, suzuki grand vitara, toyota alphard, dll yang menggunakan HID projector. Terus pikirin bahwa nanti begitu project kita selesai dirumah..., beh, beam pattern mobil kita juga bakal jadi saingan keras mereka..., dan jauh melebihi mobil2 berprojector halogen dengan kualitas menengah seperti honda CRV, toyota rush, toyota camry, daihatsu terios, KIA carnival, dll. (pemilik mobil-mobil berprojector kelas menengah, jangan tersinggung yah..., kalo mau kalian bisa melakukan projector swap kok!).
    Begitu mood dan semangatnya naik lagi..., baru lanjut...

    * Uang yang tidak sedikit. (terutama pilot project)

    *** Jika ada salah satu point diatas yang tidak kita miliki, sebaiknya ditunda dulu aja retrofitnya supaya gak mogok projectnya ditengah jalan. Tapi bilamana kita punya uang, tapi point yang lain gak punya, silahkan minta bantuan dari suhu-suhu yang banyak beredar di modcom. Dan bilamana kita bisa menyelesaikan pekerjaan ini sendiri, apalagi pertama kali dan hasilnya memuaskan... WOW, bangganya minta ampun deh. Puasnya kaya terbang ke langit ke 7... (lebay) Dan kita juga jadi punya investasi tools yang lumayan banyak untuk rumah tangga kita kedepan kan.

    * cape, gak ada bantuan...? gak masalah! Just for your info, saya melakukan retrofit ini murni 100% pekerjaan tangan saya kerjakan sendiri. Dari buka bemper, retrofit, sampai pada perkabelan!
    Retrofit HID Projector bisa dikerjakan sendiri kok.

    MATERIALS :

    HID
    1. 2 unit HID projector
    - saya menggunakan projector bixenon bawaan dari mobil Nissan Murano.
    harga = +- 2.500.000 sepasang
    (Sebenarnya dikarenakan mobil saya mempunyai reflektor lampu jauh yang terpisah dari reflektor lampu dekat, sudah cukup bila menggunakan projektor single..., hehehe, tapi kepingin aja tetap masang yang bixenon. U’ll know why setelah mengikuti step by step proses retrofit saya dibawah.)
    2. 2 unit bulb HID berjenis D2S
    - saya menggunakan philips D2S 85122+
    harga = +- 900.000 sepasang
    atau bisa juga digunakan tipe D2S merk made in china yang lebih murah. Tidak masalah kok, kualitas cahaya hampir gak ada bedanya, bahkan saya merasa D2S Morimoto lebih bagus daripada philips.
    3. 2 unit Ballast 35w
    - untuk ballast karena pertimbangan pelepasan panas dan ketahanan air, saya cukup menggunakan ballast made in china saja... Ballast OEM mempunyai kelebihan startup HID yang sangat cepat. Tapi tak berdaya terhadap air..., jadi daripada beli mahal-mahal terus mati konyol waktu hujan, lebih baik pilihan tetap jatuh kepada ballast made in china. (padahal harganya gak kuat :p)
    4. 2 pcs Angel eyes 3,5” + 2 pcs Angel eyes 3” + 2 ballast angel eyes seharga = +- Rp.180.000 (optional fashion)
    - 1 ballast angel eyes bisa menghidupkan 2 neon angel eyes.

    ELECTRICITY
    5. Relay Hella 30A + rumahnya
    6. Sekring 10A + rumahnya
    7. Perkabelanl +&- yang lumayan tebel
    8. Solder + timah
    9. Lakban Bakar & Lakban listrik

