REVIEW: Header 4-1 & Header 4-2-1 yang sama panjang.
Rgotogel 36Goal.com Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 6 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 54
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/2531
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Satu
    Location
    Bandung
    Posts
    1,588
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 2 Mins 41 Secs

    REVIEW: Header 4-1 & Header 4-2-1 yang sama panjang.

    Kemarin gue baru saja mengganti system header corollaSE gue dengan system 4-1 dimana ukurannya ternyata sama panjang dengan ukuran 4-2-1 gue yang gue pake kemarin ini.

    Secara teoritis, torsi maximum mobil gue ada di RPM 4200.
    Gue kemarin nyetting - nyetting ukurannya, akhirnya setelah ngebandingkan panjang header yang sama (30") maka gue berangkat untuk bikin header.

    Sesuai dengan aplikasi yang disetting, torsi header kalau ukurannya bener akan mulai kerasa di kisaran RPM 5000, gue bikin satu point drop setelah torsi maximum header standard di RPM 4200.

    Setelah pasang, ternyata benar. Raungan mesin di RPM bawah kendor banget. Kurang terasa di bandingkan 4-2-1. Bahkan di RPM 3500 aja belum muncul. Gue dah sempet bete banget. Jangan - jangan salah nih ukuran dan settingan yang gue pake. Ternyata pas dicoba naik lagi di RPM 4000 , eh berasa ada tendangan, naik lagi ke 4500 eh makin nendang, 5000RPM .. sampai terakhir gue coba 6500 di gigi 1, 2

    Oke, gigi bawah segitu, gue coba gigi atas, di gigi 3, gue mulai ngerasa ada tendangan di RPM 4500, sampai 5500.
    He he he .. dalam hati berteriak girang.. Selameettt .. gak salah settingnya ..

    :twisted: :twisted:

    Oke, dari hasil percobaan dengan 4-2-1 dan 4-1 yang sama panjang, didapat kesimpulan, bahwa 4-2-1 itu bertujuan untuk gedein torsi di RPM bawah. Tendangan yang didapat waktu 4-2-1 ukuran gue itu antara 3000 - 4000RPM.
    Sedangkan kalau pake 4-1, torsi naiknya sedikit, sedangkan HP pasti naik banyak.
    Karena sejak pake 4-1 gue merasakan ada hal yang aneh.

    Suara mesin kalau di RPM 4000 mulai start to rumble. Suaranya kayak ada gelombang deruan angin. Sedangkan kalau dulu mobil gue di RPM 5000 aja dah spin, sekarang rada susah, mesti di RPM lebih tinggi dan spin nya lebih sedikit.

    Jadi menurut kesimpulan gue, 4-2-1 bener - bener untuk gedein torsi, sedangkan 4-1 untuk HP.

    Tolong dibantah yah kalau ada yang punya pengalaman pake header gonta ganti system juga. Gue pengen tau juga gimana menurut pengalaman kalian.

    Thanks ..

    - rio -
    http://rio.martin.mu/webgall/modcom04.jpg
    2E engine on My EE90 Rolla with 4-1 exhaust system.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    901
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    cmiiw......setahu gw rumus power seperti ini :

    power = (torsi x rpm) / 5252 ..... torsi dalam satuan lb.ft, ato Nm = 1.33 x lb.ft ...... contoh : torsi mobil 145 Nm (109 lb.ft), power maksimal didapat di rpm 5500, berarti pada rpm 5500, didapat power = (109 x 5500) / 5252 = 114 dk.

    kesimpulannya, kalo torsi naik, otomatis power juga naik.........

    jadi, untuk akselerasi awal, lebih enak pake 4-2-1 donk....?? btw, sabtu-minggu kemaren gw abis dari bandung (sekalian nyobain tol cipularang). nyari-2 mobil orang-2 mod.com bandung gak pernah ketemu

    gw ngetest tiap perpindahan gigi di rpm 3500, hasil akselerasi dari gigi 1 sampe 4 (kecepatan 130 kpj) cepet banget, tapi pas gigi 5, kecepatan mobil gw lama naiknya. knapa ya...??? apa karena header standar gw yg 4-2-1 ato pas pindah giginya kurang tinggi...???

  4. #3
    Letnan Satu
    Location
    Bandung
    Posts
    1,588
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 2 Mins 41 Secs
    Quote Originally Posted by Super Bejo
    cmiiw......setahu gw rumus power seperti ini :
    power = (torsi x rpm) / 5252 ..... torsi dalam satuan lb.ft, ato Nm = 1.33 x lb.ft ...... contoh : torsi mobil 145 Nm (109 lb.ft), power maksimal didapat di rpm 5500, berarti pada rpm 5500, didapat power = (109 x 5500) / 5252 = 114 dk.
    kesimpulannya, kalo torsi naik, otomatis power juga naik.........
    jadi, untuk akselerasi awal, lebih enak pake 4-2-1 donk....?? btw, sabtu-minggu kemaren gw abis dari bandung (sekalian nyobain tol cipularang). nyari-2 mobil orang-2 mod.com bandung gak pernah ketemu
    gw ngetest tiap perpindahan gigi di rpm 3500, hasil akselerasi dari gigi 1 sampe 4 (kecepatan 130 kpj) cepet banget, tapi pas gigi 5, kecepatan mobil gw lama naiknya. knapa ya...??? apa karena header standar gw yg 4-2-1 ato pas pindah giginya kurang tinggi...???

