Cara Setel klep mobil
Thread: Cara Setel klep mobil
Page 1 of 2 1 2 Last
blackscorpio 01:23 4th April 2011
Cara Setel klep mobil

1. Buka baut pengunci tutup kepala silinder dengan kunci ring 12 mm. Kemudian lepas seal washernya.

2. Copot slang positive crankcase ventilation (PCV) di kop silinder dari klemnya.

3. Buka tutup kepala silinder perlahan-lahan. Maka akan terlihat deretan katup (klep) dan rocker arm yang tersusun rapi.

4. Menyetelnya, pertama putar puli kruk-as searah jarum jam, pakai kunci ring 19 guna mencari posisi Top 1 dan 4. Artinya, piston silinder 1 dan 4 berada di titik mati atas (TMA). Posisi Top juga ditunjukkan oleh coakan pada puli kruk-as. Yaitu, saat coakan tadi berada tepat di garis nol.



5. Biar gampang untuk menentukan posisi Top 1 dan 4, pegang dan putar push rod. Bila push rod pada silinder 1 dapat diputar, berarti dalam keadaan bebas atau bisa disetel. Ini artinya Top 1. Jika ingin mendapatkan Top 4, putar lagi puli satu putaran. Saat Top 1, katup yang disetel katup isap dan buang silinder 1. Berikutnya katup isap silinder 2 dan katup buang silinder 3. Sedangkan pada Top 4, yang disetel klep buang silinder 2, klep isap silinder 3, dan katup isap dan buang pada silinder 4.
6. Menentukan katup isap, lihat posisi katup yang segaris dengan saluran masuk (intake manifold).

7. Sama halnya saat menentukan katup buang. Perhatikan posisi klep yang sejajar dengan saluran buang (exhaust manifold).

8. Kendurkan baut setelan celah katup dengan kunci ring 12.

9. Setel celah katup pakai obeng minus. Untuk mengukur celah katup, gunakan feeler gauge. Setelan klep paling tepat, saat putaran obeng mulai terasa berat dan feeler gauge terasa seret kalau ditarik. Lalu segera kencangkan kembali baut pengikat klep. Terakhir, rakit kembali tutup kop silinder dan selang PVC seperti semula.


Cara menyetel Valve secara Rombongan (pada mesin sebaris 4 silinder) yakni bisa di awali dengan:

1. Memposisikan TOP Silinder 1.

Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 1

# Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center)

2. Valve/klep yang dapat di stel:

Silinder 1 klep Hisap & Buang.
Silinder 2 Klep Hisap.
Silinder 3 klep Buang.
Silinder 4 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

3. Memposisikan Top Silinder 4.

Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 4.

# Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center)

4. Valve/klep yang dapat di stel:

Silinder 4 klep Hisap & Buang.
Silinder 3Klep Hisap.
Silinder 2 klep Buang.
Silinder 1 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

spec gap valve



SEMOGA BERMANFAAT

~Blackscorpio~

Alvinz 02:21 4th April 2011
Pertamax dulu ah......
Wah, ilmu yg sangan bermanfaat
Josss benerrr...

Reply
blackscorpio 20:18 28th April 2011
kl ada yg punya info lain share disini donk biar rame.... thread gw kok sepi.......... (

Reply
awiemlg 01:41 24th June 2011
terus cara mengetahui silinder yang nomer 1 dimana? dan yang nomer 4 dimana?
kalo mau nyetel klep mobil xenia gimana??
soalnya mau bongkar mesin sendiri nih.. maklum hoby otomotif & campur sedikit pelit hehe..

Reply
shandie 07:44 24th June 2011
Mantau dulu

Reply
maddux 21:59 26th June 2011
info bagus nih..

Reply
blackscorpio 21:04 19th November 2012
Threadnya sepiiiiii........... heheheheee......

Reply
bk323rb 21:10 19th November 2012
maksut dari stel klep itu gmna ya bos?
maklum newbie
hehehe

Reply
ass24 08:08 20th November 2012
Xenia keknya ga bs stel klep deh.. Ud pake sistem hydraulic kalo ga salah

Reply
SpongDonkBob 10:05 20th November 2012
Diatass ada yg nanya cylinder 1 & 4 yg mana, mo jawab, tpi dah basi

Skedar info aja deh, Cylinder no 1 yg paling deket pulley

Reply
Page 1 of 2 1 2 Last
Up