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kopral Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    74
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Secs
    TOOLS
    10. SAFETY KIT!
    -Kacamata pelindung! bisa dengan mudah kita dapatkan di giant/hypermart/diamond dengan harga 15.000 – 45000 rupiah
    - masker! Murah kok, Cuma sekitar 10ribuan. Berfunsi banget waktu lagi motong-motong. Debunya gak tahan soalnya.
    - Sarung Tangan! Yang ada aja dirumah..., walaupun beli juga paling Cuma 10ribu perak. Berfungsi sewaktu lagi ngeratain heatgun..., rumah lampu jadi panas banget soalnya.
    11. Heat Gun
    - ini nih senjata paling penting dalam retrofit untuk ngebuka reflector. Kalo untuk user sendiri sih, yang melakukan retrofit sekali-sekali, lebih baik beli aja heat gun yang murah, saya dapet heatgun di carrefour cuma seharga +- Rp.150.000 
    12. Rotary Tool
    - ini juga senjata kedua yang penting untuk mempermudah pekerjaan retro kita, dikenal juga dengan nama “mini grinda” karena memang fungsinya sebagai grinda dengan ukuran yang kecil. Saya dapat di LTC glodok seharga Rp.230.000, tapi kalo punya budget lebih saya merekomendasikan beli di ace hardware yang berharga +-Rp.500.000 tapi sudah full set dengan asesorisnya dari pemotong, amplas, pembesar lubang, dll
    13. 2 Unit Obeng minus berukuran besar
    - digunain untuk mencongkel mika reflektor dari rumahnya nanti, saya dapet di carreforu seharga +- Rp.10.000/piece
    14. Beberapa set lem epoxy hitam. (saya menggunakan dextone 5 minute seharga +- 9000 per unit)
    15. Lem epoxy clear. (saya menggunakan araldite merah seharga +- 17000 per unit) (optional tool)
    16. Obeng mechanic yang tinggal pencet bisa muter sendiri. (bisa dengan mudah kita dapetin di hyper market terdekat dengan harga 140.000 – 450.000 rupiah) (optional tool)
    17. Cat semprot (pilox) yang kuat terhadap panas. (saya menggunakan cat RJ anti panas yang bisa didapatkan di toko material dengan harga +-35000 per unit)

    Yup... Mari kita mulai langkah-langkah retrofitnya...
    1. REFLECTOR PREPARATION
    Cabut rumah lampu reflektor dari mobil kita. Setiap mobil mempunyai cara yang unik untuk mencabut reflektornya, jadi gak perlu kita bahas yah...
    yang perlu kita bahas adalah setelah rumah reflektor dicabut dari mobil, kita gak bisa menggunakan mobil tersebut selama proses retrofit! Pastikan kamu gak punya acara penting yang harus menggunakan mobil tersebut setidaknya selama 1 minggu kedepan bilamana kamu punya waktu untuk fokus seharian penus selama beberapa hari untuk menyelesaikan proses retrofit. Atau seperti kasus saya, yang hanya mengerjakan pada malam hari 2-4 jam/hari. Memakan waktu sampai sebulan lebih.
    kecuali kamu berkantong lumayan tebal dan mau membeli reflektor baru. Tapi percaya deh, begitu proyek retrofit selesai dan kita sudah menggunakan projector untuk sumber penerangan sehari-hari..., gak akan mau balik lagi ke reflektor.... hehehe... kecuali berencana untuk menjual mobilnya dalam waktu dekat.
    2. OPENING THE REFLECTOR HOUSE
    Perhatikan di sekliling rumah lampu, apakah ada pengait mika / baut yang harus dilepas terlebih dahulu sebelum membuka mika reflector.
    Gunakan Heat gun untuk memanaskan pinggiran mika antara mika dan rumah reflektor. Pabrikan menggunakan lem yangmenempelkan sekaligus sebagai sealant mika reflektor. Lem tersebut ternyata tidak tahan panas..., dan bila dipanaskan sampai lebih dari +-100 derajat, lemnya akan melunak kembali. Tembakkan heatgun pada sekeliling mika dengan perlahan sampai panasnya merata. Jangan lupa gunakan sarung tangan untuk memegang rumah reflektor karena rumah reflektornya akan ikutan menjadi panas juga. (PERHATIAN : jangan menembakkan heatgun pada 1 bagian mika terlalu lama!!! Karena bisa menyebabkan mika / rumah lampu meleleh!!!)
    Bilamana rumah lampu sudah cukup panas, sekarang gunakan obeng minus yang besar dengan bantuan beberapa temannya untuk mencongkel mica dari rumah lampu..., AWAS! Ada kemungkinan rumah lampu / mika ikut-ikutan lembek, jadi congkel dengan perlahan dan hati-hati. Perhatikan juga sisa lem yang menempel pada pinggiran mika jangan sampai jatuh pada mika, karena membersihkannya butuh perjuangan extra. (PERHATIAN : Jangan mencabut / membersihkan sisa-sisa lem yang ada di ujung sekeliling rumah lampu & mika reflektor! Karena kita akan memerlukannya lagi nanti waktu menutupnya kembali!)
    3. PROJECTOR PREPARATION
    Setalah mika reflektor sudah berpisah dari rumah lampu, kita pindah ke projectornya. Projector datang utuh dengan kaki-kaki disekitarnya, kaki kaki ini tidak ada gunanya didalam reflektor, malah hanya mempersempit ruang yang akan sangat menyulitkan pemasangan. Jadi kita potong saja yah. Nah disini saatnya rotary tool beraksi. Gunakan pemotong rotary tool yang terbuat dari batu untuk memotong kaki-kaki dari projie yang tidak kita butuhkan.

