Silikon Motorsport
CRC Indonesia
Qmax CK & DRD Otostereo

Kami ingin memberitahukan bahwa Sistem Jual Beli Mobil baru telah kami aktifkan
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/489311

Results 1 to 14 of 14
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/253155
  • Share on facebook
  1. #1
    Kopral Dua
    Location
    dki jakarta
    Posts
    30
    Power
    Online
    1 Day 13 Hrs 32 Mins 46 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang

    Cara Setel klep mobil

    Cara Setel klep mobil

    1. Buka baut pengunci tutup kepala silinder dengan kunci ring 12 mm. Kemudian lepas seal washernya.

    2. Copot slang positive crankcase ventilation (PCV) di kop silinder dari klemnya.

    3. Buka tutup kepala silinder perlahan-lahan. Maka akan terlihat deretan katup (klep) dan rocker arm yang tersusun rapi.

    4. Menyetelnya, pertama putar puli kruk-as searah jarum jam, pakai kunci ring 19 guna mencari posisi Top 1 dan 4. Artinya, piston silinder 1 dan 4 berada di titik mati atas (TMA). Posisi Top juga ditunjukkan oleh coakan pada puli kruk-as. Yaitu, saat coakan tadi berada tepat di garis nol.



    5. Biar gampang untuk menentukan posisi Top 1 dan 4, pegang dan putar push rod. Bila push rod pada silinder 1 dapat diputar, berarti dalam keadaan bebas atau bisa disetel. Ini artinya Top 1. Jika ingin mendapatkan Top 4, putar lagi puli satu putaran. Saat Top 1, katup yang disetel katup isap dan buang silinder 1. Berikutnya katup isap silinder 2 dan katup buang silinder 3. Sedangkan pada Top 4, yang disetel klep buang silinder 2, klep isap silinder 3, dan katup isap dan buang pada silinder 4.
    6. Menentukan katup isap, lihat posisi katup yang segaris dengan saluran masuk (intake manifold).

    7. Sama halnya saat menentukan katup buang. Perhatikan posisi klep yang sejajar dengan saluran buang (exhaust manifold).

    8. Kendurkan baut setelan celah katup dengan kunci ring 12.

    9. Setel celah katup pakai obeng minus. Untuk mengukur celah katup, gunakan feeler gauge. Setelan klep paling tepat, saat putaran obeng mulai terasa berat dan feeler gauge terasa seret kalau ditarik. Lalu segera kencangkan kembali baut pengikat klep. Terakhir, rakit kembali tutup kop silinder dan selang PVC seperti semula.


    Cara menyetel Valve secara Rombongan (pada mesin sebaris 4 silinder) yakni bisa di awali dengan:

    1. Memposisikan TOP Silinder 1.

    Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 1

    # Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center)

    2. Valve/klep yang dapat di stel:

    Silinder 1 klep Hisap & Buang.
    Silinder 2 Klep Hisap.
    Silinder 3 klep Buang.
    Silinder 4 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

    3. Memposisikan Top Silinder 4.

    Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 4.

    # Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center)

    4. Valve/klep yang dapat di stel:

    Silinder 4 klep Hisap & Buang.
    Silinder 3Klep Hisap.
    Silinder 2 klep Buang.
    Silinder 1 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

    spec gap valve



    SEMOGA BERMANFAAT

    ~Blackscorpio~

  2. Giro Modcom 728x90 Dalam Thread
  3. #2
    Kapten
    Location
    NA Semarang
    Posts
    2,382
    Power
    39 
    Online
    1 Wk 4 Days 20 Hrs 24 Mins 23 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Pertamax dulu ah......
    Wah, ilmu yg sangan bermanfaat
    Josss benerrr...

  4. #3
    Kopral Dua
    Location
    dki jakarta
    Posts
    30
    Power
    Online
    1 Day 13 Hrs 32 Mins 46 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    kl ada yg punya info lain share disini donk biar rame.... thread gw kok sepi.......... (

  5. #4
    terus cara mengetahui silinder yang nomer 1 dimana? dan yang nomer 4 dimana?
    kalo mau nyetel klep mobil xenia gimana??
    soalnya mau bongkar mesin sendiri nih.. maklum hoby otomotif & campur sedikit pelit hehe..

  6. #5
    Sersan Kepala
    Location
    denver
    Posts
    610
    Power
    Online
    4 Days 14 Hrs 43 Mins 54 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Mantau dulu

  7. #6
    Sersan Mayor
    Location
    ITZC | Bandung
    Posts
    856
    Power
    Online
    1 Day 18 Hrs 12 Mins 20 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    info bagus nih..

  8. #7
    Kopral Dua
    Location
    dki jakarta
    Posts
    30
    Power
    Online
    1 Day 13 Hrs 32 Mins 46 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Threadnya sepiiiiii........... heheheheee......

