All about NOS
Scuto Laminating Simota

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14
Thread: All about NOS
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/25954
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Dua
    Location
    bandung
    Posts
    1,322
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    All about NOS

    berhubung banyak yg nanya ma kurang "ngeh" sama fungsi NOS termasuk saiia sndiri jg kurang ngerti :smt003 , ini tulisan saiia ambil dari salah satu blog teman yg membahas ttg NOS
    Nitrous... atau bekennya dari N2O ini sering disamakan dengan NOS atau nitrous oxide system. sebetulnya NOS adalah merk nitrous buatan Holley Motor Company...

    nitrous ini, apapun merknya prinsip kerjanya sama. nitrous yg mengandung N2O ini kondang di ajang balap terutama drag race n tuning di modifikasi mesin.

    cara kerjanya, nitrous yg berbentuk cair dalam tabung bertekanan ini cepet menguap di tekanan atmosphere. senyawa ini yg masuk ke combustion chamber ini pecah menjadi 2 unsur yaitu nitrogen dan oxygen... kadar oxygen di senyawa nitrous oxide ini melebihi 1/2 kadar oxygen di udara. bercampurnya oxygen ini dengan senyawa hidrokarbon yg selalu terdapat di bahan bakar seperti bensin, solar maupun alkohol ini menghasilkan tekanan kompresi yg ngedongkrak tenaga mesin dlm waktu instan selama nitrous ini masih berada di chamber... peranan nitrogen disini adalah sebagai pendingin... kompresi n output tenaga yg instan ini bakal menghasilkan panas yg meningkat instan juga... struktur diatomik nitogen di N2 ini sangat stabil sehingga boost besar pun memungkinkan...

    penggunaan purge valve yg sering dikatakan ''keren'' ini sebetulnya ada gunanya... purge valve ini fungsi utamanya sebagai alat pembuang angin di saluran. sehingga nitrous langsung berada di selenoid.

    tipe pemasangannya ada beragam

    1. wet system
    pemasangan diantara manifold n throttle body. atau single nozzle di saluran intake. pemasangan ini mencampurkan nitrous dan bahan bakar di nozzle sehingga dinamakan wet system... pemasangan ini relatif paling simple n settingan lebih mudah.

    2. dry system
    pemasangan ini membutuhkan extra injektor buat bahan bakar... pemansangan nozzle di saluran intake. nitrous akan bercampur dengan bensin di extra injektor ini, lalu kemudian bercampur lagi dengan injektor bahan bakar, baru masuk ke chamber. pemasangan n settingan lebih rumit karena setting air-fuel ratio lebih susah. carnya bisa dengan mengakali MAF sensor. nozzle ini biasanya diset dlm sudut 90 derajad.

    3. direct port system
    pemasangan yg paling rumit. ini membutukan pengeboran di manifold. pemsaangan yg langsung ke intake port mesin. prinsipnya mirip dengan wet system. cm nozzle yg bercampur bahan bakar+nitrous ini disalurkan secara mandiri ke tiap cylinder. ada lagi jenis direct system yg multi-point. ini menghasilkan tenaga paling besar. nitrous disalurkan memalui 1 nozzle utk 1 cylinder. ini juga memungkinkan pemasangan selenoid yg lebih besar.

    masuknya nitous ini via selenoid n fogger.. jenisnya pun beragam.

    pemakaian nitrous identik dengan kecepatan instan n tenaga instan. banyak yg terjadi di mesin utk menghasilkan ini. salah satu yg perlu diketahui, penambahan tenaga ini selain jg identik sama panas, identik juga dengan kenaikkan kompresi. kenaikkan kompresi ini yg bnisa mengakibatkan mesin berumur pendek.

    buat mobil n/a
    kompresi yg udah tinggi disarankan utk tidak memasang nitrous dengan settingan yg tinggi. ini sangat fatal buat mesin. hanya settingan rendah yg dianjurkan buat keawetan mesin di jangka panjang.

    buat mobil forced-induction
    baik turbo maupun supercharged. pemasangan nitrous juga harus diperhitungkan secara teliti sebagai mana hanya mesin n/a. walaupun mesin forced-induction udah berkompresi rendah, disaat boost masuk, kompresi naek drastis. ini menghasilkan lonjakan tenga yg besar. disaat kompresi tinggi oleh boost, pemakaian nitrous bisa fatal klo gak disertai timing, setting yg tepat. boost yg tinngi oleh turbo/supercharger, ditambah nitrous bisa berakibat komponen mobil rusak. mulai dari head, valves. sampe piston, conrod bahkan sampe crankcase klo extreme... ada juga yang sampai retaknya blok dikarenakan mesin gak bisa menahan lonjakan kompresi dan panas yg dihasilkan nitrous.