    4. Balik lagi ke reflektor, tampilan reflektor setelah mikanya dibuka kurang lebih akan terlihat seperti ini.
    kita perlu mecabut reflektor itu dari rumahnya. Nah mencabut reflektor dari rumahnya, beda merk mobil, biasanya beda pula caranya. Pelajari cara mencabut reflektor dari rumah lampumu sendiri yah. Tapi untuk referensi, mobil butut saya ini mencabut reflektor dilakukan dengan cara memutar 3 baut penyetel arah reflektor berlawanan dengan arah jarum jam sampai reflektornya lepas. Nah ini juga kenapa saya sarankan untuk membeli obeng mekanik diatas, karena kita bakalan sering lepas pasang reflektor dari rumah lampunya..., bayangin coba kalo tiap kali lepas pasang, kita make obeng biasa..., beh, mantab, bisa gede sebelah tuh otot tangan. Hahaha...

    5. Trik utama dari retrofit sebenarnya hanya memasangkan projector pada reflektor yang ada. Yup.., hanya sesimple itu..., tapi prosesnya itu yang agak sulit. Untuk menggabungkannya kita perlu memotong bagian belakang reflektor agar bisa dimasuki oleh pantat projector. Sebelum melakukan pemotongan, tandai dulu bagian yang akan dipotong dengan spidol agar bisa meminimalisasikan kesalahan potong. Sesuaikan dengan besar pantat projector. Potong lobang jangan kebesaran, karena lubang yang sudah dibuat bisa dibesarkan bila kekecilan tapi tidak bisa sebaliknya.
    6. Saya memotong reflector menggunakan rotary tool dengan mata bor untuk memotong. Tapi belakangan saya mengetahui bahwa akan jauh lebih mudah bila memotongnya menggunakan acc. blade / batu pemotong daripada menggunakan mata bor. Jadi teman-teman tidak perlu mengulangi kesalahan saya dan bisa langsung menggunakan acc. blade .

    7. Ratakan potongan reflektor dengan menggunakan acc. amplas pada rotary tool, dan juga pada kasus saya, dikarenakan bentuk reflektor yang kotak dan model projector bixenon yang mempunyai extra selenoid di bagian bawah, jadi pemotongan ikut melebar ke bagian bawah reflektor agar selenoidnya bisa muat.
    8. Setelah melakukan pemotongan dan pembersihan, silahkan mencoba-coba untuk memasukkan pantat projector kedalam reflector. Bila dirasa sudah OK, cabut kembali projectornya dan bersihkan debu bekas potongan yang ada pada reflektor bagian chrome. Umumnya, para suhu retrofitter dari negara-negara barat melakukan bersih-bersih menggunakan semprotan angin dari compressor. Hehehe, dikarenakan saya gak punya kompresor n harga kompresor yang lumayan muahal, jadi kita ganti aja pake kemoceng yang berukuran kecil. N untungnya dulu waktu ada pameran ditempat yang sudah lupa, saya pernah iseng-iseng beli kemoceng yang bisa muter sendiri... hehehe, setelah bertahun-tahun, akhirnya ada gunanya juga... wakakak.
    9. Saatnya perkimpoian antara projie dan refleki... asyik, mari kita cobloskan bagian pantat projie kedalam lobang yang sudah kita buat pada reflektor.
    PERHATIAN..., ini adalah proses paling krusial dalam retrofit projector!
    untuk ukuran tinggi horizontal dan center vertical dari beam pattern bisa kita atur lagi nanti waktu rumah lampu sudah duduk manis di bagian depan mobil. Tapi yang HARUS kita perhatikan pada saat perkimpoian antara projie dan refleki adalah beam pattern line flatten atau kerataan garis dari cahaya yang keluar dari projie. Perlu diketahui bahwa HID projector yang bagus akan membuat beam pattern yang sangat tajam pada perbatasan terang dan gelap yang membentuk huruf z ditengah seperti ini...

