How to : Realize Your Mistakes and Their Solutions in Rotary Polishing
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 25 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 242
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/260532
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Posts
    3,661
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 5 Hrs 24 Mins 48 Secs

    How to : Realize Your Mistakes and Their Solutions in Rotary Polishing

    Hola guys,
    Gw menyadari bahwa belajar pake rotary itu gak mudah, kepikiran juga nulis artikel ini, kali aja bisa bantu yah...
    Di sini gw bakal nulis tentang kendala – kendala yang biasanya dihadapi oleh para pemula (atau mungkin non pemula pun masih bisa ngalamin), dan juga mengenai solusinya check this out...


    HOLOGRAMMING
    Spoiler for Hologramming: Show

    Kayanya masalah yang paling sering dihadapi para rotarist (keren juga ya pake nama rotarist?) adalah “Pengalaman Pahit dari Hologram”. Hologram tuh yaa kaya stiker hologram gitu, mungkin kalo kita perna poles di salon tenda lalu ada efek kaya hologram halus gitu si tukang polesnya ngomong “oh itu efek abis dipoles pak, keren kan?”

    Walo keliatannya nyeremin banget, tp sbnernya hologram ini ngga parah, malah lebih ringan daripada swirl biasa. Hologram ini biasanya disebabkan oleh butiran abrasif pada obat poles, tp tenang, gampang dibenerin

    Spoiler for Penyebab Hologram: Show

    Panel kita ngalamin hologram gini biasanya karena beberapa hal, yaitu :
    1) pake obat poles yang terlalu abrasif,
    2) pake pad yang terlalu abrasif, dan yang paling sering adalah
    3) obat poles n pad udah bener, tapi gak fully brokedown, dan
    4) debu obat
    Di guide gw yang lalu ada metode zenith, nah perannya dalam breaking down obat tuh kaya gini


    Spoiler for Solusi: Show

    Solusi buat ngatasin ni hologram adalah turun step ke obat n pad yang least agressive, tapi kalo kita udh pake obat bener, pad bener dan ternyata masih hologram juga, berarti kemungkinan besar karena obat lo gak breakdown dengan sempurna. Dengan metode zenith point / zenith plateau itu ngebantu banget bikin obat kita breakdown dan juga hasil polesan pun lebih oke (at least menurut gw lebih oke)
    Problem lain adalah debu dari obat poles itu sendiri, banyak alesan mengenai ini, ntah speed yang ketinggian, bikin panel n obat panas, jadi kering, padahal belom breakdown juga. Juga jangan kerja pada area yang terlalu luas, ini jg bisa bikin obat lebih cepet kering.
    Kalo lo pake obat macem 3M 06064, gtech P1, CG diamondcut, yang notabene cepet bgt kering, bantu aja pake air disemprot tipis, ke panel or pad terserah, supaya debu minim dan obat bisa breakdown dengan sempurna


    Defect Below Clear Coat
    Spoiler for DBCC: Show

    Hal kaya gini terjadi pada repaint yang kurang oke, dimana pemolesan gak dilakuin dengan benar sebelom semprot vernish.

    Ini yang gw alami secara langsung
    Before

    After

    Masih jelas terlihat banyak scuff, light swirl dan fisheye disitu

    Spoiler for Solusi: Show

    Kalo udah kaya begini, mau dipoles kaya gimanapun jg hasilnya ga bakal sempurna, karena kita ga bisa refining yang dibawah clearcoat,, kecuali diamplas abis, poles, lalu clearcoat ulang (mahal banget bok,, mending diemin ampe dapet banyak rejeki, lalu cat ditempat yg bener).


    Strike Through
    Spoiler for Strike Through: Show

    Strike Through dideskripsikan lo moles abis layer paling atas (clearcoat) ampe tembus ke layer bawahnya kaya begini

    Real nya, kaya di pintu Pug 307 ini

    Ga tlalu kliatan sih, cm kalo ditilik tilik, keliatan warnanya lebih “light” tapi gak kinclong kaya yg masih ada clearcoatnya, baru keliatan bgt kalo ditembak pake lampu
    StrikeThrough

    Normal


    Kerusakan ini jelas mahal bgt kalo mau dibenerin, mesti ngesol ditempat bagus, dan juga ga ada jaminan cat nya bakal ga belang. Kalo lo kerja pake kompon or anything yang abrasif banget, mesti sering ngecek aplikatornya, karena tanda dari ST itu pad bakal berubah sewarna ama catnya kaya begini

    Atau kalo lo punya PTG, baiknya selalu ngecek, apakah panel tersebut masih layak poles pake obat abrasif apa kaga...