    pemasangan nitrous, apapun tipe n merknya. harus dipasang di orang yg mengerti dan ahli.

    merk terkenal seperti pencetus nitrous, NOS. sampe NX express, VENOM n merk laen2nya udh menbuat sytem nitrous... VENOM merupakan salah satu merk termahal disini. ini dikarenakan udah dilengkapi dengan modul utk mengatur settingan nitrousnya.

    Sekian infonya... semoga berguna buat semua :smt003

  2. Eagle Eyes
  3. #2
    Kolonel
    Location
    pd indah - bintaro PP
    Posts
    7,660
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 29 Mins 57 Secs
    thx bos info nya..

    ayo ayo yg doyan botol jin

    gue sih NA only aja de
    Maaf saya newbie kk...

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    bandung
    Posts
    1,322
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    sama'' bos dhetz

  5. #4
    Letnan Satu
    Location
    jakarta
    Posts
    1,630
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 21 Hrs 56 Mins 12 Secs
    katanya nembak nos itu harus rpm tinggi ya..??

    kira2 rpm berapa..??

  6. #5
    Letnan Dua
    Location
    bandung
    Posts
    1,322
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    @yudh!!
    wah kalo gw sih biasanya di rpm 5000 pa 6000an gt bos

  7. #6
    Sersan Satu
    Location
    BKS-MKS
    Posts
    340
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 5 Hrs 16 Mins 4 Secs
    klo mau keren2an ajah..pake NOS purge..bisa ditaruh di ban atau di kap mesin..jadi pas di lampu merah ada mobil yang lebih gaul,tinggal pencet "klik cusssss...cusssss :smt068

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    DJAKARTA TIMUR_______________
    Posts
    7,475
    Power
    26 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Day 6 Hrs 28 Mins 3 Secs
    jd klo nih botol jin mw dijejelin di
    mesin N/A dan spek kompresi yg toleran utk aplikasi NOS ini brp yah?
    apa kompresi 10:sekian2 masi toleran pke NOS?

    n then penghitungan kenaikan kompresi setelah pke nih botol jin gmn si?
    yg gw tangkep kasarannya klo kita pke NOS yg 35hp brarti kompresi naeek jd 3,5 klo di + sm basic kompresi yg masi 10 total kompresi jd 13,5:sekian2....salah yah?

    mohon koreksi nya klo salah, klo kompesi segitu 13,5 pke pertamax plus jg ngelitik abis donk?
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ ~~~~

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    DJAKARTA TIMUR_______________
    Posts
    7,475
    Power
    26 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Day 6 Hrs 28 Mins 3 Secs

    Cool

    jd klo nih botol jin mw dijejelin di
    mesin N/A dan spek kompresi yg toleran utk aplikasi NOS ini brp yah?
    apa kompresi 10:sekian2 masi toleran pke NOS?

    n then penghitungan kenaikan kompresi setelah pke nih botol jin gmn si?
    yg gw tangkep kasarannya klo kita pke NOS yg 35hp brarti kompresi naeek jd 3,5 klo di + sm basic kompresi yg masi 10 total kompresi jd 13,5:sekian2....salah yah?

    mohon koreksi nya klo salah, klo kompesi segitu 13,5 pke pertamax plus jg ngelitik abis donk?
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ ~~~~

  10. #9
    Letnan Dua
    Location
    cirebon--==>> lippo karawaci
    Posts
    1,060
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 56 Mins 37 Secs
    Quote Originally Posted by yudh!! View Post
    katanya nembak nos itu harus rpm tinggi ya..??

    kira2 rpm berapa..??
    3000-4000rpman kyknya.... kurang dari itu bisa ngelitik....

    klo itungan kenaikan kompresi gw ga ngerti, tp kynya ga 35hp ga naek 3,5 deh kompresinya..... gila jg rata2 mobil std kan bisa tambak 50hp, emang sih amannya pake bensol ama mundurin timing.

  11. #10
    Sersan Satu
    Posts
    406
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 6 Hrs 58 Mins 55 Secs
    harga nos brapaan sih skrg?

    trus untuk refilnya brapa ? dimana?

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
MBtech Mitsubishi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Back to top