    GELAP
    ----------\_______
    SANGAT TERANG


  4. #3
    Kopral Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    74
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Secs
    garis ini nantinya harus rata dari kanan ketengah, lalu naik sedikit, dan kembali rata dari tengah ke kiri. Nah kita gak mau kan nanti sudah rapih-rapih, ternyata hasil beam patternnya dijalan mengecewakan dan membuat kita harus membongkar ulang rumah reflector.
    Kuncinya ada pada reflektor itu sendiri!
    perhatikan garis belahan-belahan reflektor yang ada dari atas kebawah dan juga garis belahan yang membelah ditengah dari kiri ke kanan.
    YUP, garis-garis ini adalah patokan kita dalam menempelkan projie pada reflector... garis-garis ini sudah sangat presisi untuk menentukan garis beam pattern. Pastikan projektor melekat sesuai dengan garis tersebut dan tidak miring sedikitpun!
    10. Beberapa suhu dari dunia barat melakukan perkimpoian ini dengan bantuan baut. Tapi saya lebih prefer menggunakan lem epoxy. Ada temen yang bilang “kalau di lem kan nanti mo dilepas lagi susah! Gampangan di baut, susah diawal tapi mudah diblakang”. Tapi menurut saya lebih baik mudah didepan, mudah juga diblakang kan! Nanti saya beritahu cara bila ingin melepas lemnya...
    bila dirasa letak projector sudah pas di dalam reflektor, gunakan lem epoxy yang berwarna hitam dan tipe yang cepat kering! Saya sendiri menggunakan dextone epoxy 5 minutes yang dapat dengan mudahdan murah kita peroleh di toko-toko asesoris mobil/motor disekitar kita dengan harga sekitar 8000-10000 rupiah per unit.
    lem sedikit saja terlebih dahulu pada ujung-ujung projie dengan refleki, tetapi pastikan juga lem tersebut cukup untuk memegang projie dengan baik pada reflector. Agar nanti bilamana perlu perbaikan letak, tidak sulit dalam membukanya kembali. Tapi bilamana kita sudah mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik terutama dalam mengikuti garis-garis pada reflektor, seharusnya hasil dari beam pattern sudah sangat baik.

    11. Lakukan proses yang sama pada reflektor kedua dan pasangkan kembali pada rumah lampunya masing-masing.

    jangan lupa pasang lagi mika depannya sebelum test beam pattern di jalan dan pastikan bahwa tidak ada bagian projector yang akan bertabrakan dengan mika apabila nanti sudah saatnya pemasangan mika dengan sempurna. Tapi gak perlu dipasang yang bener, asal lengket aja gakpapa, terus tempelin pake lakban kertas untuk memastikan mika gak akan jatuh ditengah jalan.
    Note: seperti yang sudah saya sampaikan di opening! Hehehe, ini lah penyebabnya saya tetap memaksakan menggunakan projector bixenon walaupun rumah lampu reflektor mobil saya sudah terpisah antara lampu jauh dan dekat... yup... karena mobil tuaku tidak mempunyai foglamp, sebagai gantinya saya ingin membuat mobil butut saya mempunyai QUAD bixenon.... awww, wasn’t it cooooolll.... hehehe...

    12. Pasang kembali rumah lampu yang baru setengah jadi ini di mobil, dan mari kita jalan-jalan keliling kompleks sampai sedikit ke jalan raya... ouuuww...., jangan lupa STNK dan SIM tetap dibawa!
    Silahkan cari tembok dan jalan yang rata untuk mengatur beam pattern ketinggian vertical dan center horizontal. Bilamana kamu kurang mengerti bagaimana cara pengaturan vertical horizontal beam pattern pada mobil kamu, coba baca lagi buku manualnya.
    maaf yah, fotonya rada burem, soalnya terlalu konsen sama pengaturan beam pattern sama kegirangan muter-muter kompleks dengan beam pattern bergaris yang kereeeeen, sampe kelupaan dokumentasinya... hahaha, untuk beam pattern resultnya yang sudah mantab ada dibagian akhir.

    13. Setelah capek muter-muter buat ngetest beam pattern yang mantab..., sekarang balik lagi ke garasi buat lanjutin proses. Bilamana dirasa sudah tidak ada masalah lagi, nah selamat..., bagian tersulit sudah terlewatkan..., sekarang saatnya fashion..., cabut kembali rumah lampu dari mobil, dan kembali pisahkan mika dan rumah lampunya, dan juga cabut reflektor yang sudah nyatu sama projectornya.