  9. #8
    Kopral Satu
    Location
    Medan
    Posts
    50
    Power
    Online
    4 Days 20 Hrs 37 Mins 53 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    maksut dari stel klep itu gmna ya bos?
    maklum newbie
    hehehe

  10. #9
    Letnan Dua
    Posts
    1,466
    Power
    Online
    1 Wk 4 Days 7 Hrs 32 Mins 46 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Xenia keknya ga bs stel klep deh.. Ud pake sistem hydraulic kalo ga salah

  11. #10
    Sersan Dua
    Posts
    280
    Power
    Online
    2 Wks 5 Days 5 Hrs 58 Mins 18 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Diatass ada yg nanya cylinder 1 & 4 yg mana, mo jawab, tpi dah basi

    Skedar info aja deh, Cylinder no 1 yg paling deket pulley

  12. #11
    Prajurit
    Posts
    21
    Power
    Online
    1 Wk 3 Days 20 Hrs 26 Mins 23 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Mohon maaf kalau saya lancang, Informasi yang kurang lengkap, untuk mobil apa bro..

    karena tiap mesin berbeda, yang sama adalah cara mengukur kerengggangan klep dengn rocker arm, akan tetapi harus diketahui dahulu kerenggan yang diperbolehkan dari pabrikan,

    untuk mesin baru, celah klep sudah tidak bisa disetel dengan menggunakan obeng, tetapi harus diganti Shim klep nya..krena pengaturan dengan obeng memungkinkan kerenggangan kembali ke kondisi awal setelah di atur karena getaran mesin,

    mohon koreksi

  13. #12
    Kopral Dua
    Location
    dki jakarta
    Posts
    30
    Power
    Online
    1 Day 13 Hrs 32 Mins 46 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by restiono View Post
    Mohon maaf kalau saya lancang, Informasi yang kurang lengkap, untuk mobil apa bro..

    karena tiap mesin berbeda, yang sama adalah cara mengukur kerengggangan klep dengn rocker arm, akan tetapi harus diketahui dahulu kerenggan yang diperbolehkan dari pabrikan,

    untuk mesin baru, celah klep sudah tidak bisa disetel dengan menggunakan obeng, tetapi harus diganti Shim klep nya..krena pengaturan dengan obeng memungkinkan kerenggangan kembali ke kondisi awal setelah di atur karena getaran mesin,

    mohon koreksi
    ini untuk toyota lama om... kijang & corolla kl yg baru ya engk kepake....

    yg pada nanya sorry ya engk dibales2, maklum jarang buka karena aktif di kaskus....

  14. #13
    Sersan Dua
    Location
    Surakarta->Jakarta
    Posts
    200
    Power
    Online
    6 Days 12 Hrs 59 Mins 8 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    kalo liat stepnya bro. Keliatanya itu nyetel katupnya kijang toyota yg msh konvensional katupnya. . Mari bhs perbdaan vtec dan vvt-i. Ayo2. . Sharing. . Bleh.

  15. #14
    Kopral Dua
    Location
    dki jakarta
    Posts
    30
    Power
    Online
    1 Day 13 Hrs 32 Mins 46 Secs
    Giro Modcom
    Transfer Uang
    Quote Originally Posted by mharisp View Post
    kalo liat stepnya bro. Keliatanya itu nyetel katupnya kijang toyota yg msh konvensional katupnya. . Mari bhs perbdaan vtec dan vvt-i. Ayo2. . Sharing. . Bleh.
    yg saya tulis diatas emang utk mobil2 yg masih konvensional bro.... kl yg baru udah pake Shim klep. berhubung maianan saya, klepnya msh konvensional semua jd itu yg saya tulis....

    utk perbedaan vtec dan vvt-i

    i-VTEC : intelligent - Variable Valve Timing and Lift Electronic Control sedangkan VVT-i : Variable Valve Timing-intelligent

    kl diterjemahkan pengaturan pintar waktu buka tutup valve/katup yang variatif antara saat putaran mesin rendah dan tinggi, sehingga pembakaran mesin bisa optimal, tenaga dan torsi yang dihasilkan bisa maksimal, juga hemat bbm dan gas buang yang ramah lingkungan...

    apa bedanya...?

    sebenarnya sama aja fungsinya, cuman beda di detail cara kerjanya aja... soalnya i-VTEC dikembangkan oleh Honda dan VVT-i dikembangkan oleh Toyota... dan sebagai tambahan teknologi buka tutup valve/katup pintar ini juga udah umum dipakai di mobil-mobil modern jaman sekarang,

 

 
Scuto Laminating Banner Available 242x90 Banner Available 242x90

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Ask : setel pintu mobil
    By kedawung in forum Malang
    Replies: 1
    Last Post: 27th February 2012, 21:49
  2. CK4 ngeden setelah Tune Up n setel klep???
    By Red ck4 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 9
    Last Post: 22nd July 2010, 23:08
  3. (ask) cara setel arah lampu jazz
    By b0laz in forum Diskusi Eksterior
    Replies: 63
    Last Post: 19th September 2008, 13:20
  4. ask : setel KLEP
    By DoDang in forum Diskusi Mesin
    Replies: 20
    Last Post: 1st November 2007, 02:10
  5. ASK: setel klep dan bersihin mesin BMW M52 323i
    By gioprivatemove in forum Diskusi Mesin
    Replies: 12
    Last Post: 27th September 2007, 22:40
Back to top
Tritala