    Spoiler for Penyebab: Show

    ST jelas disebabin karena lo pake combo yang agresif di softpaint atau thinpaint, tp kejadian begini jarang kejadian (di mobil sendiri), karena kita pake kompon bisa dibilang seumur idup sekali kan? Sisanya pake finishing polish doang paling banter, atau kaya gw, pake glaze mulu ampe bener2 ga ketutup, baru poles lagi

    Spoiler for Solusi: Show

    Waduh, kalo disini sih mending mencegah daripada ngobatin, sebisa mungkin selalu jaga kondisi cat kita bener bener, supaya jarang banget perlu poles, kalo bagi yang punya PTG sih enak bisa cek ketebalan.
    Intinya jangan poles pake combo yg tlalu agresif kecuali bener bener diperluin, soalnya kalo udah kejadian, obatnya cuma 1, CAT ULANG !!!


    Buffer Hop
    Spoiler for Buffer Hop: Show

    Hehe, jd inget pas dulu pertama belajar moles pake mesin Krisbow, pake polishingpad kaga pake obat, iseng aja moles kaca dirumah cm pake Mr.Muscle, gelo itu mesin loncat loncat walopun speed pelan, kebayang kalo kaya gini di panel mobil, bakal marring sana sini.

    Spoiler for Penyebab: Show

    Banyak juga penyebab dari BufferHop ini (kalo gw singkat bakal mikir ngeres ntar), penyebab yg paling umum biasanya karena antara panel dan pad kita kurang pelumas, ntah karena obat udah kering, atau gak terspread sempurna, atau karena sticky paint.
    Bisa jg disebabkan malah kebanyakan obat, jadi pad kita bakal “cloging” dan ga efektif lagi (biasanya sering splatter dan cut malah ngurang), lama lama bakal sering BufferHop.
    Atau bisa juga disebabkan karena pad kita kaga flat, entah BP nya jiggling atau panelnya banyak lekukan, jadi bisa ngeganggu kelancaran kita dalam memoles :p

    Spoiler for Solusi: Show

    Baiknya dari awal kita mencegah, jangan pake obat kebanyakan atau tlalu dikit, kerjain panel jg jangan terlalu besar areanya.
    Pas spreading obat pake speed rendah aja, sampe obat beneran rata baru pelan2 naekin speed, ini juga bakal ngurangin splatter
    Dalam pengerjaan panel berkontur, pake pad yg lebih kecil, speed ga usah ketinggian, supaya ngerjain bisa relax banget


    Sticky Paint
    Spoiler for Sticky Paint: Show

    Kadang kita temuin dibeberapa jenis mobil, panelnya gampang banget panas, dan juga obat jadi cranky, padahal teknik kita gitu – gitu aja dan ga ada masalah di mobil lain, obatpun jadi susah breakdown.

    Spoiler for Penyebab: Show

    Ga jelas juga sebabnya apaan, bisa karena obat tertentu dibuat untuk keadaan tertentu (misalnya P1, yang temen2 gw ga perna ada masalah cepet kering, tp gw pake di humid tinggi n cuaca panas baru juga 3 pass udah kering n susah di buff, atau om meong bilang menz tu cranky abis, kalo cuaca lg panas obatnya ga bagus n finishnya pun ga oke).
    Alasan lain karena cat dari si mobil itu sendiri, jenisnya yg lebih cepet panas kalo kena friksi, sehingga nyerep lubrikan dan bikin jadi lengket banget, (si nescafe perna nekat hajar D151 di accord dia, udah sticky tetep dihajar, yg gw liat accord dia kaya diolesin permen karet).

    Spoiler for Solusi: Show

    Bingung juga kalo dipikir – pikir, secara pengalaman gw di sticky paint pun amat sangat minim, tapi logikanya “keep the heat down”, kerja di speed rendah 1000an, dan terus aja di speed segini, kalo panel udh mule panas, mau g mau mesti stop dulu, gw rekomendasikan juga pake obat non diminishing abrassive, takutnya kaga breakdown malah burek ntar.
    Atau bisa juga dibantu sama nyemprotin air (nah ini tergantung obatna juga, gw coba menz 85re5 disemprot air kerjanya oke lagi, tp P1 gw semprot air malah tambah ngegumpal, padahal sama – sama water base).
    Pilihan terakhir kalo lo banyak rejeki beli DA aja dapet report dari nescafe dia udh ga perna ngalamin sticky paint terlalu parah kalo pake DA


    Deep Scratch
    Spoiler for Deep Scratch: Show

    Sering kita nemuin baret tipis tp dalem, susah jg ngilanginnya, mesti amplas dll...
    Tp jujur menurut gw, buat daily driving, itu gak worthy, karena ga ada yg tau kita besok ngalamin baret dalem lagi apa kaga. Kaya gini misalnya


    Susah kayanya buat ngilanginnya, tp gimana kalo disamarkan aja, istilahnya di “rounded off” atau dibulatkan, jadi si sisi – sisi dari scratch yang tajem itu dibikin bulet supaya cenderung scatter the light daripada ngerefleksiin (duh bahasanya kaco, maap bro).