    14. Nah sekarang kan kita dah yakin kalo hasil beam pattern dari projector kita dah manteb! Silahkan perkuat pegangan projie ke reflektor, gunakan lebih banyak lem epoxy disekitar projector dan juga lem penuh pantat projector supaya nempelnya awet dalam jangka waktu yang lama.

    15. It’s paaiiiinnnnting time... ^_^ yup. Sekarang saatnya kita mengecat. Untuk cat saya memilih warna hitam..., mengapa? Karena modifikasi HID projector pada reflector (retrofit) tidak seperti projector yang sudah dipasang pabrikan mobil yang memang sudah memperhitungkan dengan mateng aliran cahaya yang keluar dari projector. Warna hitam mempunyai sifat menyerap cahaya dan tidak memantulkannya bilamana ada cahaya dari bohlam HID yang bocor kearah bagian dalam reflektor. Jadi tetap akan terlihat dari luar sumber cahaya hanya berupa titik kecil tapi bisa menerangi jalan dari ujung ke ujung dengan sangat baik.
    Sebelum melakukan pengecetan, jangan lupa menutup lensa projector dengan menggunakan lakban kertas. Agar lensa tidak ikut-ikutan berwarna hitam. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa cat yang digunakan kuat terhadap panas yang tinggi.

    selain projector, saya juga mengecat hitam seluruh isi bagian dalam rumah lampu termasuk shroud reflectornya. Agar nanti tidak akan terlihat belang yang berwarna abu-abu sedikitpun. (karena warna dasar rumah lampu saya warna abu-abu), tapi saya pernah melihat beberapa seri mobil yang warna dasar rumah lampunya sudah berwarna hitam keseluruhan.

    16. Agar projector terlihat manis didalam reflektor, ada baiknya bila kita membuatkan shroud pribadi untuk projienya. Tujuan pembuatan shroud selain mempercantik isi dari rumah lampu juga untuk meminimalisasi cahaya bocor dari dalam projector. Apabila kita masih mempunyai isi dompet yang masih tebal, kita bisa dengan mudah membeli shroud yang sudah jadi. Tapi untuk menghemat budget, dengan menggunakan sedikit kreatifitas, kita bisa dengan mudah membuatnya sendiri. Toh peralatannya juga sudah ada kan!? Untuk bahan dasar shroud ini bisa menggunakan apapun yang ada disekitar kita. Ada yang menggunakan converter Pipa 4”-3”, ada juga yang menggunakan kaleng coca-cola, atau reflektor lampu neon untuk plafon dirumah, bahkan ada temen yang menggunakan tempat makan hamster. Semua tergantung kreatifitas kita dan PASTIKAN bahan yang kita gunakan TAHAN terhadap panas yang berlebih. Kita gak mau kan nanti setelah semuanya rapih, setelah jalan sebulan, projector kita tertutup sama lelehan dari shroud..., wah kacau deh. Untuk memastikan bahan dasar shroud tahan terhadap panas, saya menggunakan heatgun. Tembakkan heatgun dengan kekuatan penuh ke bahan dasar shroud tersebut selama 30-45 detik. Apabila bahan shroud mulai sedikit melumer, yah jangan digunakan donk.
    Dalam tutorial ini, saya menggunakan mangkok melamin untuk bahan dasar pembuatan shroud projector. Ukurannya variatif, dan sangat mudah kita dapatkan. Saya sendiri sampai bingung memilih mangkok melamin yang cocok karena terlalu banyak pilihannya di carrefour.
    Mangkok tersebut tinggak kita bolongin bagian bawahnya dengan menggunakan rotary tool sebesar lensa projector yang kita gunakan, jangan lupa tandai dulu dengan spidol bagian yang akan kita potong supaya hasilnya rapih. Trus tinggal di rapihkan menggunakan asesoris amplas yang ada pada rotary tool.
    nah sekarang ukur deh dengan tempelin ke projienya, kalo ada bagian yang ngeganjel, tandain pake spidol, trus potong lagi sampai semuanya pas. Setelah itu..., paint job lagi..., cat semuanya hitam biar mantab.
    setelah catnya kering, langsung deh, tempelin tuh shroud ke projectornya dengan menggunakan lem epoxy yang udah berwarna hitam seperti dextone 5 minutes.

