Silikon Motorsport
RS Speed
Jstyle Rim Otostereo CS II - Dua Lima Autowork

Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/253155
  • Share on facebook
  1. #1
    Kopral Dua
    Location
    dki jakarta
    Posts
    30
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Day 13 Hrs 33 Mins 56 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Cara Setel klep mobil

    Cara Setel klep mobil

    1. Buka baut pengunci tutup kepala silinder dengan kunci ring 12 mm. Kemudian lepas seal washernya.

    2. Copot slang positive crankcase ventilation (PCV) di kop silinder dari klemnya.

    3. Buka tutup kepala silinder perlahan-lahan. Maka akan terlihat deretan katup (klep) dan rocker arm yang tersusun rapi.

    4. Menyetelnya, pertama putar puli kruk-as searah jarum jam, pakai kunci ring 19 guna mencari posisi Top 1 dan 4. Artinya, piston silinder 1 dan 4 berada di titik mati atas (TMA). Posisi Top juga ditunjukkan oleh coakan pada puli kruk-as. Yaitu, saat coakan tadi berada tepat di garis nol.



    5. Biar gampang untuk menentukan posisi Top 1 dan 4, pegang dan putar push rod. Bila push rod pada silinder 1 dapat diputar, berarti dalam keadaan bebas atau bisa disetel. Ini artinya Top 1. Jika ingin mendapatkan Top 4, putar lagi puli satu putaran. Saat Top 1, katup yang disetel katup isap dan buang silinder 1. Berikutnya katup isap silinder 2 dan katup buang silinder 3. Sedangkan pada Top 4, yang disetel klep buang silinder 2, klep isap silinder 3, dan katup isap dan buang pada silinder 4.
    6. Menentukan katup isap, lihat posisi katup yang segaris dengan saluran masuk (intake manifold).

    7. Sama halnya saat menentukan katup buang. Perhatikan posisi klep yang sejajar dengan saluran buang (exhaust manifold).

    8. Kendurkan baut setelan celah katup dengan kunci ring 12.

    9. Setel celah katup pakai obeng minus. Untuk mengukur celah katup, gunakan feeler gauge. Setelan klep paling tepat, saat putaran obeng mulai terasa berat dan feeler gauge terasa seret kalau ditarik. Lalu segera kencangkan kembali baut pengikat klep. Terakhir, rakit kembali tutup kop silinder dan selang PVC seperti semula.


    Cara menyetel Valve secara Rombongan (pada mesin sebaris 4 silinder) yakni bisa di awali dengan:

    1. Memposisikan TOP Silinder 1.

    Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 1

    # Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center)

    2. Valve/klep yang dapat di stel:

    Silinder 1 klep Hisap & Buang.
    Silinder 2 Klep Hisap.
    Silinder 3 klep Buang.
    Silinder 4 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

    3. Memposisikan Top Silinder 4.

    Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 4.

    # Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center)

    4. Valve/klep yang dapat di stel:

    Silinder 4 klep Hisap & Buang.
    Silinder 3Klep Hisap.
    Silinder 2 klep Buang.
    Silinder 1 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

    spec gap valve



    SEMOGA BERMANFAAT

    ~Blackscorpio~

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
  3. #2
    Kapten
    Location
    IpinSpeed S M G
    Posts
    2,383
    Power
    39 
    Giro Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 14 Hrs 26 Mins 31 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Pertamax dulu ah......
    Wah, ilmu yg sangan bermanfaat
    Josss benerrr...

  4. #3
    Kopral Dua
    Location
    dki jakarta
    Posts
    30
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Day 13 Hrs 33 Mins 56 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    kl ada yg punya info lain share disini donk biar rame.... thread gw kok sepi.......... (

  5. #4
    Prajurit
    Posts
    1
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    N/A
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    terus cara mengetahui silinder yang nomer 1 dimana? dan yang nomer 4 dimana?
    kalo mau nyetel klep mobil xenia gimana??
    soalnya mau bongkar mesin sendiri nih.. maklum hoby otomotif & campur sedikit pelit hehe..

  6. #5
    Sersan Kepala
    Location
    denver
    Posts
    610
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    4 Days 14 Hrs 43 Mins 54 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Mantau dulu

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    ITZC | Bandung
    Posts
    856
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Day 18 Hrs 12 Mins 20 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    info bagus nih..

  8. #7
    Kopral Dua
    Location
    dki jakarta
    Posts
    30
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Day 13 Hrs 33 Mins 56 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Threadnya sepiiiiii........... heheheheee......

  9. #8
    Kopral Satu
    Location
    Medan
    Posts
    50
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    4 Days 20 Hrs 37 Mins 53 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    maksut dari stel klep itu gmna ya bos?
    maklum newbie
    hehehe

  10. #9
    Letnan Dua
    Posts
    1,472
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    1 Wk 5 Days 17 Hrs 46 Mins 1 Sec
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Xenia keknya ga bs stel klep deh.. Ud pake sistem hydraulic kalo ga salah

  11. #10
    Sersan Dua
    Posts
    280
    Power
    Giro Point
    0
    Online
    2 Wks 5 Days 6 Hrs 1 Min 45 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Diatass ada yg nanya cylinder 1 & 4 yg mana, mo jawab, tpi dah basi

    Skedar info aja deh, Cylinder no 1 yg paling deket pulley

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Ask : setel pintu mobil
    By kedawung in forum Malang
    Replies: 1
    Last Post: 27th February 2012, 22:49
  2. CK4 ngeden setelah Tune Up n setel klep???
    By Red ck4 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 9
    Last Post: 23rd July 2010, 00:08
  3. (ask) cara setel arah lampu jazz
    By b0laz in forum Diskusi Eksterior
    Replies: 63
    Last Post: 19th September 2008, 14:20
  4. ask : setel KLEP
    By DoDang in forum Diskusi Mesin
    Replies: 20
    Last Post: 1st November 2007, 03:10
  5. ASK: setel klep dan bersihin mesin BMW M52 323i
    By gioprivatemove in forum Diskusi Mesin
    Replies: 12
    Last Post: 27th September 2007, 23:40
Back to top
Tritala
Street Race Rajawali