cara pasang koil botol
Rgotogel Simota Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/254250
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Posts
    13
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    19 Mins 11 Secs

    cara pasang koil botol

    haloo semua ane newbie disini,ane mo tanya ama para master engine mobil,ane baru aja ganti koil lama (resistor ekternal tp gak dipake ato di bypass) ganti dgn koil botol resistor ekternal jg tp ane gak tau cara nyambung kutub plus + dan - resistornya,katanya kutub + resistor disambung ke arus acc dari kontak tp ane gak ngerti kabel acc kontak itu,maka dari itu tolong dong dishare skemanya,thank atas atensinya...oh yaa mobil ane masda trendy 88

  2. Jayapoker
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    cibuburrr
    Posts
    998
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Days 4 Hrs 59 Mins 51 Secs
    Emang koil aslinya udah ilang? Klo msh ada ya tinggal pindahin kabel yg nempel di koil asli ke koil botol. Kabel yg nempel ke + koil asli itu kabel IGN (bukan ACC ya yg dikonek ke koil, salah tuh). Bedanya skrg ga dibypass.. Jd urutannya kabel IGN ke resistor + ke resistor - trus ke koil positif deh.. Koil negatif jgn lupa konek ke delco atau platina.

  4. #3
    Prajurit
    Posts
    13
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    19 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by ballpencil View Post
    Emang koil aslinya udah ilang? Klo msh ada ya tinggal pindahin kabel yg nempel di koil asli ke koil botol. Kabel yg nempel ke + koil asli itu kabel IGN (bukan ACC ya yg dikonek ke koil, salah tuh). Bedanya skrg ga dibypass.. Jd urutannya kabel IGN ke resistor + ke resistor - trus ke koil positif deh.. Koil negatif jgn lupa konek ke delco atau platina.
    koil aslinya rusak bro,koil lama emang pake resistor eksternal cuma gak dipake,jadi langsung di by pass ke kutub + - koil,koil yg baru pingin ane pake resistornya,tolong dong diberi petunjuknya kabel2 mana aja yg ke kutub + dan - resistor dan yg ke kutub + dan - yg ke koil

  5. #4
    Sersan Mayor
    Location
    cibuburrr
    Posts
    998
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Days 4 Hrs 59 Mins 51 Secs
    Berarti tau ya kabel mana yg nempel ke kutub plus minus koil?
    Kalo kabel minus sama aja, tetep nempel ke negatif koil.
    Kalo kabel plus, skrg sambungin ke plus resistor. Trus dari negatif resistor, sambungin ke plus koil. Sebenernya plus minus resistor kebalik ga masalah.
    Klo msh bingung, bawa mekanik aja deh bro..

  6. #5
    Prajurit
    Posts
    13
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    19 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by ballpencil View Post
    Berarti tau ya kabel mana yg nempel ke kutub plus minus koil?
    Kalo kabel minus sama aja, tetep nempel ke negatif koil.
    Kalo kabel plus, skrg sambungin ke plus resistor. Trus dari negatif resistor, sambungin ke plus koil. Sebenernya plus minus resistor kebalik ga masalah.
    Klo msh bingung, bawa mekanik aja deh bro..
    udah agak gak bingung sekarang,jadi semua kabel yg nempel di koil disambunging ke kutub + resistor ya,yg di kutub - resistor ke kutub + koil,ntar ane coba deh...

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    cibuburrr
    Posts
    998
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Days 4 Hrs 59 Mins 51 Secs
    Ga semua kabel ke plus resistor dong.. Yg emang dari negatif coil, tetep aja ke negatif coil..

  8. #7
    Prajurit
    Posts
    13
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    19 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by ballpencil View Post
    Ga semua kabel ke plus resistor dong.. Yg emang dari negatif coil, tetep aja ke negatif coil..
    maksud ane semua kabel yg ada dikutub + koil dipindahin ke kutub + resistor ya om

  9. #8
    Sersan Mayor
    Location
    cibuburrr
    Posts
    998
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Days 4 Hrs 59 Mins 51 Secs
    Oh.. Iya gitu.. Sebenernya sih ada satu kabel dari situ yg biasanya tetep dilangsungin ke koil tanpa lewat resistor.. Itu kabel STA alias Starter. Cuma ga masalah kok klo dilewatin resistor dulu. Kecuali lo bisa trace pake test pen mana yg kabel STA. Hehe makin bingung deh ya..

  10. #9
    Prajurit
    Posts
    13
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    19 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by ballpencil View Post
    Oh.. Iya gitu.. Sebenernya sih ada satu kabel dari situ yg biasanya tetep dilangsungin ke koil tanpa lewat resistor.. Itu kabel STA alias Starter. Cuma ga masalah kok klo dilewatin resistor dulu. Kecuali lo bisa trace pake test pen mana yg kabel STA. Hehe makin bingung deh ya..
    nah ini dia om,justru ane gak tau kabel STA nya dimana,udah ane cari dgn cara junior ane starter ane yg nyolok2in tuh tespen buat nyari kabel starternya,gak ketemu juga,barangkali om ada cara yg lebih sederhana buat nyari kabel starter

  11. #10
    Kapten
    Location
    jakarta selatan
    Posts
    2,660
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 22 Hrs 36 Mins 18 Secs
    cara nyari kabel stater ( STA ) udah bener pakai tespen 12volt, hanya kalau distater kabel tsb mengeluarkan setrum, begitu kunci kontak kembali ke posisi IGN maka setrum di STA langsung hilang.
    Gunanya adalah ketika mesin distater tegangan pada aki mengalami penurunan akibat ditarik daya yg cukup besar oleh stater, dan mengakibatkan api busi mengecil sehingga kadang - kadang jadi susah dinyalakan.

    Makanya kabel STA memberikan setrum langsung nga melalui resistor ke coil agar apinya tetap gede, tapi setelah mesin hidup dan stater mati maka teganggan aki naik lagi bahkan di atas 12volt karena adanya pengisian altenator ( sekitar 13,8v ), jadi kalau tidak dilewatkan resistor arus ke coil terutama pada RPM rendah jadi berlebihan sehingga akhirnya coil panas dan jebol.
    Tanpa resistor platina juga jadi cepat rusak / gosong.

    Urutan pemasangan adalah IGN ke resistor, keluar dari resistor ke ( + COIL ), STA ke ( + COIL )juga, sedangkan ( - COIL ) ke platina.

    Resistor bolak balik sama -saja.

    Kabel STA ada yg melalui kunci kontak, jadi khusus untuk coil, setelah selesai start maka kabel tsb tidak tersambung lagi ke 12 volt maupun suplai listrik untuk swit stater.

    Ada juga yg paralel dengan swit stater ( lewat kunci kontak juga ), yg model ini harus menggunakan dioda agar arus satu arah saja, karena kalau tidak maka setelah kunci kontak kembali ke posisi IGN maka arus dari ( + COIL ) yg melewati resistor akan berbalik menuju swit stater sehingga swit stater nga bisa lepas dan stater nga mau berhenti bekerja.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. {ASK] Cara pasang koil botol
    By erpurpone in forum Diskusi Mesin
    Replies: 0
    Last Post: 14th April 2011, 23:50
  2. Replies: 5
    Last Post: 10th March 2010, 06:54
  3. skema pasang koil
    By mat jenonk in forum Diskusi Mesin
    Replies: 7
    Last Post: 20th October 2008, 12:35
  4. cara ganti koil mesin distributorless
    By Ngebutzz in forum Diskusi Mesin
    Replies: 9
    Last Post: 28th February 2006, 06:55
Back to top