    17. Phheeeewwwww..., ayo, hampir selesai. Sekarang kembali pasang reflektor&projie kedalam rumah lampu dengan perlahan. Hati-hati agar tidak ada cat yang tergores supaya nanti tidak ada bagian yang tidak enak dipandang dari luar mika.

    18. Percantik projectormu dengan angel eyes! Tempelkan neon angel eyes, pada shroud projector secara perlahan sekali dengan menggunakan lem epoxy yang berwarna clear seperti araldite merah. AWAS hati-hati! Jangan sampai lem tumpah, ke lensa projector! Karena bersihinnya stengah mati!
    tapi seandainya ada yang tidak sengaja lem jatuh ke lensa, kita bisa menggunakan lap yang dituangkan sedikit bensin, trus lap secara perlahan pada lensa yang terkena lem. Tapi hati-hati juga! Jangan sampai lap bensin tersebut terkena shroud yang sudah dicat hitam. Karena bisa langsung ngerontokin cat hitamnya.
    gunakan isolasi kabel untuk melindungi kabel angeleyes yang tipis itu dan selipkan melalui bagian atas reflektor atau lewat bagian atas pantat projector.

  5. #4
    Kopral Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    74
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Secs
    19. Begitu lem angeleyesnya kering, nah sekarang saatnya bersih-bersih! gunakan lap basah (AIR) dan kering untuk membersihkan lensa projector dan mika rumah lampu bagian dalam dari semua debu dan kotoran! Jangan sampai ada setitikpun debu yang masih menempel dibagian dalam mika atau di lensa projector, karena nanti akan membuat penampilan menjadi keruh dari luar!

    20. Pasang kembali mika pada rumah lampu. Prosedurnya adalah kebalikan dari sewaktu mencabutnya. Panaskan sebentar lem-lem asal pabrikan yang ada disekitar rumah lampu dengan menggunakan heat gun, lalu satukan mika dengan rumah lampu perlahan tapi pasti!
    terus panaskan pinggiran mika dan rumah lampu secara perlahan sambil menekannya juga perlahan tapi pasti. Untuk mempermudah pekerjaan, kita bisa menggunakan clip accu yang bisa kita beli di toko aki terdekat untuk memastikan tekanan. Trus panaskan bagian pinggir sama jarak antara mika dan rumah lampu benar-benar rapat, tapi jangan terlalu dipaksakan bila dirasa sudah maksimal.

    Gunakan sealant di sekeliling mika untuk memastikan tidak akan ada air yang menerobos masuk kedalam rumah lampu pada saat dicuci atau hujan deras! Dan jangan lupa pasang kembali pengait mika ke rumah lampu bila ada.
    21. Karena saya merusak banyak bagian dari rumah lampu bagian belakang, bagian ini harus diperbaiki agar nantinya air tidak bisa dengan leluasa menerobos masuk kedalam rumah lampu lewat bagian belakang. Untuk itu saya menggunakan pipa PVC 4” dan memotongnya mengikuti postur bagian belakang rumah lampu kembali dengan menggunakan rotary tool, lalu menempelkannya menggunakan lem epoxy dan tidak lupa untuk kembali menggunakan sealant diantara pipa dan rumah lampu. Untuk penutupnya dari belakang saya menggunakan karet ban mobil bekas yang dipotong sesuai dengan besar pipa.
    beh..., ini proses yang terakhir dalam bongkar-bongkar rumah lampu kita..., sekarang lakukan proses yang sama pada rumah lampu kedua.

    22. Akhirnya...., ayo dengan semangat 45, pasang kembali rumah lampu kita ke mobil dan rakit perkabelannya. Jangan lupa gunakan relay tambahan untuk mengaktifkan HID agar tidak akan ada masalah janka panjang dengan switch lampu utama dan sambungkan juga angel eyes dengan lampu kecil.
    pada bagian plakang rumah lampu, apabila ada yang dibobok, silahkan akali untuk menutup sisa lupang yang ada. Bisa menggunakan sealent juga.
    hahahaha...
    sebelum test jalan-jalan, mandi dulu, bis itu tes nyala dulu yah didalam garasi.....

    Angel Eyes turned on :

    All HID turned on :

    Beam Pattern Result :
    * Low beam & Hi Beam :

    Hore... jadi sudah retrofit saya kali ini.... haduh, bangganya.... gak ketulungan... jadi kepingin jalan malem trus..., kalo bisa tidurnya siang aja. Hahahaha.