    Gooodddd .. goooddd ..
    SuperBejo: Rumusnya gue terima, gue juga pernah dapat rumus kayak gitu.
    Cuma yang belum gue paham, perbedaan antara 4-2-1 dengan 4-1 ini apakah bisa membuat perbedaan signifikan kurva torsi dan hp dari standard mesin?
    Apakah bisa membuat grafik yang tadinya standard engine corolla / honda yang nyaris kurvannya identik bisa seperti lancer evolution yang torsinya kayak gunung di rpm awal ??

    mungkin yang gue alamin saat ini dan yakin pasti adalah kurva torsi dan hp yang bisa digeser. Karena dengan 4-2-1 gue yakin dapat di bawah terus.
    Dulu gue bisa tenang waktu dalam kota bandung nyalib nyalib. Sekarang kalau nyalib dah kayak turun drag. Mesti main di RPM 4000 ke atas terus ..

    Ayo pelan - pelan kita bedah, gue juga gak mau dibilang percobaan gue kali ini dah sempurna.. Kita cari sisi keburukannya ..
    he he he he





    :twisted: :twisted:
    http://rio.martin.mu/webgall/modcom04.jpg
    2E engine on My EE90 Rolla with 4-1 exhaust system.

  5. #4
    Letnan Satu
    Location
    diSkoTiK (di sisi kota saeutik)
    Posts
    1,868
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Menarik juga. Maunya sih bikin headernya yg power band-nya naik rentang 3000-6000rpm. Gmn ya. Gue dah nyoba headerdesign.com tp ga ngerti oi. BTW, great header aslinya 4-2-1 bkn?

  6. #5
    Letnan Satu
    Location
    Bandung
    Posts
    1,588
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 2 Mins 41 Secs
    Quote Originally Posted by unu3x
    Menarik juga. Maunya sih bikin headernya yg power band-nya naik rentang 3000-6000rpm. Gmn ya. Gue dah nyoba headerdesign.com tp ga ngerti oi. BTW, great header aslinya 4-2-1 bkn?

    Great setahu gue mulai nendang di 3000 - 4000 RPM.
    Headernya 4-2-1 sih, tapi great mah gue bilang dah pas koq headernya. Kecuali mau ganti 4-1

    Header Design oke tuh..
    buktinya gue juga pake, dan gue puas, karena dia punya settingan bener - bener pas seperti yang kita rencanakan.
    http://rio.martin.mu/webgall/modcom04.jpg
    2E engine on My EE90 Rolla with 4-1 exhaust system.

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    jakarta timur
    Posts
    13,085
    Power
    11 
    M-Store Point
    0
    Online
    9 Hrs 9 Mins 19 Secs
    gy mau nanya nehh kepada master2 di sini rumus itu berlaku gak buat nsein rotary??... setau gw mesin rotary terkenal denagn tenaganya yang besar tetapi kagak punya torsi yang bagus???.....

  8. #7
    Mayor
    Location
    di ruma papa mama
    Posts
    4,985
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Days 2 Hrs 38 Mins 20 Secs
    tul ituuu.. ada masukan boss? hehe ditanya dulu deh ma boss avanza

  9. #8
    Letnan Satu
    Location
    diSkoTiK (di sisi kota saeutik)
    Posts
    1,868
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by t3rm

    Great setahu gue mulai nendang di 3000 - 4000 RPM.
    Headernya 4-2-1 sih, tapi great mah gue bilang dah pas koq headernya. Kecuali mau ganti 4-1

    Header Design oke tuh..
    buktinya gue juga pake, dan gue puas, karena dia punya settingan bener - bener pas seperti yang kita rencanakan.
    Kl dah pas seh ga ada yg ganti kale, hehe.. Yah paling ntar konsultasi dulu ma yg bikin. Rencana mo bikin di RKK aja dari dpn ampe belakang. Pake header import susah carinye, mo import sendiri jg malez byr beanya, hehe..

    Header Design blg primary pipe, itu header bkn ya?

  10. #9
    Kapten
    Location
    Bogor-Jakar
    Posts
    2,160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 21 Secs
    gua pake 4-1 juga..
    buat harian kayaknya lebih boros de..
    soalnya harian kan maennya di rpm rendah terus, jarang masuk 5000rpm..
    karena di rpm rendah belom ada tenaganya, otomatis pedal gas makin di injek dong..
    jadi aja makin boros..

  11. #10
    Mayor
    Location
    Jakarta , Kuburan tepatnya....
    Posts
    4,519
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 5 Hrs 48 Mins 48 Secs
    setelah melakukan penggantian header jadi 4-1 & 4-2-1 trus di dyno hasilnya di mobil lancer std sbb :

    header : 4-2-1
    154 lb/ft @ 4000 rpm 127 hp @ 4000 rpm

    header : 4-1
    115 lb/ft @ 5400 rpm 138 hp @ 6800 rpm

    4-1 itu untuk spontannya toh, jadi dia lebih berasa hentakannya, kl 4-2-1 untuk nafas panjangnya, jd untuk hari2 dan di tol lebih mantaff

 

 
Page 1 of 6 12345 ... LastLast
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. wts header ferio genio 4-1 panjang
    By dordor in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 22
    Last Post: 21st May 2013, 12:05
  2. WTB : HEADER 4-1 PANJANG BUAT LANCER CK4
    By candyman in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 10
    Last Post: 6th April 2013, 20:17
  3. HEADER KIJANG 4-1 PANJANG
    By wilyrosedhani in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 13
    Last Post: 19th September 2012, 17:26
  4. panjang header beda?
    By joesam212 in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 4
    Last Post: 21st October 2009, 17:23
  5. Panjang Header
    By =Ki-Q= in forum Diskusi Knalpot
    Replies: 40
    Last Post: 30th May 2006, 09:06
Back to top