    Spoiler for Penyebab: Show

    Penyebab kita mesti ngelakuin Rounding Edge salahsatunya spt yg gw bilang diatas, karena ga worthed untuk ngilangin defect dengan ngorbanin ketebalan yang segitunya, atau emang udh ga mungkin lg untuk diilangin, misalnya cat terlalu tipis.

    Spoiler for Solusi: Show

    Solusinya tentu dengan Rounding Edge ini, dengan memoles biasa tapi pake obat yang lumayan agresif (misalnya Menz SIP) diharapkan untuk “membulatkan” sisi – sisi yang tajem bekas scratch ini, supaya jauh lebih ga keliatan.

    Cahaya dari pinggiran yg udah rounded tadi lebih scatter dibanding yang tajem, dan bikin foto yang diatas jadi begini


    Scratch memang masih keliatan, tp jauh lebih gak keliatan dibanding sebelumnya


    Happy Detailing guys, semoga ngebantu bagi para rotarist, terutama yang baru belajar




    Special thanks to Dave KG, Brazo, Nescafe, Luwak_bau, dan masih banyak lagi

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    869
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    17 Hrs 24 Mins 55 Secs
    Nice sharing bro Kios3r, berguna banget buat saya yg belum 1 thn punya rotary....Ulasannya TOP abis....izin ngopy ke internal disk ya bro....tx.

  4. #3
    Kopral Dua
    Posts
    38
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    mantabh bro,, trit nya bagus2, menyenangkan untuk dibaca dan sangat berguna buat nubie kaya ane

    jadi pengin punya mesin nih,, hehe

  5. #4
    Mayor
    Posts
    3,661
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 5 Hrs 24 Mins 48 Secs
    @ om altis : monggo om semoga berguna yaahhh ntar abis ane ujian ane kasih guide buat rotary yah
    @ om PS : huee met kenal om ayo ayo nabung buat mesin

  6. #5
    Kopral Dua
    Posts
    38
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    iya bro, lagi rajin2 menabung

    ntar klo uda punya nubie bakal sering nanya ama ente

    photo yang deep scratch keren, bisa gitu cuman pake obat aja yah? atau ada pad dan teknik khusus supaya clear coat nya ga kepotong banyak ..
    kebetulan mobil di rumah cat nya tipis dan ada bonus deep scratch dari dealer .. haizzz

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    869
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    17 Hrs 24 Mins 55 Secs
    Insya Allah berguna dunk...apalagi bbrp anak karang taruna di kampung ane yg biasa ngeliatin ane pas ngedetail pada mau belajar detailing. Ane bilang ma mereka drpd nongkrong ga karuan mending moles, biar mobil ortunya atau tetangga pada kinclong dan mereka juga bisa dapat tambahan uang....wkwkwkwk...ngeracunin anak remaja dah.

    Semoga sukses ujian dan kuliahnya ya om..

  8. #7
    Mayor
    Location
    PI
    Posts
    4,032
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 9 Hrs 25 Mins 56 Secs
    Wah ada how-to yg sgt berguna lg
    Nice write up..

  9. #8
    Mayor
    Posts
    3,661
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 5 Hrs 24 Mins 48 Secs
    @ om PS : untuk rounding edge sih pake obat abrasif aja, disesuaikan ama kondisi cat, lama lama pasti baretnya rounded sendiri kok cm jaga jgn sampe panel kepanasan,, kebakar ntar kaya fortunernya pak andy1800
    @ om Altis : amin broo,, wah baik bgt niatnya,, iya bro, daripada kearah negatif mending diajarin poles aja
    @ om gnist : tq bosss

  10. #9
    Kopral Kepala
    Location
    Malang - Pasuruan
    Posts
    136
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 4 Mins 39 Secs
    mantab bro KIOS3R ....

  11. #10
    Mayor
    Posts
    3,661
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 5 Hrs 24 Mins 48 Secs
    tq om brict,, btw sk moles jg om?

 

 
Page 1 of 25 12345 ... LastLast
MBtech Tekiro

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Meguiars G3400 Brilliant Solutions Wheel Polishing Kit
    By vaynardx in forum Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 2nd April 2012, 11:28
  2. WTS : RX8 exhaust Blitz realize TT-R
    By mr.perfectionize in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 21
    Last Post: 4th February 2011, 00:44
Back to top