    Selesainya retrofit dan tutorial saya ini tidak lepas dari beberapa bantuan beberapa suhu juga.
    Karena itu saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

    * agan SUHU Commoner : terimakasih atas supply projectornya, supply bulb HIDnya dan terutama buat sharing ilmunya tentang projector. Wow, tanpa dirimu, saya gak akan bisa ngedapetin projie-projie berkualitas tinggi dengan harga yang sangat bersahabat.
    * agan SUHU Pak Wiet: terimakasih atas supply angel eyesnya yang banyak sampai stocknya sendiri habis gara-gara saya terus-terusan mecahin angel eyes di proses retrofit. Dan juga buat banyak sekali ilmu yang rela di share buat saya walaupun saya sudah sering merepotkan! Suhu yang satu ini sangat ramah terhadap customernya! Bahkan tidak segan-segan dalam membagi ilmunya! Dia juga tidak mengunci item electronic barang yang dijual, contoh, disaat banyak pedagang kiprok dc menutup rakitan kiproknya dengan powerglue / cor epoxy, suhu yang satu ini malah rela menerangkan isi rakitan secara detail! Tak heran banyak customer yang terpaksa bermalam di workshop suhu Pak Wiet karena banyaknya antrian modifikasi ditempatnya!
    * agan SUHU jungkiwenas : terimakasih atas sharing knowledgenya dari awal kita bertemu di daerah semanggi dulu! Motivasi saya tentang HID dan projector berawal dari suhu yang satu ini. Dan juga buat supply T10 LED yang menurut saya T10 LED yang dijual oleh suhu yang satu ini still the best!

    Thanks all...

  6. #5
    Kopral Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    74
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Secs
    Reserved....

  7. #6
    Mayor
    Location
    Karang Tengah
    Posts
    4,228
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 12 Hrs 21 Mins 45 Secs
    nice thread om.. mantap hasil kerjaan nya.. pekerjaan yg hampir impossible bs d kerjain sendiri..
    well done!
    cendol sent

  8. #7
    Kopral Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    74
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Secs
    Quote Originally Posted by yylambat View Post
    nice thread om.. mantap hasil kerjaan nya.. pekerjaan yg hampir impossible bs d kerjain sendiri..
    well done!
    cendol sent
    terimakasih om...
    bisa kok om untuk dikerjain sendiri dirumah..., yang penting punya banyak waktu aja...

    saya karena gak punya waktu om, kerjanya diselip-selipin, makanya jadinya lama...

  9. #8
    Sersan Kepala
    Location
    Surabayaaa
    Posts
    548
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 2 Hrs 49 Mins 32 Secs
    waw om franklin nampang disini juga neh? hahaha

    manteb bro step by step nya oh ya gua lupa ngirimin clear lens nya nih alamatnya ilang soalnya... pm in gua deh ntar gua kirimin besok hehehe

  10. #9
    Kopral Satu
    Location
    Jakarta
    Posts
    74
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    51 Secs
    hehe, somehow, i know u'll be here...

  11. #10
    Sersan Kepala
    Location
    Surabayaaa
    Posts
    548
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 2 Hrs 49 Mins 32 Secs
    Quote Originally Posted by blackpearl2011 View Post
    hehe, somehow, i know u'll be here...
    Hahaha, gua mah asalnya disini bro sebelum hijrah ke sebelah.. anyway, manteb tuh hasil outputnya... Ntar coba diganti clear lens yah pasti lebih maknyus lg intensity bakalan bertambah

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
GT Radial Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. minta penjelasan step by step detailing
    By Dn2001 in forum Diskusi Perawatan Mobil (Exterior & Interior)
    Replies: 3
    Last Post: 10th July 2013, 10:27
  2. Retrofit BATAM :HID Projector + Double Angel Eyes + Demon Eyes
    By rido in forum Lamp (Headlamp, Stoplamp, etc)
    Replies: 5
    Last Post: 13th February 2013, 07:09
  3. [HELP] Tanya step by stepnya ngilangin jamur kaca mobil
    By fregar75 in forum Diskusi Eksterior
    Replies: 29
    Last Post: 29th August 2010, 20:14
  4. Step By Step Modifikasi Mesin Starlet
    By gung_ho_driver in forum Diskusi Mesin
    Replies: 95
    Last Post: 12th October 2009, 22:32
Back to top